Siapa Presiden AS yang disumpah Jan 2009 ?

Presiden AS yang terpilih Nopember 2008 nanti dan yang disumpah Mahkamah Agung Januari 2009 nanti sudah pasti salah satu dari tiga kandidat berikut :

– John McCain : jika rakyat Amerika memilih Presidennya dari Partai Republik

– Hillary Rodham Clinton atau Barack Obama Jr. : jika rakyat Amerika memilih Presidennnya dari Partai Demokrat

Jika calon Presiden AS dari Partai Republik sudah mulai terlihat dari kemenangan John McCain yang telah mengumpulkan sekitar 660 delegasi dari total 1.100 delegasi yang diperlukan (kedua saingannya, Mitt Romney baru mengumpulkan 440 delegasi, dan Mike Huckabee baru 240 delegasi), maka persaingan calon Presiden AS dari Partai Demokrat masih belum bisa ditentukan, bahkan setelah Super Tuesday yang merupakan pemilihan pendahuluan di 22 negara bagian.

Soalnya, dari 22 negara bagian yang ikut Super Tuesday, Hillary Rodham Clinton memenangkan 8 negara bagian dan Barack Obama Jr. memenangkan 13 negara bagian (New Mexico masih belum diumumkan).

Sejauh ini, walaupun Hillary Clinton hanya menang di 8 negara bagian tapi karena 3 negara bagian di antaranya mempunyai jumlah delegasi yang besar (yaitu California, New York dan New Jersey), maka jumlah delegasi yang sudah dikumpulkan Hillary Clinton melebihi jumlah delegasi yang sudah dikumpulkan Barrack Obama di 13 negara bagian di Super Tuesday.

Sehingga, sampai saat ini Hillary Clinton sudah mengumpulkan sekitar 1.100 delegasi dan Barrack Obama baru mengumpulkan sekitar 930 delegasi dari 2.200 delegasi yang diperlukan untuk menuju pencalonan resmi di Konvensi Partai Demokrat di Denver, Colorado, Agustus 2008 nanti..

Baik Hillary Clinton dan Barrack Obama keduanya bakalan mencatatkan sejarah di Amerika. Hillary Clinton, kalau terpilih sebagai Presiden AS, bakal merupakan Presiden AS perempuan yang pertama (tentunya…setelah Geena Davis di “Commander-in-Chief”..he..he..)

Sebaliknya, jika Barrack Obama menang sebagai Presiden AS, maka ia adalah Presiden AS kulit hitam yang pertama sepanjang sejarah..

Apakah rakyat Amerika ingin mencatat sejarah ?

Time will tell….

So, stay tuned !

4 Comments (+add yours?)

  1. Tri Djoko
    Feb 09, 2008 @ 09:50:10

    Sabtu pagi tanggal 9 Februari 2007, koran-koran Jakarta memberitakan kalau calon presiden dari Partai Republik (GOP) yaitu Mitt Romney resmi mengundurkan diri dari pencalonan…

    Jadilah senator John McCain satu-satunya strong contender di pihak Partai Republik, karena Mike Huckabee ketinggalan jauh…

    [p.s.: Kalau nggak salah Partai Republik menerapkan prinsip “winner takes all” di setiap negara bagian untuk pemungutan suaranya. Makanya calon yang kuat cepat sekali mengakumulasi jumlah delegasi daripada yang terjadi di Partai Demokrat..]..

    Reply

  2. RIchard
    Feb 19, 2008 @ 16:35:05

    saya dukung obama…..ho8

    Reply

  3. Tri Djoko
    Feb 19, 2008 @ 21:08:47

    Richard : Boleh aja dukung Obama. Posisi tanggal 19 Februari 2008, kelihatannya Barack Obama semakin kuat dan sebaliknya Hillary Clinton semakin melemah..

    Tapi, kadang-kadang ada “second wind” yang membuat Hillary bisa membalikkan keadaan dan unggul terhadap Obama.

    Yang paling penting dan menentukan, nanti apa yang diputuskan oleh “super delegate” yang akan memilih siapa calon Presiden AS 2008 dari Partai Demokrat.

    Artinya, memenangkan primary bukan satu-satunya cara ditunjuk sebagai calon Presiden dari Partai Demokrat. Apa yang diputuskan Super Delegates, itulah yang lebih penting.

    Tunggu aja tanggal mainnya di Konvensi Nasional Partai Demokrat di Denver, Colorado, Agustus 2008 nanti..

    Reply

  4. Agung
    Feb 22, 2008 @ 21:10:49

    saya mah yg penting dr democrat pak.
    klo dr republic presidentny aneh2.
    hehehee..!!
    pdhl kita ga pny hak suara,
    tp rame sndiri bahas president org laen.
    hehehehe..!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: