Judul Skripsi tentang IS/IT Auditing

1.  “IT Business Continuity Planning Studi Kasus Universitas Bina Nusantara”

2.  “IT Disaster Recovery Planning Studi Kasus Universitas Bina Nusantara”

3.  “IT Governance pada Universitas Bina Nusantara”

4.  “Metode Pengukuran Biaya IT pada Universitas Bina Nusantara”

5.  “Pengukuran Biaya Enterprise Information Security dengan Pendekatan Kajian Relatif Studi Kasus Universitas Bina Nusantara”

6.  “IT Auditing pada E-Government”

7.  “IT Architecture untuk Pelayanan E-Government antar Kantor Pemerintah”

 

7 Comments (+add yours?)

  1. zoice
    Feb 07, 2008 @ 20:30:33

    bantuin,.,.donk ,.,.
    kasi ide,.,.judul skrpsi ,.,.IT

    Reply

  2. Tri Djoko
    Feb 07, 2008 @ 23:58:54

    Hallo Zoice : apakah anda mahasiswa Binus ? Jika ya, skripsi dengan judul serupa yang saya tulis di atas bisa dilihat copynya di Perpus Binus. Jumlah skripsi tersebut jumlahnya ratusan atau ribuan, mengingat 1 angkatan saja sub bidang peminatan Komputerisasi Akuntansi jumlah mahasiswanya ada 2.900 orang. Kalau 1 skripsi dikerubut bertiga, berarti setiap tahun ada 1.000 judul skripsi tentang Audit IT.

    Susahnya, kalau anda bukan mahasiswa Binus, maka judul tersebut di atas harus dimodifikasi dengan “object” atau “domain” apa yang anda harus teliti..

    Tentang judulnya, anda bisa konsultasikan dengan dosen pembimbing..

    Reply

  3. Reni
    Feb 10, 2009 @ 13:03:57

    nanya dunk..hehe..

    Kalo studi kasus di Binus itu, emang di Binus udah pake DRP ya??

    Aku juga topik skripsinya tentang DRP gitu, tapi nyari perusahaannya susah, soalnya banyak perusahaan di Indo yang belon nerapin DRP..

    Ada rekomendasi ga perusahaan apa yang dah nerapin DRP???

    Thanx

    Reni,
    Anda tinggal di kota mana ? Bandung, Yogya, Jakarta, Solo ? Berjalanlah di jalan terbesar di kota anda, dan perhatikan bank-bank besar (bank-bank nasional) di kiri kanan jalan yang anda lalui. Mereka tuh, semua sudah menerapkan DRP, bank yang berwarna biru, merah, hijau, kuning, orange, you name it …..

    Tapi untuk praktek kerja (PK untuk nulis TA) di situ memang sulit, apalagi kalau topik bahasan anda adalah DRP. Ingat, di DRP kata kuncinya “harus dijalankan secara sembunyi-sembunyi” atau disarukan…supaya hanya segelintir orang yang tahu. Kalau semua orang tahu, itu namanya bukan lagi DRP…hehehe…

    Reply

  4. nita
    Mar 27, 2009 @ 20:55:36

    minta bantuin pak,,
    topik skripsi yang ingin saya angkat mengenai audit SI,,
    lebih baiknya studi kasus atau studi empiris yah?
    trus acuan (buku2) yg bisa saya jadikan pegangan selain bukunya Ron Weber apalagi yah,,

    Thx before..

    Nita,
    Buku Ron Weber itu masih di awang-awang, di buku itu ia tidak mau menyebut tentang CISA atau ISACA karena mungkin takut melanggar hak cipta..

    Padahal di dunia nyata (real world), orang selalu melihat ke website ISACA (http://www.isaca.org/) untuk mengetahui standar tentang IS Auditing berdasarkan standar CoBIT 4.0 yang dibagi ke dalam 33 process itu.

    Dalam mengaudit, anda tetapkan dulu domain no berapa yang akan diaudit dari 33 process yang ada. Jika auditor dan auditee setuju, maka audit SI dilaksanakan. Cara mengauditnya menggunakan tools atau instrumen yang bisa berupa checklist (biasanya). Nah, dari checklist bisa diketahui, auditee memenuhi checklist kita atau tidak (ya, agak, sedang, kurang, tidak). Lalu kita berikan evaluasi dengan menggunakan CMM misalnya..

    Jadi menggunakan checklist itu disebut studi kasus atau empiris ? Saya kira kok dua-duanya benar. Domain yang disetujui auditee dan diaudit oleh auditor disebut “studi kasus”, dan jawaban pertanyaan yang benar dan tidak main-main dari auditee disebut “empiris”..

    O ya, buku2nya atau bahan2nya (mostly berupa white paper) ada terdapat di http://www.isaca.org/

    Kalau anda tinggal di jakarta, di Perpus Binus JWC juga banyak bahan tentang IS Auditing..

    Reply

  5. yulianus
    Oct 20, 2009 @ 08:10:07

    mau donk judul skripsi audit internal pada hotel

    Reply

  6. ridwanmcmonk
    Aug 17, 2013 @ 13:05:36

    Salam kenal pak,
    saya salah satu mahasiswa , jurusan Teknik Informatika,
    mata kuliah IT audit merupakan mata kuliah baru (2012) di kampus saya pak.,
    jadi pas udah belajar saya memiliki ketertarikan untuk menjadikan AI Audit sebagai judul skripsi,
    trus saya nyari2 contoh judul nya di internet, setelah sekian banyak yg saya dapat, ternyata yang banyak ngambil judul ini adalah mahasiswa SI, kalo anak2 IF ga ada saya dapat pak..
    saya mau tanya cocok ga skripsi IT audit untuk jurusan IF pak, ya masalah nya yg bikin skripsi ini kebanyakan anak2 dari jurusan SI.

    Ridwan,
    Cocok saja anak jurusan IF (Teknik Informatika) ngambil IS/IT Audit kok. Di Amerika saja, hanya segelintir universitas yang menawarkan IS/IT Audit untuk Computer Science. Jadi kalau di Indonesia anda “merasa tidak cocok” itu ya normal…

    Tapi sebaiknya sebelum anda melangkah lebih jauh, tanyakan dulu kepada Dosen Pembimbing atau Kajur/Sekjur, boleh nggak anak IF/TI ngambil skripsi IS/IT Audit ?

    Saya sendiri menilai “penekanan” yang diajarkan oleh IS/IT Audit di jurusan SI akan lain dengan jurusan IF/TI. Kalau di jurusan IF/TI memang harus lebih ke masalah “infrastructure”, “cloud computing/third party data center”, dan semacam itu.

    Kalau anda membahas IS/IT Audit berdasarkan Cobit 5 framework, ya mungkin lebih ke domain “PO” atau Planning and Organization-nya saja, itu lebih baik..tapi bisa juga sih ke domain lainnya…

    Reply

  7. husen
    Aug 13, 2014 @ 14:13:03

    Pak salam kenal,
    saya mahasiswa dari UIN Jakarta, jurusan Sistem Informasi, saya tertarik dengan tema audit pak, saya berencana mengambil topik sekitar “Audit Call Center” atau “Audit Infrastruktur IT”.
    Saya hendak riset di Perusahaan yang bergerak dalam bidang Tours & Travel didaerah tebet. dalam perusahaan tersebut terdapat bagian Call Center dan juga bagian IT. Saya sedang mencari referensi dari univ lain, apakah bapak dapat membantu? terima kasih sebelumnya pak.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: