American Idol 2008 is coming on Global TV

Wah, para pecinta nyanyi sedunia, terutama yang di Indonesia, mulai terhibur lagi nih dengan kembalinya acara paling top sejagad “American Idol 2008” yang mulai ditayangkan minggu kemarin Kamis dan Jumat 17-18 Januari 2008 mulai jam 20.00 di Global TV…

Jika tahun kemarin American Idol ditayangkan dua kali, yaitu “first run” di RCTI dan dua hari kemudian diulangi lagi di “second run” di GlobalTV, maka mulai tahun ini 100% ditayangkan di Global TV.

Memang banyak complain dari pemirsa American Idol 2007 kemarin, terutama dari anak saya Dessa yang hobby nyanyi, yaitu jika tayangan di RCTI “full stereo” maka siaran ulangannya di GlobalTV “tidak full stereo” alias njomplang banget. Tahun ini, karena hanya GlobalTV yang menayangkan, saya perhatikan dengan penuh syukur, bahwa kali ini GlobalTV sudah “full stereo”..

Yeah !!!!

Haillll GlobalTV !!!!

Yang sempat saya perhatikan di tayangan American Idol minggu kemarin, pas Kamis 17 Januari 2008 ditayangkan audisi di kota Philly alias Philadelphia di negara bagian Pennsylvania – tempat dituliskannya Declaration of Independence yang terkenal itu…

Setelah banyak yang konyol, lucu, dan melihat the good, the bad, and the ugly, dari Philly muncul 29 peserta yang lolos ke Hollywood. American Idol 2008 masih dipandu oleh si lucu Ryan Secrest dan 3 juri yang belum berubah sejam American Idol season pertama yaitu : Simon Cowell si bawel, Paula Abdul yang sangat spontan dan sering menari-nari kalau ada “beat” yang bagus, dan Randy Jackson penyanyi dan pemusik blues yang amat sadar akan ketepatan nada alias “note” alias “pitch”…

Dan seperti biasa, naluri musik saya sudah setara dengan Simon Cowell si bawel. Saya bisa merasakan bahwa seorang penyanyi punya bakat nyanyi yang bagus dan “layak tayang”, apalagi penyanyi cowok atau penyanyi cewek yang paketnya begitu lengkap, saya langsung teriak “Woooooowwwwww….”.

Coba tanyakan Dessa anak saya, betapa saya sudah setajam Simon Cowell dalam hal naluri. Artinya, bila saya bilang “Great”, “Oh My Goodness”, atau “Wowww…” berarti penyanyi itu layak tayang di Hollywood nanti…

Blog ini ditulis seminggu setelah show, jadi saya tidak ingat lagi siapa-siapa yang bagus, jelek, ataupun norak. Dan saya mempunyai kelemahan gampang menghafal muka, tapi sulit menghafal nama. Nah lho ! Tapi kalau mau tahu berita atau videonya, bisa klik di sini : http://www.americanidol.com/

Dari Philly yang saya ingat ada seorang pemudakulit hitam yang berwajah manis berambut lurus agak keriting yang suaranya oke punya. Dan diapun lolos ke Hollywood. Siapa namanya, lihat website di atas….

Setelah Philly, “sirkus” American Idol pergi ke negara bagian terluas di Amerika Serikat, Texas, yaitu di kota Dallas. Tapi yang membingungkan, katanya audisi juga mengunjungi kota-kota besar di Texas lainnya macam Houston dan San Antonio (San Antonio, kata teman saya lulusan Texas A&M, punya Mall yang paling cool di Amerika karena dikelilingi oleh sungai beneran).

Kalau anda naik mobil lewat highway menyeberangi negara bagian ini, lebar negara bagian ini bisa ditempuh dalam waktu 8 jam (Jakarta- Surabaya ?) dan panjang negara bagian ini bisa ditempuh dalam waktu 12 jam (Jakarta – Denpasar ?)..

Wow nggak tuh !

Setelah Kelly Clarkson, ternyata Texas kehabisan bakat, kata juri bertiga. Tapi ada seorang cewek cakep mirip finalis American Idol 2006 yang dikalahkan oleh Taylor Hicks (sumpah, saya lupa namanya !), tampil di depan juri. Ternyata ini anak lebih hebring dari cewek California yang dikalahkan Taylor Hicks itu. Ia bisa menirukan suara Britney Spears dan meniru lusinan suara penyanyi lain.

Tapi Paula Abdul ngomong, “You’d better sing as you are”.

Randy Jackson nambahin, “I guess you will have a good opportunity to record your voice with songs of your favorite singers..”..

Simon Cowellpun tidak miskin pujian kali ini, “I think so far you are the best”…

Simon ? Are you for real ?

Audisi American Idol 2008 selanjutnya adalah di kota San Diego, California. Kalau Philly terkenal dengan kota “negarawan” dan “priyayi”, lalu Dallas dengan kota “bisnis minyak” tempat John F. Kennedy ditembak, maka San Diego terkenal dengan kota “angkatan laut armada Pasifik”..

Sayang di tahun 1986 saya nggak sempat mengunjungi San Diego. Teman2 BPPT, LIPI, BATAN, LAPAN, dan BPS yang diberi beasiswa melanjutkan Master’s dan Ph.D. di AS dan berangkat Juni 1986, tinggal 2 bulan untuk aklimatisasi di kampus UCSD (University of California of San Diego).

Sedangkan saya dan teman2 lain yang berangkat akhir Oktober 1986 tinggal di Asrama FIU (Florida International University) di Miami, Florida selama 2 bulan…

Mau ngikutin American Idol 2008 ? Lihat dan baca websitenya di atas, atau stay tune di GlobalTV Kamis dan Jumat jam 20.00. Perlu dicatat, tayangan hari Kamis dan Jumat itu acara yang terpisah dan audisi di 2 kota yang berbeda..

So, make sure you don’t miss anything….

IIIIIIIII….oh IIIIIII always love youuuuuuuu….hhuuuuuu…hhuuuuuuuuu…. (niruin nyanyiannya si cewek Texas yang bisa niruin Britney Spears…)…

Man ! Suaranya nggak kalah dari Whitney Houston. I swear !!!!

8 Comments (+add yours?)

  1. aDiNG
    Jan 22, 2008 @ 15:03:36

    wah baru tau aku kalo American Idol juga disiarkan di GlobalTV. hari dan tgl mulainya juga sama dg yg disiarkan di StarWorld?? soalnya skarang ini sering ujan, jadi astro-nya sering drop 😦 thanks infonya!

    Reply

  2. Tri Djoko
    Jan 22, 2008 @ 16:42:07

    Hallo Mas Ading : Anytime..

    Kayaknya yang disiarin GlobalTV cuman kalah 1-2 hari dibandingkan Fox TV di Amerika sana, jadi lumayanlah…

    Dibanding Astro yang harus bayar bulanan, GlobalTV kan gratis…

    Oh ya, nama penyanyi yang dikalahkan oleh Taylor Hicks di American Idol 2006 adalah Catherine McPhee.

    Cewek Texas yang barusan saya ceritakan yang bisa menirukan suara Britney Spears, secara fisik mirip Catherine McPhee, cuman agak sedikit pendek..

    Sayang saya lupa namanya, Martha something ?

    Reply

  3. edratna
    Jan 23, 2008 @ 06:02:24

    Perlu dicatat…eh saya lagi nonton sinetron arisan, yang ditayangkan tiap jam 20.00 wib di ANTV…lucu dan menyegarkan…..

    Reply

  4. tridjoko
    Jan 23, 2008 @ 07:51:10

    Bu Edratna : Yep…ternyata American Idol penayangannya “dihantamkan” dengan tayangan unggulan masing-masing TV di jam prime time (18.00-21.00)…

    Akibatnya, sayapun bakal menunda nonton “Business Art with Mario Teguh” di O Channel yang ditayangkan di jam-jam yang sama..

    Untungnya, acara Pak Mario Teguh diulang 2 kali lagi di hari Sabtu malam dan Senin pagi, kalau saya tidak salah…

    Jadi, sayapun masih bisa ngikuti tayangan “Business Art” sementara American Idol yang kalau bisa jangan dilewatkan juga tetap ditonton…

    Sambil nyanyi, ….annndddd IIIIII ia ‘ll always love youuuuu…uuuuu…uuu…

    Reply

  5. Resi Bismo
    Jan 24, 2008 @ 23:01:05

    kalo saya suka nonton Deutschland sucht den Superstar (Idolnya ornag jerman) ditayangkan di TV RTL sudah hampir 3 tahun saya ikuti, sayangnya aroma rasisme masih menyelimuti tayangan ini, dimana subjektivitas masih menjadi ukuran utama yakni antara orang asing dan asli jerman. Sangat disayangkan padahal banyak sekali talenta2 muda yang sangat berbakat. diindo gimana mas? di amrik juga?

    Reply

  6. Tri Djoko
    Jan 25, 2008 @ 10:33:44

    Wah seru juga tuh kalau bisa nonton “Deutschland sucht den Superstar” di Indonesia. Sayang internet di Indo lambat banget, untuk nonton di YouTube-pun agak sulit..

    Dulu waktu sempat 2 bulan di Jerman, saya suka acara main musik (jam session) yang dipandu musikus Jerman yang sudah agak tua. Dikit-dikit dia nyuruh berhenti, dan bilang you salah..you salah…harusnya begini, dan mereka main lagi sampai bagus…Asyik deh..

    Di Munchen stasiun TVnya kalau nggak salah ZDF (Bavaria ?) dan ARD (Austria ?)..

    Tapi dari hotel kita juga bisa ditangkap siaran TV “US Armed Forces Network” yang dari Amerika-pun saya sulit nangkap. Acaranya juga bagus-bagus. Saya paling suka pertunjukan “kolone senapan” setiap satu jam sekali. Wah..eeedan, senapan diputar-putar sambil jalan dan ada sangkur terhunusnya ! Gilaa..kalau ada kesalahan sedikit, orang yang jalan di bawahnya bisa tercabik-cabik…

    Bedanya Indonesia, Jerman, dan Amerika. Di Indonesia dan Jerman, penyanyi lebih dipilih yang cakep dulu..walaupun suaranya payah. Lihatlah penyanyi Indonesia sekarang, mana ada yang jelek ? Kecuali “Timlo” ya…

    Kalau di Amerika, body dan warna kulit tidak ngaruh, yang dinilai hanya suaranya. Makanya di American Idol ada penyanyi kulit hitam yang badannya tidak mendukung.

    Tracy Chapman, penyanyi hitam idola saya, rupanya jelek tapi suaranya wow…wow..wow…

    Reply

  7. The One
    Jan 19, 2009 @ 19:14:26

    Kegnya AI8 gak ditayangin deh…

    Tuh soalnya gak ada iklan nya sedikit pun, lagian dapat darimana sih informasi yang gak karuan itu??

    Reply

  8. yaskur pekalongan
    Sep 28, 2009 @ 20:33:58

    KENAPA SEJAK AKHIR JUNI 2009 SIARAN GLOBAL TV TIDAK BISA DITANGKAP DI KABUPATEN PEKALONGAN/PEMALANG. PADAHAL SUDAH BANYAK YANG MENGGEMARI GLOBAL TV, TERUTAMA ANAK-ANAK SANGAT MENGGEMARI FILM-FILM KARTUN.

    Mas Yaskur,
    Wah…nggih mboten ngertos mas…

    Sebaiknya menelpon langsung ke pihak Global TV Jakarta…(tanya no telponnya ke 021-108)…

    Ok mas, mudah-mudahan Global TV menyala kembali di Kab. Pekalongan & Pemalang…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: