Masuk Graduate Dorm

Sewaktu masih di Miami, Pak Amin Zarkasi teman saya sudah mengirimkan via surat Formulir Perjanjian Tinggal di Eigenmann Hall, satu-satunya Graduate Dorm berkapasitas 1,400 orang yang ada di Kampus Indiana University…

Surat perjanjian itu pakai kertas warna kuning dengan ukuran kertas Legal (Folio). Terbaca bahwa biaya tinggal di asrama dengan 20 meal per minggu (20 kali makan) adalah $ 297 per bulan. Dengan beasiswa saya sekitar $ 625 per bulan (belum termasuk uang buku $ 50 per bulan), tarif asrama sebesar itu cukup affordable lah…

Di kampus-kampus Amerika biasanya selama Natal dan Tahun Baru, yaitu antara tanggal 15 Desember sampai 13 Januari, kampus diliburkan karena menyambut Holiday Seasons. Oleh karena itu, dua hari sebelum kuliah Spring semester 1987 dimulai pada tanggal 14 Januari 1987, Pak Amin-pun mengantar saya masuk Eigenmann Hall…

Setelah melapor ke Front Desk, maka resmilah saya masuk asrama mahasiswa pascasarjana berbentuk X dan berlantai 14 serta separuh dihuni cewek dan separuh dihuni cowok itu. Rupanya kedatangan saya beberapa hari sebelumnya menjadi berita besar (seperti biasanya kalau ada orang baru) di kalangan mahasiswa Indonesia yang ada di Bloomington yang berjumlah sekitar 200 orang termasuk family member itu…

Rupanya pula, ada sekitar 20 orang Indonesia yang tinggal di asrama ini, kebanyakan adalah karyasiswa yaitu pegawai pemerintah yang sedang mengambil studi S2 atau S3. O ya Eigenmann menganut “Quiet Policy” jadi siapa saja yang tinggal di asrama ini minimal sudah berumur 21 tahun dan bisa mengikuti (observe) “Quiet Policy” ini. Jadi kalau ngomong antar sesamanya di lantai-lantai asrama, kita harus dengan bahasa bisik-bisik. Bahkan di lantai 13 ada “24-Hour Quiet Policy” jadi siangpun nggak boleh bicara keras-keras…

Ada enaknya, yaitu kita bisa tenang belajar, dan kalau ada tetangga yang nyetel tape recorder atau TV kencang-kencang kita bisa tegur, “Hi Tom, could you turn down your TV for a little”…kira-kira gitulah negurnya…

Nggak enaknya, kalau saya kekencengan nyetel radio, maka pintu kamar saya juga akan diketuk orang, “Hi Tri, could you reduce your radio volume ?”…

Maka tidak ada pilihan lain bagi saya selain menjawab “Su…Su…Sure Tom !”. Dan sayapun harus menuju radio dan mengecilkan volumenya. Awalnya agak menyebalkan, tapi lama-kelamaan jadi keenakan…

Di setiap lantai asrama ini, 2 wing dihuni cowok dan 2 wing dihuni cewek. Wing cowok dengan karpet lantai warna orange dan wing cewek dengan warna karpet lantai biru. Antara bagian cowok dan bagian cewek ada pintu butulan. Kita sebagai mahasiswa laki boleh aja masuk ke wing cewek, tapi harus sangat hati-hati, jangan sampai ngintip atau masuk ke kamar mandi cewek karena konon katanya dendanya $ 3,000 dan bisa langsung di-expell (dikeluarkan) dari universitas !!

Sayapun berkenalan dengan orang-orang Indonesia yang tinggal di asrama ini, biasanya di lantai ground floor yang ada meja pingpongnya. Atau ketemu di meja makan dan kita makan rame-rame. Dining hall asrama ini konon bisa menampung 500 orang di wing utara dan 500 orang di wing selatan. I mean, jumlah kursi makannya memang 1,000 orang !!!

Makanan boleh diambil sesukanya, sekenyangnya, kecuali main entry. Begitu juga salad dan minuman bisa diambil sekenyangnya…

Nantinya, tidak heran bila dalam waktu 10 bulan badan saya sudah bertambah subur 10 kg !!!

Kamar di asrama ini 95% adalah kamar single, jadi kita tinggal sendirian di kamar ukuran 5,5 x 3 meter persegi yang di dalamnya ada spring bed, lemari tembok, kursi dan meja belajar, dan kursi dan meja duduk. Gantungan handuk juga ada, begitu pula ruangan dilengkapi dengan pendingin ruangan berupa AC di musim panas, yang sekaligus ACnya bisa berfungsi sebagai heater bila musim dingin telah tiba…

Beberapa hari setelah saya masuk Eigenmann rupanya suhu Bloomington semakin memburuk dengan salju turun yang semakin menumpuk di jalan dan suhu dingin menggigit tulang. Tanpa disangka, Pak Aminpun merasa kedinginan di trailer dan diapun minta pindah masuk Eigenmann pula..

Saya sudah beli semua perlengkapan untuk kuliah Spring Semester ini, dari backpack merk Jansport sampai balaclava baru berwarna biru tua. Kartu mahasiswapun sudah saya dapat, dan karcis langganan bis kampus sebesar $65 untuk semua jurusan sesuka hatipun sudah saya beli…

Saya tidak sabar lagi untuk mengikuti kelas Computer Science pertama saya di Indiana University at Bloomington ini…

[Bersambung]..

15 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Apr 03, 2008 @ 08:01:31

    Bapak,saya sudah lihat webnya Indiana University.
    yang $3000 itu buat orang2 lokal.
    dan itu pun buat S1.
    kalo orang luar mao ambil S2,paling murah $10.000an tuh.
    jadi emank lbh murah Texas yah Pak.
    hehehehehehe..!!

    Reply

  2. tridjoko
    Apr 03, 2008 @ 22:30:14

    –> Agung : yang bennying Gung masak sekarang tuition fees untuk graduate study di Indiana University sudah $10,000 per semester ?

    Are you kidding ? 20 puluh tahun yang lalu saya cuman bayar $ 2,500 per semester..

    Makanya pilih Texas aja…

    Reply

  3. Agung
    Apr 03, 2008 @ 22:42:07

    beneran Pak.
    kalo ga percaya,Bapak bole liat sendiri deh.

    hehehehehehehe…!!!
    kalo kakek saya bilang,

    “Agung,kamu ikut tante aja di Texas. ini biaya kuliah uda disediakan,dan soal biaya hidup bisa nebeng tante kamu. pilih jurusan apa aja yang kamu mau. nanti kamu kalo uda lulus,kamu bisa bantu kakek di kantor.”

    nah,saya akan pilih Texas Pak.
    dolo juga kakek saya sempet tawari saya S1 di Texas.
    cuma waktu itu,uda keburu masuk Binus (uda bayar).
    dan juga ada “misi” yang belom selesai.
    jadi saya berjuang untuk menolak.
    hehehehehehe..!!

    Reply

  4. tridjoko
    Apr 04, 2008 @ 10:45:47

    –> Agung : wah kayaknya saya bisa membaca nih…anda tidak jadi berangkat ke Texas dan menetapkan memilih Binus karena masalah “cinta yang belum selesai” ya ?

    Ha..ha..ha…

    Emang itu sering terjadi di kota-kota besar semacam Jakarta ini..

    Tapi kalau anda mau jadi seorang “warrior” yang mumpuni, anda harus sejenak melupakan kelembutan wanita..

    Contohnya di novel Miyamoto Musashi waktu Musashi sibuk “memburu jalan pedang” maka ia sempat mengabaikan Otsu, pacarnya, barang sejenak…

    Pada akhirnya, Musashi bisa menemukan jalan pedang yang dicarinya dan juga menemukan cinta pacarnya, Otsu..

    Reply

  5. Agung
    Apr 04, 2008 @ 10:55:04

    wah,Bapak keren bisa menganalisa hal aneh gituan dengan sangat cepat dan tepat.
    hehehehehehe..!!
    makanya sekarang saya uda ga mao pikirin cewe dolo Pak.
    semua itu sudah selesai dan tanpa bekas.
    cewe itu pun uda lulus dari BINUS dan uda jadian ama cowo lain.
    saya pun uda sempet jadian ama cewe lain,ampe uda putus lagi.
    yang penting skrg lulus dr BINUS dgn IPK sexy,lulus GMAT dgn sexy juga,dan siap2 ke Belgia.
    hehehehehehe…!!
    “Jalan Pedang”…!!!
    hahahahahahahahahaha…!!

    Reply

  6. tridjoko
    Apr 04, 2008 @ 15:41:07

    –> Agung : emang kata lagunya Ebiet G. Ade jaman dulu “Cinta tidak mesti harus bersatu” yang artinya cinta ya cinta, kalau cintrong setengah mati tapi nggak bisa berujung ke relationship yang lebih tinggi, why worry ?

    Mungkin yang di atas sudah menyediakan anda “Ms. Right” yang sekarang belon ketemu…

    Jangan sampai anda mabuk kepayang karena cinta sehingga perkuliahan terganggu, yang kata Gombloh “kalau cinta sudah melekat, tai kucing serasa coklat”..ha..ha..

    Wah cintamu putus sambung kayak PLN aja yang listriknya putus sambung..he..he..

    Ya, bagi mahasiswa ganda semester 6 macam anda yang penting adalah membuat IPK jadi sexy, bahasa Inggris jadi sexy, ngomong Inggrisnya juga sexy, GMATnya sexy, supaya bisa masuk program S2 di universitas sexy dan negeri sexy…hi..hi..hi..

    “Jalan Pedang”…hiaaaaaaattttttttt !!!

    [kalau saya memang “seksi” alias “seket siji” karena umur saya udah 51..hi..hi..hi…]

    Reply

  7. Agung
    Apr 04, 2008 @ 16:36:47

    hahahahahaha…!!!!
    as you command,Sir…!!!
    hahahahahahahha…!!
    duh,yang ngomong bahasa inggrisnya seksi tuh cewe2 british (menurut saya yah) macam2 Emma Watson,Kiera Knightley,cewe2 Spice Girl,dll.
    ngomongnya gimana gitu,sambil sedikit monyong2,jadi seksi bibirnya.
    hahahahahaha…!!!
    saya cowok ini yah Pak.
    kalo kantong tebal dan berpenampilan menarik (toh saya ga jelek2 amat) ,masa ga ada yg nyantol?!?!
    iyah ga Pak??
    hehehehehehehehehe…!!

    Reply

  8. Tri Djoko
    Apr 04, 2008 @ 22:15:37

    –> Agung : bagi saya sekarang ini yang menarik cara ngomongnya dan cara nyanyinya adalah cewek-cewek yang ngomongnya British English atau Australian English…soale gua gak bgitu ngerti !!!

    Ha..ha..ha..

    Kalau cewek Amrik walaupun logatnya New York, Chicago, Texas, atau California gua udah hapal semua… jadi udah nggak challenging lagi…

    Cewek2 bule tuh senengnya “mencari faktor X’. Tidak selalu yang ganteng macem cowok metroseksual yang dipilih. Kadang-kadang yang item dan giginya tonggos yang dipilih, asal body cowoknya bagus ditandai dengan dadanya ada “piano”-nya..ha..ha..ha..

    Apalagi dengan “tight butt”…hi..hi..hi… (anda harus banyak nonton film Amrik yang konyol, baru tahu maksudnya..)…

    Reply

  9. Agung
    Apr 04, 2008 @ 22:26:55

    ooohhh…!!
    yah dikit2 ngerti lah Pak.
    film macam2 American Pie,The Girl Next Door,Who’s Your Daddy,dll.
    hahahahaha..!!
    yah,saya mah ga harus bule.
    yang sebangsa dengan saya juga gpp.
    asal seiman Pak.
    hehehehehe..!!

    Reply

  10. Tri Djoko
    Apr 04, 2008 @ 22:38:40

    –> Agung : hey hey film macam apa pula itu, kok saya belum pernah lihat ? Apa kategori filmnya, PG-13 atau R/A ?

    Kalau nikah sama bule, bakalan pinter bahasa Inggris. Kalau nikah sama chinese dari China, bakalan pinter bahasa Mandarin (simple stroke), kalau nikah sama chinese dari Taiwan, bakalan pinter bahasa Mandarin (full stroke)..

    Kalau nikah sama Japanese, pinter bahasa Jepang..

    Lha kalau nikah sama orang Indonesia ?

    Pinter bikin gado-gado, ha..ha..ha..

    Reply

  11. Agung
    Apr 04, 2008 @ 22:43:10

    yah,film itu lah.
    coba aja Bapak cari di toko DVD di dkt kampus syahdan (di sebelah emporium syahdan,di jalan keluarga).
    hehehehehehee….!!!!
    kalo ama chinese yang tinggal di indo,jadi pinter bahasa glodok.
    hahahahaha..!!
    yang penting pinter bikin anak dan memeliharanya sehingga anaknya jadi berkualitas.
    hehehehehehehe…!!

    Reply

  12. Tri Djoko
    Apr 04, 2008 @ 22:56:38

    –> Agung : orang seumur saya biasanya sudah malu buat beli VCD (malu tapi mau, ha..ha..ha..)

    Ya cari isteri harus dicari bibit (keluarga), bebet (nama), dan bobot(kekayaan)…

    Tapi jangan cari yang “bobot”nya berat…ini mah besar badannya !

    Reply

  13. Agung
    Apr 04, 2008 @ 23:02:00

    hahahahahaahha…!!!
    iyah2,ngerti Pak.
    hehehehehehehhee…!!!
    kalo bisa mah jangan yg lebih mapan dari keluarga saya.
    di mana harga diri saya sebagai lelaki???
    hahahahahaha…!!!
    yah,that Ms. Right must be the best from Lord.
    no matter she is,the most important is she loves me very much.
    that’s all.
    hehehehehehehe..!!

    Reply

  14. tridjoko
    Apr 04, 2008 @ 23:07:16

    –> Agung : nyari yang belum semapan keluarga anda ?

    Yah, cari Cinderella aja !!!
    Ha..ha..ha..

    Emang kalau orang lagi pacaran, pasti cari “Ms. Right” yang enak diajak pacaran, yaitu someone that we love (with blonde hair, of course !!)..

    Tapi katanya kalau nyari buat isteri, cari “Ms. Right” who love us (with redhead, for sure !!)..

    Reply

  15. Agung
    Apr 05, 2008 @ 07:31:16

    hehehehehehe…!!
    soalnya yah,kalo cewe matrein cowonya tuh hal yang sangat lumrah.
    tapi kalo cowo matrein cewenya,mending mati aja tuh cowo.
    hehehehehehehe…!!
    yah.mudah2an saya dapet Cinderella dari negeri seberang sana.
    ato Cinderelaa di indo jg gpp.
    that’s right,Sir.
    i love the red one,anyway.
    hehehehehehehehe…!!!

    Reply

Leave a Reply

