Binus selangkah lebih maju

Kemarin siang saya mendapat kabar gembira. Setidaknya saya mendapat kabar dari dua orang penting di Binus bahwa mulai September 2008 ini Binus akan membuka program S2 MTI (Magister Teknologi Informasi)…

Dan kepada saya diajukan pertanyaan, apakah bersedia menjadi staf pengajar program tersebut..

“Lho, bukannya menjadi pengajar program S2 harus bergelar S3 ?”, tanya saya seraya mengelak

“Ooo..nggak pak, nggak semuanya, nanti ada komposisi berapa yang harus bergelar S3 dan berapa yang bergelar S2″, jelas si mbak

“Oh..ok kalau begitu, saya ngikut saja”, kata saya

Memang sudah lama Binus mau membuka program S2 Teknik Informatika. Kalau nggak salah sejak tahun 1993 hal itu sudah sempat dimulai tapi belum sampai ke tahap realisasi. Waktu itu, yang didahulukan adalah program MM. Kemudian di tahun 1996 sempat akan dimulai lagi pembicaraan tentang program S2 Teknik Informatika, tetapi ada pertanyaan tentang apakah program tersebut akan laku, berapa dana yang diperlukan, dan sebagainya..

Karena Binus lebih mementingkan mendapatkan sertifikasi ISO 9000 pada kurun waktu 1996-1997, maka pembicaraan tentang program S2 Teknik Informatika tersebut sekilas dilupakan..

Jika program S2 MTI Binus benar bisa dimulai September 2008, maka itu bagaikan the dream comes true bagi Binus..

Mudah-mudahan, program S2 MTI tidak dibuat asal-asalan melainkan dipersiapkan dengan sangat serius. Binus adalah universitas swasta (PTS) terbaik ke-6 di Indonesia, dan universitas (PTS+PTN) terbaik ke-10 di Indonesia, sehingga mestinya program S2 MTI Binus harus bisa disejajarkan minimal dengan Master’s Program in Computer Science pada National University of Singapore (NUS) dan Seoul National University (SNU), misalnya. Syukur-syukur kalau berani S2 MTI Binus disamakan dengan Master’s Program in Computer Science di University of Illinois-Urbana-Champaign (UIUC) atau Purdue University…

Itu saja yang saya pikirkan !

46 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Mar 11, 2008 @ 19:37:28

    sip banget tuh Pak.
    kalo Binus jadi keren kan,saya juga bangga ngbawa nama Binus ke Eropa sana nantinya.
    hehehehehe..!!
    jd nanti gelar yang baru itu MTI yah Pak?
    knp ga M.Sc aja yah?
    hahahahahahahhahaha…..!!!

    Reply

  2. Resi Bismo
    Mar 14, 2008 @ 08:58:37

    saya yakin BINUS dapat menjadi universitas IT no satu diindonesia, dan memang sudah! Syarat2 untuk menjadi universitas unggulan saya lihat sudah terpenuhi… maju terus BINUS maju terus bangsaku.

    Reply

  3. tridjoko
    Mar 14, 2008 @ 14:37:44

    –> Kenapa gelarnya MTI ? Saya malah belum tahu tuh Gung. Bukannya saya bilang Program MTI bukan Gelar MTI ? Saya detailnya belum dengar, tapi dugaan saya gelarnya nanti M.Kom seperti gelar lulusan S2 serupa dari UI, ITB, dsb. Kenapa kok bukan MSc ? Yah..emang kuliah di Binus pake bahase ape pake MSc segale ? Kalau bayaran kuliahnya mahal dan bayar pakai dollar dan kuliahnya dalam bahasa Inggris, maka pantaslah pakai gelar MSc. Tapi Gung, alasannya karena ada SK Dirjen Dikti atau Mendiknas gitu tahun 1993 yang mengatur tentang gelar, jadi nggak bisa sembarangan kasih gelar…kalau nggak mau Binus ditegur ama Pemerintah..

    Mas Resi : thanks doanya. Menjadi universitas IT no.1 di Indonesia kayaknya sudah mas. At least kalau anak IT Binus “berkelahi” sama anak IT universitas lain cuman Gunadarma yang bisa ngimbangi. Soalnya jumlah mahasiswanya seimbang. Kalau Trisakti, Untar, dsb jumlah mahasiswa IT nya cuman 1-2 kelas dibandingkan jumlah mahasiswa IT Binus yang mungkin 80-90 kelas !!
    Iya to mas ?

    Reply

  4. Agung
    Mar 15, 2008 @ 21:51:18

    ooo..!!
    iyah2..!!
    bagus lah,walopun saya juga ga mungkin masuk situ.
    hehehehehe..!!

    Reply

  5. kevin
    Apr 17, 2008 @ 02:17:40

    Pak and frens… setuju menurut saya BiNuS sudah bisa disejajarkan dengan minimal Curtin atau NUS, saya sendiri mahasiswa S2 Binus sedang jalanin Term 3 sambil Thesis. Materinya diatas standar dan tugasnya ajubile juga. Tiap hari mesti bergadang smp jm 3 – 4 pagi… mantap mak

    Reply

    • Angga
      Feb 07, 2011 @ 04:08:19

      Ngimpi aje ente Binus disamain ma NUS… UI ITB aja kalah ama NUS.. apalagi BINUS…

      Angga,
      Gak apa-apa you bilang begitu. Tapi saya tahu persis NUS….dari ujung ke ujung kampus NUS di Ridge Crescent saya juga sudah hapal. Jadi kalau saya bicara, kalau ada yang gak percaya, ya…silahkan aja. Be my guest !!!!

      Gitu aja kok repot !

      Reply

  6. tridjoko
    Apr 17, 2008 @ 07:48:15

    –> Mas Kevin : thanks observasinya tentang perbandingan Binus dengan Curtin dan NUS..

    Menurut saya ada beberapa point yang bisa mensejajarkan Binus dengan Curtin dan NUS, misalnya keseriusan mahasiswa dalam memburu ilmu, terutama S2 Binus (MBA Program) yang tinggal di kampus yang lebih elit (dekat “Yanti” dan “PSG”), dosen yang mengajarkan seringkali pakai bahasa Inggris, dan gaji dosennya yang 2 x lipat daripada di Binus reguler…

    Tapi saya nih dosen Binus reguler, jadi bisa merasakan ratusan point lainnya yang bagi saya “terlalu menakutkan” untuk membandingkan Binus dengan Curtin dan NUS..I don’t even dare enough to compare Curtin and NUS to Binus, since it’s not orange-to-orange comparison, but orange-to-apple comparison..

    Kalau Binus mempunyai “roadmap” yang jelas untuk bagaimana menjadi “World-Class University”, as advertised, dan menaati tahapan-tahapan roadmap tersebut, maka mungkin di tahun 2020 (di Binus disebut 20|20) maka Binus baru bisa disejajarkan dengan Curtin dan NUS..

    Para kritikus seperti Ary Mochtar Pedju dari Arsitektur ITB mengatakan bahwa (saya mengambil analogi-nya saja), membandingkan Binus dengan Curtin dan NUS itu harus dibuktikan tidak hanya di tataran konsep di atas kertas, tapi juga harus dibuktikan di tingkat “shop floor”…

    Menurut istilah saya, supaya Binus bisa disejajarkan dengan Curtin dan NUS harus bisa dibuktikan secara “fool proof” (data yang tidak terbantahkan lagi)..

    Di posting saya sebelumnya yang tersebar di Blog ini saya selalu mengatakan bahwa agar Binus kelak bisa disejajarkan dengan Curtin dan NUS, maka menurut istilah Ade Rai, Binus “harus dihajar dari berbagai sudut”. Maksudnya, saat ini Binus ibarat cowok yang badannya kecil dan kurus kering, sehingga untuk membuatnya seperti Ade Rai, maka banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk memperkuat otot-otot yang ada di segenap tubuh Binus agar muncul menjadi muscle-muscle yang bagus seperti tubuh Ade Rai..

    Mas Kevin, saya pernah selama 9 bulan pengunjung setia kampus NUS, jadi persamaan anda yang menyamakan Binus dengan NUS (saja) bagi saya itu sudah “sangat menakutkan”. Dosen-dosen NUS banyak yang lulusan Harvard, MIT, Stanford dan CMU di bidang Computer Science-nya. Lalu di bidang Law misalnya, banyak yang lulusan Oxford, Cambridge, Yale dan Chicago. Lulusan A-level Singapore tidak semuanya boleh masuk NUS kecuali mendapatkan 30 point yang didapat dari juara Primary School (10 point), juara O-level (10 point) dan juara A-level (10 point). Khusus untuk bidang studi Medicine, Dentistry, Architecture, Computer Science, dan Law, NUS amat sangat sangat competitive..

    Sedangkan Binus ?

    I’d rather surrender myself to ignorance…..;-)

    Reply

  7. hohoho
    May 26, 2008 @ 09:12:48

    ow..keren donk binus.hahaha..
    mm..dnger2, ktanya s2 Mti di gedung anggrek yang baru ya?
    itu untuk fak. komputer y?jadi klo fak. ekonomi, kayak manajemen ga isa y ? kalo kA atau sI bisa dong?
    thx ya..

    Reply

  8. tridjoko
    May 26, 2008 @ 09:34:07

    –> Ho :

    Segalanya masih belum jelas. Kabarnya MTI bakal mulai kuliah Oktober 2008 ini berarti cari mahasiswa mulai Agustus 2008.

    Belum jelas kuliahnya di gedung mana : Anggrek atau JWC (Hang Lekir) ?

    Belum jelas apa persyaratan masuknya dari jurusan apa saja. Yang jelas pasti ada test masuk dan kalau anak dari ekonomi mau masuk dan lulus test, kenapa tidak ?

    Waktu saya ngambil Computer Science di Indiana dulu ada teman saya yang dari Sastra Jerman dan dari Sejarah !!! Tapi asal mereka mempunyai kemampuan pemrograman, pasti kemungkinan berhasilnya di program MTI juga tinggi. Soalnya, bakal banyak tugas pemrograman nih…

    Reply

  9. dplt
    May 27, 2008 @ 12:43:07

    Maksud hati hendak googling mengenai S2 binus dan ternyata sampai disini. Saya senang membaca diskusi di blog Bapak karena informasinya pas dengan yang saya cari :P.

    Saya mau bertanya Pak mengenai komparasi yang digunakan antara BINUS dengan universitas di US seperti Urbana-Champaign dan Purdue (pada artikel Bapak). Terlintas di pikiran saya, apakah Bapak spontan menyebut 2 universitas tersebut karena keduanya (utk program master of computing atau sederajat) lebih baik daripada MIT dan Stanford atau sebaliknya? Setahu saya, di US masih didominasi oleh 2 univ itu, sementara di UK masih didominasi oleh Cambridge dan Imperial.

    Kadang susah juga membandingkan kualitas suatu produk tanpa melihat produknya secara langsung, yang notabene selama ini saya menggunakan world-ranking semata, baik dari THES, JiaoTong hingga ARWU serta PRWU.

    @ttg gelar MTI
    cuma negara kita yang gelarnya beda sendiri karena pake bahasa indonesia, M.Kom :D. Selama diakui di dunia int’l, ga jadi masalah mau pake bahasa apa aja.

    Reply

  10. tridjoko
    May 29, 2008 @ 21:41:03

    –> Hallo Bang David P.L. Tobing :

    Bang…(sorry nyebut begini, kalau menurut orang Jawa berarti “anak saya lebih muda dari anda” maka saya panggil anda Bang)…sementara ini saya tidak menggunakan THES, JiaoTong, ARWU atau PRWU…(but anyway, terima kasih ada ranking Jiao Tong dsb…)…

    Saya lupa di konteks apa saya menyarankan ex mahasiswi saya (Hannah ?) untuk meneruskan ke Purdue atau Illinois..Bukan berarti itu sekolah No.1 dan No.2 di Amerika di Bidang IT, tapi cuman sekolah yang “cukup bagus” di bidang IT dan lulusannya di Indonesia sudah cukup banyak…Mungkin di bidang IT Illinois No.2 (di bidang Hardware) dan Purdue No.5 (di bidang Systems)…

    Ranking yang saya pakai biasanya adalah “Gourman Ranking”. Setiap tahun terbit buku karangan Dr. Gourman ini – banyak metodenya yang dipertanyakan orang namun tetap ranking Gourman salah satu yang paling banyak dipakai di dunia. Sayang tidak ada versi online-nya, makanya harus beli bukunya sekitar USD 35,-.

    Ranking lainnya yang saya pakai adalah “US News & World Report” yang juga setiap tahun terbit. Beli aja majalahnya yang terbit setiap minggu, tapi khusus edisi Juni kalau nggak salah, memuat juga ranking universitas2 di Amerika menurut bidang (IT misalnya) berikut dengan sub bidangnya (Systems, Intelligent Systems, Hardware, Algorithms, Man-Machine Interface, dsb)..

    Gelar di seluruh dunia ini berbeda lho, saya juga pernah bahas di posting saya yang terdahulu cuman lupa yang mana. Misalnya universitas2 Amerika selalu menyebut lulusan bachelornya dengan B.S. atau S.B. (kalau dibalik seperti ini, berarti lulusan Ivy League), B.A. atau A.B., dan seterusnya…

    Kalau buat ngelamar ke luar negeri, terjemahin aja sendiri. Saya dulu “Sarjana Statistika” lalu saya terjemahkan menjadi “Bachelor in Statistics”. Mereka tahu lho !

    Reply

  11. eko
    Jun 06, 2008 @ 07:48:21

    pak..gimana ni MTI di Binusnya jadi buka ga??

    kok sampai sekarang belum ada beritanya…

    saya mtan murid bapak di kelas TI-Statistik..:)

    Reply

  12. tridjoko
    Jun 06, 2008 @ 08:33:02

    –> Eko :

    Jadi kok dibuka, kemungkinan mulai kuliah Oktober 2008 ini..

    Saat ini sedang diurus perijinannya di Dikti, yang perlu waktu agak lama, ya mengikuti birokrasi dan tunggu aja birokrasi selesai mengeluarkan perijinannya…

    Tapi kebiasaan di Binus, sambil perijinannya diurus di Dikti pada saat yang bersamaan juga sudah mulai menerima mahasiswa. Dan bila perlu, kuliah sudah bisa dimulai…

    Kalau nanti program MTI sudah bisa menampung 25 mahasiswa per kelas saja untuk tahun pertama, menurut saya itu sudah bagus banget..

    Mengenai ruang kuliah, saya tidak tahu apakah nanti di Binus JWC Jalan Hang Lekir atau Binus Anggrek di Gedung Baru yang berarsitektur minimalis dengan warna dominan abu-abu, biru tua dan kuning itu (sesuai logo Binus yang baru)…

    Kalau mau ngintip kampus Binus Anggrek yang baru, pura-pura masuk ke ruang Akademis Anggrek dan ketemu dengan dosen. Dari sana pandangan ke kampus baru sudah 100% jelas kelihatan. September 2008 ini mungkin kampus Anggrek yang baru sudah mulai bisa digunakan…

    Reply

  13. Edwin - 08 PAV
    Jun 23, 2008 @ 20:21:18

    Kapan ya , binus ada S3 – Doctor Komputer ?

    S2 Binus kelamaan, di UI udah mulai dari dulu2, gimana bandingan harganya ama UI.

    Gw pikir abis ini, gw mau nglanjutin TI di UI, tapi abis ada S2 TI , Jadi mikir2 lagi. heheehuhe

    Saran buat Binus S2. Dosennya dari luar donk, seperti dari Binus International yg di Hang Lekir….

    Itulah sedikit comment buat Binus University tercinta….

    semoga ga cuman comment doank, disini, tp sampai kenyataan…
    Amin

    Reply

  14. tridjoko
    Jun 23, 2008 @ 20:30:25

    –> Edwin :

    Di UI program S3-nya juga perlu persiapan waktu lama sampai benar-benar beroperasi dan menerima mahasiswa S3. Setahu saya lebih dari 5 tahun. Karena dulu pernah ada brosur S3 UI tahun 1995-an, walaupun sudah dicetak, tapi program S3 UI dibatalkan karena belum mendapat izin dari Depdiknas..

    S2 Binus juga perlu waktu 15 tahun (!!!!!) dari pemikiran awal (conception) sampai menjadi kenyataan penerimaan mahasiswa baru. Saya masih punya file persiapan S2 Ilmu Komputer Binus tahun 1993 yang lalu…

    Dosen S2 Magister Teknologi Informasi (MTI) Binus yang dari “dalam” cuman 6 orang, 3 orang Doktor dan 3 orang Master, lainnya pasti diambil dari orang luar. Begitu juga S1 Binus International, ada orang dalamnya (sebagian kecil), dan sisanya orang luar…itu sudah rumus dan sudah diketahui umum sih…

    Kalau anda ingin S3 Doktor Teknik Informasi (DTI) Binus ada, misalnya sekarang tahun 2008 ada pemikiran awalnya, pasti di tahun 2008 + 15 = 2023 baru terlaksana dan menerima mahasiswa baru !!! Pada tahun itu, anda Edwin, pasti sudah jadi kakek dan sudah punya anak dan cucu !!!

    Yang jelas, kalau anda merasa S2 MTI Binus nanti bermutu, ya segeralah mendaftar selepas anda lulus S1 nanti..

    Kalau anda anggap S2 MTI Binus tidak bermutu, ya silahkan mencari program S2 MTI yang lebih bermutu, mungkin di UI, ITB, ataupun ke Amerika (baca tawaran di http://www.mum.edu)..

    Gitu aja kok repot !!

    Hehehehe…

    Reply

  15. Edwin - 08 PAV
    Jun 24, 2008 @ 20:20:36

    pilihan binus , krn lebih murah. tapi kualitasnya gimana nih, baru angkatan 1 nih. jangan 2 kayak kelas PAV yg 13 orang heeheheehuhe.btw saya lebih suka sepi murid.

    Menurut saya kualitas binus kurang bagus, contohnya
    1. soal UTS pilihan ganda, yg ga mutu. mending essay…
    2. Skripsi 3 Orang…
    3. Gila mahasiswa, kebanyakan…..

    Pak, saya sarankan nglamar aja di S2 MTI binus, kan bapak udah S3 dari luar. pasti saya daftar……

    heheehuehe

    btw dulu bapak kuliah di Amrik, kenapa ga kerja di Amrik ? malah di Binus…

    Reply

  16. Edwin - 08 PAV
    Jun 24, 2008 @ 20:24:10

    Klo S2 MTI lgs peminatan gitu ?

    Si Cutomer Service ga tau, & Ga Jelas…

    Mengerti pak, perbedaan 2 peminatan…?

    Reply

  17. Edwin - 08 PAV
    Jun 24, 2008 @ 20:34:35

    S2 binus itu kuliah biasa ya pak, ga research ya..
    ga kayak MIT ada 2 program

    Reply

  18. tridjoko
    Jun 25, 2008 @ 06:11:16

    –> Edwin :

    Wah..pertanyaan anda kebanyakan euy.. ;-)

    Saya tidak tahu apa perbedaan 2 jurusan S2 Computer Science Binus yang disebut di Spanduk yang digelar di Kampus Anggrek itu. Di situ ada foto Bu Yanti, Pak Sablin, Pak Wiedjaja, dan Bu Nurlina. Kalau Customer Service Binus nggak bisa ngejawab pertanyaan anda, ya anda tanya aja kepada Bapak / Ibu yang fotonya terpampang di spanduk itu…hehehe…

    Katanya programnya mulai 8 Nopember 2008 nih..

    Mengenai soal ujian Binus yang banyak essay-nya, wah…itu sejarahnya panjang euy !

    Mengenai skripsi kelas yang dikerubut bertiga, itu juga panjang pula sejarahnya !

    Mengenai mahasiswa Binus yang kebanyakan, lho justru bagus dong sehingga mahasiswa bisa sharing dengan yang lain tentang segala hal… Kalau nggak salah Binus adalah salah satu dari 2 universitas PTS yang menerima mahasiswa terbanyak setiap tahunnya. Jurusan Teknik Informatika aja menerima sekitar 1.600 orang dan Sistem Informasi sekitar 2.500 orang per tahunnya..

    Kalau ramai mahasiswanya, bukankah itu bagus ?

    Saya tidak tahu berapa orang jumlah mahasiswa per kelasnya di S2 CS Binus nanti, lha wong pendaftarannya aja baru dibuka..

    Saya pernah kuliah S3 sampai mentok, semua mata kuliahnya saya ambil, tapi saya belum pernah secara resmi terdaftar sebagai mahasiswa S3 (Ph.D student), apalagi ngambil qualifying exam atau nulis Ph.D dissertation…jadi nggak ada dong gelar S3-nya..

    Saya nggak kerja di Amerika ? Semua teman Amerika saya dulu juga bertanya begitu kepada saya, berkali-kali… Alasannya, saya sudah punya kerjaan di Jakarta dan juga anak isteri saya ada di Jakarta…hehehe…

    Reply

  19. adhiguna
    Jun 25, 2008 @ 13:51:42

    @Edwin
    Kalau orang2 seperti pak Tridjoko kerja di Amerika nanti mahasiswa2 cerewet seperti anda ngeluh, kok dosennya nggak dari LUAR ? hehehe

    Reply

  20. e-dwin 08PAV
    Jun 26, 2008 @ 21:47:01

    Asal tau aj, saya kuliah ini, cuman cari ilmu,
    bercita2 manjangin gelar.

    ntar jadi Edwin Wibisono, Skom, Ssi, CCNA, dll….

    katanya S2, cuman 30 orang, asyik. ga rame banget….. klo rame banget, ga bisa konsen….

    klo mau S3, binus bikin gedung baru lagi nih…. kapan, ada rumor ?

    Sharing pak, S2 dulu belajar ttg apa ?
    silabusnya ?

    Btw nilai Sispak gimana pak ?
    Jelas A kan…..

    Pak, mau skripsi nih, Bapak mau menjadi pembimbing saya ?

    Saya mau ambil topik ‘Gila’ Ekonofisika, menggabungkan antara Ekonomi dan Fisika

    ilmu ini dari ekonofisika.com – by YohaneS Surya, Professor Fisika, Phd

    Reply

  21. Aris 08 PAV
    Jun 26, 2008 @ 22:10:08

    Huehehe…
    keren juga ya pak binus ud mau membuka S2 untuk MTI ^^
    btw lumayan tuh pak ada job ngajar untuk S2, pasti gede gajinya dech…^^
    itu tuh si Edwin emang suka hiper aktif klo di forum (mohon dimaklumi ^_^)

    Reply

  22. Agung
    Jun 27, 2008 @ 13:00:27

    ga cm MTI.
    tp ada Master of Management Information System jg lho.
    heheheheehhehe..!!

    Reply

  23. verdy
    Jul 05, 2008 @ 10:12:05

    S2 MTI sudah menerima , jadwal kuliah kapan ya..pak, dan biayanya berapa ?

    saya minat loo… pak

    verdy

    Reply

  24. Edwin - 08PAV
    Jul 06, 2008 @ 15:27:44

    Ngeri, bapaknya ngajar S2…..

    Reply

  25. Yusuf
    Sep 14, 2008 @ 19:07:27

    Apakah sekarang pendaftaran masih dibuka?
    Saya berniat untuk masuk nyambi bekerja.
    Serius dengan system-back-end programming, bahkan analyst.
    Mohon info detailnya. Tks.

    Reply

  26. tridjoko
    Sep 14, 2008 @ 20:32:31

    –> Very dan Yusuf :

    Mudah-mudahan sampai minggu depan (15-20 Sept 2008) masih terus menerima mahasiswa baru. Maklum, baru pertama beroperasi mungkin masih banyak kelonggaran-kelonggaran untuk masuk program MTI atau MMSI Binus…

    Silahkan menghubungi Ibu Henny SN (hennysn@binus.edu) atau Ibu Jurike (jurike@binus.edu) untuk mendapatkan informasi lengkapnya..

    Good luck !

    Reply

  27. someone
    Sep 24, 2008 @ 15:31:35

    Dr. Rinda Hedwig

    Saya sangat kecewa dengan sistem kerja operator BINUS hari ini. Karena saya mencoba menghubungi Dr. Rinda untuk tanya tentang S2 MTI. Oleh operator (namanya Juwita) di oper sana di oper sini. Tunggu dulu, tunggu dulu. Meminta no Hp Bu Rinda saja sangat sulit. Inikah citra Univ Binus yang katanya sudah mendapat ISO itu ?
    Saya kecewa dengan sistem pelayanan di Operator Binus.

    Reply

  28. tridjoko
    Sep 25, 2008 @ 07:23:18

    –> Someone :

    Ya..mohon bersabar, jangan marah-marah. Binus sekarang memang sedang “moving”. Ada gedung baru, banyak perpindahan ruangan kantor. AC, telpon, semuanya belum in place. Saya dapat no hape Bu Rinda Hedwig adalah 0818-195-976

    Mohon no hape tersebut HANYA UNTUK KEPERLUAN MENDAFTAR KE PROGRAM S2 MMSI dan MTI. Keperluan lain bukan tanggung jawab saya…

    Terimakasih atas perhatiannya, mudah-mudahan bisa membantu…

    Kalau ada masalah, anda juga bisa nanya di Blog ini dan saya akan mem-forward masalah yang anda hadapi ke pejabat Binus yang terkait (walaupun ini bukan misi utama blog ini)…

    Ok ?

    Reply

  29. edri
    Sep 26, 2008 @ 03:09:56

    wah menarik juga nih, saya juga ada rencana sih pengen s2.. denger² gosip dari rekan² disini klo kuliah komputer di jkt yg ok ya BINUS (bukan muji loh), saya dari bandung soalnya.. mau tanya nih klo MTI/MMSI ini lebih berat kemana ya? saya soalnay bekerja di perusahaan telekomunikasi.. mungkin bisa email saya pak?? bila terlalu panjang dibahas disini (edri@edri.us) thx before..

    Reply

  30. tridjoko
    Sep 26, 2008 @ 05:13:36

    –>Edri :

    Nggak usah di e-mail, tapi di blog ini saja diskusinya….gpp kan ?

    Saya sebenarnya tidak dalam posisi menjelaskan apa itu MTI/MMSI karena sebenarnya status saya cuman “calon dosen” saja, tidak lebih…

    Yang jelas komposisi mata kuliah di MTI/MMSI nanti anda sudah bisa lihat di internet. Lalu yang belum tertulis, akan lebih banyak membahas studi kasus daripada kuliah spt biasa. Yang terakhir, akan lebih banyak para professionals IT yang ngajar daripada dosen biasa…

    Mudah-mudahan memperjelas sesuatu. Kalau masih ada pertanyaan, silahkan menghubungi sekretariat program tersebut…

    Reply

  31. Pedal
    Oct 10, 2008 @ 23:18:41

    Pak, nanya donk..di binus international, satu mata kuliah tuh lamanya brapa jam sih? Trus ada kelas malam gak utk program S1 nya?
    thx yah Pak.

    Reply

  32. nopha2
    Nov 29, 2008 @ 00:18:15

    wah2 BINUS is The best deh, BINUS foeEver
    I very proud 2be undergraduate student from binus University
    hohoho
    wishes all the best foe binusS…
    my Lovely Campuz

    Reply

  33. Doddy
    Dec 13, 2008 @ 16:31:36

    saya mo nanya pak djoko, kuliah di MTI IT tugas-tugasnya /study case nya banyakan buat programming ato hanya konsep saja pak? thanks, karena kalau di MTI UI tidak ada membuat programming tapi lebih ke arah konsep system, terimakasih :)

    Mas Doddy,
    Wah..tepatnya saya belum tahu karena saya baru giliran ngajar (1 mata kuliah berdua) nanti di bulan Maret 2009. Tapi yang saya dengar tugasnya tidak melulu coding tapi lebih ke tataran konseptual dan lebih ke penyelesaian studi kasus. Nah penyelesaian studi kasus kan tidak harus dengan coding kan ?
    Saya dengar juga MMSI menerima sekitar 50 mahasiswa dibagi 2 kelas, dan MTI menerima sekitar 25 mahasiswa yang tergabung ke dalam 1 kelas saja…

    Reply

  34. Doddy
    Dec 18, 2008 @ 13:53:08

    masih kosong ga ya untuk kelas MTI bila saya daftar sabtu nanti?

    terbatas sekali :(

    Mas Doddy,
    Kabarnya program MTI Binus akan ngambil mahasiswa per triwulan (quarter), jadi setahun ngambil mahasiswa sampai 4 kali. Kalau benar, anda bisa ndaftar kapan aja mumpung program MTI Binus untuk tahun-tahun pertama ini masih dihargai murah. Ntar kalau sudah terkenal mungkin harganya tambah mahal…. Anda bisa telpon ke 534-5830 untuk minta bantuan operator…

    Reply

  35. fajri
    Jan 29, 2009 @ 18:27:04

    Mas, saya ada rencana untuk ambil S2 IT.
    Berdasarkan informasi yg saya terima, klo di binus buka S2 MTI & MMSI.
    Yg saya mo tanyakan, yg membedakan MTI dgn MMSI itu apa ya??
    Saya sendiri lulusan S1 ekonomi, tp tertarik untuk ambil S2 di bidang IT.
    Kalau berdasarkan minat, saya lebih fokus di bidang networking.
    Menurut anda, lebih baik saya ambil MIT atau MMSI??

    Mas Fajri,
    Kalau anda dari Ekonomi S1-nya, saya lebih sarankan menggambil MMSI…
    MMSI itu setara dengan MBA in Information Systems kalau di kampus saya Indiana dulu. Sedangkan kalau MTI itu setara dengan Master of Science in Computer Science (MSCS)…

    Kalau anda sangat jago dalam coding program komputer, maka sangat disarankan mengambil MTI. Kalau kurang jago, ya MMSI saja cukup…
    Dulu MMSI adalah program yang paling populer di Binus, tapi sempat terhenti karena ada “brain drain” orang-orang terpandai Binus pindah ke Australia dapat permanent residence (green card)…
    Sekarang ini MMSI ada 2 kelas dan MTI ada 1 kelas, itu kabar terakhir yang saya terima dari mahasiswa S2 angkatan pertama kemarin ini…

    thx

    Reply

  36. Paul
    Jan 30, 2009 @ 22:09:02

    Pak, numpang tanya. Kalau form rekomendasi dosen untuk ambil MMSI di binus itu harus diisi oleh dosen yg pernah mengajar saya waktu studi S1 di binus atau boleh dosen binus yg lain?
    Saya mau ambil MMSI di binus, awalnya mau ambil MTI tapi saya pikir buat apa dua kali ambil teknik, lebih baik salah satunya non-teknik.
    Trims, pak.

    Paul,
    Aturan internasionalnya, surat referensi berasal dari dosen pembimbing skripsi waktu anda dulu ngambil S1, atau dari dosen perwalian (walau di Binus tidak ada istilah perwalian itu)…
    Tapi kalau di Binus, mungkin boleh dari dosen lain yang mengenal dekat anda….

    Reply

  37. Paul
    Jan 30, 2009 @ 23:14:21

    Trims utk jwbannya, pak. Apa nanti pak Tri ngajar di MMSI ???
    Kalau jurusan MMSI itu gelarnya nanti MM, M.Kom. ??

    Saya ngajar di MTI mulai Maret 2009 ini. Mata kuliah “IT Strategic” dan “Computer Security and Network Intrusion”..
    Setahu saya program MMSI gelarnya MM atau MMSI, sedang MTI gelarnya M.Kom..
    Tapi untuk jelasnya bisa ditanyakan ke program S2 Binus nanti…

    Reply

  38. suryodesign
    Feb 09, 2009 @ 22:37:16

    hmmmm lagi bingung mau ikut mau ikut S2 yg mana , saya masih belum begitu mengerti.

    Reply

  39. Ir_WIN
    Mar 03, 2009 @ 13:18:20

    Saya lulusan S1 Sistem Informasi (SI) Komputer.

    Minat mau lanjut S2 Komputer.

    Bagus nya pilih MMSI, MTI atau M.Kom ya?

    Untuk coding2 saya lemah.

    Thanx Jawabannya

    Irwin,
    Kalau ada lemah di coding, berarti jangan ambil MTI atau M.Kom yang banyak coding-nya…

    Jadi pilihannya cuman satu, yaitu ambil MMSI…(toh dunia kerja nggak membedakan apakah S2 anda MTI, M.Kom atau MMSI, yang penting pengalaman kerja anda apa, dan anda bisa apa…)…

    Reply

  40. Ir_WIN
    Mar 03, 2009 @ 13:34:02

    Bos lihat di Binus untuk Peminatan Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI) :

    * Enterprise Information Systems
    * Information Systems Valuation

    Gelar : Magister Manajemen Sistem Informasi (MMSI).

    Pilih yang mana ya Enterprise Information Systems / Information Systems Valuation?

    Mas Irwin,
    Saya sudah jawab pertanyaan ini di posting lainnya… Silahkan dicek…

    Reply

  41. Rani
    Aug 29, 2009 @ 10:51:33

    Pak numpang tanya, saya lulusan S1 Ekonomi Akuntansi mau melanjutkan MMSI di Binus bisa tidak ya?

    karena ndak jelas di webnya itu bisa dari s1 non komputer atau tidak.
    Terima kasih pak.

    Rani,
    Sebenarnya bisa saja anda yang lulusan S1 Ekonomi Akuntansi mau melanjutkan ke MMSI di Binus (Anggrek), dengan syarat anda punya minat lebih di bidang IS/IT (Information Systems/Information Technology) dan punya motivasi yang besar…

    Sebenarnya ada satu program lagi di Binus (JWC, samping Senayan City) yang khusus untuk lulusan S1 Akuntansi, namanya kalau nggak salah MMAc. kerjasama dengan Curtin University of Technology (double degree), tapi bayarnya bisa 2 x lipat (mungkin) daripada yang di Binus (Anggrek)…

    Saya ngajar di MTI tapi belum sempat ngajar di MMSI, tapi kelasnya di sebelah ruangan kok….

    Reply

  42. Srinugraha
    Sep 01, 2009 @ 20:55:42

    Pak mohon informasi, kalo program S2 MTI dan MMSI Binus sudah terakreditasi belum? dapet apa hasilny?
    akreditasi itu pentingkah?

    Mas Srinugraha,
    Saya tidak dalam posisi bisa menjawab pertanyaan ini, karena saya bukan pejabat pengasuh program S2 MTI dan MMSI di Binus…

    Tapi berdasarkan pengalaman saya kerja 27 tahun di Binus, biasanya kalau ada program studi baru seperti program S2 MTI dan MMSI itu, sebelum program berjalan Binus pasti sudah menyerahkan “Proposal” pembentukan studi baru, ada nama Ka Program Studi, Sek Program Studi, Dosen Tetap dengan syarat tertentu, Dosen Tidak Tetap dengan syarat tertentu. Nah, berkas pengajuan izin operasional program studi baru ini lalu dimasukkan ke Dikti & ke Kopertis III di Cawang untuk mendapatkan persetujuan…

    Biasanya izin operasional itu tidak langsung keluar, pengalaman saya sih perlu waktu 4 bulan sampai 6 bulan sampai izin operasionalnya resmi keluar. Tapi sebelum izin operasional keluar, izin prinsip dari Dirjen Dikti dan Kopertis pasti sudah ada, maksudnya kedua lembaga tersebut sudah memberi restu kepada Binus agar kedua program studi itu bisa berjalan, pending menunggu surat izin operasional tiba…

    Masalah akreditasi itu lain soal. Sebenarnya Binus sudah lama punya program MMSI, bahkan sejak 1993 (kalau saya tidak salah, letaknya di Kampus Syahdan), tapi program MMSI sempat “mati suri” beberapa tahun (setelah dari Syahdan pindah ke kampus JWC sampai tahun 2006 kalau tidak salah). Nah program MMSI itu sekarang dihidupkan kembali di kampus Anggrek. Sedangkan program MTI adalah sama sekali baru. Nanti kalau izin operasional sudah didapat, baru Binus mengajukan Akreditasi program S2 MMSI dan MTI ke BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang nantinya akan menurunkan 2 aksesor (biasanya keduanya Professor) ke Binus untuk mengevaluasi program S2 MMSI dan MTI secara langsung. Sebulan dua bulan kemudian, mungkin baru akreditasinya akan turun. Bisa dapat nilai B atau A atau A Pembina (biasanya Binus nggak bakal dapat nilai C, berhubung gedungnya udah mantap betul….)…

    Sekedar pengalaman, tinggi rendahnya akreditasi program studi di Binus TIDAK BERPENGARUH terhadap banyak sedikitnya mahasiswa yang masuk ke program studi tersebut. Binus sudah punya nama, istilah orang jualan….tidak pasang iklanpun mahasiswa akan berbondong-bondong masuk ke Binus. Masalah akreditasi itu urusan pemerintah, tapi tidak berpengaruh terhadap animo peminat program-program Binus. Nggak ngefek, begitulah kira-kira….

    Setidaknya itu yang “dirasakan” oleh Binus sejak dulu, setidaknya selama saya pernah jadi “inner circle” Binus sampai tahun 2000. Sekarangpun, perasaan itu masih tetap ada…

    FYI, banyak universitas “tetangga sebelah” yang berapi-api mengiklankan program studinya mendapat nilai sekian dan sekian dan berharap banyak mahasiswa akan berdatangan masuk ke programnya. Akankah menjadi kenyataan ?

    You bet !

    Reply

  43. Markisa
    Feb 01, 2010 @ 14:56:07

    Siang, pak Tri. Maaf, mau tanya. Kampus MTI Binus itu yang ada di dekat Senayan City itu? Saya tertarik dengan MTI Binus tapi masih mau perhitungkan lokasinya karena tempat saya nun jauh di Bekasi Timur ujung. :) Terima-kasih.

    Markisa,
    Program MTI Binus ada di Kampus Anggrek, Jalan Kebon Jeruk Raya 25. Lebih dekat ke Slipi/RCT. Jadi bukan yang di sebelahnya Senayan City itu…

    Tapi aksesnya enak lho, naik mikrolet M24 lalu nyambung bisa Grogol-Bekasi Timur di depan Slipi Jaya Plaza juga banyak tuh…

    Moga info ini berguna…

    Reply

  44. M. Lutfi Yusuf
    Aug 15, 2010 @ 19:44:06

    Pak, saya mau tanya nich.
    Saya lulusan S1 T. Elektro Sub. Telekomunikasi, sekarang saya bekerja sebagai IT Support di pertamina (tenaga outsource). Yang mau saya tanyakan, Sebaiknya saya melanjutkan S2 di binus di jurusan mana ? MTI / MMSI, karena keilmuan yg saya miliki tidak ada pemrograman, saya lebih mengenal hardware daripada coding ataupun pemrograman, jika MMSI bukankah lebih banyak ke manajemen. Lingkup kerja saya lebih banyak tenntang maintenance PC dan server, tidak ada hubungannya dengan coding ataupun pemrograman. jadi sebaiknya saya milih apa pak.

    Terimakasih banyak.

    Mas Luthfi,
    Karena saya dosen S2 MTI Binus…ya sebaiknya Mas Luthfi ambil saja Program MTI, bukan MMSI…hehehe…

    Program MTI lebih banyak ke network atau computer security, sedang MMSI lebih banyak ke data warehouse dsb..

    Reply

  45. Hendrick
    Mar 22, 2013 @ 23:37:23

    Hai Pak Tri,

    Saya Lulusan S1 IT dan sedang tesis s2 MMSI di binus.
    langkah selanjutnya yg tepat utk saya, saya bekerja sebagai apa bagusnya bapak?

    dlu saya engineer support database, dan saya sekarang AM(Account Manager) utk product Cisco. lebih baik sebagai apakah pak? mohon pencerahanya.

    fyi : Saya pny teman di Singpore, BINUS diakui sekali di sana. di sejajarkan dengan university top di sana. dan dia notice sy kl memang mengambil jalur IT like engineer Pro lebih baik di luar. soalnya juju di indon engineer di indon byk yg di outsource kan dan kurang di perhatikan oleh company nya. :P

    Regards,
    Hendrick

    Hendrick,
    Sebenarnya arahan saya jelas….anda ndaftar aja ke http://www.jobsDB.com lalu apply ke IT job di Singapore, Malaysia atau Australia….itu lebih menjanjikan bagi anda saya kira…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 302 other followers

%d bloggers like this: