Buku yang paling berpengaruh

Pertanyaan yang menarik, selama ini (kalau saya selama 50+ tahun) buku apa yang paling berpengaruh dalam kehidupan anda ? Tentu saja tidak termasuk buku suci lho…

Bagi saya, “The Magic of Thinking Big” (Berpikir dan Berjiwa Besar) karangan Dale Carnegie yang saya baca di sekitar tahun 1980-1981 adalah yang paling berpengaruh dalam kehidupan saya..

Buku tersebut pada prinsipnya berpendapat, “Jika anda ingin kebahagiaan, keleluasaan, dan kesukacitaan hidup, janganlah penghasilan yang anda dapatkan sekarang dipas-paskan untuk memenuhi kebutuhan hidup; tapi sebaliknya, tentukan impian-impian anda apa saja, tuliskan dan jumlahkan kebutuhan uang yang anda butuhkan itu, serta bekerja keraslah untuk bisa memenuhi kebutuhan anda tersebut”..

Kira-kira begitulah Pak Dale Carnegie menasehati kita, para pembacanya. Intinya, janganlah merasa puas dengan pekerjaan dan gaji yang anda dapatkan sekarang; sebaliknya, coba uraikan apa sih impian-impian anda dan kebutuhan-kebutuhan anda dan hitunglah seberapa besar sih uang yang diperlukan, setelah itu bekerja keraslah untuk memenuhi kebutuhan anda yang disebutkan tadi..

Seems illogical, kelihatannya tidak masuk akal. Mosok Pak Dale minta kita naik gaji ke boss ? Ya, tentu bukan itu maksudnya. Maksudnya adalah, bisa nggak anda menemukan side job atau moonlighting job yang bisa menambah penghasilan namun tidak mengganggu pekerjaan utama anda ?

Bagi bujangan, mungkin hal itu belum terlalu mendesak. Tapi bagi yang telah berkeluarga, hal ini amat sangat mendesak…

Gara-gara nasehat Pak Dale ini, akhirnya saya mencari pekerjaan sambilan sebagai dosen dan setelah 26 tahun mengajar selain sekedar tambahan kebutuhan yang saya temukan saya juga menemukan kepuasan pribadi yang tidak bisa dinilai dengan uang..

Itulah mengapa, saya menempatkan buku Dale Carnegie, “The Magic of Thinking Big” sebagai buku yang sangat berpengaruh dalam kehidupan saya, di samping Kitab Suci yang selalu saya baca setiap hari tentunya…

Jadi, apa buku yang paling berpengaruh kepada kehidupan anda ?

1 Comment (+add yours?)

  1. simbah
    Mar 11, 2008 @ 23:42:16

    Auk. . ah. . .gelap . . payah juga ane . .beberapa buku, koran, majalah, yg ane baca. . tapi yg membekas, apa ya . .?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: