Judul Skripsi Binus Jalur Khusus (Sem. Genap 2007/2008)

[DISCLAIMER : Judul-judul skripsi ini saya tawarkan khusus untuk mahasiswa Binus. Jika ada mahasiswa universitas lain yang mau menulis skripsi dengan judul ini dipersilahkan dengan senang hati. Namun mahasiswa selain Binus tidak berhak complain mengapa judul-judul skripsi ini tidak meliputi beberapa topik tertentu seperti L****, U*** dan sebagainya. Artinya, judul-judul dimaksud mungkin ditawarkan oleh dosen-dosen lainnya di Binus. Dengan jumlah dosen di Binus mendekati 2,000 orang, kemungkinan tersebut sangatlah besar] 

Berikut ini judul-judul skripsi Binus University JALUR KHUSUS yang saya tawarkan kepada mahasiswa pada Semester Genap 2007/2008 ini.

Bila ada yang berminat, silahkan ketemu saya pada saat sebelum atau setelah jadwal mengajar saya (jadwal silahkan dilihat di Akademis Syahdan atau Anggrek, no kode dosen D0206 Tri Djoko Wahjono, Ir, MSc)..

[Catatan: Saya tidak membatasi jumlah bimbingan, tapi itu hak Ketua Jurusan]

ARTIFICIAL INTELLIGENCE

– “Perancangan Pattern Recognition untuk Benda Bergerak

– “Perancangan Automated Translator Bahasa Jawa ke Bahasa Inggris” (dua bahasa ini bisa diubah, misalnya Mandarin-Inggris, Inggris-Jepang, dsb. Satu skripsi untuk setiap pasang bahasa)

– “Perancangan Optimisasi dengan Algoritma Genetik untuk Manajemen Proyek

– “Perancangan Optimisasi dengan Algoritma Genetik untuk Traveling Salesperson Problem 10.000 Kota

– “Perancangan Sistem Pakar untuk Menduga Pemenang Pilkada/Pemilu

– “Perancangan Chatbot untuk Pariwisata di Kota Tua Jakarta

– “Perancangan Chatbot untuk Transportasi di Jakarta

SOFTWARE ENGINEERING (termasuk e-Government, IS/IT Governance, IS/IT Control and Audit)

– “Perancangan Simulator Manajemen Personil untuk Proyek Pengembangan Perangkat Lunak

– “Analisis Biaya-Manfaat Investasi Sistem Informasi/ Teknologi Informasi untuk e-Government di Provinsi/ Kabupaten/Kota X

– “Perancangan Profiler untuk Menghitung Kompleksitas Program/Perangkat Lunak Secara Otomatis” (ini bisa juga dimasukkan ke dalam kategori Compiler)

– “Perancangan Penghitungan Berbagai Metriks pada Suatu Program/Perangkat Lunak Secara Otomatis” (ini juga bisa dimasukkan ke dalam kategori Compiler)

– “Perancangan Penerapan Kontrol dan Audit dalam rangka IS/IT Governance pada bidang IS/IT untuk Pendidikan” (batasan domain bisa nasional, propinsi, atau kabupaten/kota)

Perancangan Disaster Recovery Plan untuk Binus University

Perancangan Business Continuity Plan untuk Binus University

COMPUTER NETWORK (termasuk Computer Security, Encryption, Basel II, Sarbanne-Oxley)

Perancangan Sistem Sekuriti untuk bidang Akademis Binus University” 

Analisis Kekuatan Computer Security di Beberapa Kampus di Indonesia

Perancangan IT Enterprise Architecture untuk Binus University

Perancangan IT Master Plan untuk Binus University

Analisis dan Perancangan Best Practice Computer Security di Binus University

DATABASE

– “Perancangan Model Multi Relational Database” (heavy in programming)

– “Perancangan Model Multi Hierarchical Database” (heavy in programming)

– “Perancangan Model Multi Network Database” (heavy in programming)

– “Perancangan Database Beyond Relational Database” (agak berat di Teori, dan harus kuat di Matematika)

MULTIMEDIA (termasuk e-Application)

– “Perancangan Binus University Virtual Visit

– “Perancangan Jaya Ancol Seaside City Virtual Visit

– “Perancangan Taman Safari Virtual Visit

– “Perancangan Taman Mini Indonesia Indah Virtual Visit

– “Perancangan Ensiklopedia Unmanned Aircraft

– “Perancangan Ensiklopedia Armored Vehicle

– “Perancangan Ensiklopedia Submarines

– “Perancangan e-HRD dan e-TM pada Binus University

– “Perancangan e-Inventory pada Binus University

– “Perancangan e-Tendering dan e-Procurement pada Binus University

– “Perancangan Binus Single Window

– “Perancangan e-CRM pada Binus University

– “Perancangan Audio dan Video on Demand

– “Perancangan Ensiklopedia untuk Pemanasan Global

COMPUTER ARCHITECTURE (termasuk Computer Organization)

 – “Perancangan Binus Machine M1 8 Bit” (harus kuat sense of hardware-nya)

– “Perancangan Binus Machine M2 12 Bit

– “Perancangan Binus Machine M3 16 Bit

– “Perancangan Binus Machine M4 32 Bit

– “Perancangan Binus Machine M5 64 Bit

– “Perancangan Binus Stack Machine M6

– “Perancangan Binus Pipeline Machine M7

– “Perancangan Binus MIMD Machine M8

COMPILERS

– “Perancangan Binus Procedural Language L1” (harus kuat di compiler dan assembly language)

– “Perancangan Binus Functional Language L2

– “Perancangan Binus Logical Programming Language L3

– “Perancangan Binus Object-Oriented Language L4

– “Perancangan Binus Hybrid Language L5

OPERATING SYSTEMS

– “Perancangan Binus B-Window Berbasis Linux

– “Perancangan Binus B-Window Berbasis Windows XP

118 Comments (+add yours?)

  1. erikaristo
    Feb 04, 2008 @ 10:27:12

    Pagi pak,. ini saya Erik Aristo 1000840991 klz 03paw,. ne saya baru bikin blog ne,. hehe,. di add blogroll ya pak,.

    Reply

  2. alexandrosimon
    Feb 04, 2008 @ 15:55:02

    Pak ini Alexandro Simon 1000842826 kelas 03PAW, br buat blog nih pa, mohon bimbingannya, diadd blog roll yah…..thx….zzz

    Reply

  3. marthariuslawalata
    Feb 04, 2008 @ 16:01:42

    Pak ini Martharius Lawalata 1000862512 kelas 03PAW, diadd blogroll yah pa,….thx…

    Reply

  4. diTTa
    Feb 05, 2008 @ 04:34:35

    Pak, saya ditta 0900.. mungkin saya mau ambil skripsi semester 7 nanti (ganjil )
    apakah materi nya tetap sama seperti ini ? kalau saya skripsi beda peminatan bagaimana yah pak ? =) terimakasih banyak yah pak 🙂

    Reply

  5. Tri Djoko
    Feb 05, 2008 @ 13:32:45

    Hallo Erik, Alexandro, Martharius : Wah..gimana saya bisa nge-blogroll blog ente-ente pade, bile alamat blog ente saja kagak ade ? Tolong kasih comment disertai alamat blog anda ya. Lebih baik di “About Me”, jangan di posting khusus macam ini..

    Hallo Ditta : Wah..namanya persis nama anak saya. Yep, judul skripsi kurang lebihnya seperti ini, tapi kalau anda sudah dalam tahap bimbingan, baik dengan saya atau dosen lain, maka judul skripsi itu masih bisa diubah dikit. Misalnya judul “Perancangan Binus Machine B6 16-Bit” bisa diubah menjadi “Perancangan Prototipe Binus Machine B6 16-Bit dan Unjuk Kinerjanya” semacam itulah…

    Wah..anda tajam juga pengamatannya. Beberapa judul tersebut adalah judul DISERTASI S3 teman-teman saya yang ngambil Ph.D. di universitas-universitas Amerika. Jadi, kalau anda ingin “napak tilas” atau mencoba meneliti hal yang sama, effort anda bisa-bisa tak terhingga, terutama bagi anda-anda yang agak “lemah kemauannya”. Tapi bagi yang kuat kemauan, insya Allah dengan bimbingan yang teratur dan terukur, skripsi bisa selesai dengan baik, walaupun masih sangat sederhana..

    Mengenai menulis skripsi yang beda dengan peminatannya, wah…ini bukan porsi saya untuk menjawabnya. Silahkan menemui Kajur dan Sekjur anda masing-masing, karena beliau-beliau itu yang berhak memberi pengarahan.

    Saya ? Saya hanya yang melempar issue saja..

    Reply

  6. Indra EHM
    Feb 22, 2008 @ 04:49:11

    Wah, kebetulan saya lagi cari-cari judul yang tepat untuk skipsi saya ini pak. ^^

    Reply

  7. Tri Djoko
    Feb 22, 2008 @ 12:47:24

    Indra : Good to know that..

    Reply

  8. martha
    Apr 05, 2008 @ 11:48:37

    boss yang dimaksud jalur khusu itu apa sih???
    ,ohon pencerarahan …………

    Reply

  9. martha
    Apr 05, 2008 @ 11:51:35

    aku denger di binus ada karier binus
    orang di luar binus boleh gabung and daftar?
    blzzzzz…

    Reply

  10. tridjoko
    Apr 05, 2008 @ 12:25:30

    –> Martha : wah..anda pengunjung baru ya di blog saya ini. Selamat berkunjung. Welcome aboard !

    Jalur khusus adalah jalur bimbingan skripsi non-kelas, jadi pertemuannya dengan Dosen Pembimbing semaunya mahasiswa dan dosennya. Mau sering ketemu atau jarang ketemu, terserah si mahasiswa seberapa cepat ia bisa menyelesaikan skripsi. Ya persis dengan cara bimbingan skripsi di kampus-kampus lain lah !

    Sedangkan jalur kelas adalah mahasiswa yang nulis skripsi harus menghadiri 13 kali “pertemuan kelas” yang dirancang khusus untuk bimbingan skripsi. Di dalam kelas ini dosen pembimbing memberikan tugas-tugas, misalnya selesaikan Bab 1 + Bab 2. Maka pada waktu yang telah ditentukan, “deliverable” Bab 1 + Bab 2 akan ditagih dosen. Mahasiswa biasanya menumpuk hasil kerjanya di atas meja dosen. Lalu dosen akan mengoreksi skripsi-skripsi mahasiswa ini dengan prinsip “first come first served”. Kalau mahasiswa sudah selesai urusan dengan dosen di kelas ini dan skripsinya sudah dikoreksi, ia boleh pulang…

    Pertanyaan kedua, ya benar di Binus ada sejenis lembaga yang disebut Binus Career yang khusus mempertemukan prospective employer yang memerlukan tenaga Sarjana IT dengan Sarjana IT baru lulus (atau sudah lulus dan kerja, tapi pengin pindah kerja). Nah, yang mengkoordinir adalah Binus Career. Kalau selama 2 tahun ini ada yang disebut Career Day 2 kali setahun, di situ employer menyelenggarakan seminar-seminar (banyak employer), dan di setiap ruang kelas ada test yang diadakan oleh setiap employer. Biasanya makan waktu 2 hari dan perkuliahan Binus sengaja diliburkan karenanya..

    Apakah orang luar Binus boleh ikut datang ? Good question !!! Dan to tell you the truth, saya tidak tahu jawabannya ! Tapi saya pernah nyuruh keponakan saya yang alumni Fasilkom UI datang ke seminar Career Day Binus, bayar Rp 20.000 dan ia ikut seminarnya. Cuman karena waktu itu ia sudah lulus tapi belum diwisuda, ia tidak ikut memasukkan lamaran. Kalau logika saya sih, orang luar juga boleh aja ikutan.

    Kenapa tidak ? Kalau ada masalah, tulis di blog saya ini. I will straight it out dengan pihak-pihak Binus yang terkait…

    OK Martha ?

    Reply

  11. ami
    Jul 02, 2008 @ 20:57:34

    Salam kenal pak, Saya baru pertama kali post di blog bapak, Saya binusian 0900… Wah sepertinya bapak dosen yang baik hati ya,,,,sayangnya Saya belom pernah diajar oleh bapak, oiy pak Saya mau tanya untuk skripsi yang ga ada koding2an (“PSSTI” ya kalo ga salah), itu apa saja sih ruang lingkupnya?contoh topiknya apa ya?. thank b4

    Reply

  12. tridjoko
    Jul 03, 2008 @ 10:19:02

    –> Martha :

    Di Binus itu biasanya, anak-anak yang IPK-nya tinggi atau ingin bekerja mandiri skripsinya, biasanya mengambil jalur NON KELAS alias JALUR KHUSUS. Nggak ada yang aneh mengenai jalur khusus ini, ya persis mengambil skripsi di universitas-universitas lainnya yaitu ketemu dosen pembimbing semaunya. Terserah si mahasiswanya atau pembimbing yang manggil mahasiswanya untuk bimbingan, gitu lho…

    Kalau JALUR KELAS, mahasiswa seperti mengambil kelas biasa. Jumlah pertemuan per semester 13 kali, tidak ada UTS dan UAS. Nah, selama 13 kali pertemuan itu dosen memberi target, minggu ke sekian mahasiswa harus menyelesaikan bab ke sekian, dan seterusnya.

    Kalau di JALUR KELAS, mahasiswa dijamin menyelesaikan skripsi TEPAT WAKTU. Kalau jalur non kelas atau jalur khusus, mahasiswa yang lelet akan sangat ketinggalan menulis skripsinya dan dosen pembimbing akan kesulitan membimbing mahasiswa tersebut. Kalau mahasiswa kerjanya cepat, mudah bagi mahasiswa untuk memberikan bimbingan yang tepat agar skripsi bisa diselesaikan dengan baik dan mendapat grade baik, A atau B..

    Binus Career (www.binuscareer.com seingat saya) bisa kok diikuti oleh non mahasiswa Binus. Waktu itu keponakan saya yang lulusan Ilkom UI datang ke Binus buat ikut seminar dan ikut test. Bedanya kalau nggak salah, yang non Binus bayarnya lebih mahal, kalau nggak salah Rp 35 ribu untuk 2 hari seminar dan wawancara. Sedang alumni Binus bayar sekitar Rp 25 ribu..

    Reply

  13. tridjoko
    Jul 03, 2008 @ 10:32:14

    –> Ami :

    Wah..tahun depan anda sudah menulis skripsi ya… Atau malahan semester ganjil ini ?

    Sebenarnya kebanyakan skripsi Teknik Informatika di Binus tidak ada codingnya. Maksud saya, coding tidak dimasukkan ke dalam skripsi… 😉

    Kalau coding dimasukkan ke dalam skripsi, seberapa tebal nanti skripsinya ? Rata-rata skripsi mahasiswa saya yang e-Application, tebal skripsinya sudah 200+ halaman..

    Mengenai PSSTI, saya belum tahu apa itu. Maklum saya dosen yang kerjaannya hanya ngajar saja dan membimbing skripsi. Sudah 5 tahun terakhir ini saya tidak ikut menguji skripsi..jadi tidak tahu “dunia lain”…

    Kalau mau skripsi yang tidak banyak codingnya, membahas Algoritma saja. Judul skripsinya kurang lebih “Analisis Algoritma …. untuk Penyelesaian Masalah …..” atau “Rancangan Parameter untuk Algoritma …. dan Analisis Kinerjanya”…

    Memuaskan atau tidak, itu terserah anda…

    Reply

  14. iqbalmahanifahmi
    Jul 11, 2008 @ 19:14:27

    pak ,bisa di jelasin ngak e-bisnis itu seperti apa bentuknya , e-CRM ,

    topik skripsi saya iyu pak , mohon bantuannya

    Reply

  15. tridjoko
    Jul 15, 2008 @ 17:29:10

    –> Iqbal :

    Maksud anda e-application ? Ya e-application itu ya antara lain mencakup e-business atau e-commerce yaitu B2B (business to business), B2C (business to customer), malahan B2G (business to government) ataupun C2C (customer to customer)…

    Pokoknya semua aplikasi yang berbasis web, itu bisa disebut e-application kalau definisi di Binus sih… Nah kalau ada hubungannya dengan bisnis, maka bisa disebut e-business atau e-commerce…

    e-CRM (electronic Customers Relationship Management) adalah salah satunya…

    Reply

  16. Chika
    Aug 01, 2008 @ 12:27:02

    Siang pak, apa khabar?

    Saya Chika, rencana akan nyusun skripsi semester depan.

    Saya jurusan teknik informatika, mau coba buat skripsi dengan topik CRM.

    Kira-kira untuk CRM, judul yang bisa dibuat jadi judul skripsi untuk informatika apa ya Pak?

    Please help me pak, saya udah ngeblank mengenai judul tugas akhir.

    Terima kasih pak.

    Regards,

    Chika

    Reply

  17. tridjoko
    Aug 01, 2008 @ 14:08:49

    –> Chika :

    Sayang anda tidak menyebutkan apakah mahasiswi Binus atau bukan…

    Kalau anda ingin membuat Tugas Akhir tentang CRM, dan anda bukan mahasiswi Binus, buat aja Tugas Akhir anda dengan judul “Pengembangan Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) Berbasis Web pada PT. Adidaya Asuransi”

    Kata “berbasis web” bila anda ingin membuatnya bisa diakses oleh kantor perusahaan yang tersebar di berbagai kota.

    Nah, kalau anda mahasiswi Binus, di depan judul Skripsinya harus ada kata sakti “Analisis dan Perancangan”. Jadi judul skripsinya menjadi “Analisis dan Perancangan e-CRM pada PT. Adidaya Asuransi”. Kata “e-CRM” sama saja artinya dengan “CRM berbasis web”..

    Semoga jawaban ini menjadikan anda tidak nge-blank lagi..

    Good luck !

    Reply

  18. slamet pemalang
    Aug 01, 2008 @ 20:21:28

    pak tlg kasih tau judul to skripsi saya. saya mau bikin layanan infomedia to SMA

    Reply

  19. feisal rahmady
    Aug 16, 2008 @ 19:05:38

    Pak, saya maw bertanya, kira-kira untuk jurusan manajemen e bisnis binus,,judul skripsi yang lagi “hot” apa ya pak?

    Reply

  20. feisal rahmady
    Aug 16, 2008 @ 19:13:32

    sampai sekarang sii saya tertarik untuk ngambil e procurement…tapi kelihatannya terlalu luas,,bahkan terlihat seperti materi S2..
    disamping itu,,perusahaan yang menggunakan e procurement kebanyakan perusahaan besar, yang menurut saya sulit sekali untuk diteliti…terutama masalah bagaimana saya terlibat untuk dapat menelitinya..

    Reply

  21. feisal rahmady
    Aug 16, 2008 @ 19:16:00

    thanks b4

    Reply

  22. feisal rahmady
    Aug 16, 2008 @ 19:59:08

    Lalu,,bagaimana dengan ERP? lebih hot yg mana? tolong kasi masukan jdulnya juga dong..heheh.. ^^

    Reply

  23. tridjoko
    Aug 17, 2008 @ 07:17:06

    –> Feisal Rahmady :

    Wah..pertanyaan anda bertubi-tubi, sampai saya ngeblank ini, sibuk mem-block pukulan-pukulan anda…untung Referee segera memutuskan RSC (Referee Stop Contest)…

    Kalau anda jurusan Manajemen e-Bisnis, judul yang paling hot menurut saya adalah CRM (Customer Relationship Management) dan juga SRM (Supplier Relationship Management). Tentu saja yang paling menarik adalah praktek lapang di perusahaan yang Value Chain menurut Michael Porter-nya paling lengkap….mis. perusahaan-perusahaan BUMN di berbagai bidang…

    Skripsi yang bisa anda tulis tentu saja banyak, contohnya adalah “Analisis dan Perancangan e-CRM pada PT. X dengan Metode …….. ” (tolong dicari metodenya)…

    Atau “Analisis dan Perancangan e-SRM pada PT. X dengan Metode …….. “…

    Sekian, mudah-mudahan semakin jelas…

    Reply

  24. jenny
    Aug 17, 2008 @ 10:23:08

    MERDEKA… ^^

    selamat pagi pa,

    saia jenny anak binus jurs timat ^^” (*berat neh menyandang double degree hehe) smstr depan uda skripsi … ^^

    pa, yg topik ini “Perancangan Optimisasi dengan Algoritma Genetik untuk Traveling Salesperson Problem 10.000 Kota” udah di ambil blm yah ?? hehe bisny saia tertarik sama topik ini ….
    Sekalian mau bapa ny di jadiin dosen pembimbing saia ^^ .

    pa itu 10.000 kota ga kebanyakan yah pa…klo di ganti 100 kota ^^” ?

    tp saia masih bingung nanti bentuk program ny gimana yah pa ???
    pake bhs apa ??? (*saia aga lemot soal koding, tp saia mau bljr kok pa demi masa depan yg blm kelihatan ^^”)

    terima kasih pa…

    Reply

  25. tridjoko
    Aug 18, 2008 @ 06:19:14

    –> Jenny :

    Topik itu belum diambil. Kalau Jenny mau, silahkan ambil sendiri…hihihi… GA dengan 10,000 kota untuk komputer jaman sekarang yang super cepat, tentunya bukan masalah…

    Kalau anda mau mengurangi jumlah kotanya bisa, tapi tambah GA-nya dengan Metode lain (misalnya Neural Network, NN) dan anda buat analisisnya dimana perbedaannya…

    Lemot koding ? You can ask somebody out there to tutor you…

    Reply

  26. jenny
    Aug 18, 2008 @ 09:42:08

    baik pa saia akan ambil sendiri..hehe..dmn yah t4 ny 😛

    iyah deh pa saia coba analisa dl hehe…

    pa tunggu akan kedatangan proposal saia yah XD~
    segera … 😀

    Reply

  27. jenny
    Aug 19, 2008 @ 06:33:39

    pa kalau saia menggunakan “Kohonen Self-Organizing Map for the Traveling Salesperson Problem dengan 1000 kota ”
    gmn pa?
    oh yah pa.. apa judul saia ini mencerminkan matematik ga yah pa >.<” ?

    terima kasih pa ^^”

    Reply

  28. feisal rahmady
    Aug 19, 2008 @ 07:07:01

    Wah thanks banget pak! saya sblmnya juga sempet kepikiran untuk judul “evaluasi eCRM di perusahaan …” tapi banyak yg bilang judulnya terlalu kuno – coz banyak bgt yang ngambil judul itu..trus saya jadi mengurungkan niat untuk ambil judul itu..tapi berhubung bapak bilang itu hot,,jadi lebih menarik sepertinyaa…hehehe…

    tp SRM itu juga boleh si pak,,Wah,,pokoknya,, thanks bgt pak..^^

    Reply

  29. feisal rahmady
    Aug 19, 2008 @ 07:21:54

    eh -pak,,stlh saya pikir2..hot itu berarti yg sering diambil yah?? (hahahah..lemot..)

    kalo yg jarang diambil apa ya?

    Reply

  30. feisal rahmady
    Aug 19, 2008 @ 07:25:21

    eh tapi engga juga si,,materi CRM banyak dipake dalem materi magister juga..berbobotlah..hahahha…(plinplan)..

    Reply

  31. feisal rahmady
    Aug 19, 2008 @ 07:31:52

    Wah,,saya sudah liat beberapa proposal skripsi untuk CRM,,banyak yang dari program magister,,oke banget pak susahnyaa…hahaha…mungkin saya ambil CRM aja deh pak,,
    mm..berarti ini akan sangat berkaitan erat dengan marketing pak ya? untuk manajemen eBisnis,, kira2 ga ada masalah kan pak?
    pak,,kira-kira untuk dosen pembimbing yang bisa membantu saya membuat proposal yang cocok di bidang manajemen, siapa ya? ada referensi ga pak?

    Reply

  32. tridjoko
    Aug 20, 2008 @ 06:52:43

    –> Yenny :

    Judul skripsi “Kohonen Self-Organizing Map for the Traveling Salesperson Problem dengan 1000 kota ” menurut saya OK tuh, dan sudah membahas Matematika di situ. Tapi untuk jelasnya, bisa tanya langsung ke Sekjur Pak Ngarap Manik…

    Mungkin judul perlu diperbaiki menjadi “Penyelesaian Traveling Salesperson Problem 1.000 kota dengan Kohonen Self-Organizing Map”

    Yang kurang adalah, anda terlalu sedikit kotanya. Selain itu, membahas Kohonen aja terlalu sempit. Perlu dibandingkan dengan beberapa metode lainnya seperti Genetic Algorithms…

    Ok good luck…

    Reply

  33. tridjoko
    Aug 20, 2008 @ 06:54:38

    –> Feisal Rahmady :

    Yah..topiknya CRM atau SRM pikir-pikir dulu lah…mana yang akan dipilih..

    Saran pembimbing di jurusan manajemen, saya kok kurang begitu tahu karena saya tidak pernah mengajar di jurusan manajemen. Bagaimana kalau pembimbingnya Pak Kuncoro sendiri ?

    Reply

  34. Chika
    Aug 30, 2008 @ 11:39:04

    Pak Tridjoko,

    Terimakasih buat replynya ya Pak.

    Saya ada pertanyaan lagi mengenai CRM pak. Kalau untuk skripsi tema e-Crm itu sebenarnya wilayahnya Teknik Informatika atau Sistem Informasi ya Pak?

    Sebagai informasi, saya bukan mahasiswi binus.

    Saya sendiri dari Jurusan teknik informatika Pak.

    Setahu saya, teman saya pernah mengajukan judul mengenai sistem informasi langsung ditolak pak.

    Menurut Bapak gimana Pak?

    Dan crm itu topiknya anak SI, kira2 supaya bisa dijadikan skripsi anak TI, polesan TInya dibuat dibagian mana ya Pak?

    Terimakasih ya Pak buat tanggapan Bapak.

    Salam
    Chika

    Reply

  35. tanto
    Aug 30, 2008 @ 16:19:53

    met sore pakk…
    saya mau KKP, akan tetapi disuruh buat alat.
    saya jurusan Sistem komputer di STMIk.
    kira-kira judul apa yah yang dapat saya munculkan untuk proposal saya?

    Reply

  36. tanto
    Aug 30, 2008 @ 16:22:39

    judul apa y yang tepat agar saya juga tidak kesulitan untuk mengerjakannya?
    saya inginnya membuat robot dengan kendali handphone!!

    Reply

  37. tridjoko
    Aug 30, 2008 @ 17:45:06

    –> Chika :

    Wah..sulit ya ngejawabnya, soalnya itu tergantung kebijakan Kajur/Sekjur di univ anda. Kalau di Binus, e-CRM itu masuk wilayah Teknik Informatika dan bukan wilayah Sistem Informasi. Saya sendiri kurang begitu tahu Sistem Informasi Binus membuat apa, karena saya dosen Teknik Informatika..

    Kalau mau anda bisa ngambil judul skripsi seperti yang ditawarkan di posting ini, atau baca posting saya yang diskusi skripsinya lebih panjang yaitu “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”. Tinggal klik aja di sidebar kanan di blog ini….

    Itu semua topik-topik skripsi yang saya tawarkan kepada mahasiswa Teknik Informatika dari seluruh Indonesia, tidak hanya dari Binus..

    Ok Chika ? Good luck deh…

    Reply

  38. tridjoko
    Aug 30, 2008 @ 17:50:33

    –> Tanto :

    Bagaimana kalau judul skripsi anda, “Perancangan Semi Autonomous Robot dengan Kendali Handphone untuk Penyelesaian Block-World Problem” ?

    Semi Autonomous karena robot anda bukan sepenuhnya autonomous. Sedangkan dibilang hand-held robot juga bukan. Jadi saya bilang aja “semi autonomous robot”…

    Usahakan robot anda bisa memindahkan kubus-kubus aneka warna ukuran tertentu yang ditumpuk di suatu titik A, dan akan dipindahkan ke suatu titik B..

    Kalau anda pernah melihat pertandingan robot internasional oleh mahasiswa komputer se Asia/se Dunia (pernah diadakan di UI), pasti anda tahu apa yang saya maksud…

    Block-World Problem, bisa dibaca di buku Elaine Rich & Kevin Knight (1991). “Artificial Intelligence”, 2nd Edition, McGraw-Hill. Buku ini pasti ada di perpustakaan sekitar tempat anda tinggal…

    OK Tanto ? Kalau ada masalah yang belum bisa dipecahkan, bisa kok anda posting di sini lagi…

    Reply

  39. arie
    Sep 06, 2008 @ 12:47:54

    sekarang saya semester 7 jurusan teknik informatika saya bingung untuk judul skripsi saya..saya pengennya ke sistem pakar ataupun ke algoritma.jadi gimana ya solusinya apa judul yang tepat N kalau bisa tolong saya dikirimi referensi atau jurnal tentang skripsi saya nanti…terima kasih.

    Reply

  40. tridjoko
    Sep 06, 2008 @ 19:43:35

    –> Arie :

    Coba baca posting saya yang lain, judulnya “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”…

    Tinggal di-klik di sebelah kanan side bar dari Blog ini, anda pasti nemu….

    Pertanyaan2 anda sudah banyak dijawab di posting itu dan komentar2 yang menyertainya (ada 200+ komentar ada di sana)…

    Ok good luck…

    Reply

  41. Pattrick
    Sep 08, 2008 @ 19:54:52

    Pak, saya lagi butuh judul skripsi jurusan sistem komputer ney..
    bantu dunk…:-(

    Reply

  42. Pattrick
    Sep 08, 2008 @ 20:00:21

    saya ingin judul skripsi yang kira – kira ada hubungannya dengan handphone CDMA…..

    Reply

  43. tridjoko
    Sep 09, 2008 @ 15:25:05

    –> Pattrick :

    Cari aja di internet, masukkan string “Undergraduate theses computer engineering PDF”

    Pasti banyak yang akan muncul…

    Reply

  44. olyvia
    Sep 09, 2008 @ 21:56:07

    waahhh.. saya iseng2 nyari2 topik skripsi ternyata masuk ke blog bapak.. td kan di kelas kapsel bapak ada menyebutkan tentang blognya bapak.. eh tau2 saya nemu secara tidak sengaja nih pak.. hahaha..

    Reply

  45. tridjoko
    Sep 10, 2008 @ 08:11:57

    –> Olyvia :

    I will be much appreciate if you find my blog without being told…

    I will be less appreciate if you find my blog after you are being told…

    But I will be greatly appreciate you if you could visit my blog…

    So, enjoy aja !

    Jadi anda semester 7 belum nulis skripsi atau mau nulis skripsi ?

    Reply

  46. Nawie
    Sep 24, 2008 @ 03:09:50

    Salam kenal Pak, saya Nawie, ilmu komputer Univ. Pendidikan Indonesia Bdg smstr 7 blm ambil skripsi.

    Maaf merepotkan, maklum di kampus saya masih sedikit dosen yang kompeten karena jurusan ilkomnya baru 3 tahun berdiri.

    Saat ini saya sedang PKL di PT. PINDAD , kebetulan oleh pembimbing di sana diberi topik e-procurement untuk dianalisis.

    Mereka (pihak PINDAD) belum melakukan analisis tapi sudah membuat prototipe e-procurement (Ini yang aneh). Saya di beri waktu +/- sebulan kurang untuk mempelajari e-procurement.

    Yang ingin saya tanyakan, bagian modul mana yg lebih baik saya fokuskan untuk dianalisis, mengingat modul dalam e-procurement itu banyak.

    Bisa memberitahukan referensi buku sumber /link web yang mengkhususkan membahas pengaplikasian e-procurement secara khusus
    dan seluk-beluknya? Yang saya dapat blm memuaskan. Saya cuma punya 1 buku ttg e-proc, eprocurement in emerging economics,theory and cases karya Ashis K. Pani

    Sekalian, topik e-proc juga mau dijadikan topik skripsi buat ancang-ancang semester depan(lumayan 1 thn buat nyusun,1 semester ini analisis sm desain, 1 semester depan implementasi). Modul yang paling menantang menurut Bapak yang mana?

    Terimakasih atas bantuannya. Mdh2 an Bapak bisa bantu.

    Reply

  47. tridjoko
    Sep 24, 2008 @ 08:08:37

    –> Nawie :

    Salam kenal juga !

    Kalau anda ingin bahan-bahan pustaka tentang e-procurement sebenarnya sudah banyak bertebaran di internet. Cara nyarinya yang harus benar. Saya search pakai string ini di Google “e-procurement theses PDF” ternyata nemu 1 perpustakaan penuh contoh-contoh skripsi tentang e-procurement yang ada di dunia ini. Silahkan cek sendiri. Antara lain yang ada fulltext dan anda tinggal download ada di link ini http://www.ep.liu.se/undergraduate/abstract.xsql?dbid=1035

    Mengenai buku e-procurement anda bisa cek di amazon (www.amazon.com). Tidak perlu beli bukunya karena mahal dan pasti datang di Indonesianya juga lama. Cukup anda lihat versi e-book nya yang juga banyak bertebaran di Internet. Beberapa di antaranya bisa didapatkan secara gratis asal anda tahu alamatnya dan punya koneksi internet yang cepat (mis Speedy). Cuman di sini saya tidak mau membeberkan caranya karena saya menghormati copyright dari penulis buku2 bagus tersebut…

    Anda kuliah di UPI ya ? Lebih baik anda berpikir satu tahun ke depan supaya cepat lulus soalnya saya punya saudara kuliah di UPI (di jurusan lain) katanya dosennya tidak selalu available dan lulusnya lamaaaaaa….

    Ok…good luck !

    Reply

  48. syaiful, depok
    Sep 25, 2008 @ 17:11:54

    pak saya mahasiswa 0900.. kmarin saya iseng2 browsing2 ternyata sampe sini,tyt bapak itu dosen binus,n tyt bapak itu dosen’a temen saya,n stelah saya liat2 blog bapak lagi, ealah,ternyata bapak selintingan sama bapak saya waktu d ipb dulu..ckck..

    gini pak.. rencana’a saya pengen ambil skripsi smster 8(niat’a biar fokus), tp setelah saya pikir2 semester ini saya kbanyakan nganggurnya..
    ehm bisa ngga pak,saya nyicil bikin skripsi dari skarang, jadi pas nanti semester 8 tinggal nyusun aja gitu, tp saya takut nti seandainya saya udah bikin duluan tyt judul saya d tolak dgn berbagai alasan ..
    nah bisa ngga ya pak, saya dapet dosen pembimbing dari sekarang(non klas),tapi baru resminya nanti pas semester 8 gitu pak,jadi nti pas semester 8 ngga da alasan lagi judul saya ditolak karena udah deal dari awal..
    ehm,, saya ambil peminatan network n saya tertarik dengan topik yang berbau security,, atau.. mungkin kah bapak berkenan menjadi dosen pembimbing saya..?^^ hehe..

    Reply

  49. tridjoko
    Sep 25, 2008 @ 22:20:32

    –> Syaeful Depok:

    Eh..selichting sama bapak anda di IPB ? Siapa nama bapak anda sih ? Penasaran….. 😉

    Mengenai skripsi yang dibuat sejak awal, saya jawab “Whay not ?”. Kumpulkan dulu daftar pustaka sebanyak-banyaknya, baca textbook dan journal sebanyak-banyaknya dan timbang-timbang mana topik computer security yang menarik bagi diri anda…

    Di komentar2 posting di atas sudah cukup banyak dibahas tentang computer security. Artinya saya tidak perlu memberi hint lagi, anda langsung bekerja saja…

    Anda jurusan apa sih ? Kalau jurusan TI, TI-MAT, atau TI-STAT saya bisa menjadi dosen pembimbing anda nantinya, jadi mulai sekarang anda bisa bimbingan dengan saya…

    Tapi kalau anda jurusan SK, KA atau SI, berarti saya tidak bisa menjadi dosen pembimbing anda…

    Mengapa ? karena Binus rules menyebutkan seperti itu…. Ask ’em !

    Reply

  50. syaiful
    Sep 26, 2008 @ 11:55:05

    ehm.. nama bapak saya tassim billah, beliau juga ngajar d binus sejak dahulu pak,kemarin saya tanya bapak saya katanya si, bapak pasti kenal..

    saya ambil TI kok pak,tp saya ambil peminatan network pak, tidak ada masalah dengan itukan?sebab saya liat d daftar skripsi yang pernah bapak bimbing kebanyakan skripsinya untuk jurusan SE,atau dari AI.untuk masalah ini dari binus sendiri tidak ada rulenya kan pak?hehe.. 😀

    baiklah nanti saya diskusikan sama teman2 skripsi saya,insyallah nanti abis liburan saya akan temui bapak yah.
    trimakasih tuk pencerahannya pak, it’s a lot of help.

    Reply

  51. tridjoko
    Sep 26, 2008 @ 16:37:46

    –> Syaiful :

    Oooo….anda anaknya Pak Tassim, teman saya yang paling lucu itu…. 😉

    Berarti Ibu anda dari Ponorogo dong ? Pernah ke Ponorogo nggak ? Saya sih berasal dari Madiun, 29 km di sebelah utara Ponorogo (mungkin Syaiful juga pernah lewat kota Madiun kan ?)..

    Ya deh, nanti kita kontak-kontak lagi. Tapi masalah network saya bukan jagonya lho. Masih banyak Pak Dewanto, Pak Lukas, Pak Suryadi, yang lebih jago dalam hal network. Keahlian saya AI, algorithms dan mungkin sekarang Computer Security dan IT Governance…

    Reply

  52. binusian 0900..
    Sep 26, 2008 @ 22:50:41

    yang paling lucu?haha.. iya sih beliau sering jadi bahan lawakan orang serumah(ups.. jangan bilang2 ya pak..hehe)

    ohh bapak jg tau ibu saya toh,,hehe iya dari ponorogo pak..
    pernah dong k madiun,wong d ponorogo ga da mol-nya..hehe.. klo mudik juga biasanya klo ngga lewat wonogiri ya lewat madiun..
    bapak mudik ngga?
    kami skeluarga dah 2 tahun ni ngga mudik,dah ngga ada yang d mudikin,,hehe

    btw saya kmarin jalan2 ke jogja, dsana dah ada transjogja, madiun sm ponorogo dah ada belum ya? :p

    ehm iya si.. saya jg tadi’a kepikiran pak I Made Astawa, tp baru ngomong gitu aja temen2 saya dah pada takut duluan, karena pak Made identik dengan coding,,

    ehm.. tp pak Computer Security ituh sama dengan network security ngga si pak?

    Reply

  53. tridjoko
    Sep 27, 2008 @ 04:30:50

    –> Syaiful :

    Kalau nggak salah sekarang ini Ponorogo sudah ada Mal-nya (kalau tidak salah lho, denger-denger gitu,belum dibuktiin sendiri). Tapi anyway, Madiun sekarang ramai sekali terutama mal-malnya di waktu malam karena orang sekitar Madiun (Magetan, Ngawi, Ponorogo, Pacitan) pada sering datang ke Madiun buat ngeceng (Madiun = a place to see and to be seen). Apalagi jarak 30 km dengan naik motor kan bagaikan dari rumah ke kampus. Ya nggak ?

    Pak Made emang identik dengan coding. Tapi kan coding di network cukup mudah, dengan Objective C.

    Computer Security in some sense sama dengan Network Security karena komputer jaman sekarang kan tidak lagi stand alone tapi sudah dihubungkan ke sana ke mari dengan komputer2 lain membentuk network. Saya nanti di S2 (program MTI/MMSI) mungkin ngajar mata kuliah Computer Security and Network Intrusion…dengan Pak Lukas Tanutama.

    Reply

  54. Syaiful
    Sep 28, 2008 @ 00:07:13

    ah masa pak?(terkejut),hehe
    abis trakhir ksana cuma ada Poper(Ponorogo permai),supermarket terbesar se-Ponorogo,itu aja kecil..hehe,,
    iya juga ya,, hampir sama kaya jarak rumah-kampus, tp enakan Ponorogo-madiun si, lebih seger angin’a(angin sawah dan ladang), jalan lurus pula..haha..

    objective C?blom nyobain pak,, emang gampang ya?d banding C++ gmn pak?
    waktu d ajar pak Made emang pakenya C d linux si, tapi bukan objective C, trus tadi saya cari d google ngga ktemu pak network programming pake objective C, keyword’a apa ya?

    hwaa,, network intrusion?seru tuh pak kaya’a, bapak ngajarn hacking?hehe anak network jg dapet pak, waktu itu yang ngajar pak Lukas, tp ntah ya sama apa ngga materinya, tp ko rasanya kurang practical pak ya,, tlalu teori banget materinya, walhasil pak Lukas jarang da yang merhatiin d,, padahal harusnya bisa menarik..

    btw klo lagi iseng n da waktu luang, cobain deh pak http://www.coder.web.id/ ato udah pernah pak..? situs bwat nyoba2 hacking gitu,ngga tlalu real si malah cenderung teka-teki,tapi lumayan ko, saya cukup dapet ilmu di situ,trutama yang real mission-nya..hehe

    ehm omong2 soal network security, saya pernah waktu itu baru tau yang namanya Sql Injection.. padahal teknik ini harusnya sudah usang.. tapi ternyata banyak situs lokal, trutama yang bikinan sendiri(bukan CMS macam joomla),bisa di akalin dengan teknik ini..

    waktu itu saya cari2 d google, tapi saya batasi hanya pada domain ac.id dan sch.id ..
    ada banyak situs yang variablenya masih belum di sanitasi,beberapa d antaranya cukup berbahaya..
    yang masih saya ingat di antaranya..

    (deleted )

    untuk xxx.ac.id dengan sql injection bisa dimasuki sampai admin-nya, walaupun bukan rootnya..
    tetapi untuk yyy.ac.id, bisa sampai mendapat root access databasenya, cukup mengerikan.. tapi untungnya(atau sialnya) d database tersebut hanya ada data situsnya, bukan data yang sensitif seperti nilai mahasiswanya(padahal ini yang saya impikan,,haha evil mode: hard to turn off).. yang ada hanya data2 news terbaru dari situs tersebut,dll.. tapi saya blom bilang adminnya pak, takut, skarang kan dah undang2nya, abis saya blom berhasil ngedit log nya, nti salah2 saya d tangkep..hehe jangan bilang2 ya pak,saya gak rubah apapun ko,setengahnya celahnya saya biarin ke buka biar lain waktu saya atau temen2 yang lain bisa pelajari lagi..hehe..
    klo lagi ada waktu luang bapak bantuin cobain pak,saya penasaran banget, feeling saya sih itu masih bisa ditembus sampe dapet shell accountnya..hehe..

    oh iyak pak.. klo mw bikin blog tuh yang paling asik dimana ya?
    bapak knapa pilih wordpress?

    huff malah jadi curhat gini. 😛 haha.. maap ya pak..

    Reply

  55. tridjoko
    Sep 28, 2008 @ 04:36:23

    –> Syaiful :

    Trims infonya. Makanya nanti saya tandem sama Pak Lukas dalam mengajar mata kuliah Computer Security and Network Intrusion. Pak Lukas lebih ke hardware, communication dan IT Governance-nya, sedangkan saya lebih ke menjelaskan 19 lubang yang menganga lebar bila kita biarkan website kita disetting dengan setting-an tertentu…

    Mengenai bab yang diajar Pak Lukas yaitu hardware, communication dan IT Governance emang agak membosankan kalau didengerin soalnya hal ini harus begini dan hal itu harus begitu jadi bicara yang normatif terus sifatnya (das Sein alias “what it should be”)..

    Saya lebih suka bicara di tataran the shop floor (das Sollen alias “what is in reality”) alias di tataran akar rumput itu seperti apa..

    Tapi yang jelas di S2 nanti lebih banyak studi kasus atawa praktek dibanding teorinya. Jadi, mudah-mudahan menjadi menarik kasusnya…

    Orang seperti anda, yang mengetahui kelemahan dari pihak lain, itu dimana-mana banyak. Ada di Elektro ITB, Binus, Gunadarma, bahkan Paramadina. Kalau anda sudah bisa “hacking” itu bukanlah negatif sifatnya, bahkan kalau anda memandang diri anda sebagai “hacker golongan putih” itu baru top, dan anda nanti setelah lulus bisa ngambil sertifikasi yang namanya CEH (Certified Ethical Hacker)…

    Keren kan ?

    Tapi situs mana yang mempunyai kelemahan, tidak perlu dibeberkan di sini. Karena sebenarnya itu sudah menjadi rahasia umum. Dan kebetulan, itu bukan universitas yang terkenal dengan IT-nya..

    Saya milih WordPress ? Emang perlu ditanya lagi kenapa ?

    Berarti, saya perlu ditanya pula dong mengapa odol saya milih Close Up, mobil pilih Suzuki, motor pilih Yamaha, pompa air pilih Shimizu, semir sepatu pakai Kiwi, dan tissue pakai Tessa ?

    It’s a matter of choice. Nothing more…

    Reply

  56. Syaiful
    Sep 28, 2008 @ 06:13:13

    oohh.. iyah maaf banget pak dengan sgala kerendahan hati..
    abis saya agak kurang tau etikanya untuk hal2 kaya gini, saya cuma masih excited aja bisa kaya gitu(baca: masih norak), soalnya hal seperti itu ga pernah terbayangkan sebelumnya..
    aduh saya jadi ga enak banget nih,ya udah pak, mungkin kalau bisa di hapus aja comment saya kali pak.. saya jadi takut nanti disangka menjelek2an pihak lain atau pamer atau apalah, bener2 ngga maksud gitu pak..

    saya ngga pernah nganggep diri saya hacker ko pak, just a curious guy,, 🙂
    saya jadi inget kata-kata d sbuah buku “if you’re a Good hacker, everybody knows you, but if you’re a Great hacker, no one knows you”.
    now i believe that i’m still not any kind of those yet, maybe someday:)..im not sayin that i’m a white hat,but i just dont wanna be a bad guy..hehe

    CEH? pgn sih.. tapi mahal banget pak..T_T

    pak klo da kata2 saya yang ga pantes di atas,di apus2in aja yah,jadi ngga enak ati nih saya..
    o iya skalian takut lupa.. selamat idul fitri ya pak,hehe..
    mohon maaf lahir dan batin..
    trimakasih banyak untuk petuah-petuah yang bapak berikan ya..hehe

    Reply

  57. tridjoko
    Sep 28, 2008 @ 07:32:35

    –> Syaiful :

    Udah saya delete beberapa kata. Selamat Idul Fitri juga untuk anda dan seluruh keluarga ya. Mohon maaf lahir dan bathin…

    O ya, karena aturan di Blog ini cukup ketat saya tegakkan (baca button “About Me”), maka komentar di posting ini hanya untuk yang sesuai judul posting ini yaitu “Skripsi Binus Jalur Khusus”..

    Kalau mau komentar tentang Madiun, Ponorogo dan sebagainya bisa memilih posting saya sebelumnya seperti “Pasar Kawak”, “Kuliner Madiun”, atau yang terakhir “Kuliner Madiun : restoran Pondok Jati”…

    Selamat berlibur…

    Reply

  58. pattrick
    Oct 14, 2008 @ 15:20:41

    Terima kasih banyak pak joko atas sarannya 🙂

    Reply

  59. Umrie
    Oct 17, 2008 @ 10:32:55

    Salam kenal Pak,
    Saya jur Sistem Informasi PTS jkt, yang InsaAllah 2 bulan lagi ngambil KKP. Rencana ngambil di perushaan asuransi CAR. Mohon pencerahannya Pak. Kira2 apa yang bisa saya bikin dari perusahaan itu…
    Terimakasih…

    Reply

  60. tridjoko
    Oct 17, 2008 @ 21:16:54

    –> Umrie :

    Kebetulan anak perempuan saya kerja di Asuransi juga, jadi ini barusan saya nanya … 😉

    Kalau anda dari jurusan Sistem Informasi, yang bisa dijadikan topik KKP ada beberapa antara lain :

    – Core dari Insurance, yaitu membuat IT System atau IT Application misalnya untuk Claim, Appraisal, Pembayaran Premi (Keuangan), dsb

    – Quality Assurance (QA) dan IT Implementation, yaitu menjamin agar ada semacam IT Governance dan QA dalam pengembangan software/system yang ada di perusahaan asuransi tersebut

    – Program Analysis, entah ini persisnya apa tapi kira-kira menganalisis apakah Program/Product Development yang ada di Perusahaan asuransi itu sudah cukup baik atau belum, kalau sudah seberapa besar kemajuannya, tapi kalau belum seberapa lambat kelambatannya

    – Help Desk/Technical Support, yaitu tentang IT application yang akan men-track semua user / customer dari perusahaan asuransi yang punya keluhan dan kita harus ngecek dengan cepat datanya. Biasanya yang kita telpon akan bilang, “Sebentar pak, kita akan samakan datanya ya ?”. Lalu dia nanya nama kita, alamat kita, siapa nama ibu kandung, dsb…

    Ok good luck !

    Reply

  61. Umrie
    Oct 20, 2008 @ 07:43:29

    Makasih banyak Pak…..

    Reply

  62. bagus
    Oct 20, 2008 @ 15:08:08

    Salam Kenal, Pak saya bagus dari UMB, smt3 kelas karyawan

    Insya Allah semester depan saya akan mengambil skripsi/TA, kasus saya sama dengan yang lain (beda dulu tahun 94-an sewaktu saya ambil TA untuk D3 di STIKI Malang, mencari judul tidak serumit sekarang). Sekarang saya melanjutkan kuliah kembali di TI dan bingung mengambil judul, masalahnya judul yang harus diambil harus berupa tehnik informatik, saya sempat dianjurkan oleh dosen saya (Ibu Devi, lulusan S2 Binus) untuk mencari literatur diinternet, syukur-syukur dapat di Binus.. nah akhirnya saya sampai di blog Bapak, kira-kira judul apa yang bisa saya ambil.. saat ini saya bekerja di bidang IT (bagian analis aplikasi).

    Dan yang saya khawatirkan bila judul dan permasalahannya sudah ada yang ambil.. wah nanti saya bisa dibilang plagiat… duch tambah bingung adja Pak…

    Atas bantuannya diucapkan terima kasih
    Salam, Bagus

    Reply

  63. Joy
    Oct 20, 2008 @ 18:52:30

    Pak,sya trtarik dgn Sistem Pakar untk menduga pemenang pemilu.Yg pgin sya tnyakan,konsep apa yg hrus bnar2 sya kuasai?Untuk mgetahui alur programnya,kira2 ada ga cntoh untuk lbih mndapatkan gambaran tentang pgambilan kputusan dalam menentukan pemenang dlam pemilu?Apkh ada hbungannya dgan statistik?O y sya bkan mhasiswa binus. Trima ksih pak.

    Reply

  64. tridjoko
    Oct 20, 2008 @ 22:39:47

    –> Bagus :

    Ada baiknya anda membaca pula posting saya lainnya dengan judul “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya” karena di sana banyak mahasiswa dari seluruh Indonesia banyak nanya ini dan itu dan kayaknya saya sudah jawab semuanya dengan memuaskan…

    Ok ya Gus, silahkan pindah posting aja… Di sana sudah banyak pilihan judul-judul skripsi dari berbagai topik, dari seluruh Indonesia. Yang ditanyakan oleh mahasiswa/i dari Yogya dan Salatiga itu ciamiiik sangat karena idenya sudah majuuuuu sekaliiii…

    Good luck !!!

    Reply

  65. tridjoko
    Oct 20, 2008 @ 22:48:14

    –> Joy :

    Tidak masalah anda bukan mahasiswa Binus. Blog ini memang untuk mahasiswa dari seluruh Indonesia (tidak hanya Binus), seluruh dunia, termasuk juga ruang angkasa…. 😉

    Wah… pertanyaan anda bagus sekali…dan oleh karena itu sulit dijawab !!!

    Mengapa ? Karena Sistem Pemilu itu ada 2 macam :

    1) Sistem Distrik, atau Sistem “Winner takes all” seperti di Amerika. Mis. dalam Pemilu 2009 nanti pemenang Pemilu di DKI Jakarta adalah Partai Demokrat, maka semua kursi yang ada di DKI Jakarta (mis 10 kursi DPR, 50 kursi DPRD) akan diambil oleh Partai Demokrat…(saya bukan simpatisan atau pemilih PD, jadi ini hanya ilustrasi saja lho)…

    2) Sistem Proporsional, yang dianut oleh Indonesia sekarang. Di sini ada istilah BPP atau “Bilangan Pembagi Pemilihan”. Mis. di DKI Jakarta BPP untuk DPR adalah 350.000 dan BPP untuk DPRD adalah 40.000. Jadi Kalau Partai Demokrat memperoleh 1.000.000 juta suara di Pemilu 2009, maka PD memperoleh 1.000.000/350.000 = 2 kursi DPR (kelebihan 300.000) dan 1.000.000/40.000 = 25 kursi DPRD (tidak ada sisa suara). Nah sisa suara 300.000 dari PD siapa yang memperoleh kursinya, tergantung perjanjian antar partai sebelumnya yang disebut “Stembus Accord”..

    Nah, masalahnya lagi…itu berlaku untuk Pemilu-Pemilu di Indonesia sebelumnya. Kalau tidak salah, UU Pemilu 2009 nanti belum disetujui oleh DPR…

    Jadi, masalahnya ruwet kan ? Kecuali Sistem Pakar anda mengasumsikan salah satu dari Sistem Pemilu yang saya sebutkan di atas…

    Ya…pasti, ini ada hubungannya dengan Statistik, walau dalam pengertian yang tidak terlalu mendalam…. 😉

    O ya, ada baiknya anda juga baca posting saya yang lain yang berjudul “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”. Di sana telah dibahas berbagai topik skripsi dan judul-judul skripsi yang mungkin ada terutama di jurusan Teknik Informatika/Ilmu Komputer…

    Reply

  66. Joy
    Oct 21, 2008 @ 11:11:23

    Pak, yang bapak kasih contoh kan tentang jumlah/proporsi jumlah kursi yng akan didapat. Nah kalau tentang pendugaan pemenang pemilu,dalam hal ini siapa yang kan menjadi presiden, bukannya hanya dengan menentukan siapa pemenang dari beberapa calon yang ada. Maksudnya gini, kalau saya tidak salah kita akan menggunkan sistem proporsi (statistik). Misalnya kita menggunakan proporsi sebesar 80% dari jumlah suara di seluruh propinsi Indonesia. Dengan tingkat proporsi sebesar itu, juga dengan tingkat kepercayaan tertentu, juga dengan interval confidence sekian persen, kita dapat mengestimasi siapa pemenangnya walaupun data yang masuk baru sekian persen dari jumlah keseluruhan pemilih. Gimana pak?Atau kalau hanya menentukan pemenang seperti sistem quick count itu terlalu sederhana, mohon pencerahannya,hehehe……..Trims pak

    Reply

  67. cooleve
    Oct 22, 2008 @ 15:14:16

    pak, saya mahasiswi BiNus, sekaligus mahasiswi bapak di kelas kapsel 07PBT..
    saya lagi skripsi ni pak tapi masih mentok..
    saya peminatan database tapi mau buat topik nya e-crm.. it masih nyambung ngga ya pak?
    jadi judulnya gene pak.. “analisis dan perancangan sistem basis data untuk e-crm pd PT.xxx”
    gimana pak?tolong reply asap ya pak 😀
    -eve-

    Reply

  68. tridjoko
    Oct 22, 2008 @ 17:18:57

    –> Cooleve :

    Wah..anda ini skripsi kelas atau non kelas ?

    Kalau skripsi kelas hari gini mestinya sudah selesai Bab 2, Bab 1 dan sebagian Bab 3 (itu kalau bimbingan saya, biasanya)…

    Kalau skripsi non kelas, selain Bab 2, Bab 1 dan Bab 3 programnya malah sudah didemokan di depan saya (itu kalau saya yang membimbing lho !)..

    Untuk masa penyerahan masih lama. Tapi ingat semester ganjil ini banyak libur, jadi mahasiswa juga harus hati-hati jangan libuuuur mulu, ntar keenakan dan baru ngebut di akhir-akhir…

    Masalah judul skripsi anda itu, kayaknya cool banget gitu. Asal anda tahu persis apa yang disebut CRM. Bisa nambah info di google dengan memasukkan string “CRM+undergraduate+these+PDF” sedangkan “undergraduate” bisa diganti “master” atau “Ph.D”…

    Ok ? Good luck deh..

    Reply

  69. tridjoko
    Oct 22, 2008 @ 17:37:15

    –> Joy :

    Ooops…saya salah duga, kirain anda ini mahasiswa Teknik Informatika, tapi bukan dan mungkin anda mahasiswa Statistika ya ?

    Waktu anda bilang “menduga pemenang Pemilu” saya kira “Pemilu anggota DPR atau DPRD” dan bukan “Pemilu Presiden”. Ternyata yang anda lebih tertarik Pemilu Presiden ya ?

    Itupun UU Pemilu-nya belum goal. Partai besar (Golkar, PDIP) pengin min 30% suara Pemilih baru bisa mencalonkan Presiden sendiri. Sedangkan partai kecil (Demokrat, PKS, PPP, PKB, dsb) inginnya min 15% suara..

    Kesan saya anda ingin melakukan semacam “Quick Count” menduga siapa pemenang Presiden. Terus anda bilang Quick Count terlalu simple ? Wah…LSI (Lingkaran Survai Indonesia dan Lembaga Survai Indonesia), Indo Barometer dsb bisa marah dong.. Padahal Quick Count itu sample-nya kecil, hanya 3000 TPS di seluruh Indonesia kalau nggak salah, namun margin of errornya hanya 3%…

    Kalau mau lebih baik dari Quick Count berarti sample anda lebih banyak dong ?

    Terus terang saya agak bingung memberi arahan tentang menduga Pemenang Pemilu Presiden ini, walau itu di Amerika sekalipun. Orang yang disurvai (sample) bisa berbohong ketika disurvai. Oleh karena itu pemenang Pemilu Presiden di AS baru bisa dirasakan pada 24 jam sebelum Pemilu. Itupun masih bisa kalah karena sistem pemilu-nya sistem distrik (Al Gore di tahun 1992 menang secara suara atau “popularity votes”, namun ia kalah karena sistem “winner takes all”…terutama di negara bagian Florida)…

    Lebih mudah menduga harga saham atau harga valuta asing daripada menduga Pemenang Pemilu Presiden, mungkin karena variabelnya terlalu banyak (banyak issue yang menyebabkan seseorang memilih presiden, kalau di AS issue itu tentang : ekonomi, kesehatan, pendidikan, luar negeri, pro choice thd abortion, gay/lesbian issue, armed forces drafting, senjata luar angkasa, dsb)…

    Ganti topik nggak boleh ya ?

    Reply

  70. Joy
    Oct 22, 2008 @ 19:00:32

    Sya mhasiswa TI pak,cma kbetulan “gaul” sma anak2 statistik jdi agak mudeng dikit tntang statistik.Wah pak bukan mksud sya blang quick count tu simple,sy cma tnya apkah itu simple?Spa sya blang tu simple,hehe..Klo gnti judul y psti bisa lah pak,kan sya mo minta masukan dri bapak.O y pak,sistem pakar brbasis web mggunakan PHP+MYSQL,bsa kan?Supaya interfacenya lbih baik.
    Nah,jdi mnurut bpak bgusnya judul apa pak?Tpi ga trlalu rumit jga pak,hehe.Simple tpi brbobot..
    Mkasih bnyak pak..

    Reply

  71. tridjoko
    Oct 23, 2008 @ 09:21:41

    –> Joy :

    Ok dah anda anak TI. Kalau mau menulis skripsi Sistem Pakar, sebaiknya anda langsung pindah jalur dan menuju posting saya yang lain berjudul “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”. Di posting itu ada sekitar 300 komentar yang sebagian besar membahas tentang AI dan Sistem Pakar…

    Kalau anda tetap baca di posting ini, yah..info tentang Sistem Pakar sangat minim…

    Reply

  72. cooleve
    Oct 24, 2008 @ 13:41:28

    tapi bisa kan pak buat database?
    kalau perusahaannya itu B2B ada baiknya lebih ditekankan ke arah mana ya pak?

    tadinya kami ingin membuat adanya transaksi secara online dalam CRM, namun setelah dianalisis hal tsb jadinya tidak memungkinkan..
    sekarang kami ingin membuat sistem db untuk CRM dengan batasan relasi antara perusahaan dan customer yaitu untuk mengecek status project, available service/tarining class/staff, menangani masalah complain dr customer dan status pembayaran juga..

    menurut bapak gimana? itu bisa buat skripsi database tidak?

    Reply

  73. adnan fauzi
    Oct 24, 2008 @ 22:59:02

    pak,pa kabar?sblumnya makasih ya pak wktu SP Algoprog saya dikasih B,hehehe..mngkin sbnernya bisa A.Tapi krn saya ga masuk skali,jd dpet B deh,hehehe..saya binusian 2009 pak.
    Mw tanya donk pak.Kalo ambil topik e-application tuh kata bapak kan hrus ada transaksinya,jadi harus ada kyak penjualan gitu donk pak?kalo kita bikin web prusahaan aja bisa ga pak?
    saya masih bingung mau bikin apa skripsi nanti.kalo judul yang bapak kasih ini,boleh dipake di skripsi kelas ga pak?

    oya satu lagi pak (maaf ya byk nanya,hehe..)

    bener pak klo skripsi kelas kita pasti slese tepat waktu?

    thanks a lot pak kalo bersedia ngejawab smuanya.saya bakal sring ngunjungi blog bapak ni..

    Reply

  74. redsuitee
    Oct 25, 2008 @ 14:29:07

    pak, saya temen skripsinya cooleve nie..
    kayana ngga jadi dech buat CRM 😀
    terlalu luas soalnya..

    ehm boleh minta saran ngga pak? perusahaan B2B n bergerak di layanan jasa semacam outsourcing getu n kami da dapet proses bisnisnya, cuma saya jadi bingung nanti aplikasinya dibuat kaya apa.. tapi mau tetep yang berbasis web..

    tq pak

    Reply

  75. tridjoko
    Oct 26, 2008 @ 22:23:59

    –> Cooleeve & Redsuitee :

    Lho yang bener, anda berdua jadi buat CRM atau nggak ?

    Kalau mau buat CRM, apa yang dikatakan Cooleeve saya setuju-setuju aja. Just go ahead….cepat atau lambat, hadapi tembokmu !!!! (hehe..niru acara di TV)…

    Tapi saya setuju yang dikatakan Redsuitee juga bahwa CRM mungkin agak “aneh” dibuat topik skripsi dan anda sekarang mau concern dengan layanan jasa outsourcing. Saya menyebut ini adalah SCM (Supply Chain Management) sebagai kebalikan dari CRM (kalau CRM di ujung customer dari sisi perusahaan, maka SCM ada di ujung supplier dari sisi perusahaan)…

    Jadi sebagai perusahaan outsourcing, anda kan menyediakan “supply” dari berbagai hal seperti SDM, barang, dan jasa…

    Kalau anda sudah dapat proses bisnisnya…. Gotcha !!!! Justru itulah yang dicari, tinggal setiap proses bisnis anda buatkan proses IT-nya (mapping dari proses bisnis ke proses IT), dan aplikasinya…. selesai deh !

    What you have to do is dream, imagine, and just do it !

    Ok ? Good luck deh !

    (Ingat…hari gini harus sudah selesai Bab 2, Bab 1, dan sebagian besar Bab 3)…coding juga sudah bisa dimulai. Pendekatan prototype aja, yang penting sebagian function sudah bisa didemokan ke dosen dulu, kalau everything is ok maka function-function lain bisa diselesaikan belakangan…)

    Ayo…semangat dong !

    Reply

  76. tridjoko
    Oct 26, 2008 @ 22:29:51

    –> Adnan Fauzi :

    Sebaiknya anda membaca posting saya yang lain “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”…

    Di situ banyak sekali judul-judul skripsi yang dibahas dari berbagai topik skripsi (baca juga sekitar 300 komentar yang ada di sana !)…

    Setelah membaca posting itu, camkan dulu apa maksud semuanya itu…

    Sementara ini saya belum urgent menjawab pertanyaan anda karena anda Binusian 2009 skripsinya kan masih lama…hehe..

    (Masalah nilai, masih untung anda dapat B. Di toko sebelah, mungkin anda cuman dapat C atau malahan gak lulus lagi…)

    Reply

  77. redsuitee
    Oct 27, 2008 @ 14:38:18

    bab 1 n bab 2 uda slese koq pak.. paling tinggal dipoles dikit lagi aj cuz beralih dari CRM jadi lebih spesifik, pak..
    ni juga bab3 uda dalam proses pak.. tapi agak tersendat soalnya seret ni pak dapet data dari perusahaannya..
    ehm skarang saya jadi bingung buat aplikasinya ni, pak.. ada ide ngga? oia sebagai tambahan informasi, perusahaannya hanya supply SDM bukan barang 😀
    mohon bimbingannya pak 😀

    Supply SDM ? Saya agak bingung ya, yang anda lakukan kan CRM mengapa yang dibahas tentang “supply”. Kalau membahas tentang supply mestinya judul skripsi anda mestinya tentang SCM (Supply Chain Management)…
    Tapi saya nggak protes lho, anda kan skripsi kelas jadi yang dibahas mestinya sudah dikonsultasikan dengan dosen pembimbing kelas (beliau yang bertanggung jawab kalau terjadi kenapa-kenapa)…

    Reply

  78. urdsama
    Nov 02, 2008 @ 16:19:21

    Bapak Tridjoko Yth,

    Saya menanyakan apakah di Binus peminatan skripsi COMPUTER ARCHITECTURE cukup banyak yang tertarik ?

    Terima Kasih,
    Bayu

    Wah…saya malahan heran, mengapa anda bertanya ?
    Saya juga baru tahu kalau di Binus ada peminatan skripsi tentang Computer Architecture…
    Judul ini cukup menarik sebenarnya, cuman ada atau tidak mahasiswa yang ngambil, saya juga kurang tahu. Dosennya juga harus mantap punya, supaya skripsinya juga bener-bener bagus…

    Reply

  79. adit
    Nov 03, 2008 @ 23:08:44

    pak…
    ada topik untuk GIS/SIG ga??
    saya mau ambil di semester 8 nih..

    Bisa anda ambil sendiri kok GIS/SIG. Anda bisa kaitkan database spatial dengan apa saja : Prediksi Tsunami, Penyebaran Penyakit DBD, Hewan-Hewan Endemik, Pemantauan Gunung Berapi, dsb..

    Reply

  80. d.l
    Nov 10, 2008 @ 05:26:36

    Howdy pak?
    Mo nanya, untuk skripsi non-kelas ada syarat kah?
    atau hanya dengan proposal lalu ke jurusan?

    Btw untuk bimbingan dengan bapak, dengan judul yang diajukan sendiri bisa? (setelah melalui pertimbangan bapak tentunya…)

    I am just fine…;-)
    Skripsi non kelas tanpa syarat, hanya “bobotnya” mestinya lebih bagus atau lebih tinggi daripada skripsi kelas dan topik skripsinya amat khusus (tidak masuk ke dalam salah satu kategori Skripsi Kelas). Caranya cukup buat proposal lalu didiskusikan dengan Calon Dosen Pembimbing (CDP). Jika CDP telah setuju ditandai dengan di-acc-nya proposal anda, maka anda tinggal pergi ke Jurusan untuk “melaporkan” bahwa CDP telah setuju menjadi DP. Jurusan membuat surat penunjukan Dosen Pembimbing. Sudah, selesai…

    Judul yang anda ajukan sendiri, oke oke saja. Tapi tolong disesuaikan dengan interest saya (sampelnya ada di posting “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”). Jika tidak sama dengan interest saya berarti anda menjadi Dosen Pembimbingnya dan saya jadi Mahasiswa Bimbingannya dong !

    Reply

  81. d.l
    Nov 11, 2008 @ 22:23:51

    Satu-satunya judul yang “nyerempet dengkul” saya cuma satu pak, “Perancangan Optimisasi dengan Algoritma Genetik untuk Manajemen Proyek“.

    Saya fan Mr Crichton (RIP) tapi bukan Darwinian :], jadi merencanakan sesuatu yang berbeda–tanpa GA.

    Mengenai GA dan Project Management sempat saya siamak sebentar (google), dan terlihat seperti Puncak Himalaya dari bawah… Terlalu teknikal–meski ada “T” di major saya, seperti merekayasa DNA dari PM. Yang saya bayangkan saat ini hanya mengubah kultural, dengan pengadopsian pop kultur. Pemodelan dari sistem yang telah ada + implementasi.

    Variabel utama yang saya gunakan sebagai berikut: modeling, project management, ICT, collaboration, social networking, team forming, optimization.

    Untuk selebihnya dalam bentuk proposal pak :], coming soon.

    Wah ini proyek kalau bisa anda kerjakan…bagus banget !
    Biasanya “GA untuk PM” hanya membahas sumber-sumber manajemen (5M + E + I = Man, Machine, Material, Method, Money, Environment + Information). Yang anda lakukan agak berbeda, tapi as long as it can be measured and quantified, it’s ok…

    Reply

  82. fanji
    Nov 26, 2008 @ 21:37:04

    assalamalaikum mas….
    saya butuh referensi judul TA menggunakan aplikassi vb.net dtabase sql server.
    jd kira-kira judul yang pas buat saya apa ya??????
    ditungggu yaaaaa blssnya

    Wa’allaikumsallam…
    Wah..kalau topik anda Database, sebenarnya ada jutaan, milyaran atau triliunan judul yang bisa ditulis dan pastinya klop semua…
    Teman2 saya di kelas Database, projectnya ada yang di Peternakan Kuda (Persilangan), Inventory Logistik Angkatan Laut, Persewaan Buku/Video, HR Management, sampai ke SCM (Supply-Chain Management, untuk pemilihan supplier), sampai ke CRM (Customer-Relationship Management), sampai ke Dashboard Systems (EIS, DSS)…
    Kuncinya : anda tetapkan apa permasalahannya, tentukan apa solusinya, desain database-nya, dan coding….selesai deh…
    Kalau belum jelas, silahkan baca posting saya lainnya “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya” dengan cara memasukkan judul posting itu dalam search bar di Blog ini, pasti ketemu deh. Di sana ada posting yang sudah ditanggapi lebih dari 300 kali…mungkin anda jadi lebih terbuka pikirannya dengan membaca posting itu…

    Reply

  83. A1
    Dec 16, 2008 @ 16:50:48

    Sore pak(saat sy lg ngtik hari sdg sore, :p). Saya mhs non-binus S7( smstr 7 loh, msh lom ad kyna jenjang pendidikan strata 7), saya tertarik dgn topik TA “Perancangan Chatbot untuk Pariwisata di Kota Tua Jakarta“ yg bpk berikan. Tapi saya masih mempertimbangkan pengaplikasian chatbot itu sndiri, krn jika dalam kasus ini (Kota Tua Jakarta) sy rasa sulit dan akan membutuhkan waktu yg lama utk pengumpulan data, belom lagi utk kodingan AInya. Mgkn bapak ada saran lain utk pengaplikasian chatbot ini, kl boleh yg lingkupnya lebih kecil, hehehe 😀
    O iy dan juga mgkn bapak bisa memberikan saya referensi buku2 yg bisa membantu saya dalam memahami perancangan chatbot ini, krn ju2r saja mata kuliah sy yg menyangkut ttg AI itu jelek2, lu2s dgn nilai C.HEHEHE.
    Sebelum dan sesudahnya terima kasih pak. Maaf yah kl kalimat2 saya kurg sopan, krn kl saya baca komentar2 di atas sepertinya bapak beda dgn dosen2 saya(maksudnya punya rasa humor dan ga jaga jarak dgn mhs), semuanya jaim, galak.Jgn bilang2 ya pak, hehehe.

    Indrawan,
    Bagus sekali kalau anda punya minat di bidang AI. Kalau anda kurang sreg dengan “Perancangan Chatbot untuk Wisata Kota Tua Jakarta” anda bisa memperkecil atau mengganti objeknya misalnya “Chatbot untuk Pencarian Jodoh Berdasar Horoskop”, “Chatbot untuk Peramalan Cuaca”, “Chatbot untuk Pendugaan Harga Saham” dan sebagainya. Intinya, anda sudah memilih “pisau”-nya yaitu “chatbot”, nah…kini tinggal milih “buah”-nya yang akan dikupas pakai pisau…tapi itu sih tergantung pada anda sendiri…
    Dosen anda pada jaim ? Dosen2 Binus juga tuh…. 😉 Kalau saya sendiri agak “gaul” dan “santai” mungkin karena pada awalnya saya bukan dosen…tapi peneliti…hahahaha…

    Reply

  84. momon
    Dec 16, 2008 @ 19:28:35

    alow pak ni momon di jakarta…
    kalo data hasil penghitungan indeks itu bisa dibuat data mining atau dss yah.lebih tepat yang mana.

    Secara teori sih bisa dibuat dua-duanya (data mining atau DSS) kalau anda mau sih….
    Tapi kalau anda di Binus, Data Mining itu termasuk peminatan Database dan DSS itu termasuk peminatan AI, jadi kalau di Binus harus milih salah satu saja…lebih simpel kan ?

    Reply

  85. A1
    Dec 17, 2008 @ 09:15:26

    Terima kasih pak atas replyna. Ngomong2 mgkn bapak bisa memberikan saya referensi buku2/artikel2 yg bisa membantu saya dalam memahami perancangan chatbot ini. HEHEHE,maaf ya pak byk maunya. Habisnya kan saya ibarat “pisau” yg tumpul utk mengasah kajian AI dan perlu mencari “pengasah” yg mampu mengasah ketumpulan saya.
    Ada yang mau saya tanyakan lagi nh pak, seandainya chatbot yg akan sy rancang hanya terbatas utk servicing customer sebuah produk hardware komputer, bagaimana jika seandainya seorg customer menginput pertanyaan yg diluar bidang chatbot itu sndiri?

    Indrawan,
    Wah…referensi “chatbot” tentunya bisa dicari sendiri, tidak perlu jauh-jauh cukup ke perpustakaan universitas anda sendiri aja. Buku-buku Artificial Intelligence : Charniak & McDermott, Luger & Stubblefield, Rich & Knight, Nilsson, dan sebagainya bisa dibaca, Masih banyak sih buku AI yang bisa dibaca (saya sendiri di rumah punya puluhan buku AI, tapi nggak apal satu persatu soalnya ini di kantor bukan di rumah, jadi saya tidak bisa melirik ke lemari buku saya)…
    Secara khusus di AI baca tentang “Questions & Answering Systems” seperti ELIZA itu sudah wajib dibaca, dimengerti terutama bagaimana “engine” dari cikal bakal chatbot ini. Terutama tentang representasi pengetahuan menggunakan Frame, Script, Semantic Net mungkin bisa dipakai di skripsi anda..
    Terakhir harus dicari referensi tentang “intelligent agent” dan juga “chatbot”. Di rumah juga ada beberapa kumpulan referensi tentang hal itu (tapi sudah kuno, 1995), terlihat waktu saya bersih-bersih buku saya kemarin ini… Tapi kalau anda mau, di internetpun sumbernya sudah sangat bejibun !
    Lebih terakhir lagi, ada beberapa buku bagus tentang “Expert Systems”, “Knowledge-Based Systems” yang di dalamnya sudah ada sedikit bocoran coding tentang chatbot ini, yang sebaiknya anda baca. Kalau mau cari versi internetnya (e-book) dsb, tentu juga ada…coba masukkan kata kunci tertentu di http://www.rapidlibrary.com/ mudah-mudahan di sana ada e-book-nya…
    Ok ? Good luck then…

    Reply

  86. A1
    Dec 22, 2008 @ 16:59:12

    Sore Pak, sy ingin bertanya lagi ttg chatbot. Salah satu kemampuan chatbot adalah machine learningnya. Sehingga jika memang ada input kata/kalimat dari user yg tidak dimengerti/tidak ada di dalam database chatbot, maka chatbot akan meminta user untuk menjelaskan mengenai kata/kalimat tersebut untuk selanjutnya disimpan didalam database bot. Jika memang bot akan terus menerus belajar, lantas tidak mungkin ada batasan bagi bot untuk menguasai semua kata/kalimat sehingga pengkategorian chatbot utk bidang tertentu sy rasa tidak diperlukan lg. Menurut bapak bagaimana?Mgkn pemahaman sy yg msh salah sehingga memiliki asumsi spt itu, mohon pencerahannya.Sekali lagi trima kasih..

    Indrawan,
    Ya..pemahaman anda agak salah sih.. Nggak mungkin domain dari chatbot ditawar-tawar. Biasanya chatbot kan dibatasi question-answeringnya by domain, misalnya bumbu-bumbu dapur, cuaca, perkuliahan, dsb. Nah..domain itu juga digambarkan representation-nya dong, dengan semantic nets, frame, script, dsb. Di dalam “otak” chatbot juga ada semacam “mind map” yang perlu dibatasi, begitu chatbot mengetahui ini sudah di luar topik…gampang aja, send message “This is out of topic already !”…
    Untuk jelasnya baca buku Rich & Knight (1991). “Artificial Intelligence”. McGraw-Hill. Ini buku bagus sekali dan semua sudah ada di sana…

    Reply

  87. Dai
    Jan 13, 2009 @ 13:24:09

    Siang Pak, saya mahasiswa non-binus yang bentar lagi skripsi.. sy tertarik dengan judul yang bapak berikan tentang perancangan database beyond relational database, tapi sy masih kurang mengerti pak. pembahasannya seperti apa ya pak? mohon petunjuk dari bapak ^^
    Thx.

    Dai,
    “Database beyond relational database” itu misalnya “Multi-relational database” ataupun “Object-Oriented Database”…

    “Multi-relational database” pernah dibahas oleh teman saya Anand Despande di Disertasi Ph.D-nya dulu. Sedang “Object-Oriented Database” mungkin dirancang oleh orang lain, mungkin Coad atau Codd, coba cek deh..

    Ya dalam pembahasan skripsi mestinya anda membahas teorinya dan juga membuat program / coding kecil-kecilan untuk mendemonstrasikan apa yang anda teorikan itu. Karena ini skripsi S1, cukup pembahasannya dari satu segi saja. Kalau anda membahasnya dari banyak segi khawatirnya nanti setara Disertasi S3…hahaha…

    Untuk mendapat bahan dari internet, silahkan masukkan string pencarian ke Google “multi relational database undergraduate theses” atau “object-oriented database undergraduate theses”.

    Kalau kurang puas, “undergraduate” bisa diganti “Master” atau “Ph.D”..

    Setelah dapat bahan, nah dari situ anda pelajari biar tahu konsepnya…

    Ok ? Good luck..

    Reply

  88. ayu
    Jan 13, 2009 @ 13:56:16

    pak, saya pernah jadi mahasiswa bapak waktu ambil algopem di semester pendek.
    saya mau ambil skripsi SIG di semester depan, saya ambil kelas. tapi rasanya kepingin punya “mentor ” untuk diluar kelas. ada rekomendasi pak ??

    Ayu,
    Ayu yang mana ya ? Apa bukan Ayu yang juga ngambil IMK di saya dan membuat website yang didemokan di depan kelas ? Kalau bukan, ok lah..forget it…

    Kalau anda mau ngambil SIG dan perlu mentor di luar kelas, anda bisa minta berdiskusi dengan Pak Agus Prahono atau Ibu……. (ooops..sorry saya lupa namanya), tapi 2 orang tersebut adalah dari Departemen PU..

    Saya sendiri tidak ngeh dengan SIG, kalau anda tanya saya…mungkin lebih banyak tahu anda daripada saya tentang SIG…hehehe…

    Reply

  89. A1
    Jan 24, 2009 @ 20:32:31

    Malam pak. Stlh mndalami literatur2 mengenai chatbot,akhirnya sy sdh mmutuskan topik TA ttg NLP utk oprasi geometri.Hehehe, ga nyambung emang tp at least senggolan dikit dgn NLP. Skrg saya sdg ingin merancang algoritma utk dikodingkan nantinya, sy mulai dari bgmn memisahkan input kalimat ke dlm token2 utk dibuat parse treenya. Namun sy mndapat kndala, yaitu bgmn caranya menentukan grammar utk bhs indonesia sementara literatur2 NLP yg saya miliki smuanya membahas grammar utk bhs Inggris.Sekiranya adakah literatur/karya ilmiah mengenai Part-of-Speech utk bahasa indonesia?Sehingga dpt membantu saya utk menemukan grammar yg tepat utk bhs Indonesia.

    Indrawan,
    Lah….part-of-speech bahasa Indonesia kan hampir sama dengan CSG (Context-Sensitive Grammar) bahasa Inggris. Kalau ada beda cuman yang satu pakai hukum DM (Diterangkan-Menerangkan atau Noun-Adjective dalam bahasa Indonesia) sedang yang satu pakai hukum MD (Menerangkan-Diterangkan atau Adjective-Noun dalam bahasa Inggris)..

    Jadi, secara CSG untuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris nyaris sama loh… coba saja…bikin SCG-nya, misalnya :

    S –> NP VP
    NP –> Saya : Kamu : Kami : Mereka
    VP –>
    dst dst..

    Reply

  90. vensi
    Mar 23, 2009 @ 18:47:51

    Pak, saya mahasiswi teknik informatika jurusan e-commerce di surabaya
    saya saat ini sedang bergulat dengan proposal saya mengenai VRM (Vendor Relationship Management) apakah bapak pernah mendengar istilah ini..sebagai referensi saya mendapat issue ini dari
    http://cyber.law.harvard.edu/projectvrm/Main_Page

    VRM ini dikatakan sebagai kebalikan dari CRM.
    pembimbing saya pun masih ragu dan karena ini teori baru jadi ini seharusnya materi untuk S2. saya jadi kesulitan mencari topik baru lagi. bisa bantu saya pak?

    Vensi,
    Kebetulan saya terlibat membangun ERP (Enterprise Resource Planning) untuk 2 BUMN besar, 1 di Banten dan 1 di Jatim. Sepengetahuan saya memang VRM (Vendor Relationship Management) itu memang kurang bergaung istilahnya di Indonesia. Orang Indonesia lebih suka menyebutnya SCM (Supply-Chain Management) sebagai kebalikan dari CRM. Dan SCM teorinya sudah sangat mantap, antara lain yang ditulis oleh Porter..

    Menurut saya topik ini memang cocok dibahas oleh seorang mahasiswa S2, tapi mahasiswi S1 pun seperti anda ini jika punya cita-cita tinggi, mengapa tidak ?

    Saya punya buku bagus tentang ERP, silahkan cari di toko buku Toga Mas, Kharisma, Gramedia, atau Gunung Agung di kota anda, judulnya “ERP : Menyeleraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis” oleh Wawan Dhewanto dan Falahah (keduanya dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB), Penerbit Informatika, Bandung (240 hal, sampul berwarna putih). Di buku tersebut banyak dibahas tentang CRM dan SCM (tapi kurang dibahas tentang VRM)…

    Ok Vensi ? Selamat bekerja deh…;-)

    Reply

  91. vensi
    Mar 26, 2009 @ 19:47:48

    baik pak, terima kasih info nya. saya akan coba untuk mencari buku tersebut kalau memang VRM itu kurang lebih nya SCM, saya bisa menggunakan istilah tersebut daripada menggunakan istilah VRM yang kurang familiar.
    hubungan SCM, CRM dan ERP apa pak? apakah CRM dan SCM adalah bagian dari ERP?

    pak bisa tidak bantu saya untuk menelaah kira-kira apa yang bisa saya bahas mengenai SCM?
    terima kasih

    Vensi,
    Selain buku yang saya sebutkan, tolong dibaca buku2 tentang ERP, CRM, dan SCM yang ada. Di toko buku Gramedia Matraman ada puluhan judul buku kok, tinggal diborong dibeli semua saja…hahaha….

    Hubungan ERP, CRM dan SCM jelas sekali. ERP, dari kata “Enterprise” saja artinya adalah “keseluruhan perusahaan” (the whole company) ruang lingkupnya. Nah, di satu perusahaan besar misalnya PT. Astra Honda Motor (AHM) misalnya. AHM kan tipe perusahaan yang “made to stock” (membuat barang untuk di-stock atau dijual ke dealer-dealer), sedangkan perusahaan seperti PT PAL di Surabaya adalah tipe perusahaan yang “made to order” (membuat barang untuk memenuhi pesanan atau order)…

    Nah, di AHM kan ada rencana produksi, tapi datangnya “order” ke AHM kan dari Bagian Marketing dia sendiri. Bagian Marketing meneruskan ke Bagian PPC (Production Planning and Control) yang menetapkan berapa sepeda motor yang dibuat untuk setiap tipe. Nah PPC nanti yang meneruskan ke Bag Inventory untuk memesan material untuk membuat motor (saya duga ada 10,000 item) kepada para Supplier, nah di sini SCM (Supply-Chain Management) bicara. Termasuk memesan spare part “Just In Time” jadi stock (dan cost) yang ada minimum. Nah, sepeda motor kan dijual ke Customer, dan Customer yang setia kepada merk sepeda motor Honda, misalnya, akan selalu memesan motor Honda tipe-tipe lainnya. Di sini CRM (Customer-Relationship Management) berbicara, karena customer yang pernah leasing motor Honda dan sudah lunas, kalau pesan lagi dia tinggal RO (Repeat Order) saja, nggak perlu disurvai atau ditanyai berapa gajinya lagi…

    ERP, biasanya mencakup semua business process yang ada di PT. AHM, saya duga jumlah business processnya ada sekitar 150 business process. Module-module ERP yang bisa menangani business process sebanyak itu apa saja, bisa dibaca di Buku ERP yang saya sudah sebutkan judulnya…

    Reply

  92. yunita
    Mar 31, 2009 @ 14:27:15

    Pak terimakasih atas masukkannnya untuk CRM.
    pak kok judul2 skripsi bimbingan bapak tdk bisa di buka yg linknya? knp ya?

    Yunita,
    Memang judul skripsi mahasiswa saya tidak ada link-nya lho (biasanya hurufnya berwarna biru). Jadi, pantas saja tidak bisa dibuka…hehehe..

    Kalau anda bertempat tinggal di Jakarta, silahkan datang sendiri ke Perpustakaan Binus di Kampus Anggrek Jl. Kebon Raya 25..

    Kalau anda bertempat tinggal di luar kota, saya ada beberapa contoh hardcopy skripsi mahasiswa saya, tapi jumlah halamannya antara 400 – 1000 halaman. Jadi mungkin agak sulit dicopy…

    Reply

  93. wina
    May 14, 2009 @ 12:08:37

    siang pak!nama saya wina.saya mau minta pendapat bapak,gini lo pak judul skripsi saya tentang pembuatan game,di situ saya memakai metode random,tapi katanya random itu bukan sebuah metode.jadi saya bingung pak!jadi apa metode yang harus yg di pakai ya pak?saya bingung.tolong saya ya pak.terima kasih

    Reply

  94. erick
    Jun 07, 2009 @ 15:00:12

    nama saya erick. saya lagi butuh ide buat title Final year buat network computing. saya lihat d sini title untuk networknya menjurus ke system security. klo boleh tau apa ada yg lebih spesifik ke networking? trimakasih

    Erick,
    Sebenarnya hubungan antara Computer Network dan Computer Security itu ada 2 macam yaitu a) ditinjau dari sisi hardware-nya dan b) ditinjau dari sisi software-nya. Di program Magister Teknik Informasi Binus, saya ngajar berdua dengan Pak Lukas Tanutama, Pak Lukas mengajar dari sisi hardware, saya mengajar dari sisi software. Tapi mata kuliah itu baru dimulai Juli 2009 yang akan datang ini…

    Reply

  95. Juliawan
    Jun 22, 2009 @ 22:19:51

    Pak mau tanya kalo untuk skripsi analisis strategi E business itu buat web harus ada itungannya ya Pak?atau bagimana Pak?

    Juliawan,
    Saya jawab di posting saya “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya”…

    Reply

  96. Selvia
    Jul 08, 2009 @ 17:08:51

    Selamat sore Pak,

    Salam kenal.

    Saya Selvia dari jurusan Akuntansi-Sistem Informasi 2005. Saat ini saya sedang magang di sebuah perusahaan kontraktor menara telekomunikasi (BTS). Saya juga sedang mempersiapkan proposal skripsi. Saat ini saya tertarik dengan topik Revenue Cycle, karena tipe perusahaan ini berbeda dengan apa yang diajarkan pada kurikulum di Binus (akuntansi merchandise / barang dagang).

    Apakah Bapak memiliki saran siapakah dosen yang dapat membantu saya untuk pengerjaan skripsi dengan topik ini?

    Terima kasih.

    Salam,
    Selvia

    Selvia,
    Wah…sorry ya dosen-dosen Komputerisasi Akuntansi sekarang saya kurang begitu kenal siapa-siapa yang bagus. Tapi di jaman dahulu, ada Ibu Maria Pia dan Pak Jonnardi yang pertanyaannya amat sangat kritis kalau sedang menguji di ujian pendadaran (saking kritisnya, tidak tahan lama-lama di Binus…hehe..)…

    Dosen KA sekarang yang kritis siapa ya, saya juga kurang begitu tahu nih. Tapi anda bisa meminta Pak Iskandar Putong sebagai Dosen Pembimbing anda, dengan alasan beliau sudah banyak menulis buku-buku Manajemen dan Akuntansi sehingga mungkin sifat kritisnya sudah “built in”…

    Selain itu Ibu Henny (Dr. Henny Hendarti) di jaman dulu juga sangat kritis bidang KA-nya, tapi nggak tahu ya sekarang setelah Ibu Henny memperoleh gelar Doktor yang kalau tidak salah di bidang Manajemen Strategis…

    Ibu Angelina, saya kira juga cukup kritis…

    Reply

  97. sist
    Aug 27, 2009 @ 15:05:52

    pak saia mau tanya nih..
    kalo saia bikin skripsi tentang ‘analisis dan perancangan aplikasi blablabla’ , saya bingung apa yang seharusnya dibahas di dlm skripsi saya..?
    apa isinya nanti contoh aplikasi saya dan UML dsb?
    lalu kira2 landasan teorinya apa ya pak?software engineering kah?

    minder pak liat skripsi kebanyakan lebih ke arah AI dan networking..hahaha..=D
    thanks pak..=)

    Fransisca,
    Lihat posting saya yang lain berjudul “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya” di sana banyak judul-judul skripsi dari berbagai topik dan diskusi apa saja yang perlu dimasukin di skripsi anda…

    Gak usah minder, cool aja….hehehe….

    Reply

  98. Feryy
    Oct 21, 2009 @ 10:18:52

    Pak saya feryy jurusan Sistem Informasi kira2 untuk non kelas di SI topik2 apa aja yang ditawarkan ?

    terima kasih pak sebelmnya

    Ferry,
    Sebenarnya topik skripsi SI non kelas itu tidak terbatas lho…

    Makanya diberi nama “non kelas” aliasa “tidak terbatas”…hehehe…

    Jadi anda boleh milih topik apa saja asal disetujui oleh Dosen Pembimbing…

    Good luck deh…

    Reply

  99. rohaeni
    Nov 25, 2009 @ 20:49:22

    chika sudah siap belum tugas akhirnya ? tolong no hpnya aku minta aeni com

    Reply

  100. Simi
    Jan 05, 2010 @ 10:31:17

    Bisa ga mas contoh skripsi nya dibuat pdf .biar aku lihat kalo bisa juga 🙂 tolong dong mas diupload biar byk yg donload ‘berbagi gitu loh mas biar rejeki mas byk karena bantuan mas byk orang tertolong dan mas juga didoain selamat jiwa Bumi dan akhirat .amin

    Simi,
    Saya maunya juga begitu, tapi untuk upload file di web harus ada server yang cukup besar, yang gratis mah jarang…yaudah…aku mending gak dapat pahala aja deh…

    Hehe…tapi kalau ada server yang besar di masa depan, aku mau upload kok file pdf dari skripsi..

    Reply

  101. edi
    Feb 03, 2010 @ 19:11:54

    salam kenal pak..saya edi dari bengkulu
    saya butuh bantuan bapak, saya sedang menyusun skripsi dan saya sangat membutuhkan kuesioner penelitian yang dilakukan oleh ibu Henny hendarti dan Andreas gui “korelasi efektivitas sistem informasi penjualan dengan kinerja user”..saya udah berusaha menghubungi mereka untuk meminta kuesionerny tapi e-mail mereka nggak ada yang aktif pak..bapak bisa bantu saya kan pak?

    Edi,
    Sayang memang Ibu Henny Hendarti dan Bapak Andreas Gui belum aktif di Facebook, jadi saya juga sulit menghubungi beliau berdua..

    Sebenarnya kuesionernya bisa saya tebak kok. Terdiri dari beberapa pertanyaan (mungkin 10-20-30 pertanyaan), setiap pertanyaan ada 4 pilihan jawaban (pilihan ganda).

    Jadi sebenarnya Edi bisa karang sendiri. Yang penting, jumlah responden minimal harus 30 orang supaya menyebar normal secara statistik…

    Reply

  102. edi
    Feb 04, 2010 @ 14:56:10

    siang pak..ni edi dari bengkulu…kpn comment sy yg kmrn gk kliatan ya pak?blm bpk baca ya?tlongin donk pak…

    Edi,
    Sudah saya jawab kan….

    Reply

  103. fajar
    Jul 14, 2010 @ 03:17:42

    pak, saya fajar angkatan 1000 pak..
    mau tanya saya kan ambil skripsi non class mengenai information economic..
    kira² bapak ada contoh judulnya ga pak..

    mohon bimbingannya.. ^_^

    txh pak,

    Fajar,
    Kalau anda dari jurusan Teknik Informatika kayaknya sulit deh mengambil skripsi dengan judul Information Economics.

    Kalau anda jurusan TI dan pengin ngambil skripsi tentang Information Engineering sih, masih ada dikit2 kaitannya….

    Reply

  104. Samuel
    Aug 21, 2010 @ 02:27:15

    permisi pak.. saya baru saja menemukan web anda saat search lewat google dengan keyword “buku chatbot”. saya hanya memiliki beberapa referensi tentang chatbot dan jujur belum saya baca semua karna belum ada waktu. Saya sedang menyusun sebuah skripsi tentang chatbot. Bagaimana chatbot bisa membawa perubahan yang luar biasa pada dunia AI. Saya sudah memiliki beberapa contoh source code dengan C++ atau juga Action Script 3.0 kebetulan skripsi saya menggunakan Action script 3.0 jadi saya sedikit banyak punya referensi untuk mendukung. Jurnal yang saya temukan kebanyakan hanya tentang “Turing test” dan tentang “ELIZA” . Saya sekarang sedang Stuck di metode penelitian. saya agak bingung. Kebetulan yang saya pahami chatbot memadukan antara proses Searching dan Reasoning. dan metode yang saya pilih hanya tentang searching yaitu metode heuristik : generate and test. sampai sekarang saya masih mempelajari tentang itu. sudah sekitar 3 bulan, dan saya masih bingung apakah metode ini cocok atau tidak. Banyak yang saya dapat menggunakan logika fuzzy atau bahkan Algoritma Genetika. dan pastinya semua AI akan dimasukan unsur logika fuzzy. Begitu juga chatbot saya. Hanya saja saya hanya akan menggunakan sedikit saja unsur logika fuzzy-nya. Memang saya anggap ini hampir seperti skripsi “bunuh diri” karena mengingat chatbot bukanlah hal yang gampang untuk dipelajari. Harus ada landasan yang kuat dan bukan hanya logika atau algoritma pemrograman, tapi pemahaman yang mendalam. Saya sungguh tertarik dan ingin lulus dengan skripsi ini. walaupun banyak teman saya yang membuat skripsi tentang database atau web. saya merasa tertantang begitu. yang ingin saya tanyakan, sebaiknya metode apa yang harus saya pakai walaupun hanya untuk membuat sebuah chatbot sederhana dan yang pastinya akan bisa saya kembangkan dikemudian hari. dan bisakah bapak memberikan saya sedikit saja referensi atau jurnal yang mendukung dalam metode tersebut, pastinya saya akan mencari juga yang lainnya. Mungkin saya tidak bisa membalas kebaikan bapak sekarang. Tapi yang pasti Nama bapak akan saya tuliskan didalam ucapan terima kasih saya didalam lembaran skripsi. dan jika suatu hari saya bisa bisa bertemu bapak. Saya ingin membalas kebaikan bapak. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya. TUhan memberkati.

    Samuel,
    Saya ngajar mata kuliah AI dan buku pegangan favorit saya karangan Elaine Rich & Kevin Knight (1991). “Artificial Intelligence”, McGraw-Hill. Nah, di buku itu banyak sekali dasar logika atau dasar teori untuk chatbot..

    Menurut saya, chatbot itu first and foremost didasarkan pada teori Natural Language Processing, terutama 5 tahap NLP yaitu : Morphological Analysis, Syntactic Analysis, Semantic Analysis, Discourse Integration, dan Pragmatic Analysis. Kelima tahap ini harus dipahami betul apa filosofinya dan apa esensinya.

    Sedangkan teori yang lain misalnya Statistical Reasoning (seperti Bayesian Theorem) ataupun Non-monotonic Reasoning (seperti Dempster-Shafer) itu mah nomor 2 setelah NLP, walaupun penting juga…

    Sedangkan fuzzy logic itu hanya “kembangan” atau “alternatif” dari Bayesian thorem..

    Semuanya ada di buku Rich & Knight, jadi baca aja dari sana….

    Selamat berjuang dan salam…

    Reply

  105. Samuel
    Sep 06, 2010 @ 12:26:36

    wah terima kasih banyak pak… maaf saya baru reply karena kesibukan yang lain…
    akan saya teruskan perjuangan saya… Kelak akan saya kabarin lagi perkembangannya… sekali lagi terima kasih banyak pak. Tuhan Memberkati Bapak…

    Ok deh kalau begitu…

    Reply

  106. Tere
    Sep 07, 2010 @ 13:57:33

    Dear Pak Tri Djoko,

    Saya alumnus Binus. Perusahaan tempat saya bekerja, yaitu di bidang trading spare part heavy machine membutuhkan mahasiswa magang tahap akhir yang sedang TA/skripsi; dengan fokus skripsi “Perancangan Sistem Manajemen Distribusi.” Diutamakan dari jurusan T.Industri atau T.Informatika. Mohon Bapak memberikan referensinya, atau jika memungkinkan untuk dipasang di papan pengumuman di kampus.

    Terima kasih banyak Pak.

    Hallo Tere,
    Terima kasih infonya. Segera saya pasang di status FB saya, siapa tahu ada mahasiswa yang baca..
    Kalau ada yang tertarik, nanti saya hubungi kembali. Yang jelas sudah puluhan mahasiswa yang meminta saya mencarikan perusahaan tempat magang…
    Salam sukses..

    Reply

  107. John
    Oct 16, 2010 @ 14:11:41

    Pak, saya jurusan Sistem Informasi Binus, saya sedang skripsi non-kelas. Saya mengambil topik tentang supply chain management. Namun saya masih bingung mau nulis apa dan ruangh lingkup sampai di mana.

    Perusahaan yg saya telliti adalah perusahaan garmen, karyawan sekitar 2000 orang, sudah memakai Oracle…

    Tolong ya pak…

    Reply

  108. Yesica
    Nov 10, 2010 @ 17:41:09

    Pak, saya binusian 2011. Saya sedang menjalankan skripsi saat ini. Saya mengambil tema AI. Pertanyaan saya, bagaimana cara mengimplementasi metode minimax dalam permainan futsal?

    Terimakasih Pak.

    Yesica,
    Sebenarnya MINIMAX diperlukan untuk jenis GAME tertentu yaitu “two-player game” (chess, backgammon, checkers, dsb) bukan untuk permainan futsal. Untuk membahas permainan futsal, menurut saya lebih tepat pakai GA (Genetic Algorithms).

    Saya tidak bisa membantu banyak, karena sekarang sedang istirahat karena abis 2 minggu dirawat di RS karena sakit jantung…

    Reply

  109. Gerald
    Mar 31, 2011 @ 15:06:34

    selamat sore Pak, saya Mahasiswa Binus semester 6 jurusan sistem komputer. saya mau bertanya, apakah Bapak punya rekomendasi perusahaan yang menerima kerja praktek atau magang khususnya dibidang jaringan / networking ?

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    gerald

    Hallo Gerald,
    Wah…kayaknya perusahaan calon magang itu harus dicari sendiri Rald. Yang banyak makai networking itu ya bank, ada bank pemerintah ada bank swasta nasional, ada bank asing. Lalu kantor-kantor pemerintah. Lalu kantor-kantor swasta yang banyak cabangnya di daerah. Lalu universitas, termasuk universitas anda sendiri. Mungkin ada beberapa SMP dan SMA yang sudah pakai networking, who knows ? Jadi anda harus explore sendiri, ngamati sendiri, cari info sendiri, ngirim surat sendiri, dan dapat jawabannya kemudian..

    Reply

    • Gerald
      May 19, 2011 @ 14:42:16

      ok pak..terima kasih infonya,
      kalau ada informasi tentang perusahaan yang menerima magang tolong dikabari ya pak, soalnya saya sudah mencoba apply 4 perusahaan belum ada jawabannya.. :D.. hehhee..

      magang jurusan SK soalnya bisa untuk skripsi pak.. 😀
      makasih

      Reply

  110. mia
    Apr 20, 2011 @ 22:16:09

    ass…pak…salam kenal…………
    sy mahasiswa d riau, lau g ngerepotin,sy mau tanya?
    sy mau ngajuin judul nich pak…..lgi bingung soalnya,…rencananya mau ambil sistem pakar tp blm dpt judul, kira2 apa judul nya y pak? truz perancangannya harus dengan UML…….kira2 bpk punya referensi g?thank’s sebelumnya……….

    Mia,
    Wah…ini yang kacau dosen pembimbing anda…atau saya ?

    Membuat Sistem Pakar yang baik itu mestinya pakai bahasa pemrograman yang diperuntukkan bagi aplikasi Artificial Intelligence (AI) seperti Sistem Pakar, yaitu makai LISP, Prolog, CLIPS, JESS (Java Expert System Shell) dsb…

    Sedangkan UML kan untuk bahasa pemrograman berorientasi objek….apakah JESS berorientasi objek ? Jawab sendiri deh….

    Sistem Pakar itu secara generik ada 10 tipe (lihat Turban (1993) “Decision Support Systems and Expert Systems”) yaitu : SP Perencanaan, SP Monitoring, SP Diagnosa, SP Konfigurasi, SP Pembelajaran, dsb…..lihat sendiri buku ini di http://books.google.com/ dengan memasukkan nama pengarang dan judul buku…

    Good luck…

    Reply

  111. mia
    Apr 21, 2011 @ 22:11:49

    nah itu permasalahanya….sementara bahasa pemrog yg bpk sebutkan tdk ada yg boleh d pakai, aturan kampus hanya boleh memakai VB,delphi,C++ ATAU java…….gmn donk….
    tolong donk pak…sy butuh masukan nich…n kalau bisa minta tolong carikan judul yg menurut bapak pantas untuk d jadikan skripsi nantinya..
    thank’s sebelumnya….

    Mia,
    Setelah saya perhatikan….Mia salah masuk ke posting saya nih….kalau di posting yang ini, memang jarang saya sebutkan judulnya…

    Coba klik posting saya yang lain “Judul skripsi Binus bimbingan saya”….di sana banyak sekali (400+) komentar dan pembahasan….caranya masukkan string pencarian “Judul skripsi Binus bimbingan saya” di button Search yang ada di Blog saya (di bagian kanan atas)…

    Ok Mia ?

    Reply

  112. Gerald
    May 19, 2011 @ 14:45:43

    ok pak..terima kasih infonya,
    kalau ada informasi tentang perusahaan yang menerima magang tolong dikabari ya pak, soalnya saya sudah mencoba apply 4 perusahaan belum ada jawabannya.. 😀 .. hehhee..

    magang jurusan SK soalnya bisa untuk skripsi pak.. 😀
    makasih

    Reply

  113. phillar
    Sep 01, 2012 @ 01:14:57

    halo pak tridjoko
    saya mahasiswa binus semester 7..
    di semester 7 ini saya akan menyusun skripsi
    topik skripsi tentang perancangan strategi sistem informasi..
    kalo bisa itu ruang lingkup nya apa aja ya pak?

    Phillar,
    Setahu saya judul Perancangan Strategi Sistem Informasi (IS Strategic Planning) biasanya dikerjakan mahasiswa MTI atau MMSI Binus di jenjang S2. Memang di jurusan Sistem Informasi (SI), katanya ada juga sih skripsi dengan judul IS Strategic Planning…

    Tapi judul itu jarang diambil oleh mahasiswa jurusan Teknik Informatika (TI). Jadi karena saya hanya dosen TI, saya tidak tahu ruang lingkupnya seperti apa.
    Karena Phillar mahasiswa Binus, ya lihat aja contoh skripsinya langsung di Perpus Binus Anggrek, atau Googling aja untuk melihat e-thesis Binus…

    Reply

  114. Rizal
    Jan 24, 2014 @ 00:06:22

    Salam kenal pak, Saya baru pertama kali post di blog bapak, saya mau skripsi nih semester genap ini, tp saya masi binggung judulnya apa? kalau ikut jalur khusus di binus. judul skripsi dan bab1,bab2,bab3,bab4,dan bab5. semuanya di ajari apa. kita ngerjai sendiri. tp saya ngk kuliah di binus pa? apa saya bisa ikut jalur khusus di binus..

    Rizal,
    Judul skripsi apa nanti, ya tunggu nanti saja setelah anda memutuskan anda tertarik di bidang apa atau ingin menulis skripsi di bidang apa ?

    Di Binus kalau jalur kelas diajari per minggunya, dimulai dari Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5 dan seterusnya dan setiap minggunya ada assignment, lumayan berat. Kalau di jalur khusus, mahasiswa Bab 1 sampai Bab 5-nya belajar sendiri dan menulis sendiri tanpa bimbingan dosen, nanti setelah hasil tulisannya “banyak” baru deh didiskusikan dengan dosen pembimbing.

    Maksudnya, kalau anda bukan kuliah di Binus, apakah anda bisa ikut jalur khusus penulisan skripsi di Binus ? Ya tentunya tidak bisa.

    Tapi kalau anda mau bekerja keras, tulis saja judulnya terus tulis Bab 1 dst nanti saya koreksi secara virtual melalui Blog ini.

    Oke ?

    Reply

  115. ita
    Dec 12, 2015 @ 20:15:12

    Malam Pak,

    Mau tanya perbedaan IE dengan NIE, saya masih bingung menentukan judul skripsi.

    Terima Kasih

    Ita,
    NIE itu apa ? Kalau IE itu Information Engineering kan yang dimaksudkan Ita ?
    Kalau beda IE dengan IEM itu ada di link ini : https://en.wikipedia.org/wiki/Information_engineering

    Reply

  116. Gratia Firminae
    Dec 14, 2015 @ 13:30:46

    Selamat siang pak.. Saya pernah ikut kelas SP PAA (Perancangan & Analisis Algoritma) bapak (16012) & sya ikut program 3+1 pak.. memang boleh pak kalau skripsi TI hanya membahas algoritma tertentu?

    Soalnya saya ikut program 3+1 tapi justru informasi yg beredar sangat sedikit & simpang siur kejelasannya.. bahkan sya tidak diberitahu bahwa Binus tidak punya jalur ke rumah sakit tapi saya disuruh untuk tetap mencari izin penelitian ke rumah sakit yg notabene beberapa pihak rumah sakit sudah mengungkapkan keberatan jika melakukan penelitian untuk skripsi jika pihak kampus & RS tidak memiliki MOU. Sedangkan proposal skripsi saya diterima (saya yakin tidak diperiksa. jika diperiksa sejak awal, sya seharusnya tdk diizinkan untuk membuat skripsi tsb karena yg lebih tau MOU binus ke siapa saja sudah pasti pihak2 lain selain mahasiswa)

    Saya mau bikin skripsi dengan tema kesehatan pak.. kira2 apa bisa jika hanya membahas algoritma?

    Terima Kasih Pak..

    Tia,
    Ini pertanyaan “tingkat tinggi” nih, apakah skripsi S1 bisa membahas Algoritma-nya saja ?
    Kalau di USA, hanya disertasi S3 yang membahas Algoritma seperti ini.
    Yang ada hubungannya dengan RS adalah membuat Expert System untuk Mendiagnosa Penyakit. Jenis Penyakitnya bisa dikategorikan berdasarkan spesialisasi dokternya, yaitu : Penyakit Umum, Paru-Paru, Jantung dan Pembuluh Darah, Obstetri Ginekologi, Pediatri, Psikiatri, Penyakit Dalam, Orthopedi, Kulit dan Kelamin, dsb…
    Saran saya sih pilih yang Jantung dan Pembuluh Darah, karena saya kan pasien jantung, jadi semua penyakit jantung dan pembuluh darah insya Allah saya familier banget (well informed).
    Terus membuat Expert System-nya ada 2 cara : pakai Bayesian Rule atau pakai Fuzzy Logic.
    Kalau lebih ke Machine Learning, penyakit jantung bisa ditebak dengan Neural Network, jadi yang diriset adalah Arsitektur Neural Network-nya.
    Gitu Tia…selamat memilah-milah….good luck ya…

    Reply

Leave a reply to feisal rahmady Cancel reply