Gaprakan

“School bullying” ternyata sudah ada sejak hari pertama saya masuk Sekolah Rakyat (SR) di tahun 1963..

Waktu saya masih malu-malu dan masih bingung-bingung dengan suasana sekolah, tiba-tiba datanglah anak ini ke depan saya..

“Ayo gaprakan !!”, katanya menantang sambil ancang-ancang mau memukulkan tulang kering (depan betis) dari kaki kanannya..

Sayapun terbengong-bengong saja bingung dengan apa maksud nih anak..

Tiba-tiba “Braaaakkk !!!!” kaki kananya yang bagian tulang kering dihantamkan dengan keras ke tulang kering kaki kanan saya…

“Aaaaaaarrggggghhh….”, sayapun menjerit kesakitan. Tapi tidak ada anak lain atau guru atau orang tua yang mencegah perbuatan “gila” anak ini..

Sayapun berdiri terpincang-pincang..

Rupanya school bullying terus berlanjut. Biasanya dilakukan oleh seorang anak murid laki-laki yang punya kakak laki-laki. Lha, kakak saya perempuan semua. Memukul kakak saya yang perempuan saja ganjarannya saya ditempeleng ayah !

Pas kelas 3 SD akhirnya saya berteman dengan teman sekelas yang badannya paling besar sekelas. Setiap istirahat, si anak bongsor ini saya traktir makan Lempeng Gapit (lihat posting saya sebelumnya)..

Sejak itu, amanlah saya jalan kesana-kemari ke seluruh wilayah SD saya itu dari ujung ke ujung tanpa ada yang berani nggangguin, karena kemana-mana saya dikawal bodyguard yang wajahnya mirip si Jaws-nya film-film James Bond yang bergigi emas itu…

Asyiiiiik….

7 Comments (+add yours?)

  1. Edratna
    Mar 09, 2008 @ 10:19:31

    Gaprakan? Hahaha…udah lama ga dengar istilah itu. Ingat nggak, adikku yang cewek dulu dicegat cewek lain sepulang sekolah…ibunya ikut bantuin lagi?

    Dan dengan PD nya saya ikut maju….dan mengomeli dia, sebagai seorang ibu yang tak tahu diri, dan mengancam akan melapor ke bapak ibu…ternyata orangnya sampai sowan ke rumah dan minta maaf….

    Reply

  2. simbah
    Mar 09, 2008 @ 11:17:38

    Dik Yon, digaprak. . aku ditulup. Itu lho batang bambu yg kecil, sebesar kelingking trus diisi kacang ijo. . dan ditiup menghentak, diarahkan ke ‘body’ku yg bak bola bekel. . he. .he. . rasa panas. .trus nangis. . gak ada yg mbelain. . .setelah gede dikit, aku latihan pencak silat meski gak lulus. . .(lagi-lagi). . aku pake sragam item2, tiap orang yg ngliatin, ganti tak pelototin. . gak ada yg brani . . Makanya temen kerjaku suka nggoda, aku pantesnya jadi Pulisi, .. tampangnya mendukung…buat nakut2in Copet. . .ha. . ha. . .

    Reply

  3. Agung
    Mar 09, 2008 @ 12:39:19

    wah,
    dolo waktu SD saya juga pernah tuh Pak.
    saya kelas 3 SD diajak berantem ama anak kelas 6SD,tanpa maksud yang jelas.
    untung waktu itu ada sepupu saya anak (wkt itu kls 5SD) dan teman2nya yang bongsor2.
    hahahahaha..!!
    senioritas kyk gt ga guna sebenernya.
    macam ospek dengan kekerasan,
    dengan alibi supaya adik kelas disiplin dan hormat pada kakak kelas.
    buktinya,orang indonesia yang pernah diospek,ga ada disiplin2nya.
    emanknya Jusuf Kalla dan Bakrie ga pernah diospek?
    hahahaha..!!
    anehnya,kegiatan di kampus kita ntah itu TKH ato LDK,masih aja ada unsur militerismenya.
    kenapa ga langsung bikin wajib militer aj sekalian.
    kan lebih ada gunanya,bisa maen perang2an ama Malaysia ato Australia.
    hahahahaha..!!
    LDK ato TKH,gunanya cuma buat organisasi,masa LDKnya disuruh tiarap,push up,dibentak2,makan kayak anjing,dll??
    ga masuk akal.
    itu anak2 Matematika lho yang buat.
    anak2 yg menganggap diri paling berlogika di Binus.
    so??????
    ga heran Pak,kalo Binus sekarang uda jauh tertinggal di banding UPH yg lebih muda 10tahun (referensi kompas 11feb2008).
    emangnya LDK ga bayar mahal,
    emang ikut HMJ ato UKM itu kita dapet honor?
    hahahahaha…!!!
    ga masuk akal deh.
    LDK uda bayar,cape lahir batin.
    trus uda kerja di organisasi juga ga dibayar,kerjanya lembur.
    mending ikut organisasi yang jelas2 aja deh.
    kalo saya sekarang mending aktif di organisasi mudika gereja.
    hehehehe..!!!
    itu makanya saya bilang ke Steve,kalo organisasi di Binus tuh ga worth it.
    hehehhee..!!

    maaf yah Pak!
    saya jd curhat nih.
    hehehehe..!!

    Reply

  4. tridjoko
    Mar 09, 2008 @ 19:33:22

    –> Bu Edratna : Ya saya masih ingat. Makanya kakak saya perempuan yang nomor dua populer di kalangan cowok-cowok, soalnya ia sering “meng-gaprak” tulang kering teman-teman cowoknya. Ya ibarat Mia Hamm si pemain sepakbola putri AS menekel lawannya itu lho..

    –> Mas Simbah : Wah..ditulup ? Aku juga pernah mas ditulup. Tapi itu sih tidak terlalu menakutkan dibanding digaprak mas. Tapi ada sad story mas, temanku yang suka nggaprak itu akhirnya meninggal dunia karena typhus di kelas 2 SD dan dimakamkan di seberang makam orangtua saya itu. Cerita sedih ya ?

    –> Agung : wah..kalau mengerjain adik kelas suruh push-up di Ospek, LDK atau TKH sih nggak bisa disebut “school bullying” Gung. Alasannya, Ospek, LDK atau TKH kan sifatnya “resmi” nggak seperti school bullying yang bisa datang kapan aja..
    Tapi sebenarnya saya juga surprise mendengar anak HMJ Matematika suka nyuruh push-up. Tapi itu school bullying, lebih tepatnya kakak-kakak kelas anda kebanyakan nonton film seri OB dan menirukan kebiasaan Pak Taka yang suka nyuruh push-up anak buahnya itu…
    Mengenai dibentak-bentak, take it easy Gung. Saya dulu ikut silat di Madiun tidak hanya dibentak, tapi juga ditendang atau dipukul. Gigi rontok, tangan patah, sudah pemandangan sehari-hari. Tapi itu akan menjadikan kita tough guy dan tidak membuat kita lembek. Bukankah kita laki-laki ? Are you ? He..he..he…

    Reply

  5. Agung
    Mar 09, 2008 @ 20:44:07

    masa sih Pak,harus gt.
    saya ikut wushu ga ampe gt deh.
    biasa aja lagi,ga perlu sampe gt.
    bukan masalah saya yang lembek Pak.
    tapi apa itu ada gunanya?
    dan kalo saya jawab itu,jawabannya pasti alibi yang dipaksakan.
    demi kedisiplinan lah,demi mental yang kuat lah.
    kalo alesan itu dipake di wajib militer,atau di persatuan bela diri sih masih OK.
    tapi kalo cuma HMJ????
    hahahahahahaha..!!
    that’s funny,Sir.

    Reply

  6. tridjoko
    Mar 10, 2008 @ 11:52:48

    –> AGung : Siapa bilang di Wushu nggak ada yang cedera patah tangan dsb ? Di Wushu kan juga ada yang disebut “perkelahian” (di silat disebut “sambung”, di karate disebut “kumite”, saya lupa di wushu disebut apa). Pas tahun 1999 dulu saya masih Kepala Biro Kemahasiswaan Binus, dan ada anak Wushu Binus yang bertanding di Gunadarma. Eh, malamnya saya dapat telpon kalau mahasiswa Binus itu patah tangan karena salah jatuh waktu ikut kelas “perkelahian”.. So ?
    Kalau HMJ memang mainstreamnya anti kekeraran dan lebih ke olah otak, kecuali kalau di UKM ya..apalagi UKM beladiri pasti ada sedikit kekerasan, pushup, dsb karena hal itu sudah menjadi “makanan” sehari-hari…

    Reply

  7. Agung
    Mar 10, 2008 @ 12:40:54

    yah,emang kalo cedera yang tidak disengaja emang banyak.
    lagi latihan terus ada kecelakaan terus patah tangan ato rusuk,itu juga saya pernah lihat.
    kalo saya sering keseleo aja.
    tapi kalo tangan orang patah gara2 disengaja.
    itu yang ga bener Pak.
    senior yg tonjokin junior (bukan porsi latihan kyk di IPDN itu),itu ga bener donk Pak.
    nah,kalo LDK HMJ pake ada latihan fisik plus bentak2an.
    hahahahaha..!!
    pantes aja DPR dan pemerintahan kita ga pernah beres.
    wong mahasiswanya aja,ikut organisasi kecil pake dibentak2 n latihan fisik,
    gmn mao ikut DPR ya Pak?
    pantes aja Jakarta macet terus n banjir terus.
    pinternya cuma bikin kantong sendiri tebel.
    ckckckck..!!
    ini yang hrs direformasikan,
    kalo perlu direvolusikan.
    tapi masih adakah kemampuan orang indonesia untuk itu?
    dengan harga minyak goreng curah uda sampe 15,000 per liter.
    hehehehehe..!!

    Reply

Leave a Reply

