Asian Idol : and the winner is….

Muhammad Mirzahady bin Amir atau Hady Mirza dari Singapura akhirnya memenangkan the First Asial Idol dalam Asian Idol result show minggu malam lalu. Walaupun saya nonton result show itu di antara merem dan melek, sehingga tidak sempat nonton Taylor Hicks dan Guy Sebastian, tapi saya melek kembali pada saat pengumuman dibacakan Ata…

Menangnya Hady, saya sudah duga. Secara voice, Mike dari Indonesia dan Mau dari Filipina unggul. Tapi secara wajah, Hady Mirza dari Singapura dan Phuong Vy dari Vietnam unggul..

Dan sebelumnya, beberapa juri dari 6 juri yang ada sudah memberikan “clue” sebagai berikut..:

Paul Moss (Malaysia), “Hady, your voice is biasa-biasa saja, tapi kamu ganteng dan mungkin karena kegantenganmu itu kamu bakalan dapat suara dari the women voters…”.

Itu diucapkan kalau tidak salah oleh Paul Moss waktu Show hari Sabtunya…

Dan pada saat Result Show dan para juri diminta kasih komentar, kalau tidak salah Steven Lim dari Singapore bilang..

Steven Lim (Singapore) : “Saya mungkin pilih satu di antara Mike, Mau atau Jac…. Tapi di show besar seperti ini yang ditonton oleh banyak orang di 6 negara, mungkin saja terjadi upset….”

Pagi ini, sambil saya ngantar anak saya Dessa ke kantor saya tanya, “Dess, kamu tahu nggak apa yang disebut upset sama Steven Lim juri Asian Idol ?”.

“Nggak tahu”, kata Dessa tanpa rasa bersalah..

Saya terpaksa menjelaskan, “Upset itu pihak yang lemah mengalahkan pihak yang kuat. Misalnya David lawan Goliath, David kecil dan Goliath raksasa besar, maka secara odd Goliath mestinya menang, maka kalau akhirnya David akhirnya menang, atau istilahnya against all odds, itulah yang disebut upset….”

Mengapa Hady menang ? Mungkin penonton Asian Idol 55-60% nya adalah perempuan, mengikuti statistik populasi Indonesia dan juga di negara-negara lain.  Kegantengan Hady banyak menarik minat perempuan pemirsanya yang akhirnya memberikan vote kepada Hady. Apalagi, vote-nya memang dirancang untuk tidak merugikan peserta dari negara berpopulasi kecil macam Singapore, maka aturan “single sms, two votes” berlaku.

Maka seperti orang Indonesia yang banyak mendukung Mike, maka selain ia memilih INDO, dia harus memilih satu negara lain selain INDO, maka mungkin saja ia akan memilih INDO  SIN, karena selain Mike ia akan memilih Hady, yang pada akhirnya vote untuk Hady membengkak….

Apakah saya senang dengan kemenangan Hady ? Seperti komentar para juri, “Eventually Asia will win, no matter who will be the first Asian Idol…”, maka sayapun senang juga dong..

Apalagi, saya pernah 9 bulan penuh tinggal di Singapore. Di blog saya banyak masuk inquiry tentang “biodata Hady Mirza”. Maka kalau saya boleh menebak, Hady pasti tinggal di daerah Bedok, Eunos, atau Kembangan di Singapore sana..

Benar tak, Hady ?

p.s. :

Biodata Hady Mirza antara lain ada di http://ms.wikipedia.org/wiki/Hady_Mirza

Biodata Phuong Vy agak sulit dicari, kalaupun ada biasanya dalam bahasa Vietnam. Tapi coba link ini : http://asianidol2007.blogspot.com/2007/12/phuong-vy-and-hady-mirza-on-asian-idol.html

8 Comments (+add yours?)

  1. Comics World
    Dec 18, 2007 @ 10:53:58

    Congratulation to all winner. You,re the best

    Reply

  2. Chaz
    Dec 18, 2007 @ 22:44:20

    Yance sih favoritnya Mike ato Jaq yang dari Malay tuh…eh…ga tau nya koq bang Mirza pula… ntah cmana itu pak …haha…

    -= CHAZ =-
    http://chaz27.wordpress.com

    Reply

  3. tridjoko
    Dec 18, 2007 @ 22:59:07

    So, let the best wins ?

    No, let the guy with the most sms wins..

    Yance: sayapun njagoin Mike, tapi ada surprise sehingga yang menang Hady. Wah, enak dia bisa keliling dunia dan lihat kontest Idol di banyak negara (padahal yang pengin keliling dunia adalah…saya !! he..he..)

    Reply

  4. edratna
    Dec 19, 2007 @ 10:39:02

    Jangan-jangan kalau yang dari Indonesia Delon atau Rini…ada harapan menang. Tapi peluangnya adalah pada Delon, wajar kan cewek maupun ibu-ibu masih suka mengirim sms atau bahkan menilpon, dibanding bapak-bapak.

    (Sayang saya ga nonton, akhir2 ini lelah sekali, apalagi setelah melalui jalanan Jakarta yang makin macet)

    Reply

  5. Farhana
    Dec 24, 2007 @ 10:03:34

    Udah deh terima aja kalo Hady yang menang. Dia kan suaranya ga jelek-jelek amat. Kita harus terima dong. Lagipula ini juga keinginan sebagian besar masyarakat Asia(apalagi cewek!). Aku juga awalnya emang ga nyangka kalo hasilnya kaya gitu. Tapi kan Hady tu cakep bangeeeeeeeeeeetttttt!!!

    Reply

  6. reez
    Dec 26, 2007 @ 13:23:12

    udah yah, c hady ngga usah dihujat-hujat, kputusan udah keluar… tunjukkin dong kalo kita nih bangsa beradab n berlapang dada nerima kemenangan orang lain… lha wong mike sendiri santai-santai aja kok… ngapain pusing?

    Reply

  7. oktarianadewi
    Jan 09, 2008 @ 10:27:56

    masih bagus suara hady dibanding delon, masa sih mesti delon yang ikut asian idol?klo misalkan delon kemaren yg jadi indonesian idol, saya yakin sebagian juri pasti jelek-jelekin dia lagi, dan saya yakin, pasti cewek-cewek lebih milih hady daripada delon

    mike tetap jadi idola kita donk

    Reply

  8. putri-bali
    Dec 24, 2008 @ 18:50:09

    it’s a nice site. keep on updating, i love to read much…
    bikebali

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: