Pilih UCLA atau Purdue ?

Seseorang di luar sana sangat bingung mau menentukan sekolah dimana, lalu enquiry-nya masuk ke blog saya. Hmmmm…sebuah perenungan yang cukup lama, kalau misalnya saya akan meneruskan sekolah Master’s atau Ph.D ke Amerika hari ini, saya bakalan milih UCLA atau Purdue ?

Well sebenarnya “conference” (kumpulan universitas) dimana Purdue berada yaitu “Big Ten” amat sangat sebanding dengan “conference” dimana UCLA berada yaitu “Pac Ten” (Pacific Ten). Bahkan, di akhir musim NCAA American Football, juara Big Ten Conference selalu diadu dengan juara Pac Ten Conference di suatu pertandingan football bernama “Rose Bowl”. Sehari sebelum Rose Bowl, selalu diadakan pameran bunga di Pasadena, California dalam menyambut Rose Bowl. Untuk beberapa tahun dulu di masa Orde Baru, Indonesia juga berpartisipasi di dalam Rose Bowl Parade dengan menyertakan sebuah Rose Float yang berisi artis-artis dan seniwan-seniwati Indonesia…

Kembali ke pertanyaan menggelitik : pilih UCLA atau Purdue ? Walaupun kedua universitas seimbang dalam berbagai hal, tapi ada juga perbedaan yang mencolok antar keduanya. UCLA terletak di jantung kota Los Angeles, sebuah kota bidadari di negara bagian California yang paling dekat dengan pusat perfilman Amerika, Hollywood. Dengan demikian kehidupan di Los Angeles adalah kehidupan yang vibrant, metropolis, dan mungkin..hedonis. Sangat kontras dengan kehidupan di kota West Lafayette, kota kecil di sebelah barat Sungai Wabash di negara bagian Indiana, persis di jantung Amerika..

Dari segi prestasi, UCLA dan Purdue juga seimbang. Anda ambil bidang studi apapun : engineering, business, art atau science, maka UCLA dan Purdue hampir pasti menempati Top 10 di Amerika. Begitu juga di bidang Computer Science, bidang saya, ada professor terkenal di UCLA yaitu Sartaj Sahni yang ngarang buku “Computer Algorithms” itu. Sedangkan professor di Purdue yang ngarang buku Computer Science juga banyak, antara Whitten yang ngarang buku “Systems Analysis and Design Methods” itu..

Sebenarnya di negara bagian California, UCLA hanya universitas “kelas sedang” karena banyak “raksasa” di sekitarnya seperti Stanford, Caltech (California Institute of Technology), dan Berkeley (UC Berkeley). UCLA bisa disebut persis sebanding dengan tetangga sekotanya yaitu USC (University of Southern California)..

Sedangkan Purdue (sebenarnya saya malas membahas universitas ini, karena “musuh” he..he..he..), orang-orangnya selalu membanggakan bahwa : 1. Neil Armstrong, yaitu orang pertama yang menginjak permukaan bulan di misi Apollo 9 (?), adalah lulusan Purdue, dan 2. Satu dari the best five engineers di Amerika adalah lulusan Purdue..

Gini aja deh, kalau anda sekolah, lebih baik setting anda universitas di kota besar di pinggir laut atau di kota kecil di pedalaman ? Jika jawaban pertama yang anda pilih, pergilah ke UCLA. Jika jawaban kedua yang anda pilih, Purdue adalah pilihannya !

Gitu aja kok repot !

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: