Mulai bulan Mei, mari ber-Speedy

Sebagai dosen biasa yang gajinya nggak seberapa, sudah lama saya ingin mencari cara agar kualitas kehidupan saya meningkat, tapi dengan ongkos yang kalau bisa ditekan habis…

Akhirnya satu demi satu “cost center” diurai. Coba masuk akal nggak rekening telpon kok sebulan Rp 700+ ribu ? Kalau musim libur ngajar berarti itu dua kali lipat dari gaji saya “mode musim libur kuliah on”. Dari sejumlah itu Rp 500+ ribu pasti untuk membayar sambungan Telkomnet Instant yang lambatnya audzubillah dan mahalnya juga audzubillah itu..

Untuk ada tawaran migrasi ke Speedy. Jadi, hari Minggu kemarin saya nelpon ke 147 dan pesan layanan Telkom Speedy. Maka hari Rabu ini saya sengaja nggak ngantor dan ngampus, karena hari ini khusus waktunya buat nungguin Mr. Speedy memasang sambungan Speedy di rumah saya..

Tepat pukul 11.00 seorang mas datang ke rumah saya. Maka diapun mulai memasang modem ADSL2+ merk Aztech bikinan Singapore (at least, approved by SIRIM – Singapore). “Ini lebih bagus daripada merk D dan P pak” kata mas yang masang modem. Modempun dipasang sekitar 5 menit setelah sebelumnya memasang “splitter” yaitu membuat saluran telpon saya menjadi dua, satu untuk “voice” dan satunya untuk “data” yang disambungkan ke modem ADSL ini…

Bayarnya cukup murah, yaitu cuman Rp 168.000 ongkos ganti biaya modem, ditambah Rp 12.000 untuk biaya meterai 2 x Rp 6.000, total Rp 180.000. Biaya abonemen untuk kelas “professional” (no time limit, maximum download 1 GB) Rp 200.000 per bulan (konon bisa dikurangi kalau anak kita mahasiswa, tapi untuk jelasnya hubungi gerai Telkom / Plaza.com terdekat). Kelebihan download adalah Rp 0.5 per Kb.

Mengenai kecepatan ? Sesuai dengan namanya, modem ADSL seolah membuat jalan kampung (yaitu line telepon) menjadi jalan tol (yaitu LAN / Ethernet connection). Jelasnya kalau pakai Telkomnet maksimum kecepatan yang kita dapat adalah 54.0 Kbps maka dengan Speedy hal itu meningkat sekitar 7 kali lipat menjadi 384.0 Kbps…

Merasakan sesuatu yang 7 kali lebih cepat, tapi dengan biaya hanya 1/2 hingga 1/3 nya bagaimana rasanya ?

Assssoooy gebbbooiiii…

Sebaiknya anda cepat migrasi dari Telkomnet ke Speedy aja mumpung murah dan mumpung Speedy lagi promosi besar-besaran…

 

21 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Apr 30, 2008 @ 16:11:37

    hahahahaaha…!!
    ya ampun Bapak…!!
    orang2 mah sekarang ud pada migrasi ke fastnet dari speedy.
    pake fastnet cuma 100rb dgn kecepatan sama,tapi no limit bandwidth.
    hehehehehehehehee..!!
    tapi saya enggan pindah karena malas kalo ganti2.
    krn saya pake speedy juga cm 100rb dan bandwidth 1GB ga pernah abis.
    hehehehehehee..!!
    wah,berarti mulai bulan ini Bapak bs sering OnLine donk..?!?!?!
    pasang msn ato yahoo messenger donk Pak..!!
    biar bs chatting2an ama mahasiswa.
    heheheheheehehhe…!!

    Reply

  2. tridjoko
    Apr 30, 2008 @ 19:41:23

    –> Agung : ya orang pada ngomongin Fastnet terus, tapi cuman diomongin doang, akhirnya ya milih Speedy juga…

    Mungkin karena faktor “one bill only” bersama dengan tagihan telpon rumah, cukup mengena di hati konsumen.

    Saya juga lagi nyoba apa 1 GB habis, kayaknya sih nggak. Saya hitung download saya sebulan cuman sekitar 500 MB (termasuk gambar itu tuh..hi..hi..hi..)..

    Saya sering online, tapi saya nggak terdaftar di MSN. Soalnya saya nggak suka chatting sih, dulu waktu masih mahasiswa saya suka “talk” dengan unix bersama teman-teman di universitas lain, bahkan di luar negeri…

    Reply

  3. Agung
    Apr 30, 2008 @ 20:18:10

    yah,emang speedy lbh bagus di sisi instalasi dan payment yg ga ttl merepotkan.
    kalo fastnet instalasinya rada repot dan modemnya mahal.
    hehehehehehehe…!!
    yah,smua ada advantage dan disadvantage-nya Pak.
    heheheheheheheehehehe….!!!!

    oh,iyah Pak.
    no telp toko buku bekas di kwitang saya beber di sini bole??
    kalo ga bole,saya rela comment yg ini dihapus.
    hehehehehehehe..!!
    telp : 3906406
    HP : 0816849403

    Reply

  4. tridjoko
    Apr 30, 2008 @ 23:47:35

    –> Agung : ya harga modem ADSL mungkin sekitar 1,5 jeti, tapi kita hanya perlu mengganti Rp 168 rebu doang lewat skema Speedy…

    So far, ada peningkatan speed yang lumayan. Dan tidak perlu dial-up lagi. Cool kayaknya he..he..he..

    Komentar di wordpress nggak bisa diedit lagi sekarang karena ada keputusan pengadilan di Amerika bahwa komentar seseorang adalah 100% properti dari yang memberi komentar. Jadi kalau WordPress boleh “mengedit” komentar pembaca, dan pembacanya marah dan membawanya ke pengadilan maka cepat atau lambat WordPress akan kalah. Maka daripada bermasalah, maka komentar pembaca sekarang silahkan diterima, atau ditolak, tapi nggak bisa lagi diedit. Jadi no telp mereka ok lho…

    Reply

  5. simbah
    May 01, 2008 @ 09:59:26

    Mo ikutan….ahh….cuman nunggu komputerku biar sehat dulu….memang rasanya sepi kalau sehari aja nggak mbukak internet,…makasih Dik Yon…

    Reply

  6. tridjoko
    May 01, 2008 @ 12:35:16

    –> Simbah : wah..kalau mau ikutan ber-Speedy-ria di Madiun silahkan lho mas. Selain biaya modem Rp 168.000 (penawaran sampai akhir Mei), plus 2 meterai Rp 6000 jadi Rp 12.000, total Rp 180.000, sebulan cuman bayar abonemen Rp 200.000 untuk pemakaian sampai 1 GB waktu bebas 24 jam sehari 7 hari seminggu.

    Coba sebelum masang nanya gerai Telkom di Madiun (gerai Plasa.com) apa ada skema potongan untuk siswa. Kalau ada cukup menyertakan copy Kartu Pelajar atau Kartu Mahasiswa dan bayarnya cuman Rp 120.000 doang per bulan..

    O ya kelebihan pemakaian setiap 1 KB dikenai Rp 0,5 (setengah ripis)..

    Reply

  7. Agung
    May 01, 2008 @ 14:30:26

    modem adsl skrg uda murah Pak.
    yg bs switch 3 colokan usb aj cm 300rban..
    yg bs wireless aj ga ampe 1juta ud dpt.
    yg cm singel biasa emank sekitar sgt Pak.
    hehehehehehehehe…!!!
    kalo fastnet punya plg murah 300rb.
    soalnya dia pake sistem serat optik dan apa gt.
    hehehehehhee…!!

    Reply

  8. tridjoko
    May 01, 2008 @ 16:25:24

    –> Agung : thanks atas infonya atas harga-harga. Wah..kayaknya anda ini punya toko komputer sendiri…hi..hi..hi…

    Bentar lagi kalau anak saya yang ITB selesai dan balik ke Jakarta, wah..tentu perlu modem wireless untuk bisa “dikeroyok” ramai-ramai jika masing-masing buka laptop..ha..ha…

    Sekarang ini masih cukup karena yang makai cuman saya, dan kadang-kadang anak sulung. Ibunya masih sering bolak-balik Jkt-Mlg…

    Reply

  9. Agung
    May 01, 2008 @ 17:21:28

    kalo pake speedy yg bandwidhtny cm 1GB,jgn pake wireless Pak.
    karena wireless gt kan rada susah kontrolny.
    tktnya nti pmakaian bs ngbeludak dr 1GB.
    lbh baik yg pake switch 3 colokan USB aja.
    saya juga mao beli itu.
    cm belom kekumpul duitnya.
    karena kbtulan saya mao beli modem baru,
    saya jadi tau harga2nya.
    di dkt kampus tuh Pak tokonya.
    saya lupa namanya,cm tau lokasinya.
    hehehehe…!!

    Reply

  10. tridjoko
    May 01, 2008 @ 17:32:24

    –> Agung : ya nanti kalau dua anak saya sudah kerja semua, satunya kerja di Oilco, gpp harus ber-wireless-ria di rumah…

    Ya kalau yang 1 GB kurang, bisa migrasi ke 3 GB, tinggal telpon kok ! Atau nanti pakai yang pakai paket Office saja sekalian biar tetangga-tetangga juga bisa makai…

    Ha..ha..ha..

    Tokonya di ujung Syahdan, sebelah kiri jalan menuju ke Anggrek ya ?

    Reply

  11. Agung
    May 01, 2008 @ 17:45:29

    hahahahahaha…!!
    sep..!!
    iyah,Pak di situ kira2 lokasinya
    namanya AVG ato apa gt yah.
    hehehehehe..!!

    Reply

  12. siNung
    May 21, 2008 @ 07:47:35

    http://speedymadiun.telkom.us/2008/04/08/telkom-speedy-madiun/#comment-8

    masih nunggu respon dari telkom 🙂

    pakai modem articonet di maospati,
    gagal koneksi nih …
    tanya kenapa ???

    Reply

  13. tridjoko
    May 21, 2008 @ 17:20:26

    –> Sinung :

    Mas, yang sabar saja koneksinya…

    Apa ada kabel yang salah, terutama kabel LANnya kurang tertancap. Biasanya gampang kok…

    Cara termudah, ya call orang Telkom saja…Mudah-mudahan segera nyambung dan bisa menikmati “indahnya dunia”…

    Hahahahaha…

    Reply

  14. siNung
    May 22, 2008 @ 08:40:35

    sejak rabu, 21 mei 2008 pukul 14an, speedy sudah on lagi,
    terima kasih atas perbaikan, respons dan responsibility 🙂
    bapak/ibu/sdr/sdri di telkom

    semoga internet broadband murah unlimited
    seharga 300ribu perbulan segera terlaksana :))

    good luck !

    Reply

  15. tridjoko
    May 22, 2008 @ 08:54:40

    –> Sinung :

    Welah..mas ini harapan atau kenyataan ?

    Di Jakarta sekarang Speedy unlimited (paket “office Speedy”) masih Rp 750 rb per bulan..

    Njur kapan jadi Rp 300 rb per bulannya ? Nunggu saya jadi Direktur Telkom ha..ha..ha..

    Di dekat rumah saya di perbatasan Bekasi-Jakarta saat ini Speedy bersaing ketat dengan Fastnet dari First Media. Bedanya, Fastnet itu kabel fiber opticnya ditanam dan yang ke rumah-rumah kabel coaxial. Sekarang ini dengan langganan Fastnet Rp 100 rb per bulan akses sudah unlimited. Masih ditambah bisa nonton Cable TV lagi kalau mau nambah biayanya…

    Sayangnya, kalau jaringan belum masuk perumahan kita, berarti kita belum terhubung dan nggak bisa berlangganan…

    Reply

  16. Hartono
    Jul 20, 2008 @ 21:46:15

    Pak Tridjoko, kalo ndak salah ada ngajar di salah satu univ di kemanggisan ya ….
    i no comment…. kayaknya dulu i pernah diajari ama pak tri…..thx

    Reply

  17. tridjoko
    Jul 21, 2008 @ 09:59:17

    –> Hartono :

    Yoi…saya ngajar di sebuah univ di Kemanggisan.. Mudah-mudahan anda pernah jadi mahasiswa saya dulu…

    Terus sekarang kerja di mana ?

    Reply

  18. sibay
    Oct 03, 2008 @ 22:05:52

    salam kenal
    saya bay pindahan dari solo
    pak kalau ot spotan yang high spet tu d ,mana yaw
    trus yang gak putus2
    tlg yaw pak soale saya sudah ketergantungan ama yg namanya fre on ine(bukan maksud gratisan)
    yaw dah makasih dan selamat hari raya idul fitri

    Reply

  19. tridjoko
    Oct 03, 2008 @ 22:15:47

    –> Sibay :

    Wah…anda nggak bilang di Jakarta tinggal di rumah sendiri atau ngekost..

    Sekarang yang paling high speed dan nggak putus2 dan paling murah kalau nggak salah FastNet oleh First Media, tapi belum semua perumahan terjangkau oleh kabel First Media (rumah sayapun belum)..

    Makanya di rumah saya pakai Speedy… kalau mati, tinggal kita nelpon ke rumah aja barang 1-2 menit pakai HP…pasti Speedy-nya udah nyambung lagi…

    Jadi pertanyaan anda tuh susah-susah mudah untuk dijawab…sorry ya…

    Reply

  20. Geena
    Dec 08, 2008 @ 22:37:07

    Boleh tanya nggak? itu tuh 120 ribu sebulan kita unlimited?

    Limited. Bukan unlimited…
    Setahu saya itu “time-based” (mis 10 jam) atau “quota-based” (mis 3GB). Tapi harga Speedy semakin lama semakin murah, kalau tertarik ada baiknya anda call aja 147

    Reply

  21. sobat
    Sep 14, 2009 @ 04:50:14

    saya mau sharing…untuk ser speedy senusantara…ada layanann prabayar satukali dapat akses speedy 3 thn…

    Lha…prabayar 3 tahun ? Wah…siapa yang mau membayar di depan kayak gitu ?

    Reply

Leave a Reply

