Membahasainggriskan nama makanan

Pada suatu hari di suatu sore tahun 1990, hati saya sebagai seorang bapak sedang galau. Tidak ada yang mbantuin nunggu rumah, isteri saya juga sekolah dan pulangnya malam..

Tibalah giliranku untuk memasak nasi dan memasak lauk untuk kedua anak perempuanku yang masih kecil..

Dan rupanya apa yang saya masak : goreng telur, dan sebagainya, tidak menarik perhatian mereka. Sebagai bapak saya harus melakukan inovasi kalau nggak kedua anak saya bakalan nggak makan. Maka, pergilah saya ke Golden Truly di Gedung Jakarta Theater waktu itu untuk beli seperangkat sendok dan garpu lucu berwarna pink !

Sejak itu, “telur dadar” saya namakan “omelette with mushroom”. “Telur mata sapi” saya namakan “sunny side up”, dan telur orak-arik saya namakan “scrambled egg”..

Cara menanya anak sayapun pakai bahasa Inggris, “Hi sweety, what do you like to eat for dinner ? Omellete with mushroom, sunny side up, or scrambled egg ?”, tanya saya sopan melebihi sopannya pelayan lounge hotel bintang lima !

“Omellete with mushroom !”, kata si sulung.

“Scrambled egg”, kata si bungsu yang masih kecil..

Setelah masak, dengan sendok dan garpu baru dan pakai napkin segala yang ditaruh di pangkuan, makanlah saya seorang bapak yang kebingungan dengan dua anak perempuan kecil yang semula tidak mau makan. Supaya lebih romantis, lampu rumah dimatiin dan makan malamlah kami bertiga..

Ternyata kedua anak perempuan saya makan dengan lahap, dan sayapun tersenyum puas..

Hopo tumon ?

2 Comments (+add yours?)

  1. Edratna
    Mar 09, 2008 @ 10:23:01

    Hahaha…memang menurut dokter anak (saat saya mengeluh anak sulit makan)…..harus pandai membujuk anak kecil agar mau makan….

    Reply

  2. tridjoko
    Mar 09, 2008 @ 19:37:43

    –> Bu Edratna : Benar…dan itu yang saya lakukan, makan makanan berbahasa Inggris dengan dining set baru, pakai napkin, lampu dimatiin, dan menyalakan lilin (lupa disebutkan di teks !)…

    Romantis, tapi yang paling penting kedua anak kecil perempuan saya mau makan. Kalau nggak, ntar ibunya pulang saya bakalan dimarahin..hi..hi…

    Reply

Leave a Reply

