Made in Jepun

Dua dekade yang lalu, saya baca di sebuah koran yang mendiskusikan apa jadinya jika hidup kita tanpa barang-barang buatan Jepun alias Jepang ?

“Membosankan !!!!!!”, begitu kata kebanyakan orang..

Malam ini saya kembali berandai-andai. Apa jadinya bila barang-barang buatan Jepang dihilangkan dari rumahku ? Wah, hasilnya sangat menyedihkan. Malam ini saya tidak bisa nonton film “Forrest Gump” di Global TV karena ada 4 tv saya di rumah (termasuk yang rusak dan yang telah berumur 25 tahun) adalah buatan Jepang, kecuali satu di kamar saya yang buatan Korea.

Selain itu, besok pagi saya nggak bisa ngajar di Binus karena mobil Camry-un saya adalah buatan Jepang. Apalagi ya ? Oh, tentu saya akan kepanasan karena 2 kipas angin saya buatan Jepang, walau ada 3 kipas angin lainnya buatan Sidoarjo, dan 1 kipas angin yang terbesar adalah buatan Cina..

Apalagi ya ? Oh ya, saya besok pagi nggak bisa nanak nasi buat sarapan karena rice cooker saya buatan Jepang. Masak airpun nggak bisa karena kompor saya buatan Jepang. 

Saya juga akan menangis sedih besok sore karena motor saya buatan Jepang. Saya juga nggak bisa men-scan foto-foto lama karena scanner di komputer saya adalah buatan Jepang…

Masih banyak lagi barang di rumah adalah buatan Jepang, yang pastinya saya akan sedih sekali kalau barang-barang itu diambil dari rumah saya, yaitu : buku komik manga saya (asli Jepang), CD “Tokyo Love Story” yang dikasih anak saya Ditta, power speaker saya, tape deck cum karaoke saya, pompa air saya, dan sebagainya dan sebagainya…

Walaupun saya tidak bisa mandi, beol, masak air panas, nanak nasi, nonton TV, dengerin musik, tapi saya masih agak lega karena saya masih bisa melakukan beberapa hal lainnya…

Komputer desktop saya adalah bikinan Amerika, begitu pula laptop dimana saya nulis blog ini, komputer desktop “jangkrik” saya motherboardnya bikinan Taiwan walau prosesornya bikinan Amerika, TV saya yang di kamar bikinan Korea, lampu emergency saya bikinan Cina, begitu pula raket anti nyamuk saya adalah bikinan Cina..

Tapi jelas, my life would be very very very very miserable without gadget, widget, goodies, things that Made in Japan…

[Last but not least, saya sering denger orang berteori: bahwa di dunia ini kebanyakan barang ditemukan (be invented) di Inggris, dikembangkan di Amerika, diproduksi di Jepun, dan akhirnya digunakan di Indonesia…..]…

Bagaimana dengan anda ?

5 Comments (+add yours?)

  1. edratna
    Nov 29, 2007 @ 21:46:51

    Komik Jepang…bertebaran di rumah

    Reply

  2. tridjoko
    Nov 30, 2007 @ 10:19:59

    Ya itulah maksudnya, jika barang-barang buatan Jepang dihilangkan dari rumah, mungkin kita tidak begitu sedih. Kehilangan mobil, ok. Kehilangan tv, ok. Kehilangan kompor, ok.

    Tapi kehilangan komik ? Pasti nggak ok banget alias gak rela….

    Reply

  3. narpen
    Dec 03, 2007 @ 21:19:37

    lah.. jaman dulu kan jg belum ada om, tapi ttp bs idup kan?
    mungkin karena sudah terbiasa jadi terasa lebih berat klo tiba2 ilang,,
    bener jg yah -.-!
    btw klo dibalik, apa jadinya dunia tanpa barang indonesia? 😀
    *yg sedang menulis menggunakan toshiba

    Reply

  4. tridjoko
    Dec 04, 2007 @ 09:35:10

    Mbak Narpen: Yaak…tulll…di jaman dulu belum ada barang-barang Jepun nyatanya hidup tetap berjalan dengan damai..

    Tapi rumah di Madiun dulu emang nggak ada TV, radio, kipas angin, rice cooker, pompa listrik, tape karaoke,…jadinya ya hidup nyaman-nyaman aja, dan malah terbiasa…

    Dunia tanpa barang Indonesia ? Are you kidding ? Orang harus beli jam Levi’s asli, orang tidak bisa merokok, dan yang penting…nggak bisa makan Indomie…hi..hi..hi…

    Reply

  5. rosmina
    Dec 10, 2007 @ 09:58:50

    wah, pak, setelah membaca artikel bapak ini, saya jadi sadar nih, ternyata emang benar banyak barang saya yang buatan jepang. Tapi karena memang diperlukan untuk kehidupan yang lebih baik, jadi apa boleh buat. hehehehe

    Reply

Leave a Reply

