Hotel dekat Binus

[Prolog : Shoot…internet di rumah yang dihubungkan ke Telkomnet hari ini 29 Feb 2008 dari subuh nggak jalan, padahal tadi malam saya masih bisa terhubung sampai jam 23.00 malam. Pesan yang muncul di layar “Cannot connect to server”. Saya memang belum membayar tagihan telpon yang selangit. Jadi posting ini ditulis di Warnet yang paling dekat rumah. Lamaaa banget koneksinya kayak nenek-nenek jalan ke pasar, maklum mereka terhubung ke ISP via RTRWNet kalau saya nggak salah, soalnya antennanya “mencungul” dari atas warnet ini. Awalnya saya masuk warnet ini koneksi cukup cepat, tiba-tiba banyak anak kecil masuk ke warnet jumlahnya lebih dari 10 orang masing-masing ngambil satu komputer. Rupanya mereka bermain “online game” yang banyak dikeluhkan para orangtua itu – I disagree though – dan rupanya mereka sudah mengenal siapa “jagoan” pemain online game ini untuk wilayah se kecamatan saya. Setiap ada “jagoan” baru masuk, semua bocah ini berterak.. “Tantangin..tantangin…” Wow..rame deh..saya jadi ingat warnet dekat hotelku di YangJe sebuah wilayah kota Seoul yang banyak diserbu anak SD untuk main online game]..

Ada enquiry menarik masuk ke Blog saya yaitu “Hotel apakah yang dekat dengan Binus ?“. Mungkin enquiry itu dari orangtua mahasiswa atau calon orangtua mahasiswa yang anaknya mau belajar di Binus mulai pertengahan tahun 2008 ini. Memang 40% mahasiswa Binus berasal dari Jabodetabek, tapi yang 40% adalah dari Sumatera, 10% dari Kalimantan, dan 10% sisanya dari Sulawesi dan Jawa lainnya (Jawa Barat, Tengah dan Timur)..

Pada tahun 1995-2000 waktu saya masih sering mengurusi tamu di Binus dalam arti kalau mereka datang ke Binus mereka harus menginap dimana dan saya dan Pak Once Kurniawan bertugas memberikan info-info yang diperlukan. inilah infonya :

- Hotel Twin Plaza, Jl. S. Parman Tomang : hotel bintang 4 yang menjadi favorit team-team sepakbola dari luar Jakarta bila ingin bertanding ke Jakarta. Harga kamar : mungkin sekitar Rp 500.000,- per malam nett (incl. 21% tax). Dari sini cukup naik taksi ke Binus, atau jalan kaki sebentar ke timur, ketemu jembatan penyeberangan di atas tol, nyeberang, dan ketemu Mikrolet M24 yang menuju ke Binus dengan ongkos Rp 2000 per orang..

- Hotel Menara Peninsula, Jalan S. Parman Slipi : yang ini terletak persis di seberang Slipi Jaya Plaza jadi mudah kalau mau shopping juga (tas dan alat olahraga lainnya di Sportstation cukup murah). Hotel ini juga Bintang 4, rasa Singapore karena Peninsula adalah merk hotel dari Singapore. Tarif kamar sekitar Rp 500.000 per malam nett. Untuk ke Binus tinggal nyeberang jembatan penyeberangan yang di atas tol, dan di seberang jembatan penyeberangan sudah menunggu Mikrolet M24 dengan ongkos Rp 2000 per orang ke Binus (kampus Kijang, Syahdan dan Anggrek sama tarifnya)..

- Hotel Ibis, Jalan S. Parman Slipi. Hotel ini juga bintang 4, dengan tarif per malam sekitar Rp 500.000 nett. Hotel rasa Jerman karena Ibis adalah kata Jerman untuk “angsa”. Setahu saya hotel ini sering fully booked karena rupanya banyak orang dari luar kita yang suka dengan hotel ini. Ke Binus tinggal naik taksi, atau jalan kaki sebentar ke arah timur, dan sampai perempatan jalan (sebelah Jakarta Design Center) tinggal naik Mikrolet M11 arah ke Batusari, dan turun di kampus Binus Anggrek dengan tarif Rp 2500 per orang. Kalau mau ke Binus Syahdan, mesti jalan kaki lagi sekitar 300 meter atau nyambung Mikrolet M24 dengan tarif Rp 2000 per orang..

- Hotel Pitagiri, Jalan Palmerah Barat. Ini hotel Bintang 3 dengan pemilik kemungkinan besar group Kompas Gramedia karena dekat banget dengan kompleks mereka.Tarif mungkin sekitar Rp 300.000 nett per malam dan menjadi favorit bagi pejabat kampus dari luar kota yang berkunjung ke Binus. Mungkin ini favorit saya juga. Untuk ke Binus tinggal naik Mikrolet M11 nanti turun di kampus Binus Anggrek dengan tarif Rp 2000 per orang..

Selamat datang di Binus. Jika saya ada di Kampus dan lagi tidak mengajar, Bapak Ibu bisa ketemu saya dan nanti saya antarkan keliling kampus…;-)

5 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Mar 01, 2008 @ 16:54:43

    bener Pak.
    kemaren itu telkom lagi “hangky”.
    jadi kita ga bisa buak web yang basenya di luar negeri.

    hotelnya masih kurang Pak.
    – Hotel Mega Anggrek (di samping tol,sebelah gedung PUSRI)

    – Hotel Transit Tomang (di samping tol juga,di daerah kedoya,di samping belokan ke metroTV)

    – Hotel Tropis (??) (di daerah grogol,sebelah UKRIDA)

    soal tarif kira2 Rp.500ribuan.
    sekedar menambahkan info di atas.
    terima kasih.

    Reply

  2. Tri Djoko
    Mar 01, 2008 @ 17:16:47

    -> Agung : Trims tambahan hotelnya. Saya pilih hotel yang mudah aksesnya dengan angkutan umum ke Binus, dengan asumsi ortu tidak bawa mobil sendiri…

    Oleh karena itu mau saya tambahkan :
    – Hotel Santika, Jl. K. S. Tubun, milik Kompas Gramedia, tarif sekitar Rp 550.000 nett dengan Mandiri Visa (kalau tidak, lebih mahal). Cukup naik M11 ke Binus dengan tarif Rp 2500 sekali jalan..

    Nama hotel yang dekat Ukrida itu adalah Hotel Boutique ya ? Tapi akses ke Binus juga sulit, kecuali 2 kali naik angkot atau naik taksi..

    Reply

  3. Agung
    Mar 01, 2008 @ 22:12:37

    bukan pak.
    namanya GRAND TROPIC.
    dari binus anggrek tinggal 1 kali naek metromini 91.
    kalo itu sih yang grupnya FM hotel.
    ada lagi tuh di sebelah apartment mediterania tanjung duren.
    seberang SMAK 1.
    cm saya lupa namanya.
    itu jg cm 1 kali naik metromini 91.

    Reply

  4. dea
    Jan 10, 2009 @ 13:14:34

    bener deh pitagiri aj.
    waktu saya tes d binus 08 juga d pitagiri
    1 kamar buat 3 anak
    ahahha
    masa yg sulit
    bisa discount pake KMK binus

    Dea,
    Thanks infonya yang telah mengiklankan Pitagiri. Mudah-mudahan nanti saya dan anda sama-sama dapat bonus dari Pitagiri…hehe…;-)

    Kartu KMK Binus itu apa ? (KMK = Keluarga Mahasiswa Katolik, atau KMK = Kartu Mahasiswa Kuliah ?)

    ID Card Binus maksud anda ?

    Reply

  5. Nyoman
    Apr 06, 2010 @ 14:57:49

    Mohon informasi lebih lengkap tentang Hotel Pitagiri apa dekat dengan Senayan, tempat pameran INACRAFT nanti, kalau dari Hotel Pitagiri ke Senayan naik apa dan berapa ongkosnya.
    Berapa sewa kamar per hari
    Trimakasih

    Mas Nyoman,
    Apakah hotel Pitagiri dekat dengan Senayan ? Jawabannya : ya dan tidak. Jika Senayan yang dimaksud adalah JCC (Jakarta Convention Center) lho (mudah-mudahan pameran INACRAFT di sini)..

    Sebenarnya yang paling dekat dengan JCC adalah Hotel Sultan (bintang 4 atau 5), dan yang kedua adalah Hotel Century (bintang 3 atau 4 – dulu namanya Hotel Atlet Century Park). Tapi Hotel Sultan tarif kamar sekitar Rp 650.000 (saya tidak tahu apakah sudah termasuk atau belum 21% tax), dan Hotel Century juga hampir sama mungkin sekitar Rp 600.000 per malam.

    Tapi Hotel Pitagiri yang “cukup nyaman” dan tidak terlalu jauh dari JCC Senayan – kira-kira berjarak 1,5 km – pasti rate kamarnya jauh di bawah Hotel Sultan maupun Hotel Century, walaupun perlengkapan kamar juga jauh di bawahnya. Tapi Pitagiri adalah hotel kecil yang bersih (saya tidak tahu kelasnya Melati 3, 4 atau Bintang 1 atau 2 – tapi jelas di bawah Bintang 3). Yang jelas, hotel ini banyak disasar oleh orangtua mahasiswa Binus University – tempat saya bekerja sebagai dosen – yang sedang wisuda.

    Berapa tarif ketiga hotel yang saya bahas tadi ? Mas Nyoman bisa call Info Telkom di nomor : 021-108 dan nanya nomor telpon ketiga hotel tadi dan setelah itu nelpon langsung hotelnya.

    Dari Pitagiri ke JCC Senayan cuman 1,5 km, saya sarankan bisa naik Taksi Express warna putih dengan lambang taksi kuning (tarif lama) sekitar Rp 10.000 atau Blue Bird Group (seperti yang ada di Bali) sekitar Rp 12.500, atau naik ojek (!!) dengan tarif yang sama tapi kepanasan (kadang-kadang nyampai jauh lebih cepat).

    Ok Mas Nyoman, selamat bekerja dan berwisata ke Jakarta…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 334 other followers

%d bloggers like this: