Nyopir ala “Running Back”

Pagi ini saya berangkat dari rumah sekitar jam 06.00 padahal saya harus ngajar AI di kelas 06PAW Binus jam 07.00. Sebelum ke Binus, saya harus ngedrop anak saya Ditta di Baraya – Jatiwaringin, karena dia mau langsung ke kampus ITB. Anak saya Dessa-pun ikut. Maka, dari rumah saya masuk tol JORR arah Cikampek, lalu belok kiri di Cikunir dan masuk tol Cikampek.

Sebelum belok kiri ke arah Jatiwaringin ternyata…Oh my Gawd !!! Banyak bener motor dari arah selatan menuju utara, sampai Polisi lalu lintaspun mengadakan acara “buka tutup” segala. Mobil saya yang keluar tol mau ke arah selatan (ke arah As-Syafiiah) diberhentikan polisi menunggu arus dari selatan mereda. Tapi nggak pernah reda, maka 10 menit kemudian mobil saya boleh jalan lagi. Sampai Baraya jam 06.28 dan sayapun say good bye ke anak saya Ditta dan mobil sayapun kembali ke arah utara menuju tol dalam kota..

Tol Cikampek arah dalam kota (ke arah barat) ini tidak pernah menjadi favorit saya. Bisnya sama truknya lebih banyak daripada jumlah domba di kelurahan Jatiwaringin, alias banyak banget beih !!

Di Tol Cikampek mobil tersendat-sendat, kecepatan cuman 10 km/jam. Untunglah ada bis kecil jelek berwarna kuning, kaca belakangnya sudah ditambal dan atapnya sudah setengah keropos. Bis mana lagi kalau bukan bis kantor saya, BPPT ?

Akhirnya saya nguntit terus di belakang bis nomor 47 itu. Di belok kiri, saya ikut belok kiri. Ke kanan lagi, saya ikuti. Jadilah saya “membelah” antrian mobil ke arah Semanggi ala “Running Back” (Lorenzo White dari Michigan State ? Maybe), dan bis BPPT tadi bagaikan “Linesman” saya saja…

Brrrmm..brrmmm..brrmmm…asyik !! Tapi rupanya Linesman saya tadi cepat sekali berlalu dan gerakannya sulit ditebak. Kadang-kadang jauh kekiri, tapi kemudian ke kanan lagi. Sampai di Cawang, saya terpisah dan tidak bisa mengejar bis jemputan BPPT dengan sopir yang cukup “gila” itu !

Jadinya saya hari ini nyopir ala “Running Back”..

[Running back adalah salah satu posisi di dalam American Football, posisinya di belakang Quarterback yang mensuplai bola dari awal. Biasanya sebelum dihajar (di-sack) oleh lawan, Quarterback punya dua pilihan membawa bola, bisa lewat udara dengan cara dilemparkan ke Wide Receiver atau Flanker, atau dilempar ke belakang untuk dibawa lari “lewat darat” melalui Running back]..

Di Jakarta ini cara nyopir yang lain adalah “ala Left Back” atau “The Roberto Carlos way”. Cara ini digunakan oleh antara lain seorang ibu tetangga saya yang jago ngebut. Dia selalu lewat kiri..kiri..dan kiri..sampai nanti waktunya harus ke kanan..

Pokoknya, cepat sampai kantor atau kampus..

Tapi tak urung, saya telat juga hari ini. Biasanya sampai jam 07.00, ini jam 08.00 baru sampai kampus. Untung mahasiswanya baik-baik mau nunggu..he..he..

 

3 Comments (+add yours?)

  1. edratna
    Apr 13, 2008 @ 05:34:35

    Kemacetan Jakarta memang makin menggila. Tahun 84, saat awal pindah ke Cipete, kalau ke kantor (tiap hari) yang terletak dibelakang istana Presiden hanya perlu waktu 20-30 menit. Sekarang? Kalau berangkatnya masih sebelum jam 6.30 wib maka jarak tsb dapat ditempuh 90 menit, dan meningkat menjadi 2 jam jika telah melewati jam tsb. Akibatnya jika ada undangan rapat jam 9.30 wib, saya pesan taksi paling lambat jam 7.00 wib.

    Jarak rumah-LPPI di Kemang Raya, yang tahun 1981 dapat ditemput dengan waktu 10 menit, sekarang saya harus memberi waktu 90 menit.

    Belum lagi kalau hari hujan, untuk memutar jembatan Semanggi bisa lebih dari satu jam. Syukurlah kegiatan banyak dilakukan melalui rumah, melalui email….dan datang hanya pas rapat atau mengajar.

    Reply

  2. tridjoko
    Apr 13, 2008 @ 07:50:51

    –> Bu Edratna : ya benar, sebelum ada jalan tol dari rumah saya ke Cawang sekitar 45 menit, padahal melalui jalan biasa plus jalan tikus…

    Setelah dibangun rumah tol di sebelah rumah saya, kalau saya masuk jalan tol lebih dari jam 06.00 menuju Cawang akan perlu waktu minimal 45 menit !

    Hal itu menjadi cuman 10-15 menit sampai Cawang jika saya dari rumah berangkatnya jam 5.00 !!

    Tapi apa mau saya mau ke kantor kok bersamaan dengan jam pulangnya burung hantu ke kandang gitu…

    Reply

  3. oprus
    Dec 02, 2009 @ 16:27:35

    boleh nanya bus BPPT ada yang lewat Pd cabe ga?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: