Antara mimpi dan film kartun

Kita hidup di dunia ini sebagai manusia harus tunduk terhadap hukum-hukum Fisika seperti hukum gravitasinya Newton, hukum percepatan, hukum kekekalan massa, hukum tekanan-volume, sampai yang agak sulit dimengerti oleh seorang Jawa bodo kayak saya ini, adalah hukum relativitasnya Einstein…Binatang opo tho itu ?

Semua manusia yang hidup di dunia terikat dengan hukum gravitasinya Newton, bahwa semua benda kalau dilempar ke atas pada akhirnya akan jatuh ke bawah karena bumi ini mempunyai semacam magnet yang disebut gravitasi, begitu kira-kira kata Pak Guru saya dulu..

Mungkinkah benda yang kita lempar ke atas akan terus terbang dan tidak kembali ? atau berputar-putar dengan sendirinya dan setelah lama baru jatuh ?

Mungkin, dan kemungkinannya ada dua. Pertama, di alam mimpi (kalau kita sedang bermimpi). Kedua, di film kartun !!

Makanya saya suka nonton film kartun. Imagination is so wild there. The sky is the limit. You can do anything in your cartoon except ask for a pay raise !

Makanya bila jenuh dengan berita politik, bencana, kecelakaan, pemogokan, demonstrasi, kuntilanak, dan sebagainya di TV, saya akan kembali ke….film kartun !!

Film kartun yang paling saya suka adalah “Tom and Jerry”, suatu permusuhan abadi antara Tom si kucing dan Jerry si tikus. Kadang mereka mesra, tapi most of the time mereka “kenthir” alias “deghleng” ! Belakangan disisipi oleh pihak ketiga, seekor anjing yang bernama Brutus (?)….

Hukum Fisika tidak berlaku bagi film kartun. Tubuh si kucing bisa tiba-tiba “menyesuaikan diri” dengan panjang pipa yang diameternya cuman 1 inchi. Nabrak tembok juga ok saja dan langsung gepeng seperti kertas HVS, tanpa hancur sekepingpun..

“Dora the Explorer” adalah film kartun lainnya kesukaan saya. Film kartun ini mempunyai simplicity sebagai salah satu kunci kekuatannya. Tentunya semua keluarga Nikeledeon saya suka, ada “Rugs Rats”, ada “McDonald’s Farm”..

Selain itu, jangan lupa “Bart Simpsons” saya juga suka banget. Paling suka waktu nonton “Bart Simpsons: the Movie”. Teman Bart yang dari Jepang yaitu “Crayon Sinchan” saya juga suka..

Maksud saya “suka” tidak hanya sampai menontonnya di TV. Saya juga punya gantungan kunci semua tokoh kartun yang saya sebutkan tadi. Khusus untuk Sinchan, saya punya versi yang terbuat dari karet yang bisa dipencet…dan keluarlah…xxx-nya..ha..ha..

Hal kedua yang tidak terikat sama hukum Fisika adalah mimpi. Selain hukum Fisika, mimpi juga tidak terikat hukum ekonomi. Artinya, orang bisa tiba-tiba kaya di mimpi (atau tiba-tiba miskin) tanpa transaksi ekonomi sekalipun. Kalau di bidang komputer, wah…sulit ya digambarkan Automata-nya !

Mimpi terindah bagi saya pada awal-awal saya lulus dari Statistika IPB ada dua. Pertama, bisa mengendarai mobil jeep Toyota Land Cruiser. Kedua, bisa berenang !!

Pada saat itu saya belum bisa nyopir mobil dan masih kagok berenang karena pernah mau tenggelam di kolam renang “Purbaya” Madiun karena kram persis di tengah-tengah kolam renang dan tidak ada seorangpun yang lihat, walaupun saya sudah tereak sekeras 150 dB !!

Alhamdulillah, tahun 1986 saya akhirnya bisa nyopir. Itupun, karena punya mobil yang sudah terlanjur masuk garasi tapi saya belum bisa nyopir. Jadi sebelumnya saya minta tolong seorang temen untuk menyopiri mobil itu sampai masuk garasi saya. Akibatnya setiap jam 4.00 pagi saya bangun dan mulai belajar nyopir. Banyak tong sampah di kompleks AD Cimanggis tempat tinggal saya dulu yang menjadi saksi korban tertabrak karena saya belajar nyopir..

Akhirnya, mimpi terindahku tinggallah berenang. Sering saya merasa sangat teramat bahagia karena bisa melakukan “diving” di papan 10 m dengan gaya “inverse sommer-sault” 5 kali dan masuk air dengan suara “booom….” lalu menyelam sedalam 5 meter !

Namun, kebahagiaan semacam itu juga cepat sirna, yaitu ketika saya terbangun dari mimpi…

Oooo…cuman mimpi tho ?

Dan saya nggak bisa minta agar mimpi itu terulang kembali. Mungkin perlu menunggu beberapa bulan baru bisa…

Jadi, mimpi terindah apa yang anda punya ?

9 Comments (+add yours?)

  1. edratna
    Feb 24, 2008 @ 14:36:56

    Kalau nyopirnya udah bisa, berenangnya dikehidupan nyata udah bisa belum?

    Reply

  2. Tri Djoko
    Feb 24, 2008 @ 14:56:45

    Bu Edratna : sampai 2008 ini saya masih belum bisa berenang…

    Orang bisa disebut “bisa berenang” kalau sudah bisa “eng-nggek” (gerakan tangan dan kaki di bawah air dalam posisi kepala statis di atas air)..

    Nah, kalau sudah bisa eng-nggek, berarti tinggal menggerak-gerakkan tangan dan mengarahkan renangnya…

    Karena nggak bisa eng-nggek, saya bisanya berenang gaya kali (free-style) dan cuman bisa berenang sekitar 10 meter jauhnya. Kalau cuman nyeberang sungai 3 meter, mudah-mudahan bisa. Tapi kalau di tengah banjir besar, saya lebih baik di dalam mimpi saja..ha..ha..

    Reply

  3. Agung
    Feb 24, 2008 @ 18:46:29

    hahaha..!!
    saya jg cm bs gaya anjing pak.
    hehehe..!!
    paling gaya bebas n katak dikit2.
    hehehehe..!!
    film kartunny jgn lupain spongebob pak.
    itu jg lucu n aneh2.
    mimpi saya yg plg indah cm 1.
    dan itu kykny ga mungkin bs kesampean jg.
    jadi pemain Manchester United,
    maen di Old Trafford bareng Christiano Ronaldo,Wayne Rooney,dkk.
    mimpi kale yeeeyyy..!!

    Reply

  4. Tri Djoko
    Feb 24, 2008 @ 21:56:30

    Agung : saya sebenarnya juga suka “Spongebob”, tapi sayangnya dulu masih tayang di Lativi..

    Sejak pindah ke Global TV, yang mengisi “dubbing” suara Spongebob LAIN dengan waktu masih di Lativi. Kalau Spongebob versi Lativi kesannya agak ringkih penakut dan mempunyai jangkauan suara yang luas, kalau Spongebob di Global TV masih 1-2 level di bawah itu..

    Tapi kata anak saya, Spongebob versi English aslinya jauh lebih bagus drpd versi bhs Indonesia. Sayang di rumah saya tidak ada TV Cable, yang ada cuman TV + kabelnya..ha..ha..

    Jadi pemain MU ? Cool tuh..

    Tapi saya serumah nggak ada yang nge-fans ama MU. Saya sendiri Newcastle U sama Chelse. Kedua anak saya Arsenal. Dan isteri saya malahan Fulham !

    Kalau versi Serie A, saya Juventus, anak pertama Inter, anak kedua Milan, dan isteri saya Roma..

    Jadi kalau ngomong bola di rumah, kita berempat berantem terus (ada jeda ketika isteri harus sekolah ke Malang, dan anak yang kecil masih di Bandung)…

    Reply

  5. Agung
    Feb 24, 2008 @ 22:28:33

    iyah.
    bner pak.
    dubbernya rada aneh yang di globalTV.
    lbh baik yg di Lativi (skrg jadi TVone sejak di beli Jusuf Kalla dan Bakrie).
    dan yg asliny lebih bagus lg.
    hehehe..!!
    yah,cm saya enjoy aj ama becanda2nya spongebob,patrick,dkk.
    hehehe..!!

    mending pak,ada yg bs diajak diskusi.
    saya juga suka MU cuma sndiri.
    paling papa saya yg fanatik ama Juventus.
    hehehe..!!
    cuma mimpi pak.
    ampe 100tahun lagi juga,kyknya ga mungkin org indonesia main di MU.
    hehehe..!!

    Reply

  6. simbah
    Feb 25, 2008 @ 12:39:38

    He. he. . . “Eng-nggegK . . .” basane cah “Ngrowo” . . .muncul lagi . . .asyik.. .beruntung aku diajari swargi pak Gun, . . .Gunarto ..pak Guru PD-ku waktu klas satu SMA. Tiap sabtu, nah aku sekarang boleh sombong donk . . .meskipun cuman gaya kodok .. waktu tinggal di Pd.Gede suka renang di Persada golf Garden, itu pinggir jalan tol jatibening, suka juga di belakang Agung shop, kalimalang ato di Puri-gading . . cuman jeleknya habis renang, laper . . .trus nagih mie-ayam . . ya gak langsing2 . . .he. .he. .

    Reply

  7. tridjoko
    Feb 25, 2008 @ 15:19:12

    Simbah : ya di bawah asuhan Pak Gun atau Pak Didik guru olahraga kita dulu, saya hampir tenggelam di kolam renang Purbaya..

    Jeleknya, setelah itu malas banget berenang. Terakhir berenang di Purwokerto sekitar tahun 1982..

    Reply

  8. iway
    Feb 26, 2008 @ 11:31:18

    kartun ya pak hehheehhe saya juga suka, kadang suka malu sama istri dan ibu saya, anak dah lari-larian bapaknya malah nonton doraemon **salam kenal pak**

    Reply

  9. tridjoko
    Feb 26, 2008 @ 16:23:23

    Hallo Mas Iway : welcome onboard !

    Ya, saya kira kita semua suka film kartun. Isteri saya juga suka banget sama Sin-Chan dan Popeye..

    Yang lucu, ada seseorang nge-add saya di FS karena katanya “Bapak gaul, sudah tua masih lihat film kartun”..

    Hopo tumon ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: