Cara berLogika Mario Teguh

Sebagai sesama alumni Indiana University at Bloomington, saya dan Mario Teguh bergabung di milis alumni Indiana di Indonesia. Melalui milis itu, saya sering ditawari untuk hadir di seminar-seminar Business Art by Mario Teguh. Dengan alasan kesibukan saya sehari-hari sebagai pengajar dan juga peneliti, saya tidak pernah hadir di seminar yang ditawarkan tersebut, yang biasanya tiket tanda masuknya cukup tinggi untuk ukuran kantong saya (dan cukup rendah guna dan relevansinya dengan kerjaan saya sebagai dosen ilmu komputer).

Pada suatu hari di tengah-tengah acara berbagai stasiun televisi yang hampir semuanya menayangkan sinetron, saya memindahkan channel ke O-Channel, the Jakarta’s own channel (sorry bagi rekan-rekan pembaca yang bukan bertempat tinggal di Jabodetabek – Jakarta Greater Area – mungkin tidak bisa menangkap saluran ini).

Acaranya adalah “Business Art by Mario Teguh”. Pembawa acaranya adalah Shahnaz Haque dan kemudian diganti dengan Hilbram. Pembicara utamanya tentu saja Bung yang satu ini, Mario Teguh. Waktu acara dipandu oleh Shahnaz Haque, entah kenapa saya belum terlalu suka dengan acara yang ditayangkan O Channel setiap hari Kamis jam 20.30 ini (tayangan ulang Minggu jam 11.30). Mungkin Shahnaz kurang bisa memancing pertanyaan kepada Mario Teguh secara bernas dan “chantas” (bhs Jawa). Walau di acara yang lain seperti Digital LG Prima yang dipandu Shahnaz dan Isur, saya sangat menyukainya (antara lain karena anak saya sempat memenangkan Kuis Digital LG Prima babak pertama dan menerima USD 300 prize money dari Indosiar). Tapi Hilbram lain, dia bisa menanyakan kepada Mario Teguh pertanyaan2 yang bisa menggugah minat pemirsa seperti saya, yaitu pertanyaan yang bernas dan “chantas” (my daughter, Dessa, seems doesn’t agree with me in this matter…)..

Kelebihan Mario Teguh mungkin jam terbangnya yang cukup tinggi sehingga pertanyaan apapun dari pemirsa dan hadirin di studio O Channel dapat dijawabnya dengan excellent. Tapi kelebihan yang lain, dia bisa menjawab pertanyaan to the point, dalam waktu yang cepat, dan dengan lugas (apa bisa disebut menjawab dengan “concise”, saya kira kata2 ini kurang tepat). Tapi kekurangan Mario Teguh (apa malah juga kelebihannya ?) adalah dia menjawab dengan “logika Amerika” yang bagi pemirsa kadang tidak langsung dapat mengerti apa yang dia maksud, tapi dia sendiri tersenyum, tanda mengerti. Di jagad Indonesia, “bahasa logika” semacam ini cuman ada dua yang pakai, yang pertama adalah Pak Andi Hakim Nasoetion (alm) kala mengajar matematika dan statistika di IPB, dan yang kedua, ya Mario Teguh ini. Bila anda ngambil kelas Pak Andi, maka setiap 15 menit sekali Pak Andi pasti melucu (Ronald Reaganpun sama !!), biasanya mahasiswa akan ketawa dua kali. Tawa pertama adalah bagi mahasiswa yang langsung mengerti apa lucunya dari joke-joke Pak Andi tersebut (the quick witted) dan tawa kedua bagi mahasiswa yang nanya ke mahasiswa sebelahnya apa sih yang lucu (the slow witted). Mario Teguh sama ! Itu yang membuat saya menyukai acara “The Business Art with Mario Teguh” di O Channel. Belakangan isteri saya yang hobbynya membaca berbagai koran tabloid memberitahu saya bahwa Mario Teguh sejak kecil sekolah di Amerika, makanya bahasanya adalah “bahasa logika” Amerika yang secara intrinsic sudah built-in di bahasa Inggris. Lain dengan bahasa Jawa yang njelimet dan “beating around the bush” (misalnya “besok” di bahasa Jawa bisa berarti besok pagi, tahun depan, atau sepuluh tahun kemudian; “ya” bisa berarti “tidak” dan sebaliknya “tidak” bisa berarti “ya”) atau bahasa Indonesia yang tak berlogika (mungkin awalnya bahasa Indonesia lebih untuk keperluan sastra).

Ini cerita saya di depan mahasiswa Teknik Informatika Binus ketika saya mengajar di depan kelas (sorry Pak Mario Teguh, saya ambil kata-kata anda) : “Sebagai dosen yang telah mengajar 25 tahun di Binus gaji saya per bulan adalah 8 koma sampai 10 koma”. “Wah, banyak ya pak ?”, tanya seorang mahasiswa, beberapa di antaranya bertepuk tangan dan bersuit-suit karena menganggap gaji saya cukup besar.

“Iya, setelah tanggal 10, saya koma. Itu artinya 10 koma”, kata saya.

Dan mahasiswapun tertawa terpingkal-pingkal, dan untuk sementara waktu saya tidak bisa melanjutkan mengajar sambil nunggu ketawa mereka mereda.

(Thanks Pak Mario Teguh dan O Channel atas acaranya yang bagus. Dengan menonton TV, saya tidak perlu bayar Rp 2 juta sekali seminar…he…he….)

174 Comments (+add yours?)

  1. edratna
    Oct 18, 2007 @ 10:57:35

    Wahh…apakah acara Mario Teguh ada lagi? Boleh dicontoh tuh cara melucunya…maklum kalau jadi pengajar harus pandai2 agar siswa tak ngantuk…dan jika nilai evaluasi kurang, nggak akan dipakai lagi sebagai pengajar.

    Reply

  2. rosti
    Oct 29, 2007 @ 10:02:29

    sejak jatuh cinta pada acara motivasinya Mario Teguh (MT) di O’channel sekitar 3 bulan yang lalu, sekarang hampir tiada kamis malam tanpa acara itu.

    Reply

  3. tridjoko
    Oct 29, 2007 @ 16:48:10

    Hallo Edratna dan Rosti, terima kasih telah mampir di blog saya. Wah, kita-kita ini berutung bisa nonton Mario Teguh di O Channel gratis, soalnya kalau harus bayar, 1 sesi bayarnya Rp 2 juta..

    Sayang rekan-rekan lain yang tinggal jauh dari Jabodetabek yang tidak bisa nangkap siaran O channel tidak bisa menyaksikannya..

    Sayangnya lagi, saluran TV besar (RCTI, TransTV, SCTV, Indosiar, Trans7) lebih asyik menayangkan sinetron yang kurang bermutu daripada menayangkan pendidikan bangsa lewat Pak Mario Teguh ini. Alasannya, klise, yaitu mengejar rating…

    Reply

  4. retno devil
    Dec 17, 2007 @ 16:49:42

    Saya pernah juga nonton Mario Teguh di O Channel. Btw kl saya sih mau Naz atau Hibram, tetap sama menariknya, karena point of interest pasti jatuh ke MT.. he he. Dan buat saya acara ini inspiring bgt, dan sering tepat dengan situasi dan kondisi yang dialami pada umumnya. Tapi sayangnya saya sekarang di SoLO, jdi susah juga gimana bisa nonton Mario Teguh ya? Koq ya TV Nasional yg lain lebih tertarik untuk menayangkan yang lain..

    Reply

  5. tridjoko
    Dec 18, 2007 @ 09:47:51

    Hallo Mbak Retno: yah siapapun pendamping Pak Mario Teguh, apa Naz atau Hilbram, sama bagusnya sih, tapi saya lebih suka waktu Hilbram dibanding Naz. Naz lebih cocok untuk acara semacam “Digital LG Prima” yang legendaris itu..

    Mario Teguh kalau di Jakarta ditayangin O Channel sampai 3 kali seminggu : Kamis 21.00 (live), Sabtu 21.00 (recorded), dan Minggu 13.0 (recorded). Kalau nggak salah di radio juga ada, apa Trijaya FM ?

    Kalau mbak ada di Solo, rugi ya nggak bisa dengerin MT. Sebenarnya kalau pakai streaming di Windows Media Player juga bisa (streaming radio juga bisa), cuman masalahnya streaming di Indonesia lewat Telkomnet misalnya, masih sangat luaaambaat..

    Sebenarnya nggak ada ruginya merekam acara MT langsung dari TV, tapi saya nggak tahu teknologinya yang jaman sekarang. Kalau jaman dulu, dari TV bisa direkam langsung ke pita VHS atau Beta. Kalau sekarang ? Saya nggak tahu caranya…

    Reply

  6. rangga diyarto
    Jan 04, 2008 @ 00:22:59

    yang saya lihat dan amati dari poin-poin, analogi, dan cara berpikir pak mario, akan dapat sedikit demi sedikit tersingkap keunggulan logika beliau. tentu saja di luar fitur utamanya yang menalikan studi kasus dan data base analogi dengan kecepatan luar biasa secara outstanding.tapi sesuai keyakinan saya terhadap adanya level-level kesadaran seseorang dalam pencapaian logikanya terhadap sosiologi dan [tentu saja pada pak mario terhadap bussiness art juga]..dengan sangat bahagia saya mensyukuri kehadiran beliau, dalam artian, betapa beruntungnya kita, level logika berpikir seperti itu dimiliki orang cerkas seperti pak mario..alangkah betapa mungkinnya kemampuan itu malah mubazir dimiliki orang yang terbatas dalam posisi dan kondisi yang membuat useful sharing itu malah tidak terjadi sama sekali.

    Reply

  7. Tri Djoko
    Jan 04, 2008 @ 17:18:15

    Bung Rangga : terima kasih telah mampir di blog saya dan kasih comment. Wah si Bung ini architect turn to be illustrator ya ? Wah, suatu kehidupan yang pernah saya bayangkan dulu waktu muda.

    Sayang Des 1975 saya “belum berhasil” masuk Arsitektur ITB dan UGM (sigh…) dan rupanya “garis tangan” saya di bidang Ilmu Komputer.

    Waktu muda saya sering bikin komik, “guru” saya secara “maya” adalah Yan Mintaraga karena saya suka baca komiknya semacam “Sebuah Noda Hitam” dan meniru gaya menggambarnya yang agak kebule-bulean (orang Jawa digambar tinggi, putih, hidung mancung seperti bule..hi..hi…geli…)

    Yah, kelebihan bisa menggambar waktu muda : dikagumi teman-teman cowok sekaligus menarik perhatian gadis-gadis…hi..hi..

    Kembali ke Pak Mario Teguh, lho bukannya anda melanglang buana dari satu sudut Indonesia ke sudut lainnya, bagaimana bisa nonton O Channel yang cuman ada di Jakarta ?

    Tapi yang jelas, Pak Mario Teguh telah memberi banyak “enlightment” bagi kita-kita ini apapun profesinya: dari guru, dosen, bakul jamu sampai warung tenda…Mudah-mudahan seri Pak Mario di O Channel berlangsung lama dan ada tv yang skalanya nasional bisa “menarik” beliau sehingga kemanfaatan beliau bisa dirasakan secara nasional, nggak seperti sekarang yang skalanya cuman lokal Jabodetabek saja. Amien..

    Mudah-mudahan ada “wong sugih” di sebelah sana (raja minyak, raja rokok, dan raja telpon) yang mau menyeponsori beliau untuk tampil di TV nasional (TransinetronTV, Rajawali Cinetron TV, Sinetron Citra TV, IndoSinetronAR, Transinetron 7 TV, dsb…)

    Reply

  8. rangga diyarto
    Jan 15, 2008 @ 16:40:58

    wah..sempet referensi ke jan mintaraga juga toh pak! saya waktu kecil banget dibeliin bokap seri ramayana n mahabharata yang digambar beliau, sampai sekarang saya rasa, gambarnya masih yang paling neat dan proporsional, detil dan warnanya juga rajin..ga seperti ilustrator komik wayang dan konseptual lainnya.

    saya karena dari kecil kelebihannya menggambar ya, seakan punya contract sama Tuhan untuk terus dan terus menggambar, makanya trus masuk arsitektur, eh tetep aja jadi ilustrator, enak sih pak, dibayar per lembar, kerja di rumah, salary beberapa kali lipat temen2 fresh graduate hehe..

    soal pak MT, memang keberadaannya dan pemunculan beliau di O’ch sudah mengubah pandangan banyak orang soal motivator dan motivasi2nya..saya waktu kuliah juga menganggap hal2 kayak gitu cuma digeluti organization freaks dan orang kikuk bersosialisasi, tapi ternyata memang teduh dan tajam dengerin coaching dari pak MT…jadi ya begitulah sekarang saya malah ga sabar untuk dengerin coaching beliau.

    iya betul pak, mudah2an stasiun sinetron eh televisi kita yang lain dalam waktu dekat ada yang nayangin acara beliau. tapi seminarnya aja 2 jt per orang (apa bener pak) berapa untuk nyeponsori beliau yah?

    Reply

  9. purwoko
    Feb 23, 2008 @ 14:32:25

    Saya pernah dapat kesempatan untuk mengikuti tayangannya kamis malam 21 feb’08, luar biasa memang, jawabannya cerdas dan to the point . . habis itu mikir sendiri deh . . .sampe kebawa mimpi . . .cuman kenapa motivator2 tsb baru belakang ini saya kenal, coba kalau 20 tahun lalu, bisa jadi saya bukan seperti sekarang ini, tapi anyway . . apapun yg terjadi saya harus mensyukuri apapun yg sudah kudapat . . .Benar gak Dik Yono . . ??

    Reply

  10. Tri Djoko
    Feb 23, 2008 @ 17:57:14

    Mas Purwoko : Benar mas…

    Tapi ngomong-ngomong, acara Mario Teguh kan hanya ditayangkan di TV lokal Jakarta yaitu O Channel..

    Bagaimana njenengan yang tinggal di Madiun bisa mengikuti acara di O Channel tersebut ?

    Yang jelas, bila ada kesempatan saya dan seluruh anggota keluarga selalu mengikuti acara Mario Teguh..

    Tapi akhir-akhir ini kudu dipertimbangkan dengan acara lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu American Idol di Global TV yang tayang pada jam tayang yang sama…

    Reply

  11. simbah
    Feb 24, 2008 @ 14:21:07

    Ya, . .waktu itu kan giliran mau naik ke anjungan. Jadi hari rabu sore berangkat dari Mediyoen, kamis pagi sampai Jatinegara trus nginep deh semalam di Alia Matraman ya nonton pak MT malam itu, baru Jumat pagi jam setengah lima ke HalimPK langsung ke Pulo Matak/Natuna pake pesawat charteran, yg bayar company . . he . . .he . .enaknya kerja 2 on 2 off
    meski gaji gak seberapa, tapi mana ada orang kerja kok cuman 2 minggu trus libur 2 minggu, saya tau pak MT juga dari anda dik Yon. . .di blog ini. . thanks . . .

    Reply

  12. Lukman Febrianto
    Feb 27, 2008 @ 20:32:06

    Salam untuk semuanya…

    Dari informasi yang saya dapatkan dari teman-teman komunitas Mario Teguh Super Club (www.mtsuperclub.com), dalam perkembangan terakhir, acara Pak Mario sudah dapat rating no. 1 untuk hari dan jam pada saat acara tersebut ditayangkan.

    O’Channel dimiliki oleh konglomerat yang sama dengan yang memiliki SCTV, yakni Keluarga Satriaatmaja (yang lebih dikenal adalah CEO-nya yakni Bpk. Fofo Satriaatmaja), dan saat comment ini ditulis, mungkin O’Channel telah selesai pindah kantor dari Gedung Sarinah ke SCTV Tower.

    Harapan saya, semoga acara Business Art with Mario Teguh bisa di-relay oleh SCTV sehingga dapat disiarkan secara LIVE ke seluruh Indonesia.

    Reply

  13. Tri Djoko
    Feb 27, 2008 @ 21:26:01

    Lukman : Thanks berat atas infonya yang kategori A1 (artinya, wajib ditayangkan segera sebagai STOP PRESS)..

    Saya juga berharap, acara Business Art with Mario Teguh segera tayang di TV nasional, tidak hanya sekelas O Channel yang cuman bisa dinikmati oleh pemirsa se Jabodetabek saja..

    Masak kita kalah sama TV-TV Korea yang banyak menayangkan acara-acara dosen ngajar sesuatu, antara lain mengajarkan Automata & Formal Grammars untuk mahasiswa Computer Science se Korea…

    [jelek-jelek Pak Mario itu Hoosiers juga, sama dengan saya…]

    [Hoosiers = julukan untuk Indiana University]

    Reply

  14. dame tB
    Mar 03, 2008 @ 14:32:24

    hm….saya sangat kecewa sebenarnya kalau melihat acara di stasiun tv indonesia….tapi setelah saya mengikuti acara bisnis art with MT, saya sangat senang sekali….kenapa? karena acara ini sangat memberikan banyak masukan positif bagi saya…

    saya percaya, acara ini juga sangat memberikan banyak masukan positif bagi bangsa indonesia yang bisa menerima siaran O Channel…

    saya selalu berusaha menyisakan waktu untuk acara itu. Thanks bapak Mario Teguh…

    God bless!

    dame tB

    Reply

  15. tridjoko
    Mar 04, 2008 @ 20:17:04

    -> Dame : wah senang acara Pak Mario Teguh juga ya ?

    Sayang sampai hari ini acara Business Art with Mario Teguh cuman ditayangkan TV lokal yaitu O Channel…

    Reply

  16. martinus
    Mar 13, 2008 @ 09:51:03

    hallo salam kenal,saya tertarik dengan perkataan dari MT krn perkataannya mengena ato to the point menuju sasaran n jawaban yang diberikan simpel………maju terus MT n utk mahasiswa2 harus nonton acara ini karena pasti menambah wawasan n target future dapat diarahkan.terimakasih.

    Reply

  17. tridjoko
    Mar 13, 2008 @ 15:34:42

    –> Hallo Martinus : salam kenal juga..

    Setuju banget, tidak hanya mahasiswa tapi semua orang yang masih berpikiran waras dan ingin maju dan menginginkan motivasi mestinya nonton acara Mario Teguh..

    Kecuali jika harta sudah cukup untuk 7 turunan macam Bill Gates dan Warren Buffet…he..he..

    Reply

  18. Sigit
    Apr 09, 2008 @ 06:22:47

    Karena kesibukan saya, saya jarang sekali nonton tv, pernah 2 -3 kali nonton acara Mario Teguh di O channel, habis itu lupa lagi. Bagus mungkin dibuat dalam format VCD, jadi kapan pun kita bisa memutarnya. Salam!

    Reply

  19. tridjoko
    Apr 09, 2008 @ 11:08:16

    –> Mas Sigit : ya mas saya setuju sekali ceramah Mario Teguh ditaruh di VCD. Atau youtube lah biar orang Indonesia di seluruh dunia bisa melihat Mario Teguh…

    The sad story is, as of yesterday, Pemerintah Indonesia c.q. Menkominfo telah mem-BLOK situs http://www.youtube.com dan http://www.multiply.com entah apapun alasannya tindakan “pembodohan” semacam itu patut disayangkan !

    Reply

  20. pkab
    May 08, 2008 @ 17:01:12

    nice joke. Bisa jadi setelah BBM bakalan naik 30% gajinya bisa jadi 0 koma. artinya gaji diterima udah abis untuk bayaran hutang bulan-bulan lalu. hiks…. :((

    Reply

  21. tridjoko
    May 09, 2008 @ 13:37:45

    –> Pak Sur :

    He…he…he…bisa jadi pak kalau Pemerintah kita “nekad” menaikkan harga BBM yang sebelumnya sudah naik “gila-gilaan” dua kali….

    Reply

  22. robby
    May 13, 2008 @ 13:11:42

    Pa Mario Teguh,saya salut sama Bapa.Doain Saya ya Pa agar saya bisa seperti bapa.Thx.Gbu

    Reply

  23. saut hasiholan pasaribu
    May 22, 2008 @ 14:36:18

    saya pengemar MT.kata”nya luar biasa, dgn mengikuti program MT saya tdk ush mengeluarkan byk uang krn saya tahu seminar semacam itu pasti mahal. sblm acara MT dimlai saya sdh siapkn alat tulis, suatu saat MT bisa membubuhkan ttd-nya. tq O canel

    Reply

  24. tridjoko
    May 22, 2008 @ 16:35:33

    –> Bung Saut :

    Senang anda sependapat dengan saya bahwa acara Mario Teguh di O Channel sangat bermanfaat…

    Hanya sayang sampai hari ini, dari O Channel belum diangkat ke stasiun TV yang lebih menasional supaya orang-orang Indonesia bisa belajar dari “wit and wisdom” dari Mario Teguh..

    Reply

  25. indah
    May 28, 2008 @ 07:56:53

    Pagi semua….
    saya mah asyik2 aja nonton pak MT selain orangnya cerdas, wawasannya luas, bahasanya intelek juga keliatannya bersahaja… hanya saya terkadang susah mencerna jika jawaban2 yang diberikan pak MT terlalu gimana ya…. perfect gitu dech. tapi sejauh ini ok. bravo…

    Reply

  26. tridjoko
    May 29, 2008 @ 22:43:53

    –> Indah :

    Hallo juga…

    Saya memang pernah denger, kalau hadir di Seminarnya Pak Mario Teguh itu seolah-olah harapan membubung tinggi, sampai keluar dari ruang seminar dan masuk lagi ke kantor kita, maka yang namanya harapan tinggal harapan…

    Jadi, masih bergunakah Pak Mario Teguh bicara ?

    Masih. Kalau yang anda cari namanya “pencerahan”. Pencerahan itu pemahaman baru yang selama ini belum berhasil anda dapatkan. Mungkin konsepnya konsep lama tapi di”rejuvenasi” kembali…

    Pak Mario Teguh selalu mengajarkan tentang Etika, Konsep, dan kurang ke hal-hal teknis sehari-hari yang lebih bagus bila dibawakan sama Hermawan Kertajaya, Reynald Kasali, dan sebagainya..

    Etika dan Konsep, pada akhirnya dari situlah bisnis berawal…

    Reply

  27. resli evelyne
    May 30, 2008 @ 13:55:33

    good concept for teacing Indonesia people to think clearly and have a good preparing for the future.
    God bless u Mr.Mario.
    Be Brave always!!

    Reply

  28. doni
    Jul 25, 2008 @ 19:15:28

    hhhmmmm…

    Sebentar lagi seluruh Indonesia sudah bisa mengenali dan menyaksikan MT berbicara..

    Pak Mario Teguh, akan tayang di Metro TV. Jadwalnya adalah setiap hari Ahad, pukul 19.00 – 20.00, mulai tanggal 03 Agustus 2008.

    Sepertinya MT ingin semua anak bangsa dari sabang sampai merauke onjoy their life…

    Keep Fighting!!!

    Reply

  29. tridjoko
    Aug 03, 2008 @ 19:28:05

    –> Doni :

    Terima kasih infonya. Saya mulanya hanya nganggap berita anda berita boong belaka, ternyata benar hari ini tanggal 3 Agustus Mario Teguh sudah “on air” di Metro TV. Wah…bener-bener anda intel jempolan ! Jangan-jangan anda anggota CIA ? Hahahaha…

    Sayangnya, nama “business art with Mario Teguh” diganti menjadi “The Golden Ways”…

    Serasa gigitannya kurang !!!!!!

    Terus, moderator kesayangan saya Hilbram Dunar diganti pula sama Charles Bonar Sirait yang sangat kalah gigitannnya !!!!

    Auuuuwwwwww…..

    Jangan-jangan saya semakin nggak suka dengan “format” baru ini…

    It is “the song”, or “the singer” ?

    (Catatan : menurut orang Amerika, orang yang bisa bicara cepat seperti Hilbram Dunar itu berarti kecerdasan artikulasinya jauh lebih tinggi dari pada Charles Bonar Sirait dan Syahnaz Haque sekalipun…..mungkin orang Indonesia – Metrotv !!!! – nggak ngerti hal-hal kayak gini….)…

    Reply

  30. tukangobatbersahaja
    Aug 06, 2008 @ 15:12:46

    Salam Super mas Triwahjono

    itulah kelebihan dan ciri khas Mario Teguh di banding motivator yang lain. Beliau menghadirkan sisi Tuhan dalam pembicaraannya.

    berlogika, konsep dan banyak tawa *pak Mario banget*

    Reply

  31. tridjoko
    Aug 06, 2008 @ 21:16:38

    –> Tukangobatbersahaja :

    Wah..salam super juga ! Ya senang anda juga suka acaranya Pak Mario Teguh. Tapi sudah melihat acara Mario Teguh di Metrotv barusan nggak ? Sangat berbeda dengan yang di O Channel, dan saya terus terang suka yang versi O Channel…

    Reply

  32. Bowo
    Aug 10, 2008 @ 12:12:21

    Jujur, dari semua motivator yang ada di indonesia, saya nyambungnya cuman sama Pak yang satu in8i, Pak MT.
    Tanpa bermaksud apapun, terutama sejak saya membaca dna mengikuti tuntas TDW, banyak sekali keunggulan MT terutama kekayaan solusi yang mampu diberikans ecara tegas dan pasti. Beda banget ama yang lain, yang lain jual mimpi, yang ini kasih solusi langsung, nah tinggal implementasi Social Responsibilitynya nih…

    Reply

  33. tridjoko
    Aug 10, 2008 @ 15:37:12

    –> Bowo :

    He..heh…just curious, TDW itu nama saya Tri Djoko Wahjono, bukan ?

    MT memang bagus, tapi kritik juga tidak kurang. Teman anak saya yang mengikuti MT katanya selama di ruangan seminarnya MT perasaannya bagus banget. Tapi begitu pulang dari seminar, katanya perasaannya jadi biasa lagi…

    Mungkin karena dia nyesel bayar mahal Rp 2 juta pakai uang sendiri..

    Makanya, lebih enak nonton MT di TV yang tidak bayar : selama nonton perasaan kita enak, dan setelah nontonpun perasaan kita tetap enak…

    Go MT !

    Go Hoosiers !!! (yang ini yang tahu cuman saya sama Pak MT)….hehehe…

    Reply

  34. She_Taz
    Aug 11, 2008 @ 14:31:05

    sy juga seneng dengan Logika with MT

    Reply

  35. gede budi artana, s.pd
    Aug 25, 2008 @ 19:07:58

    Saya sangat tertarik meliat acara Bp. Maro Teguh di Metro TV setiap hari minggu. Terima kasih metro tv, sejak pertama meliat acara itu saya gak mau pindah chenel. Setelah melihat dan mendengar apa yang disampaikan, banyak yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan dan saya pun berusaha menyampaikan pesan-pesan Bp. Mario Teguh ke kawan-kawan pada saat obrolan santai di tempat kerja maupn di pos kamling dan warung-warung. Tanks Mr Mario Teguh

    Reply

  36. lyavan
    Aug 30, 2008 @ 23:17:40

    wahhhh..sy malahan lebih suka acara pak mario teguh dibanding motivator lain yang cuma “jualan seminar mahal” tapi hasilnya non sense. Mending nonton MT, dapat ide dan pencerahan, gak spent money lg. Klo ngeliat pak mario tuh, saya jadinya pengen punya ayah seperti MT. Hope U will always success MT..Amin!

    Reply

  37. ndarusi
    Aug 31, 2008 @ 00:19:26

    baru tadi malam ngeliat MT.. maklum anak kos gk punya tipi hehe. langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. pertanyaan yg masuk langsung di jawab dengn baik sekali. semoga acara 2 seperti ini ttp eksis di tipi nasional

    Reply

  38. dian
    Sep 03, 2008 @ 21:16:15

    Salam, Super

    Pak Mario Teguh anda adalah salah satu motivator saya, setiap anda siaran saya selalu simak dengan cermat walaupun terkadang sedikit harus mencerna.
    Apa lagi sekarang anda ada distasiun Metro TV makin bertambah ……………….. semangat …… hebat……………… Trim’s

    Reply

  39. nurin
    Sep 05, 2008 @ 14:29:24

    Mario Teguh adalah penyaring motivasi, penyemangat disaat lemah, penguat disaat ketidakberdayaan……

    Reply

  40. shery
    Sep 05, 2008 @ 14:56:14

    YUP. !!!! PENYEMANGAT DISAAT LEMAH, BENAR ITU. PAK MARIO YANG TERHORMAT, BEGITU BIJAKSANANYA BAPAK DALAM MEMBERIKAN NASEHAT KEPADA SEMUA YANG BENAR2 MEMBUTUHKAN ITU. SAYA SELALU BERDOA UNTUK BAPAK, AGAR BAPAK SELALU DIBERI KESEHATAN DAN UMUR PANJANG, AGAR BAPAK BISA TERUS MEMBINA KAMI DENGAN CARA2 BAPAK. BAPAK BAGI SAYA ADALAH SOSOK SEORANG GURU, AYAH UNTUK SAYA.

    Reply

  41. indro
    Sep 07, 2008 @ 20:30:44

    Hal tertentu Bpk memberikan penjelasan yang menurut ukuran kemampuan saya adlh terlalu cepat untuk mencerna arti kalimat2 Bpk (shg sering ketinggalan kereta…). Apa bisa mendapatkan/membeli rekaman acara pak ? trm ksh.

    Reply

  42. Rudy
    Sep 08, 2008 @ 08:33:22

    hari ini jam 07: 15 tanggal 8 – 9 -2008, saya baru mendengar nama pak Mario teguh dalam perjalanan ke kantor bareng boss saya, selama ini saya klo di tanya gaji dengan guyon saya bilang 15 koma abis tanggal 15 terus koma ( hehehe saya ngga nyangka ternyata omongan itu yang pernah saya dengar dari orang lain juga, diambil dari joke pak MT). saya kira besok minggu (maklum orang jawa, minggunya masi lama tapi make kata besok ) tanggal 14 -8-2008 saya akan menonton di metro TV.

    Reply

  43. reker
    Sep 10, 2008 @ 05:31:33

    Saya liat 2 kali dan yang saya rasakan terlalu banyak tepuk tangan jadi kesanya tepuk tangannya ga tulus, udah diatur….kenapa harus ada tepuk tangan…..’

    mengenai wisdomnya saya jd ga gitu tangkap krn udah neg dengan tepuk tanganya, kesanya kok terlalu diagung2kan…

    Sorry …tapi ini kesan jujur saya..apa mungkin format spt itu yg disenangi banyak pemirsa?

    Reply

  44. tridjoko
    Sep 10, 2008 @ 08:28:57

    –> Reker :

    Saya tidak tahu anda tinggal di Jakarta atau bukan…

    Kalau anda tinggal di Jakarta, acara Mario Teguh ditayangkan 2 TV, yaitu “Business Art with Mario Teguh” di O-Channel dan satu lagi acara baru Mario Teguh di Metrotv…

    “Kemasan” 2 acara ini sangat berbeda, walaupun bintangnya satu yaitu Pak Mario Teguh. Saya senang versi O-Channel dan di sana tidak ada kesan tepuk tangannya audience Pak Mario Teguh nggak tulus, lha wong bisa masuk acara itu saja disaring ketat dan harus membayar berjeti-jeti rupiah….

    Kalau versi Metrotv, pernahkah anda masuk ke ruangan studio TV di Jakarta ? Pasti ada 1 orang yang tugasnya “memandu sorak” yang tugasnya nyuruh audience bertepuk tangan, tereak Huuuuuu…atau yang lainnya. Itu sudah praktek yang biasa di studio-studio TV…

    Biasanya pertanyaan klasiknya adalah : You choose THE SONG or THE SINGER ? Jebul di kasus anda ini …you choose THE MUSICAL INSTRUMENT !!!

    So ? Tanyalah pada rumput yang bergoyang….

    Tapi pernyataan jujur anda, saya harus mencopot topi dari kepala saya dan membungkukkan badan kepada anda….

    Reply

  45. kantata
    Sep 11, 2008 @ 11:32:01

    wah ternyata bung ini mengagumi pak andi (alm) juga to. memang betul mas, logika amerika untuk kedua tokoh tersebut memang sangat amerika. saya adalah murid pak andi, sangat jelas sekali ketika kuliah dahulu jokes beliau beda dari jokes yang biasa di dengar. bisa di pastikan jika mendengar sewaktu kuliah para mahasiswa kala itu penikmat jokes akan dibuat tertawa belakangan, seperti loading nya komputer pentium II…di era core duo..he3

    Reply

  46. Hakim Arifin, SHI.
    Sep 16, 2008 @ 11:49:50

    yang saya lihat dan amati dari poin-poin, analogi, dan cara berpikir pak mario, akan dapat sedikit demi sedikit tersingkap keunggulan logika beliau. tentu saja di luar fitur utamanya yang mengkaitkan studi kasus dan data base analogi dengan kecepatan luar biasa secara outstanding. tapi sesuai keyakinan saya terhadap adanya level-level kesadaran seseorang dalam pencapaian logikanya terhadap sosiologi dan [tentu saja pada pak mario terhadap bussiness art juga]..dengan sangat bahagia saya mensyukuri kehadiran beliau, dalam artian, betapa beruntungnya kita, level logika berpikir seperti itu dimiliki orang cerdas seperti pak mario..alangkah betapa mungkinnya kemampuan itu malah mubazir dimiliki orang yang terbatas dalam posisi dan kondisi yang membuat useful sharing itu malah tidak terjadi sama sekali.

    Reply

  47. Berton Panjaitan
    Sep 27, 2008 @ 17:25:19

    Saya sangat senang degan acara Golden Ways yang ditayangkan Metro TV, MT memberikan inspirasi bagi kehidupan Saya. Semoga Metro TV tetap Konsisten sebagai media televisi yang Edukatif tidak terbawa arus seperti Televisi Swasta lainnya yang sebagaian besar tayangan nya tidak berbobot.

    Reply

    • Andika'
      Feb 14, 2012 @ 23:21:39

      “aduhhhhhhhhh
      Tolong ada yang bisa bantu saya…..
      agar saya bisa bertanya langsung dengan pak Mario..?

      Reply

  48. desman
    Sep 27, 2008 @ 21:24:59

    saya senang dengan acara ini krn bnyk nilai2 yg kt dapattkan dan praktekan dlm kehidupan ini

    Reply

  49. Scorpy
    Oct 06, 2008 @ 13:43:31

    Saya khawatir kita akan lebih memuja orangnya tinimbang menerima Golden Waysnya….. tapi hati-hati juga kalau kita terlalu ‘sinis’ pada biaya seminar, tepuk tangan… itu cuma sebagian kecil yang harus kita abaikan…..karena saya lebih memperhatikan dan memahami MT sebagai pejalan di jalur Tuhan (beliau selalu menghadirkan Tuhan disetiap kata-katanya), tapi tidak mengkhotbah-i…karena dasar logikanya adalah MORAL. Saluut

    Reply

  50. yunus
    Oct 06, 2008 @ 21:04:33

    saya sangat berterimakasih sama pak mario,karena dia telah memberikan semangat bagi saya untuk melakukan sebuah perubahan besar dalam hidup.saya mengikuti acara mario teguh saat awal kuliah di bandung tahun 2002,waktu itu di radio kalo nggak salah 7.30 jadi sebelum kuliah saya denger dulu.sampe2 saya rekam.setelah lulus 2006 saya pindah ke jakata sempet lama nggak denger acaranya,tapi dengan tidak sengaja saya pindah chanel ke tv lain yaitu O chanel sampe sekarang saya terus mantau acaranya dan mendengarkan,menyimak dan mengamalkan.saya rasakan apa yang beliau katakan sampe sekarang.saya mengucapkan terimakasih mudah2 apa yang dilakukan beliau bermanfaat bagi semua orang.

    Reply

  51. Rendy
    Oct 08, 2008 @ 11:10:28

    Seandainya sebagian besar stasiun TV & Radio di Indonesia secara bergantian dan secara terus menerus menayangkan “Wisdom & Inspiring”nya Pak Mario Teguh.. wah, tdk sampai 10 thn..! masyarakat indonesia pasti akan punya pola pikir maju & positif…

    Reply

  52. Martin
    Oct 10, 2008 @ 11:59:01

    Mario teguh seperti “tukang parkir” pikiran saya, memandu saya agar pikiran saya tidak “menyerempet” sesuatu…saya mengakui pemikiran beliau bagus, karena sederhana…HIDUP PAK MARIO…(karena kalau tidak hidup, acara Wisdom & Inspiringnya pasti tidak ada lagi)

    Reply

  53. adam
    Oct 14, 2008 @ 09:14:54

    acara mario teguh dapat disaksikan di metro tv hari minggu jam 19.30 , seluruh pelosok indonesia kini dapat pencerahan yang nyata, tidak hanya tontonan yang menjerimuskan pada virus kebodohan… hehe

    Reply

  54. Wiwid Gunawan
    Oct 14, 2008 @ 19:22:52

    Begitu banyak inspirasi yg didapat dari acara Pak Mario..Salam Super.Oh Seandainya saja Pak Tung Desem juga bikin acara di Televisi.Alangkah Indahnya

    Reply

  55. suzie
    Oct 19, 2008 @ 13:00:55

    Saya mencari Bapak Morgan Hidayat, apakah bapak tahu alamat dan no telponnya.
    Terima kasih atas bantuannya.

    Reply

  56. Junita Agatha
    Oct 21, 2008 @ 12:47:05

    saya bersyukur bgt bisa nonton acara MT, sangat sejalan dgn mimpi saya ingin menjadi trainer, kata2nya sangat menggugah dan masuk akal dan juga dapat diterima semua kalangan, Tks MT, mudah2an acara ini berlangsung lagi dan menjadi inspirator bagi semua orang.

    Reply

  57. Junita Agatha
    Oct 21, 2008 @ 12:49:44

    Tapi menurut saya Acara Business Art Mario teguh di O’channel lebih menarik daripada Golden Ways MT di Metro, trmsk juga MC yg mendampinginya dan cara pensetingan tempat. apa karena Metro TV dirumah saya kurang jelas ya, …..

    Reply

  58. Junita Agatha
    Oct 21, 2008 @ 12:51:28

    bagaimana caranya supaya kita bisa tergabung live dalam acara Mario Teguh ya, ada yang bisa bantu? saya suka merekan kata2 emas Mari Teguh tapi memory Hp ku sudah penuh,…

    Reply

  59. tridjoko
    Oct 22, 2008 @ 18:08:41

    –> Junita Agatha :

    Mau tergabung live dengan MT di O Channel ? Silahkan menghubungi mereka, kalau tidak salah bayarnya Rp 2 juta.. 😉

    Reply

  60. sebazz
    Oct 22, 2008 @ 22:27:08

    “Iya, setelah tanggal 10, saya koma. Itu artinya 10 koma”

    hahaha bisa aja pak….
    lama2 bapak bisa gantiin Mario Teguh juga nih di O’Channel……..

    pak btw link saya kok “to be deleted” ya (sebastian)….?
    padahal blog saya kan masih aktif pak..hiks T_T

    penulisan blog saya salah pak harusnya “http://sebazrizky.blogspot.com”

    pake “z”

    bukan “sebarizky” T_T hiks lagi…..

    Reply

  61. hendy
    Oct 23, 2008 @ 14:18:56

    WAh….
    ortu saya juga penggemar beratnya tuh pak…

    saya sieh ga begitu tertarik…sebaeb seperti yg bapk bilang di atas..Mario Teguh memakai logika Amerika..
    Sedangkan di Asia kan berbeda lingkupnya…

    seperti pepatah bilang “Di mana bumi dipijak, di situ langit di junjung”.

    dan lagi pak….
    demi motivasi dari Mario Teguh..orang rela berlomba-lomba membeli buku, menonton acaranya.

    Lama2….satu Indonesia mampunyai cara pandang seperti Mario Teguh..
    bisa gawat pak. “Model” kita menjadi “orang barat”.

    Reply

  62. tridjoko
    Oct 24, 2008 @ 07:45:20

    –> Hendy :

    Sebenarnya point-nya tidak di situ. Bahasa Inggris itu “lebih mengandung logika” daripada Bahasa Indonesia. Antara lain ini diakui dan dibuktikan (dengan beberapa contoh) oleh alm Prof. Andi Hakim Nasoetion..

    Salah satu contoh, kalau anda menanyakan alamat di suatu tempat di London maka dengan bahasa Inggris anda bertanya dan orang yang memberi tahu kemana harus pergi, anda pasti pergi tepat ke tempat yang dituju… Tapi kalau anda tanya dimana letak suatu tempat dengan bahasa Indonesia di Jakarta, maka anda akan bingung setengah mati mana arah yang ditunjukkan “penunjuk jalan” tadi (kalau belum jelas, lain kali saya buat tulisannya)…

    Dan bukan berarti “Mario Teguh berlogika Amerika”, tapi karena ia biasa bermain dengan bahasa Inggris maka ia menggunakan bahasa Indonesia yang lugas, cepat, tepat. Jarang sekali orang lain di Indonesia yang gaya bicaranya seperti itu, kecuali alm Prof. Andi Hakim Nasoetion yang saya sebut tadi..

    Tidak berarti pula “Mario Teguh tidak berlogika Asia” karena ia selalu memberi contoh apa saja, tidak hanya di Asia atau Amerika atau Eropa. Ia memberi contoh yang umum-umum saja…

    Semakin keras kritik anda kepada Mario Teguh, kayaknya anda layak untuk menjadi pembicara motivasi, menyaingi “para pendekar” yang sudah ada seperti Andri Wongso, Gde Prama, Tung Desem Waringin, dan Mario Teguh. Siapa tahu the next motivator is Hendy ?

    You got to break your legs !!!

    Reply

  63. afandy rahman
    Oct 25, 2008 @ 10:25:41

    aku sangat tertarik oleh acara pak teguh, sebenarnya setiap kali aku mengikutinya pengen rasanya melontarkan pertanyaan yang terkait dengan yang saya alami. tapi, sayangnya tidak ada ruang seation untuk konsultasi bagi yang ada di rumah. trus gmn ya caranya agar aku bisa curhat dengan pak mario

    Reply

  64. tridjoko
    Oct 26, 2008 @ 23:06:24

    –> Afandy Rahman :

    Salah satu cara untuk konsultasi dengan Pak Mario Teguh, ya dengan mengisi komentar di posting ini. Posting ini setiap hari dibaca sekitar 100 orang per hari, tentunya Pak Mario Teguh atau stafnya ikut membaca posting ini juga..

    Saya tahu karena beberapa kritik tentang acara Pak Mario Teguh yang disebutkan di sini, langsung ditindaklanjuti buktinya di tayangan berikutnya…hal yang dikritik sudah tidak ada di tayangan lagi (misalnya saya katakan Charles Bonar Sirait walau cocok menjadi presenter untuk acara lain misalnya acara keuangan di O Channel tapi kurang cocok mendampingi Pak Mario Teguh karena he talks too much. Pada acara berikutnya Charles sudah diganti oleh Ully yang agak sedikit lebih pas mendampingi Pak Mario Teguh)…

    Reply

  65. Oki
    Oct 28, 2008 @ 21:00:25

    Salam kenal Pak TDW,
    Luar biasa blog anda… jujur baru kali ini saya betah baca blog.. dan kebetulan saya juga penggemar Mario Teguh dan beberapa orang motivator lainnya.
    Dari pertama kali baca komentar di blog anda saya hitung hampir setahun banyak yang memberi komentar. Salut buat P.TWD.. dan itu yang membuat saya akhirnya tergerak untuk coba berkomentar ( baru pertama kali ini saya komentar di blog orang.. mudah-mudahan komentarnya bisa dimengerti).
    Salut ..
    Btw MT di Metro TV salah satu acara yg ditunggu setiap minggu… (walau kadang harus ganti-2 channel dengan Formula 1 atau MotoGP he..he..)

    Salam kenal juga !
    Wah…jangan muji ah, jadi malu nih (* mode tersipu-sipu on *)…
    Kelihatannya anda tidak tinggal di Jakarta ya, soalnya kalau anda tinggal di Jakarta bisa juga menyaksikan acara Mario Teguh di O Channel yang acaranya dikemas agak lain dengan yang di Metrotv (banyak orang yang bilang versi O Channel lebih baik…termasuk saya sendiri)..
    Kayaknya anda juga berbakat bikin blog sendiri lho….banyak teman2 di jagad maya ini yang tertarik menulis blog setelah membaca cerita asal-asalan ala saya di sini…hehehe…

    Reply

  66. Handariyanto
    Nov 02, 2008 @ 22:41:45

    Anehnya.. Nonton GOLDEN WAYS di Metro TV kok lebih mending drpd dengerin Aak Gym yg sdh turun ratingnya. Salam Super !

    Reply

  67. anan
    Nov 06, 2008 @ 14:08:10

    pak saya adalah salah satu penggemar anda, tolong beri saya motivasi supaya semangat belajar.
    kirim ya tolong
    inskya2yahoo.com

    Reply

  68. Ruth
    Nov 10, 2008 @ 12:34:32

    saya sangat senang dengan acara Mario Teguh. yang ditayangkan di Metro TV setiap hari minggu.

    saya senang dengan motivasi-motivasi yang Bpk berikan kepada permirsa di rumah yang menonton acara Bpk tersebut

    Reply

  69. nedy adri
    Nov 11, 2008 @ 22:52:23

    Salam super pak mario teguh.sesungguhnya saya menyukai cara anda menyampaikan stiap bait kata yg sgt fantastis..kata2 anda jadi motivasi sy EVERY DAY sy ingin jadi anda

    Reply

  70. aldino
    Nov 12, 2008 @ 21:29:45

    wah bagus bngt??? …tpi saya ada satu pertannyaan bot pak mario….boleh kan pak????
    emmmm…bagaimana cara kita membahagiakan orang lain , sedangkan dri kita sedang bersedih…

    Reply

  71. dhaniek
    Nov 15, 2008 @ 14:33:54

    Saya sangat menyukai acara MT, bersama suami saya gak pernah ketinggalan untuk nonoton acaranya, walaupun ya di Metro TV, karna sekarang kami kerja di Cirebon. Cukup menggugah saya untuk memotivasi hidup, apalagi yang berurusan dengan dunia kerja, hidup sehari-hari dengan lingkungan yang majemuk. Pengen juga sih ngrekam acaranya,tapi ya sama gak tau caranya, kalo dulu langsung di rekam lewat video langsung mak nyuss, kalo sekarang kok gak dong juga caranya gimana.
    Daripada nonton sinetron yang sama sekali gak mendidik mbok nonton MT ajah…jelas banget manfaatnya..
    Salam super buat Pak MT We Love U Banget pokoknya dah…

    Reply

  72. fernan
    Nov 19, 2008 @ 19:03:09

    Semenjak melihat acara MT, saya terpana sama pak mario tentang kalimat kalimat yg di ucapkan oleh pak mario, mudah mudahan para petinggi yg duduk di pemerintah kita, bisa memaknai apa yg di ucap kan oleh pak Mario, kaya nya negara ini benar benar bisa makmur, yang mana kita idamkan bersama, Salam super Pak Mario Teguh

    Reply

  73. novi
    Nov 21, 2008 @ 00:41:24

    Salam kenal Pak Tri, 🙂 saya juga merupakan salah satu penggemar acara tersebut. Saya rasa setiap kalimat yang dilontarkan pak Mario selalu mengena di hati saya.. beliau memang merupakan motivator handal.

    Dan kalau tidak salah, ada 2 stasiun yang menayangkan acara MT, ya Pak? Metro Tv dan O’Channel.. jujur saya lebih menyukai ‘Business art w/ MT’ yang ditayangkan oleh O’Channel..

    Salam kenal juga mbak… 😉
    Pendapat saya juga sama, packaging acara MT di O’Channel sedikit lebih “cerdas” daripada yang versi Metrotv

    Reply

  74. anton malindra widodo
    Nov 22, 2008 @ 17:07:43

    salam super luar biasa…………
    coba kalau mario teguh ngadain kartu anggota ataupun yang lain yang menyangkut tentang organisassi pastilah saya orang yang ke seratus yang mendaftarkan diri. coba kalau mario teguh ada acara dimanapun pastilah saya akan datang meski datang terlambat.
    saya ingin sekali bisa mndengarkan langsung motivasi dari mario teguh..

    salam kenal buat semua yang ada disisni

    Reply

  75. wanriah
    Nov 24, 2008 @ 07:56:58

    waahh saya salut banget liat mario teguh
    yang cara pemikiran nya selalu menghasilkan
    ide2 yang bagus2

    Reply

  76. endang
    Nov 25, 2008 @ 15:45:01

    saya salut kepada pak mario teguh yang begitu cemerlang dalam pemikirannya yang selalu menghasilkan ide-ide baru.
    saya mau bertanya:
    1. bagaimana caranya menjadi pemimpin yang baik?
    2. bagaimana caranya mengambil keputusan yang baik?

    Reply

  77. gateaway
    Nov 27, 2008 @ 13:45:37

    Saya sudah dua kali mengikuti acara pak Mario di MT. sangat bagus cuma tidak tau ada berapa banyak pejabat yang juga suka nonton acara ini. semoga acara seperti ini harus sering2 ditayangkan. Salam Super TQ

    Reply

  78. ady sudrajat
    Dec 15, 2008 @ 11:56:56

    om mario kapan mampir ke kampus saya di bekasi

    Reply

  79. achonk
    Dec 17, 2008 @ 07:24:40

    saya termasuk yang ngefans berat sama pak mario teguh, makanya saya tidak pernah ketinggalan acaranya, baik di O’ chanel maupun di Metro TV, dan buku-bukunya pun saya koleksi, sebab menurut saya di tengah-tengah kesibukan yang menyita waktu, sambil santai membaca, melihat acara yang dibawakan pak mario membuat saya tercerahkan, salam super buat pak mario dan temen-temen!,

    Reply

  80. widi
    Dec 22, 2008 @ 14:04:08

    Salam Super !
    Saya salut sama Pak Mario, bahasanya lugas dan mengena setiap orang, gabungan antara logika dan hati.
    Thanks pak Mario Teguh.

    Reply

  81. Made Ayu
    Dec 22, 2008 @ 15:11:21

    Saya gak pernah ketinggalan menonton acara pak mario di metro tv soalnya banyak inspirasi baru yang bagus buat saya

    Reply

  82. Irvan Caesar
    Dec 25, 2008 @ 22:27:29

    Acara Mario Teguh adalah salah satu acara favorit saya. Bahasanya lugas dan ringkas dan kena ke inti permasalahan.

    Tapi, saya rasa juga karena pembawaan Pak Mario Teguh yang tidak terlalu ‘pribumi’ bahasanya, saya sering terdiam sejenak untuk memahami kata-kata dia dan itu pasti terjadi kalau sedang nonton acara beliau. Berkali-kali saya pun mengunjungi situs Pak Mario dan mendownload quotes yang dia punya.

    Kalau boleh titip pesan, tolong sampaikan ke Pak Mario, tolong bahasanya lebih ‘dicairkan’ lagi, karena pemirsa macam saya – saya yakin juga banyak pemirsa yang lain- tidak langsung dapat menangkap inti pembicaraan beliau kalau tidak mengerutkan dahi dulu..

    Tapi saya rasa itu ciri khas Pak Mario juga. Saya kagum dengan beliau sampai-sampai di laptop saya saya buat folder tersendiri “Mario Teguh” yang isinya kata-kata motivasi dan beberapa rekaman audio dari wawancara di radio dengan Pak mario. Setiap kali saya merasa ‘lelah’ dengan kehidupan, saya baca kata-kata beliau dan ‘wah’ bangkit lagi.. Ini benar pak, saya tidak membual. Titip salam juga deh buat beliau semoga panjang umur dan berbagi motivasi dengan semua orang. Bravo Mario!

    Reply

  83. Eko Purwanto
    Dec 29, 2008 @ 09:06:56

    —————————

    Klarifikasi : Kesertaan AUDIENCES Mario Teguh – TIDAK DIPUNGUT BIAYA

    —————————

    Dearest Sahabat Indonesia yang super.

    Mudah-mudahan kita semua dalam kesehatan prima dan kehangatan bersama keluarga tercinta yang kehadirannya menyejukkan pandangan dan hati.

    Rasa hormat dan terima kasih tersampaikan kepada para sahabat yang telah berkenan hadir pada program acara Mario Teguh Golden Ways dan Mario Teguh Business Art.

    Selanjutnya, sehubungan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan baik melalui japri maupun melalui milist dari masyarakat dan publik yang berkeinginan hadir sebagai audiences pada Mario Teguh Golden Ways di Grand Studio Metro TV, ataupun Mario Teguh Business Art di O Channel,

    dengan ini ditegaskan kembali bahwa audiences yang hadir TIDAK DIPUNGUT BIAYA atau GRATIS.

    Dan, bagi audiences yang berkeinginan menyertakan rekan, sahabat, keluarga, saya akan senang sekali bila Anda mencantumkan nama-nama indahnya pada email pendaftaran. Semoga berkenan bagi para sahabat, dan sampai bertemu dalam kebersamaan yang hangat di program acara Mario Teguh Golden Ways atau Mario Teguh Business Art.

    Have a nice super leading day.

    Eko Purwanto, SM 14
    MTSC Administration Director I MTSC I 0817 – 0868171 I Program Organization I Jakarta

    Klarifikasi : Kesertaan AUDIENCES Mario Teguh – TIDAK DIPUNGUT BIAYA

    Reply

  84. riswanto
    Dec 29, 2008 @ 11:52:20

    memang bagus acara o’chanel ini dapat mengembangkan atau menambah wawasan cara hidup atau sudut pandang bisnis. saya sangat terkesan dengan bp. Mario teguh dapat menjawab setiap permasalahan yang di tanyakan secara lugas dan inofatif sehingga audiens merasa puas dan tidak membosankan untuk mengikuti sesi-sesi berikutnya. , terimakasih, salam super

    Reply

  85. INTAN
    Jan 06, 2009 @ 23:55:44

    berapa biaya jika mengundang pak Mario ke daerah kita?

    Reply

  86. alfrets P (manado)
    Jan 07, 2009 @ 07:05:24

    salam super Pak Mario, saya ingin tanya sama Bapak sbb:
    1. saya kurang fasi bergaul atau minder jika bertemu dengan org-org yang bole dikata saudara dekat yang tidk setiap saat bertemu.
    2. Bapak Mario kpn dtg manado.

    Reply

  87. gadis
    Jan 11, 2009 @ 22:57:52

    Hallo pak Tri…
    Senang ya pak mempunyai teman seorang motivator, apakah hidup pak Mario itu memang ‘sempurna’ seperti itu pak? seolah-olah tak ada satupun masalah yang dapat hadir dalam hidupnya.
    Saya banyak belajar dari beliau
    terima kasih atas blog yang menarik ini

    Gadis,
    Hallo juga….. 😉
    Saya memang temannya Pak Mario Teguh, karena kami bergabung di organisasi yang sama yaitu Ikatan Alumni Indiana University di Indonesia. Dulu saya sekolah lebih duluan dari Pak Mario Teguh, ketika saya pulang karena sekolah sudah selesai baru Pak Mario Teguhnya datang. Di Ikatan Alumni kalau ada pertemuan-pertemuan, kalau saya datang Pak Mario tidak datang, begitu juga kalau Pak Mario datang saya tidak datang… maklum Jakarta kota yang sibuk…

    Saya kira hidup Pak Mario sekarang memang relatif lepas dari kesulitan tapi masa kecil Pak Mario sangat akrab dengan kesulitan makanya beliau menjadi motivator yang ulung (begitu juga Pak Andri Wongso yang masa kecilnya serba kesulitan)..

    Terima kasih kalau Blog ini dirasa sangat berguna.. 😉

    Reply

  88. HASAN
    Jan 13, 2009 @ 16:51:09

    ACARA MT YG GOLDEN WAYS DENGAN MC CHOKY SITOHANG TIDAK OK CUZ CHOKY’Y JD SOK MARIO TEGUH, MASIH BAGUS WAKTU MC ULY…

    Reply

  89. chikita inaku
    Jan 13, 2009 @ 20:25:17

    trims bgt,,,
    saya mahasiswa di provinsi gorontalo
    senang bisa kenal lebih dalam tentang kehidupan bersama orang-orang yang peduli bangsa seperti bapak,,,

    Reply

  90. selvi janikasari
    Jan 17, 2009 @ 08:46:07

    maaf..blm ada komentar

    Lho, tidak ada komentar di button komentar ?

    Atau, tidak ada komentar berarti komentar ?

    Reply

  91. imron46
    Jan 17, 2009 @ 10:59:00

    sebuah kata – kata bijak yang muncul melalui olah rasa yang cukup tinggi, kata – kata beliau pasti mampu dicerna dengan mudah untuk mengubah diri maupun persepsi kita terhadap orang lain, pak dosen Binus bisa merintis kumpulan artikel dan video tayangan beliau sehingga bisa di download, yang otomatis akan menaikkan page rank dari blog ini.

    Bung Imron,
    Wah..kalau masalah ngumpulin artikel Pak Mario Teguh, jangan saya. Biarkan staf beliau di Exnal saja. Banyak kok sudah website yang memuat artikel dan bahan ceramah Pak Mario Teguh. Silahkan klik di Google “Mario Teguh Asia”…setahu saya ada beberapa website…

    Lha kalau blog ini juga memuat artikel Pak Mario Teguh, selain jadi redundan…juga akan menyita perhatian banyak dari saya. Karena misi utama blog saya ini….yang cuman “cerita”…sesuai dengan namanya…

    Reply

  92. artta
    Jan 19, 2009 @ 12:03:30

    wah, ,, , ,, , ,, , , ,, , , aq ska bngt sm acara na….

    bsa membangun motivasi AQ!!!!!!!!1

    Reply

  93. sally
    Jan 25, 2009 @ 19:30:51

    just one word for bapak mario teguh
    you so really good

    Reply

  94. ramces
    Jan 30, 2009 @ 10:53:31

    memang pak Mario Teguh benar2 pemberi sebuah motivasi. bagaimana carany biar bisa jadi seperti Bapak

    Reply

  95. Aska
    Feb 09, 2009 @ 00:44:46

    Dear mas TDW,
    I don’t think I like Mario Teguh’ shows on Indoneisan TV and I must say I get bored out of it when try to watch and switched the channel directly when he was on. The reason is simple….I know or had read (to be specific) all the “positive thinkers” ahead of him and he always cited without him mentioning as credit (take it for example Norman Vincent Peale, R. Schuller, and many more….). However, I really appreciate what he did on TV or seminar if that would mean can ease or answer one’s problem and how he manage to ask the audience to look the life in a more positive perspective……….
    Appreciate if you can send/fwd my comment to him directly……
    salam hangat dari Ithaca, NY
    EML (Aska tea)

    Dear mbak Aska,
    Yeah…after all positive thinkers of Indonesia getting more negative (!!!)….Mario Teguh may be the only person in Indonesia is still in a positive tone. About citing credit, come on mbak Aska, it is on TV and not in writing….the tv broadcast time will fade very fast if every time Pak Mario cited when he took the reading. I guess he would like to do so, but not in a tv show…
    I like him because he is Hoosiers as I am, and becoming an Illini….may be it’s not easy for you to give credit to him 😉 ….
    I guess Pak Mario will read this posting so you don’t have to worry mbak…
    My best regards…-Tri Djoko

    Reply

  96. elizabeth N Paranoan
    Feb 16, 2009 @ 09:59:05

    trim’s pak Mario sangat semangat dan berwawasan luas pengetahuan bertambah berkat pak Mario,salam super gimana untuk bergabung? mohon penjelasan. ok maju terus manuasia indonesia terbangun dan lebih berwawasan memaknai hidup.

    Reply

  97. Bahar
    Feb 23, 2009 @ 10:52:23

    I’ll never miss MT’s program. Hopefully it will last forever, so indonesian gettting smart and smart, nggak kayak kebanyakan anggota DPR yang cuman bisa bikin masalah tanpa solusi hehe

    Reply

  98. Hassan,Abinafis
    Feb 23, 2009 @ 20:44:05

    Saya senang juga lihat dan dengerin acaranya Mr.Mario Teguh…..
    Dalam tiap acaranya beliau selalu mengambil padanan berfikir logika dengan kata-kata dari ayat suci alquran…..
    So…..melihatnya seperti Ustad yang menerangkan isi alquran tapi dari sisi yang lain , …
    yaitu bahwa ada campur tangan YME dalam tiap tindakan manusia, sesuatu yang membuat manusia tak boleh putus asa dan menyerah terhadap keadaan…..
    (salam kenal buat pak Tri Joko…
    Blognya bagus sekali…)

    Mas Hassan.
    Salam kenal kembali….
    Dan terima kasih telah berkunjung….. 😉

    Reply

  99. sigit
    Feb 27, 2009 @ 14:41:58

    Sama dengan mas dan mbak semua hari minggu jam 7 di metro TV ya saya usahakan mendengarkan MT, senengnya kalau yang dibicarakan seperti yang saya alami.hati jadi enteeng/ringan dan plong.
    Salam kenal semua.

    Reply

  100. Mey
    Feb 27, 2009 @ 15:12:09

    Bgai mna cra membca isi hti ssorg?

    Mey,
    Saya bukan Pak Mario Teguh, tapi hanya “temennya”… 😉
    Saya ingin menjawab, cara membaca isi hati seseorang itu mudah…

    Pertama, amati “gesture” atau gerak-gerik tubuhnya. Kalau ia suka dengan anda, sebenarnya dari gerak-gerik tubuhnya kelihatan kok, misalnya sering nengok ke anda dan curi-curi pandang (seperti lagunya Naiff haha…)..

    Kedua, amati “tatapan matanya”. Jika tatapan matanya kuat, berarti perhatian dia terhadap anda juga kuat juga. Tapi kalau tatapan matanya kosong melompong, forget it ! Cari cowok lain aja…

    Ketiga, amati “tata bahasanya”. Biasanya ada clue bahwa ia tertarik dengan anda. Misalnya, ia bertanya apa kesenangan anda : jenis film, jenis bacaan. Apalagi kalau sudah nanya ke anda : berapa adik anda, berapa kakak anda, bapak-ibu kerja di mana. Wah, itu sudah tanda-tanda banget..

    Keempat, amati “tingkah lakunya”. Kalau ia sudah bercerita dengan teman2 dekatnya tentang anda, berarti ada tanda-tanda tertarik dengan anda. Makanya anda juga perlu tanya ke teman2 dekatnya apa dia pernah “membahas” sesuatu tentang anda ? Traktir temen2 dekatnya, maka akan keluar semua itu cerita tentang dia, jika teman2 dia itu sudah kenyang makannya…

    Gampang kan ?

    Kalau sulit, cari cowok lain saja…hehe..

    (Tapi nggak tahu ya, versi jawaban Pak Mario Teguh seperti apa…)

    Reply

  101. kenro
    Feb 28, 2009 @ 04:49:15

    kenali dirimu sebelum mengenali orang lain… ehm, kayaknya susah. tolong di jelaskan dunk…

    Kenro,
    Saya bukan Pak Mario Teguh, saya hanya “temennya”. Menjelaskannya sebenarnya gampang sih. Ibarat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), yang SW kan sebenarnya “analisis internal” (mengenali diri sendiri) dan yang OT kan sebenarnya “analisis external” (mengenali diri orang lain)..

    Nah, apa Kekuatan (Stength) dan Kelemahan (Weakness) anda ? Pasti anda tahu dong, lha wong itu diri anda sendiri… Tapi jika belum tahu, don’t worry, ask a friend (or some friends) untuk mendefinisikan anda itu punya kekuatan dan kelemahan apa ? Misalnya kekuatan anda adalah pintar bicara, dan kelemahan anda adalah sumber keuangan yang kurang…

    Selanjutnya, anda menganalisis Peluang (Opportunity) dan Tantangan (Threat) jika anda berhubungan dengan orang lain. Kalau ada orang lain yang ramah dan mau mengajak anda berbisnis, pastilah itu Peluang (ini misalnya lho). Sedangkan kalau anda mau berbisnis restoran misalnya, dan ada orang lain yang sudah berbisnis dan mapan di situ, nah itulah Tantangan (Threat).

    Akhirnya, untuk menghadapi Peluang dan Tantangan dari orang lain tadi, anda gunakan Kekuatan (baca : Maksimalkan Kekuatan) dan Kelemahan (baca : Minimalkan Kelemahan) anda…

    Tapi ini menurut Pak Tri Djoko (saya), nggak tahu ya bagaimana Pak Mario Teguh menjelaskannya. Bisa sama, bisa juga beda…

    Reply

  102. eswe71
    Mar 03, 2009 @ 08:46:08

    salam kenal Pak, saya sampai ke blog Bapak dari link ke link dan saya dapati blog Bapak sangat menarik banyk feuture-nya hal yang saya sukai, Oh ya memang lebih baik melihat dan mendengar MT di TV saja karena gratis ,kami baru saja mengundang beliau untuk sesi selama 1,5 jam biayanya 75.000 kilo but it worth every penny of it karena penampilan beliau yang off air tersebut totally different dari di TV karena more interisting, more attractive dan kelucuannya jauh melebihi Tukul , trust me on this so we all satisfied with him

    Mas Sigit,
    Wah…jangan-jangan yang bisa membayar segitu memang dari Depkeu…. 😉
    Saya di BPPT juga banyak teman-teman penggermar Pak Mario Teguh, dan sebenarnya pengin ngundang beliau sih. Siapa tahu kalau ke BPPT bisa lebih murah fee-nya…hehehe…. 😉
    Beliau memang sangat lucu, dan logikanya sangat sederhana tapi “canggih”. Sementara ini, jarang ada tokoh lain di Indonesia yang bisa seperti beliau. Ada yang lebih canggih tapi kurang banyak tersenyum dan melucu. Ada yang tersenyum dan melucu melulu tapi kurang “menyengat”. Ada yang menggigit dengan sangar, dsn sebagainya. Setidaknya menurut pendapat saya lho….

    Reply

  103. Ichwanul
    Mar 03, 2009 @ 18:50:59

    Saya sering mengikuti acara pak Mario Teguh di tv..(walau kadang terlewatkan krn lupa jam tayang). Alhamdulilah.. Skrg saya lebih menjadi positif thinking dr yg lalu, dan selalu mengambil hikmah di setiap kejadian yg ada. Sedikit demi sedikit saya terapkan dlm kehidupan berumah tangga.. Dan yaa!! Permasalahan2 kecil bs teratasi tanpa ada ketersinggungan dr satu pihak.. Thanks Golden Ways

    Good for you Mas Ichwanul…. 😉

    Reply

  104. muklis nuroho
    Mar 07, 2009 @ 21:18:58

    salam super.
    pak mario adalah motivator khususnya untuk pribadi saya.trimakasih pak mario yan sudah mengubah cara pandan dan hidup saya.

    Reply

  105. deltyawan
    Mar 10, 2009 @ 10:29:18

    pak mario saya kagum dengan bapak
    karena bapak tuh..orangnya selalu gembebira
    pemikirannya yang luas, imajenasinya yg kuat itulah yg membuat saya selalu kagum dengan bapak kata2 bapak yg begitu mendalam bagi semua orang

    Reply

  106. yanri ramdhano
    Mar 12, 2009 @ 21:09:15

    pak mario
    , sy adalh seorg siswa SMA, sya kgum mlhat.
    sy bnyk bljar dri ap yg tlah bpk ucpkan dilyar televisi.

    smpai saat ini, smua itu merubah pandangan sya terhadap kehidupan yang saya jalani…..

    Reply

  107. hendra
    Mar 22, 2009 @ 16:14:03

    2 kata buat pak mario

    SUPER SEKALI

    Reply

  108. Oya
    Mar 25, 2009 @ 14:19:53

    Salam Super Bp. Mario Teguh….
    saya pribadi sangat tertarik dengan program acara yang Bp sampaikan live di Metro TV..
    Dan saya upayakan untuk dapat melatih secara bertahap, serta saya dapat merasakan perbedaan yang saya rasakan setelah mengikuti program Bp. saya merasa bersemangat dalam menjalani hidup, dapat merasakan hidup ini begitu indah tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Dan saya juga terapkan dengan orang sekitar saya agar selalu bersikap manis, indah agar orang disekitar kita merasa nyaman dan merasa di hargai.
    Selamat buat Bp Mario semoga sukses n selalu super ide2 berlian Bp.

    Banjarmasin, 25 Maret 2009
    Hormat saya,

    Oya

    Reply

  109. Sadam
    Mar 25, 2009 @ 16:01:08

    salam suuuperRRR Wat Bp.revolusioner……………..
    saya awalnya gak respect ma acara bapak, tapi lama kelamaan ko jadi ketagihannya,Saya mahasiswi yang mengarah tuk jadi calon guru.acara bapak sangat acara bapak amat mendukung wat cita2 saya,abis kalau ikut seminar menguras finansial wat seorang mahasiswi.saat acara bapak bapak di TV pas banget dah!Saya mo tanya dong,saya hidup dikeluarga yang fanatik agama,apalagi saya seorang cewek yang pulang lewat jam 8malam ja da dibilang cewek gk bener,apalagi diantara anak cewek dirumah cma saya yang gak di pesantren!ya udah dimarahin panjang kali lebar,saya cma bs diam.padahal saya punya obsesi tuk gk tergantung ma org lain,saya da coba mulai dari biaya kehidupan dan kuliah sndri,mula dr kuliah mpe krj,tp mrka tetep gk peduli klo saya pulang malen pahadal itu krn krj atau berbagi ilmu sma temen2 yg laen,gimana ya nanggapin keluarga otoriter yang gk mau denger omongan orang yang lebih muda,Kalau saya omong saat sedang diskusi itu namanya ngebantah dan kurang ajar menurutnya,jadi saya cuma bisa diem tapi lama2 hati jengkel juga,gimana caranya agr hati gimana cara hati biar tetep terjaga dari penyakit hati yang jengkel? palagi kalau sampe dendam ma keluarga sendiri itukan lebih parah lagi.dan pengen saya agr keadaan ini cepat berubah GIVE ME WAYS,please…..dan terimakasih bwat sebelumnya

    Sadam,
    Saya ingin menjawab pertanyaan anda, sebelum nanti Pak Mario Teguh menjawabnya sendiri di TV…

    Melawan orangtua yang otoriter hampir tidak mungkin, karena beliau berdua yang melahirkan kita. Kan tidak mungkin kita “memecat” orangtua kita..

    Satu-satunya cara adalah memberi pengertian bahwa apa yang kita lakukan adalah benar (pulang lebih dari jam 8 malam adalah untuk belajar, dan bukan untuk yang lain) dan kita harus bisa membuktikannya (misalnya nilai kita menjadi membaik)..

    “Sosialisasi” atau “pemberian pengertian” kepada orangtua juga harus setahap demi setahap. Jika Bapak atau Ibu sedang santai dan senang hatinya, cobalah bicara “Pak, Bu, saya mau bicara nih…”

    Saya yakin, dengan anda berdoa terus mudah-mudahan Bapak Ibu bisa mengerti bahwa anda anak yang baik, dan bukan sebaliknya..

    Bukankah begitu ?

    Reply

  110. mangimpal sihombing
    Mar 26, 2009 @ 12:26:58

    Thank God I finally found such a good programme like MT business art, hopefully it works out for anybody then this lovely country rocks a lot in the future. Thanks a lot for you my motivator Mario Teguh

    Reply

  111. ivan
    Mar 26, 2009 @ 21:17:54

    mas mario memang seorang inspirator hebat ynag dimiliki Indonesia, sukses ya Mas

    Reply

  112. kissworo
    Apr 01, 2009 @ 12:44:32

    acara MT perlu lebih dimeratakan supaya banyak yang bisa melihat di TV…juga di radio2 penting sekali……

    Reply

  113. rohma
    Apr 20, 2009 @ 20:37:11

    motivator yang menggunakan logika,yang tak pernah terbayangkan dalam benak.
    sangat fantastis

    Reply

  114. _subhan_
    Apr 23, 2009 @ 23:50:57

    wah2 kayak nya postingan bapak yang ini sudah melegenda dijagat search engine.. hahaha

    Reply

  115. arya
    Apr 26, 2009 @ 21:48:58

    saya ingin menjadi pememipin pakkk,,,,seorang pemimipin harus bisa memanajemenkan waktu,sehingga dia akan menjadi pemimpin yang disiplin,,,,

    Reply

  116. ramaputra
    May 01, 2009 @ 14:44:13

    boleh cerita dikit tidak kenapa MT bisa sampai kuliah di indiana university?

    Ramaputra,
    Wah…saya tidak tahu, soalnya Pak Mario itu adik kelas saya. Waktu saya pulang, Pak Mario Teguh baru datang. Jurusan kami juga berbeda…

    Mungkin bisa ditanya langsung ke website http://www.mtsuperclub.com/

    Reply

  117. Quinta
    May 08, 2009 @ 11:04:41

    Perkataan Bapak benar, Pak Mario memang Luar Biasa, kadang perkataannya begitu mudah ditangkap, namun terkadang agak lama baru kita bisa menangkapnya , namun kalo saya lihat , Pak mario, banyak mengambil Jawaban dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah, namun cara pengungkapannya, Sangat universal sekali

    Ustadz Quinta,
    Sebenarnya Pak Mario banyak mengambil dari sumber-sumber Al Qur’an saya kira. Tapi karena “ummat” beliau dari berbagai agama, maka sumber tersebut disamarkan, sehingga bisa berlaku universal, seperti kata Ustadz. Kalau tidak salah isteri Pak Mario orang Thailand..
    Sebenarnya banyak ustadz di jaman dahulu mirip Pak Mario Teguh dalam arti bisa memotivasi banyak orang, bahkan dari berbagai agama banyak mengundang beliau ceramah. Sayangnya, si bapak ustadz tersebut kawin lagi, maka….para pendengarnyapun, yang kebanyakan ibu-ibu, nggak mau lagi mendengarkan apa yang beliau katakan..

    Idealnya, kita harus bisa “we do what we preach” (kita kerjakan apa yang kita khotbahkan). Tapi kalau tidak, nah ini yang berbahayaaaaaa….

    Reply

  118. wawan
    May 25, 2009 @ 17:55:29

    saya seorang pelajar di smk banjar masin
    yang sering disebut teman-teman saya orang yang aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler . padahal saya orang yang malas . dalam acara apapun saya tidak hadir. tapi di ajungi jempol oleh teman2 saya dan guru-guru saya . tapi saya tidak merasa jadi orang yang aktif dalam bidang apapun. tapi teman2 saya dan guru2 saya malah mengelak dan memberi tahu saya bahwa jadi orang yang seperti saya ini sangat beruntung.

    saya bingung bagaimana cara menanggapi semua masalah disekolahan saya.

    by: WAWAN

    Wawan,
    Menurut saya yang pernah muda (ceileeee….), siswa SMA yang aktif di kegiatan ekskul itu sebenarnya hanya untuk kompensasi saja dari kemampuannya di dalam kelas yang cenderung “kurang”. Yang saya mau katakan, siswa pinter tak butuh-butuh amat dengan kegiatan ekskul, tapi siswa yang “kurang pinter” tentu sangat memerlukan kegiatan ekskul untuk “menambah citra” dari dirinya…..entah benar entah salah ini lho ya…

    Tapi saya bersyukur dulu waktu SMP, SMA dan di universitas aktif di kegiatan ekstrakurikuler, sehingga setelah lulus saya merasa “lebih berharga” dibandingkan dengan teman-teman saya yang pinter tapi nggak bisa organisasi…

    Tapi, sebenarnya yang terbaik adalah…..kegiatan yang imbang antara kegiatan sekolah (intrakurikuler) dengan kegiatan luar sekolah (ekstrakurikuler)…

    Jadi yang anda harus lakukan, rajin-rajinlah belajar dan belajarlah yang keras agar menjadi anak pandai, di samping jangan lupakan juga kegiatan ekstrakurikuler anda….niscaya masa depan anda akan menjadi cerah…

    Reply

  119. frida
    Jun 09, 2009 @ 15:20:48

    Salam Super..

    Pak Mario.. Keren
    my inspiration…!!!!
    Thank you,,,,

    Reply

  120. ARIEF
    Jun 20, 2009 @ 23:57:14

    GMN…CARA BERHENTI DRI
    PERBUTAN YG JELEK ??….

    Arief,
    Sebelum Pak Mario Teguh menjawabnya sendiri, menurut saya cara berhenti dari perbuatan yang jelek adalah katakan “Enough is enough”….cukup adalah cukup….cukup sekian dengan perbuatan jelek, saya tidak akan melakukannya lagi. Selain itu, selalu berpikir positif….bisa membebaskan anda dari perbuatan yang jelek….Ketiga, kalau anda memandang diri anda cukup beragama, mohonlah ampun dari Yang Di Atas tentang perbuatan anda selama ini dan mohonlah agar diberi petunjuk akan perbuatan yang baik..

    Reply

  121. Agus Wibowo
    Jun 22, 2009 @ 09:23:54

    Pak mario. bisa ceritakan, bagai mana to pak, tips2 untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan secara cepat itu. Kayak pak mario menjawab pertanyaan tanpa berpikir lama. triM

    Mas Agus,
    Menjawab secara cepat itu disebut “stand on your own feet”. Coba baca posting saya yang lalu yang berjudul serupa…

    Reply

  122. ery
    Jul 27, 2009 @ 14:40:07

    Pak Mario Teguh
    Your is the best……..

    Reply

  123. st.haisah
    Aug 18, 2009 @ 18:23:02

    salam kenal… Sy jg penggemar berat MT,sejak nonton MT hidup sy banyak brubah n sy lebih menghargai n menyayangi orang tua sy, tp sy jd sering mengabaikan printah bos… Saat acra MT meskipun sudah darurat militer hehe… Tetep MT lebih penting!
    Btw sjak mengikuti acara MT sy jd merasa hebat n ingin org skeliling sy jg jd super supaya kalau kami ngomong bisa langsung nyambung tp mereka sampai saat ini tdk tertarik dgn acara MT jd sy butuh saran bpk spy bisa membuat mereka tertarik dgn acra MT jg… Trim’s

    St. Haisah,
    Yah..kalau teman-teman belum menyukai Mario Teguh saat ini, ya tinggal ditunggu saja…
    Mungkin kalau masalah yang dihadapi teman-teman anda sudah berat, ada di persimpangan jalan, dan mesti memilih apakah ini atau itu…mungkin di situlah mereka memerlukan “wit and wisdom” dari Pak Mario Teguh…

    Kalau keadaan biasa-biasa saja dan mereka tidak dalam kondisi kritis, ya mungkin business as usual saja…dan mungkin waktu itu Pak Mario Teguh belum terlalu diperlukan….

    Itu pendapat saya loh….;-)

    Reply

  124. Fahmi
    Aug 27, 2009 @ 22:47:51

    Saia kok gak pernah liat bapak ya?? heheh..

    Binusian 0700 pak..

    Boleh gak saia curhat diblog bpk ini..?

    Fahmi,
    Boleh saja curhat di Blog ini, tapi sebaiknya klik di sebelah atas ada button “About Me’…
    Nah, buka “About Me” dan curhatlah di situ sepuas-puasnya….
    Ok ?

    Reply

  125. Muhammad Yudha Tristianto
    Sep 25, 2009 @ 02:43:30

    saya ada bbrp pertanyaan bwt P’MT, mdhn lewat blog ini bs ada jawaban…
    1. Ada sebuah kata “mengIslamkan orang Islam” dari Muhammad Iqbal (Mujahid Islam), menurut P’MT apa arti dr kata itu?
    2. P’MT, umur manusia itu pendek dan terbatas. selama ini, mnrt sy konsep perubahannya baru mencakup diri, bagaimana merubah dunia? “Merubah pribadi, bisa dilakukan sendiri. namun mengubah dunia, harus bersama dan sistematis.”
    3. P’MT, umur manusia itu pendek dan terbatas. jika kita tau esok hari, jam 14.20 kita akan mati, kegiatan apa yang P’MT pilih utuk dilakukan sebagai penutup? knp?

    “sy bertanya agar sy smkn yakin jalan yg sy pilih ini tidak salah”, trm ksh atas kesediaan waktu Bapak u/ menjawab semua prtnyaan ini.

    smg umurnya berkah, jazakallahu khairan

    Mas Muhammad,
    Ya biarlah Pak Mario Teguh sendiri yang menjawab pertanyaan anda..ok ?

    Saya hanya pemilik blog, dan saya bukan Pak Mario Teguh….

    Reply

  126. sofyan
    Oct 09, 2009 @ 22:16:27

    salam kenal pak.

    Bang Sofyan,
    Salam kenal kembali….

    Reply

  127. dr.Suzanne J.B
    Oct 11, 2009 @ 14:00:53

    Salam kenal n salam super Pak!salut bwt PakMario,sama sekali tdk berbau SARA,masuk di semua kalangan..good job Pak!!

    Reply

  128. marsia
    Oct 14, 2009 @ 11:23:55

    salam kenal… saya sanggat terpaku dan tak puas mendengarakan ceramah pak mario teguh…. sungguh tk terbayangkan … sanggt termotivasi…

    Reply

  129. glen
    Oct 25, 2009 @ 22:10:55

    sungguh mario teguh sang motivator handal dimana orang ketika mendengarkan suaranya maka akan ada suatu motivasi untuk bergerak melakukan sesuatu ….

    Reply

  130. Putra haidir
    Dec 05, 2009 @ 12:45:03

    Saya sangat terpaku kalau nonton pak Mario Teguh Salam Kenal Pak… Mario

    Reply

  131. rania
    Jan 01, 2010 @ 16:20:55

    saya berumur 16 th,saya suka sekali dengan acara bapa………. bagaimana cara saya untuk berfikir untuk menunjang motivasi saya diusia dini ??? saya juga tidak tahu mgp saya suka melihat tayangan2 atau media lainnya yg berbau bisnis. apakah saya punya bakat dibidang itu?sayapun tak yakin,karena usia saya baru 16 th.

    Rania,
    Punya bakat bisnis di usia muda bukan halangan. Silahkan memulai bisnis kecil-kecilan di usia anda, misalnya jualan koran, jualan buah, dsb..

    Reply

  132. surdi
    Jan 10, 2010 @ 20:24:52

    Orang selallu tidak mampu membuat usaha karena alasan tak punya dui, duit menjadi ukurang keberhasilan……tapi ada cara lain…..dsb

    Reply

  133. Asep
    Mar 03, 2010 @ 09:48:53

    bagi anda yang menginginkan kumpulan rekaman mp3 mario teguh kunjungi blog ini :
    http://asephi.blogspot.com/p/mp3-mario-teguh.html

    Reply

  134. samuel korwa
    Mar 28, 2010 @ 20:31:02

    dengan adanya seorang Mari Teguh harapan untuk mendapat suatu yang tadinya tidak mungkin bisa menjadi mungkin,

    Reply

  135. puspitasari
    Apr 10, 2010 @ 09:02:43

    sy sngat mengagumi pak mario teguh krn bliau sll bs mnjwb smua prtnyaan,n yg pling sy kgumi bliau sll mnjwab dgn kpla dngin tnpa emosi.hal it kdg sulit dfhmi msyarakat trmsuk sy sendiri,sy trmsuk orang yg gmpg mrah.sukses trus bat bapak mario.

    Reply

  136. nakano
    Jun 30, 2010 @ 10:10:40

    Menurut pendapat saya, Pak Mario Teguh memang super sekali dalam memberikan motivasi dengan cara penyampain yang enak dan penuh humor serta selalu tidak lepas dari nilai-nilai religius.

    Reply

  137. jalil
    Aug 05, 2010 @ 09:56:52

    acara pak mario menurut saya sangat luar biasa karna banyak memberikan banyak motifasi pada rakyat indonesia. kalau boleh memberi saran pemuda dan pelajar boleh mengikuti acara pak mario.terima kasih

    Ok terima kasih atas komentarnya…

    Reply

  138. ovaell
    Feb 24, 2011 @ 16:10:49

    Acara mario teguh,mnurut pribadi saya sndri,,membrikan bnyak motifasi,,
    siapa yg membca nya bnyk prubhan yg selma ini..yg blum bsa kta lkukan,,akir nya bsa kta lakukan,,,tenks ya mario teguhh,,
    good lack….

    Reply

  139. sofyan
    Mar 01, 2011 @ 14:19:17

    tiap kli acarax mau mulai aq mngingatkn kluarga n’ tman-tman agar bs nonton n’ kmi kmudian bs saling mnanyakan ap yg tlah qt petik hri ne,.,
    smoga kmi bs trus mnonton n’ mendpat tuntunan ntuk kehidupan kmi yg lebih baik kelak,., trimakasih bpak mario teguh, salam super buangat

    Reply

  140. febriand
    Mar 02, 2011 @ 00:32:28

    aq suka kisah mu

    Reply

  141. hary
    Mar 04, 2011 @ 20:53:46

    terima kasih ya pak krna telah bnyk mmberikan kmi smua nasehat serta motivasi buat kmi smua, trus trang stiap saya lhat acra bapak hti saya yg slalu kalut ini mnjadi sejuk
    skses buat bapak
    amin………….

    Reply

  142. ANDI
    Mar 21, 2011 @ 07:40:40

    BAGAIMANA CARA MENGIKUTI ACAR MARIO TEGU,,,?
    JIKA TIDAK MEMILIKI CHANEL METRO TV DAN O CHANEL

    Reply

  143. rulay kusuma andriansyah
    Apr 07, 2011 @ 13:07:52

    salam super pak Mario,

    apa yang harus kita lakukan jika inggin menghadapi pilihan yang sanat membinggungkan,,?

    Reply

  144. anytha
    May 04, 2011 @ 15:58:14

    assalamualaaikum wr.wb
    pak apa yang harus sya lakukan untu menghadapi sebuah pilihan yang sangat sulit tentang cinta n rasa sayang ?……..

    Mbak Anytha,
    Cinta ibarat “beast” yang sulit dikendalikan oleh diri kita sendiri…kadang gak ada ujungnya…makanya kadang disebut “cinta itu buta”… Tapi juga harus dilihat, apakah cinta itu ada prospeknya atau ada ujungnya ? Kalau cinta tak berujung, lebih baik cinta itu segera dimatikan karena hanya menyengsarakan diri kita….

    Sebaliknya, rasa sayang biasanya didahului oleh argumen yang sehat tentang mengapa kita mempunyai rasa sayang kepada seseorang…

    Akibatnya, cinta bisa bersifat sesaat, sedangkan rasa sayang akan bertahan selama hayat dikandung badan…

    Reply

  145. Adolf
    May 18, 2011 @ 23:41:01

    Lebih enak yg bussines art daripada yg mtgw,sebab sepi kita bisa lebih fokus nontonnya.

    Reply

  146. Anis
    May 24, 2011 @ 09:50:59

    apakah anda benar benar mengenal MT secara pribadi?

    Anis,
    Memang kenapa kalau “ya” dan kenapa kalau “tidak” ?

    Bung Mario Teguh itu adik kelas saya di Indiana University at Bloomington. Tapi si Bung datang ke Bloomington ketika saya sudah meninggalkan Bloomington karena studi saya sudah selesai. Jadi secara person to person saya tidak kenal, tapi kita satu alumni dan sering melakukan reuni bersama…

    Reply

  147. Yudo
    Jun 10, 2011 @ 15:20:38

    Lebih bagus lagi kalau acara tersebut tidak hanya jadi tayangan atau tontonan, tetapi masuk ke dalam dunia pendidikan di Indonesia secara langsung. Terus terang di kampus saya yang sekarang saya merindukan saat2 SMP dan SMA dimana saya memiliki guru2 yang tak hanya hebat namun mereka mampu menghibur untuk menghilangkan kejenuhan sembari memberi motivasi.. heheh

    Yudo,
    Undang aja saya ke kampus anda…dalam waktu 100 menit dijamin anda dan teman-teman anda terhibur….hehehehe

    Reply

  148. Elhainun Situmeang
    Jun 21, 2011 @ 14:00:34

    bagus banget pak………

    Makasih Hainun..

    Reply

  149. bagas
    Jun 22, 2011 @ 07:10:12

    kenapa ya setiap guru/pengajar yang ditakuti itu adalah kejenuhan murid/anak didik… entah apa dikarenakan jiwa pendidiknya yang kurang(lucu) atau anak muridnya yang terlalu nuntut hiburan, sehingga ada pengajar bagus yang tidak lucu (serius) dianggap tidak enak, dan sebaliknya… maaf.

    Bagas,
    Pengalaman mengajar di kampus saya, sebuah PTS terkenal di Jakarta, sewaktu ada rapat manajemen kampus kita membahas preferensi atau motivasi datang ke kampus yaitu….to get entertained !

    Mungkin mahasiswa sekarang terlalu banyak menonton acara entertainment. Sehingga mereka juga maunya dapat entertainment juga di kampus walaupun mestinya tujuannya belajar…

    Makanya saya yang termasuk dosen senior dan lucu, pernah diminta pihak kampus untuk menggantikan dosen junior dan serius karena mahasiswa protes “dosennya tidak enak”…

    Reply

  150. Andy
    Aug 18, 2011 @ 01:21:27

    bagus banget blog nya pak…

    Reply

  151. uki' aero
    Sep 03, 2011 @ 20:05:34

    mantap banget super mario teguh.. tp klo sekarang yang tampil di TV jadwalnya kapan ya..,?

    Reply

  152. Bunda AFISA
    Oct 09, 2011 @ 21:27:31

    Salam kenal Pak Tri,
    Kebetulan sy mampir blog Bapak, sambil menonton acara Pak Mario Teguh tadi di TV. Trm ksh Pak, infonya sangat bagus, bermanfaat bagi saya.

    Bunda Afisa,
    Mbak Ani….terima kasih telah mampir di Blog saya yang sederhana ini…
    Tulisan saya tentang Mario Teguh saya buat ketika Mario belum tampil di MetroTV
    melainkan masih di O Channel yang hanya bisa dilihat oleh warga Jakarta saja…

    Tentunya senang Mario, adik kelas saya di Indiana, sekarang acaranya banyak
    penggemarnya dan banyak orang terbantu cara berpikirnya berkat “pencerahan”
    dari Mario Teguh…

    Salam Super mbak Ani !

    Reply

  153. rusli
    Oct 30, 2011 @ 14:24:40

    Tridjoko
    salud q banyak koment nya……smg trkenal

    Reply

    • Makruf
      Dec 18, 2011 @ 08:12:54

      Slm knal pak try…kta bru tngok kat M syia stelah da pkej indopek yg siaran MTGw mang bnyak nmbah masukan n pandangan ke dpan,ox thank jg blog bpak kta jg ble lbi detail bca kr t’ slaju acara d tv

      Makruf,
      Thanks telah mengunjungi Blog saya. Saya se-alumni dengan Pak Mario Teguh yang juga lulusan Indiana University of Bloomington. Saya dari Computer Science kalo Pak Mario Teguh dari Business Administration. Saya kira di Malaysia juga banyak teman alumni Pak Mario Teguh dari Indiana University.

      Isteri Pak Mario Teguh itu orang Thailand, jadi kalo Makruf menonton/memirsa tayangan Pak Mario Teguh….wah itu benar-benar ASEAN SHOW yang sesungguhnya.

      Thanks telah memberi kabar dari Malaysia…

      Reply

  154. olifia
    Dec 24, 2011 @ 10:14:06

    saya, penasaran sama mario teguh. kata teman-teman saya, anda bisa membantu memecahkan masalah. dan saya ingin anda bisa membantu saya, apakah anda bisa??? jika bisa, saya ingin anda bisa membantu. pertanyaannya adalah, bagaimanakah menjadi seorang pemenang sejati di dunia???

    Olifia,
    Saya bukan Pak Mario Teguh, tapi temannya Pak Mario Teguh…
    Menjadi pemenang sejati ?
    Kalau menurut budaya Jawa, yang paling bagus adalah :
    Nglurug tanpa bala,
    menang tanpa ngasorake

    (Mendatangi musuh tanpa teman,
    menang tanpa mempermalukan)…

    Jadi kalau anda berani bekerja sendiri (mandiri), dan berani maju tanpa mempermalukan orang lain,
    itulah yang disebut “pemenang sejati”…

    Jawaban Pak Mario Teguh mungkin tidak seperti itu….tapi setidaknya jawaban saya
    memberikan “petunjuk” (hint, clue) apa yang harus dilakukan…

    Reply

  155. Andika'
    Feb 14, 2012 @ 23:23:43

    bagaimna ya bisa bertanya dengan pak Mario?

    Reply

  156. mr daniel (@MrMhddaniel)
    Mar 29, 2012 @ 13:25:00

    salam super pa mario

    sy mau brtanya,dr dlu mpe skarang sy ingin tau jati diri sy yg mpe skarang blom sy temukan, dan sy jg gak tau apa yg sy cari dan smpai dimana pncarian ini
    mncari jati diri dan masa depan!!!!?

    Reply

  157. mr daniel (@MrMhddaniel)
    Mar 29, 2012 @ 13:32:03

    Salam super pa mario!!

    sy mau bertanya gimana caranya mencari kesuksesan tanpa modal atau materi
    saya sanggup dan mau belajar bagai manapun caranya.?
    mohon petunjuknya ya pa mario..

    Reply

  158. mr daniel (@MrMhddaniel)
    Mar 29, 2012 @ 13:48:20

    salam super pa mario!!!

    dalam waktu dekat ni sy suka buka internet di situ banyak sekali tawaran bisnis interne,t cuma saya ragu karna tawaran2 di dlamnya terlalu muluk2 dan untuk pendaptaran harus mentranfer sejumlah uang k rekening pngelola’
    yang saya risaukan bkn maslah jumlah uangnya yg di transfer tp
    beneran gak sih mreka bsa mnuntun sy cari krja sampingan d internet.
    mohon petunjuknya pa maroi bagi yg lbih tau di dunia intrnet???

    Daniel,
    Sebaiknya tidak mudah percaya dengan tawaran Bisnis yang belum jelas itung-itungannya dan buktinya.
    Itu aja rumusnya…

    Reply

  159. Dainer
    Apr 12, 2012 @ 22:10:04

    Tentang jajak pendapat .Jakarta………….. club…????

    Dainer,
    Menurut pendapat pribadi saya, Jakarta’s Lawyers Club itu hanya drama 3 babak yang dibuat oleh TV itu dan ex wartawan senior itu sebagai host untuk menaikkan rating tv-nya. Dan buktinya rating acara itu bagus sekali…

    Jangan lupa, punya 1 TV bisa menghasilkan duwit sekitar Rp 1 Triliun per tahun ! Jadi apapun dikarang-karang agar perhatian pemirsa tertuju ke tv-nya pada hari itu, pada jam itu…

    Ini pendapat pribadi saya, bukan pendapat Pak Mario Teguh…

    Reply

  160. Lukman
    Jul 08, 2012 @ 13:21:07

    Singkat saja, saya salah seorang penonton setia acara Bussines Art With Mario Teguh, pulpen dan kertas selalu saya siapkan sebelum menonton acara tersebut. Saya akui saya tidak termasuk orang yang pintar/cerdas (biasa-biasa saja) dg hanya bermodalkan keinginan untuk hidup yg lebih baik, kemudian berusaha extra keras untuk mempraktekkan apa yg beliau sampaikan, “Alhamdulilah”, hasilnya lumayan memuaskan, saya bisa mendapatkan penghasilan dan tempat di perusahaan saya melebihi pendikan/ijazah yang saya punya (hanya lulusan setingkat sma ) Thanks Pak Mario Teguh.

    Reply

  161. MUHAMMAD MAFTUKHIN
    Sep 06, 2012 @ 09:00:06

    menangapi semua cerita Mario teguh, saya punya pikiran2ran yang luas. dulunya saya tidak punya semangat hidup semua pikiran mati. setelah saya lihat Mario teguh di MetroTV. pikiranku mulai bangkit sedikit demi sedikit sampai saat ini. saya ingin bertemu langsung sama sesosok penyemangat mario teguh.

    Reply

  162. jayapatra
    Sep 09, 2012 @ 14:34:45

    cara berlogika yg baik ketika seseorang sampai pd suatu pemikiran yg amat jenius;jalani hidup dan smua cerita(lika-liku hidup) hanya mengharapkan perjumpaan kpd ALLAH SWT,,,

    Reply

  163. Imam
    Nov 12, 2012 @ 06:57:26

    ya memang benar sekali…..

    Reply

  164. Ahkmad
    Mar 20, 2013 @ 20:06:08

    Salam super.
    “bagai cara’y hdup untuk lebi bebas”

    Reply

  165. yusni
    Sep 09, 2013 @ 10:27:58

    salam super sekali..
    “bgaimana cra nya untuk hidup yang lebih baik

    Reply

  166. rifka
    Sep 09, 2013 @ 10:29:40

    salam super sekali
    “bgaimna cra nya kita untuk berhemat uang saku??

    Reply

  167. Aziz Rizki Sallam
    Feb 13, 2014 @ 16:15:01

    kalu keunggulan mario teguh apa ??

    Reply

  168. nova rina
    May 01, 2014 @ 21:23:05

    Boleh juga tuh….. Saya belajar…

    Reply

  169. nova rina
    May 01, 2014 @ 21:26:17

    Saya juga ingin belajar dong seperti pak mario…….itu.

    Reply

  170. cingku
    Aug 17, 2014 @ 12:36:46

    Sayang terlalu malam acaranya

    Reply

  171. Oka
    Sep 13, 2015 @ 21:56:41

    wow 8 tahun dan masih ada reply artikelnya bung 🙂
    btw ada yg tahu MTGW mau hengkang kemana setelah tidak di metrotv lagi?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: