Toko kaki lima barang bekas Singapura

Ada enquiry menarik masuk ke blog saya yang saya jadikan judul posting ini, “Adakah toko kaki lima barang bekas di Singapura ?”

Saya pernah 9 bulan tinggal di Singapura, dan kelihatannya jawabannya “Tidak ada !!”..

[Atau kalau ada tapi saya nggak tahu, I’m sorry..]

Setahu saya pusat barang elektronik yang paling murah itu ada dua, yaitu di Little India yang terletak 2-3 blok di sebelah utara stasiun MRT Bugis. Yang kedua, di China Town kira-kira 1-2 blok dari stasiun MRT Bukit Merah. Di kedua tempat itu, anda bisa dapat barang-barang elektronik dan barang-barang lainnya dengan harga “bargain”. Jadi, kuncinya anda harus berani menawar !

Tapi ini sedikit trick & treat saya dalam berbelanja di Singapura. Belilah koran The Straits Times edisi terbaru, yang kalau anda tinggal di hotel besar biasanya di pagi hari di depan pintu kamar hotel anda koran ini sudah diberikan secara gratis..

Jika anda belum mendapatkan koran The Straits Times, anda bisa beli di toko-toko NTUC terdekat (toko kecil mirip Indomaret atau Alfamaret di Indonesia). Di news standnya, koran itu pasti ada..

[Sorry, di Singapura tidak ada pedagang asongan yang jual koran. Dalam hal ini, Jakarta has its own luxury…]

Biasanya koran itu tebal sekali. Jumlah halaman bisa 100-200 halaman. Bacalah bagian Advertising-nya.

Kalau anda lagi naksir sebuah kamera digital misalnya, catatlah merk dan tipe kamera itu, dan cari infonya di bagian Advertising koran tadi. Biasanya untuk 1 tipe kamera digital, ada sekitar 3-10 informasi yang didapat. Catat harganya di masing-masing toko yang menjual.

Datangi toko yang menawarkan harga termurah, biasanya toko yang sulit dicari letaknya, kecuali anda punya peta Singapura yang lengkap. Tapi, bisa juga ada di Toko Takashimaya di bilangan Orchard Road, tergantung kepada musimnya sih..

Jadi, setahu saya “pasar loak” atau “flea market” tidak ada di Singapura, namun toko barang elektronik yang menjual barang baru dengan harga sangat murah banyak terdapat di Singapura..

Selamat berbelanja di Singapura ya !

Jangan lupa oleh-olehnya !

52 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Feb 23, 2008 @ 21:06:24

    di far east plaza jg klo ga salah murah2 tuh pak.
    trus di samping plaza singapura (sberang MRT Dhoby Ghaut) juga suka ada tenda2 jual barang2 murah.
    ntah itu bekas ato stok lama.
    saya sempet beli 3novel cetakan Inggris cuma dgn $10.
    murah kan?
    trus adik saya beli sepatu (sendal) cm $20.
    hehehehe..!!
    cm saya rasa tenda2 itu seasonable.
    hehehehehehe..!!

    Reply

  2. Tri Djoko
    Feb 23, 2008 @ 22:15:49

    Hallo Agung : thanks infonya…

    Far East Plaza, bukankah itu yang saya sebut dekat Little India ? Yaitu 2-3 blok sebelah utara dari MRT Bugis ? Kalau nggak salah di Serangoon Road ya ?

    O ya, kalau tadi saya sebut MRT Orchard Road, saya memang salah, karena nggak persis. Yang tepat dekat MRT Sommerset atau MRT Dobhy Gaut yang sebenarnya adalah “ujungnya” Orchard Road..

    Point saya adalah, di Singapore tidak ada Flea Market khusus seperti dalam pengertian yang ada di kota-kota Amerika macam Miami-Fort Lauderdale atau di Seattle seperti yang terlihat di film-film Amerika itu…

    Kalau cuman tenda-tenda atau kaki lima yang mangkal secara tidak tetap memang ada. Di sekitar Tanjong Katong keluar dari MRT Paya Lebar juga banyak.. Mungkin di tempat-tempat lainnya juga banyak…

    Intinya, yang paling penting adalah yang anda butuhkan pas ada di situ. Misalnya, Agung sempat beli 3 novel bahasa Inggris seharga Sin $ 10. Itu murah lho !

    Reply

  3. Agung
    Feb 23, 2008 @ 22:27:35

    apa saya salah yah?
    yg di sebelah tang plaza (ke arah hotel orchad parade) itu apa yah?
    saya smpet liat2 laptop di situ.
    lumayan murah tuh.

    iyah pak.
    pasar loak di singapura mana ada.
    wong barang bekasny dijual di indo smua.
    ampe baju2 bekas org SG di kirim ke indo.
    hehehehe..!!

    Reply

  4. wawan
    Feb 25, 2008 @ 17:23:21

    kalo saya mau beli alat-alat olah raga seperti raket badminton yang Ori tapi murah2 dimana ya???

    Reply

  5. Tri Djoko
    Feb 25, 2008 @ 19:10:02

    Wawan : raket badminton bekas atau baru ? Soalnya nggak anda sebutin sih..

    Caranya sama. Pertama, baca koran The Straits Times di bagian iklannya, cari merk dan tipe raket badminton yang anda taksir. Mungkin akan ketemu puluhan informasi dengan berbagai harga. Ambil harga yang paling murah, dan cari tokonya, berbekal peta Singapura. Pasti ketemu, dan barangnya bagus, soalnya orang Singapura cenderung jujur-jujur dalam berbisnis…

    Atau kalau anda punya waktu, datanglah ke Kalang Stadium (MRT Paya Lebar ke arah selatan, anda bisa ambil bis yang lewat Kalang, atau dari MRT Bugis juga bisa). Carilah kantor Badminton Federation of Singapore, tanya seseorang di sana dimana tempat beli raket badminton original. Most likely anda bakalan ketemu pemain Singapore asal Indonesia, misalnya pemain ganda Hendra-Hendri yang kemungkinan lagi latihan. Tanya aja…

    Atau mulailah dengan Toko Takashimaya dekat MRT Sommerset. Di sana kayaknya banyak dijual raket badminton. Pasti original, tapi merk apa yang anda cari dan tipe apa kan saya nggak tahu..

    Ok ?

    Reply

  6. DD
    May 23, 2008 @ 11:02:39

    Pernah tinggal di singapura sampe 9 bulan, tapi nggak tau kaki lima atau toko-toko yang jual barang bekas??? Kemana saja, broer???
    Sudah pernah dengar Cash Converters belon?? Ada lebih dari 10 toko besar tersebar di seluruh singapura. Hampir semua isinya barang bekas.
    Sudah pernah ke Arab Street di hari minggu belon?? Isinya kaki lima jualan barang bekas, kayak di Pasar rumput, Jakarta.
    Cari buku bekas? Datang saja ke Bras Basah Complex, seberangnya National Library.

    Reply

  7. tridjoko
    May 23, 2008 @ 13:01:30

    –> DD :

    Ha..ha..ha…saya 9 bulan tinggal di Singapura setiap hari harus sekolah. Hari Senin sampai Sabtu jam 07.00 – 17.30 sekolah terus, kadang-kadang malam harus membuat program komputer jadi nggak sempat keluar kemana-mana..

    Informasi tentang Singapura saya dapat dari The Strait Times yang saya baca. Dan kadang ngecek kebenarannya kalau lagi lewat..

    Justru bagi anda yang tinggal di Singapura itu yang bisa memberi informasi dengan akurat, apalagi kota itu berkembangnya cukup pesat.

    Saya hanya pengin nolong yang cari informasi, ternyata sudah banyak blog tentang Singapura oleh orang-orang Indonesia antara lain oleh Bung Indra (indra.sg.or.id) yang informasinya ciamik dan uptodate banget…

    FYI, saya sekolah 9 bulan nginep di Hotel terus mumpung dibayari oleh Pemerintah Singapura (MFA). Jadi mungkin terlalu nyenyak tidur setelah capek seharian sekolah…

    Sorry ya Bung ! Ke Sentosa sama Zoo aja belum sempat….;-)

    Reply

    • ibnu
      Jan 31, 2013 @ 12:12:56

      jangan ngambek gitu pak kalo salah..bilang makasih kan lebih bijak.. jangan nutup kesalahan dengan pamer… wkwkwkwk

      Reply

  8. dennychan
    Jun 16, 2008 @ 21:04:10

    Pak klo di SG itu lagi sale seasonnya biasanya pertengahan tahun disana murah2 :)

    Reply

  9. KARISMA
    Jul 15, 2008 @ 00:40:57

    SAYA MAU TANYA,KALAU MAU BELI BAJU2 YG MURAH TP LMYAN KUALITASNYA DIMANA TUCH?TRUS HARGA BERKISARAN BERAPA?

    Reply

  10. tridjoko
    Jul 15, 2008 @ 16:54:34

    –> Karisma :

    Mungkin lebih tepat pertanyaannya, kapan saya harus ke Singapore supaya beli bajunya dapat yang paling murah ?

    Datanglah pada saat jelang Hari Kemerdekaan Singapore tanggal 9 Agustus, jadi kira-kira antara Juli-Agustus itu masanya Great Singapore Sale yang diskonnya antara 10% hingga 70% !

    Tergantung baju merk apa yang anda minati ? Mango, Zara, Benetton ? Mungkin kalau yang itu ya di toko-toko sepanjang Orchard Road..

    Kalau saya dulu suka baju-baju biasa yang nggak brand name banget dan saya sukanya beli di jaringan toko Second Chance, yang kalau beli baju pertama kali harganya Sin $ 20 – $ 40, lalu diberi kupon yang kalau beli baju kedua harganya sudah di-diskon 30%nya jadi harganya menjadi Sin $ 12 – $ 27…demikian seterusnya, makanya dinamakan Second Chance…

    Nggak tahu di tahun 2008 ini apa Second Chance masih ada…..kalau sudah tutup wah sayang, it was a very good store !

    Reply

  11. karisma
    Jul 24, 2008 @ 18:52:40

    wah sayang dong pak,saya ke singaporenya ntr bln september,kalau boleh tau toko second chance berada dijalan apa pak?thanks

    Reply

  12. tridjoko
    Jul 24, 2008 @ 23:03:17

    –> Karisma :

    Toko Second Chance banyak kok tersebar di seantero Singapore. Ada yang di Tanjong Katong (Paya Lebar MRT), di Bugis, di China Town juga ada…

    Itu kalau sekarang ini masih ada lho Second Chance-nya. Maklum chain store kalau nggak bagus-bagus amat sekian tahun pasti udah tutup…

    Reply

  13. maria
    Aug 24, 2008 @ 19:00:32

    bisa tolong informasi store2 yg bisa utk oleh2 yg harganya miring? thankss…

    Reply

  14. maria
    Aug 24, 2008 @ 19:03:29

    saya blm pernah ke singapura,.rencana akhr thn dec’08 nanti kesana..tapi utk menginapnya blm dapet,..ada informasi utk apartm yg murah tp bagus n nyaman ?? utk 4 pax..thankss a lot before..

    Reply

  15. tridjoko
    Aug 24, 2008 @ 21:33:55

    –> Maria :

    Ada blog yang kelihatannya penulisnya adalah pegawai KBRI Singapore. Infonya bagus banget dan lengkap. Cuman sayang saya lupa link-nya. Nanti deh saya cari lagi dan saya akan beritahu link-nya di sini. Toh masih December kan ?

    Besok seminggu ini soalnya saya ke luar kota..

    Reply

  16. maria
    Aug 24, 2008 @ 21:56:38

    ok2..tak tunggu ya infonya,.tiket dah tak issued,.cuma utk stay ny blm booking apart2..krn ntr yg pergi juga blm pada tau SIN,.makany browsing2 cari info se lgkp2 ny,.terutama soal harga jual disana..thanks a lot y..

    Reply

  17. tridjoko
    Aug 25, 2008 @ 13:46:20

    –> Maria :

    Wah..sebenarnya ada forum tentang Singapore yang banyak diisi oleh orang-orang Indonesia dan informatif sekali, tentang lokasi-lokasi yang patut dikunjungi, harganya, dan trick-nya, alamatnya di http://ip.sg.or.id/ Tapi hari ini saya check ada pesan “database error” kayaknya ada masalah dengan server-nya atau belum bayar domain, dsb. Sayang..sayang..

    Tapi kalau anda mau nginap di apartemen sekitar Orchard Road jadi cukup strategis, silahkan cek dan book di http://www.josie-stay.com/ . Harga apartemen double bed Sin $85 + Sin $25 kalau lagi peak season…

    Ok Maria ?

    Reply

  18. maria
    Aug 25, 2008 @ 22:25:17

    OTRE dech….i’ll checkk..thanks a lot 4 ur information….

    Reply

  19. thonnych
    Nov 15, 2008 @ 16:38:57

    kalo saya ditanya, dimana pasar loaknya singapura? jawabannya : Indonesia…. :D hehehe

    Reply

  20. HT
    Dec 29, 2008 @ 02:13:44

    [quote]

    http://ip.sg.or.id/2006/06/28/penginapan-murah-di-singapura/#173280

    …Cobalah menginap di Lion City Hotel yang cuman 1,5 blok di sebelah selatan stasiun MRT Paya Lebar. Hotelnya cukup nyaman dan bersih. Saya pernah nginap 9 bulan lamanya di sana,…
    [/quote]

    btw bapak wktu itu inep 9bln di sana tiep hari??
    1 hari skitar 100? 30hr = 3k??

    btw sy pengen bgt mau kerja di sana… tp susah bgt diterima kali ya..
    skrg lg skripsi, mana lg ip pas2an cm 3.0 =(

    Biaya penginapan saya waktu itu dibayar oleh Pemerintah Singapura (MFA). Seingat saya setiap bulan saya menandatangani sekitar Sin $ 3,500+ untuk biaya hotel (saya harus counter-sign, menyetujui bill tersebut)..

    Ratusan alumni Binus sekarang sedang bekerja di negeri Singa itu. Kalau anda mau bekerja di sana dan serius ingin kerja di sana, pastilah ada jalan. “When there is a will, there is a way”

    Reply

  21. HT
    Dec 29, 2008 @ 19:43:06

    wah, asik bgt bs dibayarin gt :D

    btw thx sir..

    You’re welcome….. ;-)

    Reply

  22. Eka
    Feb 28, 2009 @ 02:36:40

    Halloo…

    Saya Eka, kebetulan air asia lagi ada promo nih, so saya dan 2 org tmn mau ke singapore bln November (Masih lama sih :D), tapi kami mau mulai cari-cari info ttg singapura dr sekarang, mohon bantuannya ya.. ^ ^
    (karena kami bertiga sama sekali belum pernah ke Singapore/Malaysia)

    1. Tiket yg kami beli PP tujuan singapore, tapi kami berencana ke Malaysia juga, bisa ga yah..? gimana caranya ? Ada syarat khususnya kah ?

    2. Tempat2 menarik dan indah yang wajib dikunjungi di singapura dan malaysia apa saja yah ?

    3. Mudahkah mencari makanan yang halal ?

    4. Mohon rekomendasi untuk penginapan di singapura dan malaysia, kira2 lokasi strategisnya didaerah mana? (Yang pasti sangat murah), xixi…

    Please infonya ya..
    Thanks

    Eka,
    Boleh,,,ini saya bantu, karena memang anda bertiga belum pernah ke Singapore/Malaysia….;-)

    Tapi don’t worry, jika anda sebagai tourist sebenarnya nanti di jalan banyak kok yang akan membantu anda. Syaratnya hanya satu : yaitu salah satu dari anda bertiga tentunya harus bisa berbahasa Inggris dengan lancar karena itu syarat untuk menjadi turis yang baik di kedua negara tersebut…

    Ini jawaban saya atas pertanyaan2 anda :

    1. Tiket yang dibeli Jakarta-Singapore PP is ok. Anda kalau mau nyambung ke Malaysia juga tidak masalah : bisa naik bis (dari Bugis Street kalau nggak salah), bisa naik KA (dari Stasiun KA Singapore di Pasir Panjang), atau ikut tur yang ditawarkan di hotel-hotel Singapore (enaknya kalau ikut tur, ongkosnya sudah jelas sekian untuk sejumlah atraksi turis di Malaysia). Menyeberang dari Singapore ke Malaysia dan nanti kembalinya dari Malaysia ke Singapore, anda bertiga cukup membawa passport, soalnya nanti di Perbatasan kan dapat “Visa on Arrival” dan sebagai warganegara Indonesia yang anggota ASEAN, Visa on Arrival berlaku selama 14 hari.. Nanti dari Malaysia baliknya ke Singapore juga sama, cukup dapat visa di perbatasan dan berlaku 14 hari..

    2. Tempat menarik untuk dikunjungi di Singapore : Orchard Road (is a must), Pulau Sentosa (optional, semacam Ancol-nya Singapore), Singapore Eye (sebenarnya menarik, tapi setelah macet 4 jam kemarin apa orang masih berani naik ?), Singapore Zoo, Singapore Bird Park, Singapore Chinese Garden, Singapore Tiger Balm Garden, dan khusus untuk saya yang suka sejarah, saya akan mengunjungi bukit tempat komando Pasukan Sekutu di Perang Dunia II dulu, dan juga Changi Prison..
    Kalau Malaysia, saya nggak punya banyak info, tapi katanya ke Genting is a must. Kalau anda dari Singapore-nya ikut Tour, saya kira tujuan-tujuan di Malaysia sudah dicakup semuanya..

    3. Mencari makanan yang halal di Singapore ? Sangat mudah, karena pemerintah Singapore telah mensosialisasikan ke warung-warung Singapore untuk hati-hati kalau orang Indonesia datang, jangan dikasih makanan yang tidak halal, terutama kalau berwajah muslim (kayak saya misalnya). Ciri warung halal di Singapore juga mudah kelihatan : warnanya hijau menyala, ada tulisan Arabnya, dan ada tulisannya “Halal” atau “Halal Food”. Kalau anda nyoba makan sesuatu dan itu tidak halal, penjaga warung Singapore akan nanya “Are you muslim ? You can’t eat this”…Aman, kan ?

    4. Untuk info tentang Penginapan di SIngapore dan Malaysia yang murah, anda bisa beli buku turis standard terbitan “Lonely Planet”. Walaupun harganya mahal, tapi itu standar banget dan semua pertanyaan anda tadi bisa terjawab semua dengan membaca buku ini. Kalau di Jakarta Buku Turis Lonely Planet tentang Singapore dan Malaysia dijual di Toko Buku “Periplus” di Pondok Indah Mall 1 misalnya (lantai 2), atau di Mal-mal lainnya..
    Kalau di Singapore, penginapan termurah adalah di Bencoleen Street karena itu “Jalan Jaksa”-nya Singapore. Tapi ya itu, murah tapi perlengkapan standar banget. Letak Bencoleen Street antara Bugis dan Sommerset.
    Kalau di Malaysia, wah…sorry ya saya belum sempat explore KL. Tapi kalau anda ke Malaysia-nya ikut tour (dan ini sangat disarankan, supaya murah biayanya) pastinya sudah termasuk penginapan di Malaysia nantinya. Kata teman saya, ikut tur itu jatuhnya lebih murah, walaupun waktunya jadi agak mepet karena banyak yang harus dikunjungi tapi enaknya ada Guide-nya..

    Ok, Eka, selamat melancong ke Singapore dan Malaysia. Setelah pulang, jangan lupa tulis kesan-kesan anda di Blog ini ya…

    Reply

  23. teguh santoso
    Mar 20, 2009 @ 20:46:01

    halo sdimana ya aya baru baca cerita kita saya ingin tau tentang singapur khusnya pasar nyang menjual alat lat telekomunikasi

    Teguh,
    Di pertokoan Bras Basah Complex ada. Letaknya sekitar 2-3 blok di sebelah utara stasiun MRT Bugis.

    Atau beli koran The New Straits Times di toko NTUC yang banyak terdapat di sana, dan lihat iklan dimana alat telekomunikasi yang anda cari itu bisa ditemukan..

    Reply

  24. NOVI
    May 20, 2009 @ 15:56:56

    Ada rencana mau ke Singapura jg KL, Februari 2010. Udah terlanjur beli tiket PP Jakarta-Singapura, lebih baik kita kemana dulu ya??

    Penginapan/Hotel disana paling murah dimana ya di Singapura jg malaysia?

    Trus.. kira2 kita harus punya budget berapa ya buat pegangan? Hehehe

    Novi,
    Karena anda rencana mengunjungi 2 negara yaitu Singapura dan Malaysia, sedangkan tiket PP yang anda beli adalah Jakarta-Singapura-Jakarta, maka saya sarankan anda mengunjungi Singapura dulu barang 1-2 hari, lalu naik bis atau kereta api menuju KL dan tinggal di KL barang 1-2 hari, baru balik lagi ke Singapura naik bis atau kereta api dan tinggal di Singapura lagi 1-2 terakhir sebelum kembali ke Jakarta.

    Apa yang dikunjungi di Singapura ? Tergantung misi anda. Seneng shopping, ya anda full shopping aja di Orchard Road atau pasar-pasar murah lainnya. Tergantung juga apa yang mau anda beli. Saya sarankan anda beli koran “The Straits Times” karena di bagian iklannya banyak ditawarkan barang-barang dengan harga murah. Nah, anda tinggal membandingkan 2-3 tawaran harga yang ada, baru “berburu” ke toko yang paling murah itu.

    Di Singapura sekarang banyak hotel murah yang disebut “Boutique” Hotel, yang hotelnya cukup baik, murah, dan arsitekturnya anak muda banget. Persis kayak hotel “Formule 1″ di Jalan Cik Di Tiro atau Jalan Cikini Jakarta. Cek aja di Google, masukkan “budget hotel in Singapore” maka gambar hotel Boutique akan kelihatan. Ada beberapa cabang hotel, tapi saya sarankan jangan milih yang di Geylang Road…karena saya tahu persis Geylang Road 20,21,22 itu adalah daerah “lampu merah” bagi Singapura. Untuk amannya, pilih aja Boutique Hotel di Jalan Jo Chiat Road karena lebih aman daripada di Geylang dan cukup 1-2 blok jalan kaki anda sudah sampai ke Paya Lebar MRT Station..

    Berapa duwit yang perlu dibawa ? Yang jelas selain tiket yang sudah ada, perlu bayar fiskal Rp 2,5 juta di Sukarno-Hatta (kalau anda punya kartu NPWP fiskal gak perlu bayar alias gratis). Lalu penginapan di Singapura dan Malaysia (bisa dicek rate-nya di internet). Lalu transport lokal di Singapura (mungkin sekitar Sin $ 20 per hari) dan juga transport lokal di Malaysia. Terus hitung pula biaya bis atau kereta api Singapura-KL-Singapura (dugaan saya sekitar Sin $ 100). Yang terakhir, barang apa yang anda ingin beli di Singapura untuk diri anda sendiri dan untuk oleh-oleh ?

    Yah Rp 10 juta pasti cukup, tapi Rp 5-6 juta untuk 2 kota Singapura-KL di luar tiket mungkin juga sudah cukup…

    Reply

  25. hady
    Dec 13, 2009 @ 21:55:46

    pak saya mau tanya kalo saya mau beli barang2 tehnik di singapore dimana ya kaya kita brg2 tehnik di jakarta di glodok tks

    Hady,
    Waduh….saya persisnya kurang tahu tuh, karena selama 9 bulan menghuni Singapura saya nggak pernah nemu toko-toko yang menjual barang-barang teknik (maksudnya seperti yang ada di Mall Lindeteves ?) seperti yang ada di Glodok itu…

    Mungkin ada, letaknya di jauh dari mana-mana, antara subway station Tiong Bahru dengan Buena Vista…(tepatnya persis dimana, lupa deh..)..

    Atau, cobalah di pertokoan Brass Basah di Little India. Letaknya 2-3 blok di sebelah utara dari subway station Bugis..

    Mudah-mudahan ada teman atau ex mahasiswa yang mukim di Singapore bisa memberi keterangan yang lebih lanjut.

    Atau cara lain, setiba di Singapore pergilah ke toko NTUC (semacam Indomaret di Indonesia) dan beli koran Singapore yaitu The Straits Times lalu baca iklan-iklan di dalamnya, pasti nemu deh daftar toko yang menjual barang-barang teknik, biasanya sudah sama fotonya dan harganya ! Jadi anda “shopping” di koran dulu, setelah tahu persis dimana barang yang dicari dan toko yang menjual paling murah, baru “hunting” menggunakan subway MRT dan bis kota..

    Ok, selamat berburu deh….

    Reply

  26. noy
    Dec 31, 2009 @ 11:23:49

    mo tanya mas, tau gak klo mau kirim barang dari singapura ke indo pake apa? ini soalnya aq beli buku2 dari singapura tp naga2nya gak ckp di koper hehehe..tlg ya..thx b4

    Noy,
    Saya dulu ngirim buku via kantor pos Singapore, kebetulan saya tinggal di Tanjong Katong dan Kantor Pos terdekat ada di Marine Parade Mall. Saya datang ke sana membawa buku yang mau saya kirim, di kantor pos itu sudah disediakan kotak buku sesuai ukuran yang kita mau, lem, spidol, dsb. Pokoknya lewat Singapore Post aja…

    Tapi kalau anda nyoba courier yang lain spt TNT, UPS, Fedex dsb juga ada, tapi dalam hal tarif saya kira Singapore Post paling murah…

    Reply

  27. Liza
    Feb 20, 2010 @ 12:57:24

    pak…. kalo makanan pinggir jalan kaya nasi uduk di jakarta banyak gak ya dsana??? trz kalo mau kuliner tp yg murah2 dmn??? sekedar informasi, kalo bisa yg dekat dengan hotel Link. tempat saya menginap nanti….

    Liza,
    Wah…saya tidak tau tuh posisi hotel Link dekat MRT station mana ya ? Perasaan saya kok di daerah Geylang….jadi posisinya antara MRT station Bugis, Geylang dan Paya Lebar.

    Banyak kok makanan pinggir jalan kayak nasi uduk, yang terkenal dinamakan “Chicken Rice” atau “Duck Rice”. Sebenarnya sih nasi uduk yang diberi ayam goreng atau bebek goreng. Rasanya enak lho. Yang lainnya “Hainan Rice” juga sama, nasi uduk yang diberi ayam goreng.

    Terus, makanan kaki lima di Singapore dijamin sehat loh nggak seperti di Jakarta soalnya di Singapore tuh yang namanya lalat nggak ada seekorpun. Saya tinggal 9 bulan di Singapore dan tidak pernah menemukan seekor lalat dan seekor nyamukpun….

    Hebat kan ?

    O ya waktu saya tinggal di sana tahun 1992-1993, harga sepiring “Rice chicken” atau “Duck chicken” cuman Sin $ 5.00 alias Rp 30 ribuan saja per piring…

    Reply

  28. Jual beli Paypal
    Apr 24, 2010 @ 09:35:42

    kalo di Indonesia ada G ya, jual barang bekas ,,,

    Reply

  29. Hendri
    May 22, 2010 @ 22:00:52

    Pak… Di singapore tempat yang menjual hp second yg murah dgn segala kondisi atau yg dijual perkarton dimana ya????
    Trus ada orang atau relasi yg bisa dihubungi?????
    Untuk dijadikan relasi bisnis????

    Hendri,
    Dugaan saya sih sekitar pertokoan Bras Basah di Little India atau di sekitar Chinatown (Tiong Bahru), tapi persisnya di sebelah mana dan siapa kontak person nya saya tidak mempunyainya…

    Saran saya, kalau anda serius datang aja berkunjung sebentar ke Singapura lalu menuju 2 tempat yang saya rekomendasikan tadi dan mencoba membuat kontak. Sambil baca-baca koran “The Straits Times” yang iklannya buanyaaak itu…..Insya Allah anda akan mendapatkan kontak person yang dicari…

    Reply

  30. fikri
    Jul 20, 2010 @ 09:16:17

    bapak-bapak yg berpengalaman, minta info dong…klo mw beli setelan training yg murah dan bermerk sy hrs cari dmn ya???

    Mas Fikri,
    Maksudnya mencari training bermerk dan berharga murah di Singapore ? Kalau ya, silahkan baca/beli koran “The Straits Times” di toko-toko NTUC (sejenis Indomart) setempat…setelah itu baca iklan-iklan yang ada di koran TST tersebut, pasti ada disebutkan jenis training dan nama tokonya, harganya dan alamatnya. Jadi mas tinggal hunting aja cari training naik MRT, kalau perlu nyambung bis atau jalan kaki…

    Selain itu, saran saya, toko-toko bagus di Singapore macam SOGO di atas stasiun MRT City Hall suka menjual obral (marked down price) baju-baju training macam itu, karena waktu saya masih tinggal di Singapore saya sering mengunjungi SOGO demi melihat barang bagus yang dijual obral….

    Kalau di Indonesia atau Thailand, training bagus dengan harga murah banyak…..karena….ya anda tau sendiri lah jawabannya….hahahaha…

    Reply

  31. Hendri
    Jul 22, 2010 @ 12:57:59

    Thanks atas jawabannya yg lalu yah pak…
    saya mo tanya lg pak…
    biasanya penjual hp second di bras basah en tiong bharu hari minggu ada buka toko nggak pak???
    Sebelumnya atas jwban yg pak berikan saya ucapkan byk trima kasih……..

    Hendri,
    Lho bukannya pertokoan di Bras Basah dan Tiong Bahru (Chinatown) malahan ramai di waktu hari Minggu ? Tapi bukanya ya setelah jam 10 pagi gitu deh, jam 11 atau 12 siang pasti udah ramai deh…

    Coba aja…

    Reply

  32. Hendri
    Jul 24, 2010 @ 23:22:35

    thank’s ya pak….
    Pak saya mau tanya lagi nih…, didekat pertokoan Bras Basah dan Tiong Bahru motel ataupun hotel yang harganya agak murah ada gak pak?
    namanya motel ataupun hotelnya apa ya pak?
    Sebelumnya terima kasih ya pak….

    Hendri,
    Di dekat pertokoan Bras Basah, ada jalan namanya Bencoleen Street….nah sepanjang Bencoleen Street ini banyak motel atau youth hostel murah. Saya nggak tahu sekarang tarifnya per malam berapa, seingat saya ada yang sekitar Sin $ 35 per malam, tapi share room dengan banyak orang (semacam di asrama atau Youth Hostel begitu)..Pokoknya Bencoleen Street itu mirip Jalan Jaksa di Jakarta yang banyak kedatangan turis backpacker…

    Banyak hotel murah di sekitar Geylang atau Joo Chiat Road (dekat stasiun MRT Paya Lebar dan MRT Geylang), harga sekitar Sin $ 65 per malam…

    Reply

  33. tonny
    Aug 17, 2010 @ 10:21:02

    SALAM KENAL mbaak.
    Saya sangat senang membaca cerita anda..
    Mau tanya : di Singapore , didaerah mana aja yang menjual jam tangan seken.Semacam penjual kaki lima gitu looh !!

    Terima kasih

    Mas Tonny,
    Saya mas lho…bukan mbak…:)
    Setahu saya waktu tinggal di Singapore dulu di sana tidak ada Flea Market alias pasar loak. Tapi jam tangan murah ada dimana-mana, antara lain di Pasar Jo Chiat (2 blok dari MRT Paya Lebar ke arah selatan timur) atau di Pertokoan Bras Basah di Little India (3 blok dari MRT Bugis ke arah utara)…

    Tapi coba deh cek di koran The Straits Times di bagian iklannya, ada nggak ya yang jual arloji seken….

    Reply

  34. tonny
    Aug 17, 2010 @ 10:22:40

    Maaf salah sebut ternyata anda laki2 ya… he he he

    Oo..gak apa-apa kok…:)

    Reply

  35. veronica
    Sep 27, 2010 @ 07:56:56

    pagi pak :D saya mau nanya, pernah denger toko buku GramarC di daerah tanjung katong gak?
    plus informasi toko buku musik (piano) di singapore…
    thks ya pakkkk :D

    Mbak Vero,
    Wah…saya lama tinggal di daerah Tanjong Katong tapi belum pernah dengar ada toko buku GramarC. Tapi tenang aja, itu hanya 1 blok di sebelah selatan stasiun MRT Paya Lebar. Mal Tanjong Katong cuman ada 2 dan itu kecil-kecil…jalan-jalan aja dari MRT Paya Lebar, pasti nemu kok, karena keduanya pertemuan antara Tanjong Katong Street dengan ….. Street (saya lupa), tapi ada lampu merahnya kok…

    Toko buku khusus piano dugaan saya ada di sekitar City Hall atau Orchard Road. Mulailah dengan toko buku Kinokuniya di dalam Sogo Dept Store persis di atas stasiun MRT City Hall. Kalau belum nemu, nyambung MRT ke Utara turun di stasiun MRT Orchard Road, setelah “naik ke permukaan” susuri aja jalan Orchard Road ke arah utara (menuju ke arah Holland Road). Nah setelah ketemu Thailand Embassy yang anggun dan lengang, kira-kira 50 m atau 100 m setelah Thailand Embassy itu ada Toko Buku, saya lupa namanya. Tapi cukup anggun, sepi, namun toko bukunya cukup besar dan lengkap…

    Cara terakhir, beli 1 copy surat kabar The Strait Times di toko NTUC (semacam Indomart di Indonesia, atau Aldi di Jerman). Baca iklan di surat kabar tsb, pasti nemu deh lokasi toko buku khusus music (piano)…

    Selamat ber-hunting-ria…

    Reply

  36. budiman
    Nov 05, 2010 @ 17:57:36

    ada di sungai road, itu tempat kaki lima dan barang bekas.

    http://www.flickr.com/photos/dxsibo/sets/72157605825861680/

    itu photo photonya pasar loak di singapur

    Reply

  37. shania
    Nov 29, 2010 @ 19:07:00

    pak, saya mau tnya tanggal 3 des bsk saya mw ke singapura, kalo mau beli sepatu murah dmn ya? misalnya kayak sepatu nike, reebok,supra yg murah kayak KW gitu. Sama sepatu wanita biasa
    terimakasih

    Shania,
    Beli aja koran The Straits Times biasanya di toko NTUC (semacam Indomart atau Alfamart di Indonesia), lihat iklan di belakangnya di bagian toko sepatu….mungkin ada toko yang sedang sale…

    Reply

  38. arie revals
    Mar 15, 2011 @ 13:44:25

    numpang tanya pak ..
    kalo beli komputer optik yg buat cek mata di singapore di jalan apa ya ..?
    mksh ..

    Arie,
    Saya tidak tau persisnya dimana. Setelah sampai Singapore, sempatkan diri mengunjungi Toko NTUC (semacam Alfamart atau Indomaret di Indonesia), lalu beli koran The Straits Times…nah biasanya semua iklan ada di situ. Kalau ada yang jual komputer optik, ya pasti ada di situ iklannya…

    Cara kedua, pergi ke stasiun Orchard Road (anda bisa mencapainya dari ujung ke ujung Singapore). Muncul ke permukaan, kan itu Jalan Orchard. Pergilah ke arah utara (ke atas), susuri sisi timur Orchard Road ke utara (kalau gak salah sedikit mendaki), terus melewati Kedubes Thailand yang sangat sepi dan kontras sekali dengan Orchard Road yang hingar bingar. Kalau gak salah jarak 50 meter dari Kedubes Thailand itu ada toko buku kedokteran. Nah, nanya aja komputer optik di situ…pasti dijawab dengan baik oleh penjaga toko buku kedokteran tersebut…

    Reply

  39. Tutri Ati
    Jun 19, 2011 @ 03:16:34

    WAH PENGUNJUNG DISINI PADA RAME MEMBCARAKAN SINGAPORE………….TAPI SAYA RASA KORANG DATANG DARI KALANGAN INTELEK,JADI BERGAULNYAPUN DGN KELAS MENENGAH KEATAS,COBA MACAM SAY, SEBAGAI GEMBEL DISINGAPORE………………….INFORMASI BANYAK JG LHO YANG BISA SAYA SHARING UNTUK AWAK!KALO JUDULNYA BARANG BERMEREK YANG DIPAMER DITAKASHIMAYA ORCHARD,AI TAK SINGGAH,PASAL JUDULNYA LOAK,MAKA SAYA SINGGAH……………………………………PASAR LOAK DISINGAPORE BANYAK DAN BRTEBARAN DIMANA MANA.COBA CEK DI CASH COMVETERS SINGAPORE YANG MEMPUNYAI BANYAK CAWANGAN, SUNGAI RD YANG BERDERET ORG LUAR DARI BERBAGAI PELOSOK DISANA, SUNGAI KADUT PENUH GUDANG SECONG HAND,PENJURU RD DEKAT JURONG FISHPORT PENUH GUDANG ELEKTRONIK,DAN BANYAK LAGI, DAN YANG PALING BEST DI SALVATION ARMY………………BAHKAN SY PERNAH BEREBUT BAJU BRANDED SAMA ARTIS SINGAPORE YANG MENGENDARAI FERRARY DISANA YANG MEMPUNYAI CABANG DIMANA MANA, MAU INFO LEBIH…………..HUB AI DIFB

    Tutri Ati,
    Wah…terima kasih banyak atas informasi nya. I really appreciate it…. Nanti FB nya saya add ya…

    Reply

  40. dinot
    Dec 10, 2011 @ 08:59:07

    sapa bilang singapore gk da kaki lima ,coa aja pergi ke sungai rd…pergilah saat hari menjelang sore…karna klo pagi anda tidak akan menemukan kaki lima disini..huh kayak batam di daerahy jodoh ..berserak

    Reply

    • eriin
      Aug 06, 2014 @ 16:34:41

      Saya mw tanya. D top 100 jodoh ada nama toko hp Tnt mas?soalnya saya bli hp dsitu lwat online,takut k tipu. Boleh tolong d cari tau mas?hbungi saya k 089636662711. Mhon infonya yaa… makasii bnyakkk

      Reply

  41. arin clalu untuk kmu
    Feb 20, 2012 @ 09:52:30

    pak saya mau nanya kalau jual barang sepatu seken yang murah di mnaya?

    Arin,
    Wah…saya kurang terlalu tahu di Singapore yang suka jual sepatu seken dimana ? Lihat aja komentar-komentar di atas ini, kalau gak salah ada yang nyebutin tempatnya (apakah di Bras Basah di daerah Little India ?)…

    Kalau di Seoul saya malah tahu karena semua tas bekas dan sepatu bekas dijual di sekeliling Stadion Sepakbola di deket Seoul city hall….

    Tapi kalau mau coba, Arin bisa klik link ini : http://www.adpost.com/sg/clothing_accessories/Shoes/

    karena di situ ada beberapa sepatu bekas dijual online (bukan gelar barang dagangan di kaki lima)…

    Selamat hunting….

    Reply

  42. upincyber
    May 31, 2012 @ 09:43:36

    mantaaab..kebetulan saya tinggal di batam juga nih..hehe
    tapi saya belum punya passport..hiks

    Reply

  43. inderaamri
    Aug 03, 2012 @ 11:40:29

    Mas Tri dan Mas DD, sy cari keybord technic KN 2400, 2600 atau 7000 bekas dari singapore …apa mas DD pernah lihat ada dipasar loak disana?

    Reply

  44. jalili
    Aug 30, 2012 @ 09:27:13

    bos kalau kita mau bawa barang eletronik keluar dari batam gimana ya,,, biar bisa dibuat bisnis gitu,,,

    Bang Jalili,
    Batam setahuku adalah Bonded Free Zone, artinya barang yang diperjualbelikan di Batam tidak dikenai berbagai macam pajak (PPN, PPN BM, dsb).
    Seingat saya dari cerita teman, boleh aja barang2 elektronik asal Batam dibawa ke luar Batam dengan syarat : tidak pakai bungkus dan kardus dan manual, dan dianggap sebagai pemakaian pribadi, misalnya dipakai sendiri atau titipan temen. Kalau anda membawa barang elektronik keluar dari Batam bersama dengan kardusnya, maka sampai di Jakarta atau bahkan di airport Batam akan disuruh membayar pajak kalau ketahuan sama Petugas Bea Cukai di sana…

    Reply

  45. ivan
    Oct 26, 2012 @ 02:01:21

    bos, kalau di singapura tempat jual kamera slr yang murah dimana y?
    thanks atas info nya…

    Ivan,
    Di China Town aja….saya lupa stasiun MRT-nya…yang jelas dari City Hall ke arah barat. Setelah Tiong Bahru, sebelum Newton….
    Begitu anda keluar dari MRT ke atas tanah, di situ ada Mall termurah yang jual kamera SLR.. Para penjual kamera DSLR di sini walaupun Singapore Chinese, kebanyakan bisa bahasa Indonesia….

    Cara lain, kunjungi salah satu toko NTUC (toko kecil semacam Indomaret di Indonesia), beli koran The Straits Times….lalu baca-baca di bagian advertisement-nya…biasanya banyak ditawarkan diskon beberapa tipe kamera DSLR…nah cari aja harga termurah, dan naik MRT untuk menuju ke alamat toko yang menjual kamera DSLR itu…

    Reply

  46. GLENN LENgKEI
    Oct 31, 2012 @ 18:14:58

    Di arab street juga ada dan saya beli barang electronic spt radio komunikasi dan audio sama orang india di daerah mustafa center

    Mas Glenn,
    Iya…saya lupa, di Mustafa Center di Arab Street juga ada.
    Turun aja di Stasiun MRT Bugis…terus naik ke atas tanah, pergi ke arah utara sekitar 3-4 blok (saya lupa)…ketemu deh Mustafa Center…

    Tapi kalau pertanyaannya, mencari kamera DSLR….saya lebih suka ke China Town, atau shopping via iklan koran The Straits Times yang bisa dibeli di toko kecil NTUC (semacam Indomaret di Indonesia) yang tersebar di seluruh pelosok Singapore…

    Reply

  47. sigit
    Nov 24, 2012 @ 12:25:43

    Ternyata banyak yang masih belum taw kalaw singapore pumya pasar loak, lokasi itu berada di sungai road, Deket sama bugis junction, tapi memang jalanya agak susah kesana, cuman memamng bener ada

    Reply

  48. amelia
    Dec 29, 2012 @ 18:58:52

    di daerah woodlen jg ada sih ya malah itu baju n celana bekas.. di jual per karungan kalo ga slh

    Reply

  49. rafa2annajah
    May 11, 2013 @ 09:47:31

    Pak Tri Djoko ada kenalan yang sering pulang pergi indonesia – singapura?
    saya ada rencana titip barang second blackberry disana. kalau ada contact saya di 085 234 XXX XXX
    terima kasih sebelumnya

    Mbak Rafa,
    Belum ada tuh mbak. Kenapa gak dikirim lewat Post aja, kan banyak tuh Post Office di Singapore, ada di Parkway Parade, dan sebagainya. Ongkos kirimnya juga gak terlalu mahal kok.

    Reply

  50. oom
    Sep 11, 2013 @ 07:45:13

    Saya udah lama engga ke singapur…. terakhir tahun 2008. Saya cari komputer seken ke arab street. Gudangnya kali, karena banyak banget. Tapi kalo cari HP seken kemana ya sekarang? katanya dulu di simlim square… entah sekarang?

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 330 other followers

