You Tubing

You Tube barangkali menjadi “penemuan” saya terbesar kedua dalam 10 tahun terakhir ini. Setelah pada tahun 1998-an saya menemukan radio Delta FM dalam radio mobil saya. Waktu itu saya mulai mempunyai mobil yang mempunyai radio yang dengan nyaman bisa didengarkan sambil menyopir di Jakarta, karena mobil saya sebelumnya tidak terlalu nyaman dipakai untuk mendengarkan radio di mobil mengingat suara mesin yang “ditaruh” di bawah jok depan sangat keras dan mengganggu…

Nah, di tahun 2008 ini, tepatnya 3 minggu yang lalu saya mulai memasang sambungan internet berbasis ADSL (Telkom Speedy) setelah sebelumnya hanya berbasis dial-up (Telkomnet Instant) saja. Akibatnya, bandwidth lebar yang dipunyai ADSL membuat saya lebih nyaman dalam menikmati video dari You Tube (www.youtube.com)..

Di pita pencarian (search bar) Google, anda tinggal memasukkan saja apa yang anda cari misalnya lagunya Norah Jones, maka masukkan string “You Tube Norah Jones” dan tinggal klik…maka anda akan terpampang pilihan-pilihan video penyanyi blasteran India-Amerika Norah Jones itu. Sayapun memilih lagu “Don’t know why”..dan begitu di klik…maka Norah Jones-pun mulai menyanyi dan sayapun menikmatinya seolah saya ada di Jakarta Convention Center lagi melihat konser Norah Jones beneran…(seingat saya Norah belum pernah datang ke Jakarta)…

Beberapa penyanyipun antri di depan monitor saya, ada Simply Red, Rick Wakeman Yes, Jamie Cullum, Suzy Quattro, Bread, Nazareth, Uriah Heep, dan sebagainya…

Setelah Norah Jones, saya mendengarkan pula Jamie Cullum pemain piano dan penyanyi jazz muda belia asal negara Lady Di ini. Saya penasaran saja soalnya waktu ia ke Jakarta saya tidak sempat nonton. Setelah puas dengan ber-jazz-ria, maka warna musikpun saya ganti ke pop dengan mendengarkan Simply Red dengan lagunya “You make me feel brand new” yang populer pada waktu saya mahasiswa tingkat 1 IPB itu. Setelah itu Bread dengan “If”-pun mengalun merdu menyanyikan lagu terbaik dan sebenarnya ter-mellow waktu jaman saya di SMA 1 Madiun dulu..

Warna pop-pun beberapa saat kemudian berubah ke sedikit rock dengan mendengarkan Suzy Quattro dengan lagunya “Cat Size” yaitu lagu yang mengiringi saya test masuk IPB di bulan Desember 1975 pada saat bis Limas yang kami tumpangi dari Kampus Baranangsiang menuju Kampus Darmaga sedang menanjak di bukit Gunung Batu itu…

Setelah itu saya mendengarkan Rick Wakeman dengan group band-nya Yes. Rick adalah seorang pemain synthesizer terandal pada masa-masa 1973-1975 dengan lagu terkenalnya “Journey to the center of the earth” yang mengingatkan kita akan ilmuwan pemimpi Jules Verne itu. Nazareth dengan lagu “Love Hurt”-pun mulai giliran menyanyinya. Lagu ini sebenarnya tidak saya sukai secara pribadi tapi pas jaman saya kelas 3 SMA lagu ini sangat populer di kalangan teman-teman SMA yang barangkali lagi patah hati karena cinta…hahahahaha…

Di daftar video You Tube yang ada di sebelah kanan video yang sedang saya mainkan, ternyata lagu “Love Hurt” ini juga dinyanyikan secara improvisatif oleh gitaris legenda Inggris Keith Richards yang duet dengan.. Norah Jones !! Duet yang sangat jelek, saya rasa, tapi sangat menghangatkan audience yang hadir pada malam itu di suatu tempat di Inggris sana. 

Puas dengan menyaksikan video lagu-lagu kesukaan saya, sayapun mulai mengeksplor video lainnya. Seperti diketahui, sewaktu saya dulu sekolah di Indiana selama 3 tahun…ya selama 3 tahun itu saya setiap malam selalu nonton “Late Night Show with David Letterman” yang biasanya mulai diputar pada pukul 12.30 tengah malam dan berakhir 1 jam kemudian. Kalau nggak ada You Tube, mungkin habislah peluang saya untuk menunjukkan ke anak saya siapa David Letterman itu mengingat di rumah saya tidak mempunyai parabola besar yang bisa menangkap siaran NBC Amerika secara langsung..

Rupanya David Letterman sedang mengundang Paris Hilton, cucu raja pemilik Hotel Hilton itu. Anda bisa mengklik “You Tube David Letterman” di Google, dan dari beberapa pilihan anda bisa memilih David Letterman sewaktu ketamuan Paris Hilton. Sayapun mulai ketawa ngakak karena David Letterman meledek (teasing) Paris Hilton terus selama 6 menit menanyakan segala hal tentang “enaknya di penjara” karena Paris pernah dipenjara selama 48 hari akibat mengemudi sambil mabuk. Setelah 6 menit diledek terus mengenai penjara, Paris mulai bosan dan bilang, “Bisa nggak kita beralih ke topik selanjutnya ?”. Semua penontonpun ketawa ngakak dan salah seorang penonton cowok berkata, “I love you Paris”. Paris-pun tersenyum dan memberi tanda kiss muah kepadanya. David Letterman yang sangat cepat berlogikapun nyeletuk, “Siapa dia ? Seseorang yang anda temui di jail ?”. Penonton ketawa ngakak dan Paris mulai ngambek. David Letterman mulai mengalihkan perhatian dan membuka botol parfum bikinan Paris Hilton. “Ini parfummu ?”, tanya David. Paris menjawab, “Iya..baunya enak lho”. “Apakah kamu selalu pakai parfummu ini ?”, tanya David. “Of course”, jawab Paris. Dan sesuatu yang tidak terdugapun dilakukan David Letterman…yaitu minum parfum !!!!  Hahahahahaha….itulah mengapa saya dulu waktu mahasiswa di Indiana belum tidur kalau David Letterman belum selesai dengan Late Night Show-nya !!

Sayapun mulai search di Google “You Tube Computer Science Lecture”..dan rupanya saya dapat banyak video yang akan ditonton. Kebanyakan dari Carnegie-Mellon University, sebuah universitas yang ranking Computer Science-nya mungkin No. 3 setelah Stanford dan MIT. Sayapun meng-klik kuliah dari Dr. George Caitin yaitu Pakar IT dari IBM T.J. Watson Research Center di New York. Di tahun 2000 itu ternyata Carnegie Mellon masih menggunakan papan tulis hijau dan profesor yang mengajar masih menggunakan kapur. Padahal, sejak tahun 1996 Binus sudah menggunakan white board dan spidol di semua kelasnya. Siapa bilang Binus ketinggalan jaman ????

Video terakhir yang saya lihat adalah video kuliah terakhir dari seorang professor di Carnegie Mellon yaitu Prof. Randy Pausch yang menderita penyakit kanker hati dan usianya tinggal beberapa hari lagi. Tapi Prof. Pausch masih bisa push-up, tidak kehilangan selera humor, dan mendedikasikan hari-hari terakhir kehidupannya untuk memberikan kuliah atau seminar mengenai kanker, childhood dream, dan sebagainya. Walaupun sakit dan hampir meninggal, Prof. Pausch masih terlihat sehat dan sense of humornya tidak kalah dengan Pak Tri Djoko (yaitu, saya sendiri…hihihihi…)…

Kalau anda mau lihat kuliah terakhir Prof. Pausch bisa mengklik di alamat :http://www.youtube.com/watch?v=ji5_MqicxSo&feature=related

Selamat ber-You-Tube-ria !!!!

Hati-hati rekening Speedy membengkak…

Hehehehehe…tapi it’s worth it !

 

13 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    May 19, 2008 @ 10:24:53

    bener tuh Pak.
    bebae bandwidth meledak.
    saya dolo sering streaming dr MUTV (gara2 susah ntn pertandingan MU di TV,gara2 astro).
    jadinya kelebihan 10MB.
    hehehehehehhehe…!!!
    saya juga pernah th ntn David Letterman.
    buat saya beliau dan Oprah adalah presenter plg luar biasa di dunia,dan ga ada duanya.
    saya pernah ntn David Letterman wkt bintang tamunya band yg plg saya suka ampe skrg,
    BLINK 182.
    walopun bandnya ud bubar skrg.
    hehehehehehehhehe…!!

    Reply

  2. simbah
    May 19, 2008 @ 13:03:37

    Wah..wah…jadi anda sambil nyopir sekalian mbukak Youtube dik Yon…??? apik tenan Cah…bisa internetan di mobil…berarti aku ketinggalan lagi nih…

    Reply

  3. tridjoko
    May 19, 2008 @ 17:09:57

    –> Agung :

    Trims peringatannya…ya deh, saya sudah antisipasi kalau bandwidth meledak, mudah-mudahan masih bisa kebayar…ha..ha..ha..

    Kalau anda bilang Oprah dan David Letterman host television show yang terbaik, berarti anda belum pernah nonton “Bob Hope” dan “Johny Carson”….kedua-duanya adalah “mbah”nya host television show…

    Sayang, Bob Hope sudah pensiun ketika saya belajar di US tahun 1986-1989 dulu. Sedangkan Johny Carson sudah mulai sakit-sakitan dan sering diganti Jay Leno di kurun waktu itu..

    Tapi humor Bob Hope dan Johny Carson itu sangat luar biasa, dengan permainan kata-kata orang-orang yang nonton bisa ketawa ger-geran nggak kayak komedi slapstick macam Srimulat gitu…

    Kalau yang paling mirip Srimulat di US adalah komedi “Saturday Night Life” di NBC. Orangnya semuanya jayus-jayus…

    Reply

  4. tridjoko
    May 19, 2008 @ 17:14:25

    –> Simbah :

    Wah…dimana letak salah pahamnya nih mas…saya internetan dan nonton You Tube di rumah, bukan sambil nyetir mobil…

    Tapi kalau mas punya HP canggih jaman sekarang, nonton internet termasuk You Tube sudah bukan barang baru lho mas. Coba kalau mampir Jakarta beli HP Nokia harga Rp 3 jutaan, maka kita bisa nyambung ke internet dengan hanya satu klik. Contohnya, tetangga saya sambil nunggu giliran main badminton bawa hp lalu saya cerita punya blog, dan dia nanya alamatnya apa ? Sambil saya jawab, ia ngetik di HP-nya dan blog saya langsung kelihatan..ya Ceritaku Ceritamu Ceritakita…

    Mestinya, kalau HP yang sama nonton You Tube so pasti juga bisa mas…

    Tapi awas, jangan nonton You Tube atau Metacafe sambil nyetir mas…masak nonton Diajeng Saron Setun di Metacafe sambil nyopir…wah bisa-bisa nabrak becak mas, saking asyiknya !!! Ha..ha..ha..

    Reply

  5. simbah
    May 19, 2008 @ 17:23:48

    He…he….iya..ya tak bayangkan seperti pake GPS, gambar peta liwat satelit..mencetnya kan cuma sekali-kali…lha internetan mencetnya kan ndut-ndutan..

    Reply

  6. tridjoko
    May 19, 2008 @ 17:26:52

    –> Simbah :

    Nah di situlah bedanya, kalau GPS kan cuman gambar peta yang gitu gitu aja…

    Kalau lihat internet, wah bisa jadi jakun si mas bisa turun naik melihat yang indah-indah….glk…glk…glk…

    Gitu lho mas !

    Reply

  7. Agung
    May 19, 2008 @ 19:42:20

    wah,saya ingetin Bapak.
    malah speedy di rmh yg jebol.
    aduh2,ampe kelebihan 460MB alias nambah 230rb.
    Bokap saya ampe marah2 deh jdnya.
    pdhl bukan saya yg pake banyak,melainkan adik saya yg suka chatting ampe 4-5jam perhari,blom browsingnya.

    wah,kalo tahun 80an aja ud pensiun n sakit2an,mana mungkin saya kenal Pak.
    ngerti nonton aj belum saat itu.
    hehehehehehehhehehe….!!!

    Reply

  8. tridjoko
    May 19, 2008 @ 19:53:43

    –> Agung :

    Thanks remindernya tentang Speedy yang bisa kobol-kobol…kantongnya !

    Yah walaupun Bob Hope sudah awarahum (nggak tahu ya Johny Carson), tapi mungkin anda masih bisa lihat videonya di You Tube, kalau mau sih…

    Konon Bob Hope itu banyolannya banyak “wit and wisdom” dan orang seperti itu “nyambarnya” cepet banget…jauh lebih cepet daripada si Komeng…

    Saya masih ingat dulu di tahun 1980an ada teman putri di kantor kakak kelas saya di IPB yang pengin cepet-cepet pulang karena mau nonton Bob Hope di TVRI (pada waktu itu)…

    Berarti, top banget deh pada waktu itu dia…

    Reply

  9. Agung
    May 19, 2008 @ 19:59:01

    wah,sayang yah ga ada “pewaris”nya.
    saya ntn David Letterman aj cm 2 ato 3x.
    Oprah juga kalo sempet.
    hehehehehehhehehehe….!!!

    soal speedy saya mungkin akan sering bawa laptop ke kampus buat online gratis di sana.
    hahahahahahahhaha…!!!
    kpn yah speedy bs 200rb sepuasnya??
    mana buah srikayanya belom ada nih.
    terpaksa tanya pohon kamboja bali yg baru ditanam di dpn rumh.
    hahahahahahahaha…!!

    Reply

  10. tridjoko
    May 19, 2008 @ 20:09:12

    –> Agung :

    Kalau Speedy bayarnya Rp 200 rb (reguler, 1 GB download limitation) atau Rp 100 rb (student edition), saya dengar sekarang ada yang lebih murah yaitu Rp 100 rb (Fastnet, unlimited internet connection)…

    Sayang FastNet yang dimiliki oleh First Media itu sambungannya berupa kabel fiber optic di jalanan & kabel coaxial ke rumah-rumah, belum sepenuhnya menjangkau seluruh perumahan di Jabodetabek. Di sekitar rumah saya, baru dipasang di perumahan yang jaraknya masih 500 meter dari rumah saya. Jadi masuk ke perumahan saya diperkirakan paling cepat 3-6 bulan ke depan…

    Ya sudah, nikmati Speedy aja sepuasnya. Paling tidak lebih cepat dan lebih murah daripada Telkomnet…

    Reply

  11. Agung
    May 19, 2008 @ 20:16:22

    iyah,sbnrnya sih mao ganti pake fastnet.
    kebetulan juga tetangga2 saya ud pd pindah ke fastnet.
    tp beli modemnya 500rban.
    dan urus “putus” ama speedy tuh kbrnya rada rumit.
    apa tabungan saya akan saya pakai buat pasang fastnet??
    ato buat sertifikasi??
    hahahahaha..!!

    Reply

  12. tridjoko
    May 19, 2008 @ 20:20:12

    –> Agung :

    Tabungan anda sebaiknya buat nikah aja…

    dengan anak konglomerat…

    Hahahaha…

    Reply

  13. Agung
    May 19, 2008 @ 20:25:49

    ya ampun…!!
    cape deh…!!!
    hahahahhahahaha…!!

    Reply

Leave a Reply

