Kuliah Writing English

Di beberapa posting yang lalu saya sudah cerita bahwa sebelum kita memulai Spring Semester 1987 di Indiana University, setiap mahasiswa diharuskan mengambil English Test. Jadi judulnya English Test, dan bukan Toefl Test karena semua yang sudah diterima di Indiana pasti nilai Toeflnya sudah memenuhi syarat. Misalnya, untuk mengambil program Master’s atau Ph.D nilai Toefl minimal adalah 550, kecuali untuk Chemistry dan Computer Science yang nilai Toefl minimalnya adalah 570.

Dan pada cerita yang lalu saya sudah sampaikan bahwa, hanya mahasiswa yang pernah kuliah di Amerika sebelumnya yang lulus English Test ala Indiana ini. Maklum yang banyak ditest adalah apakah kita bisa mendengar dan berbicara bahasa Inggris, dengan cara rekaman kemrosok di tengah suasana hiruk pikuk kemudian dua orang berbicara berbahasa Inggris dan kita disuruh nebak mereka itu ngomong apa ?

Meneketehe ?

Akhirnya saya disuruh mengambil English Writing course di Linguistics Department sebesar 2 credit hours. Bagi saya pribadi, itu no problemo karena saya bisa belajar menulis bahasa Inggris dengan lebih baik..

Dalam kelas ini, semuanya adalah mahasiswa asing, baik yang ngambil undergraduate maupun graduate study. Ada 2 orang Indonesia yaitu saya dan Diaz, kemudian ada orang Israel yang berumur 35 tahunan mau ngambil Ph.D, ada beberapa orang China, dan beberapa orang Korea. Wah..yang seru setiap ada diskusi orang Israelnya berantem terus dengan orang China, “China is so backward !”, kata si Israel. Mungkin dia tidak tahu, 20 tahun kemudian kemajuan China begitu pesat dan Israel hanya jalan di tempat dalam hal pembangunan ekonominya…

Dosen English Writing class ini kebanyakan adalah mahasiswa Ph.D di Linguistics Department. Saya juga tidak tahu mengapa Linguistics Dept kok bukan Literature Dept ? Ya mungkin “ilmu” Inggisnya di Linguistics, sedangkan Literature Dept kesannya lebih banyak orang sastranya..

Ya sudah, saya jalani saja. Jadi setiap kelas dimulai, didahului dengan membaca semacam Reading, lalu dilanjutkan dengan diskusi apa maksud Reading itu. Topiknya amat sangat menarik dan rada advance dibandingkan yang versi di Indonesia. Kita membahas dari demography, politics, technology, science, dan sebagainya. Sepulang dari kelas ini selalu ada assignment untuk menulis 5-10 lembar tulis tangan yang dikumpulkan di class berikutnya..

Setiap sore saya senang sekali menulis pakai bahasa Inggris di atas kertas kuning halus merk Paperline ini. Menulisnya hanya pakai pensil, yang kalau ada salah kita tinggal menghapus saja dengan eraser. Lama-kelamaan saya kagum sendiri dengan melihat bahwa saya sudah bisa menulis bahasa Inggris..ha..ha.. Apalagi si dosennya selalu mengoreksi tulisan saya line by line dan memberi masukan apa yang perlu diimprove..

Wah, kalau menulis bahasa Inggris demikian menarik, mengapa saya nggak ngambil Journalism saja ya ?

[Pasti anda menjawab, kalau mau ngambil Journalism di NYU – New York University – saja. Wah, itu tandanya anda sudah terkagum-kagum dengan FTV DTK – Dunia Tanpa Koma – yang dibintangi Dian Sastro yang katanya lulusan NYU itu. Tapi dalam FTV itu Dian, sebagai alumni NYU, diberi tugas ringan yang tidak bisa diselesaikan. Ini dia….nggak NYU banget sih !! ]

Di akhir semester saya dapat A+ dan beritanya segera saya sampaikan via surat kepada Kepala Biro Personalia BPPT pada waktu itu yaitu Pak Hanggoro Marsetio. Beberapa hari kemudian Pak Hanggoro membalas surat saya dan mengucapkan selamat..

Tapi itu masih bahasa Inggris, masih banyak mata kuliah lain yang berat-berat yang belum saya ambil..

Jalan masih panjang…

[Bersambung]

 

1 Comment (+add yours?)

  1. tya ajaa...
    Jul 05, 2008 @ 08:48:16

    aduuuu…h,om
    saya tya.
    kuliah di FKIP universitas mataram,west nusa tenggara..
    Sharing dunk experience nya Om sewaktu di Indiana sana?
    cerita2nya inspirise bngt buat saya..bqin saya pengen memijakkan kaki saya di tanah Indiana..
    wish me luck ya Om?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: