Wah..tulisan saya hilang

Sebenarnya nulis posting di Blog termudah adalah dengan cara menuliskannya terlebih dahulu di Word atau Notepad, baru nanti di-cut-and-paste di Write button di WordPress-nya. Tapi, belakangan cara ini tidak saya sukai dengan berbagai alasan..

Alasan pertama, font dari tulisan di WordPress menjadi sedikit “aneh” dan tidak sesuai dengan font “skin” dari Blog saya. Apalagi saya termasuk orang yang malas ngotak-atik html untuk menyesuaikan tampilan Blog. Alasan kedua, itu cara menulis blog yang terus terang goblog karena itu kayak nulis biasa saja. Paling cool kalau langsung menulis di Write button di WordPress anda..

Tapi ada resikonya. Dan saya sudah mengalaminya siang tadi. Pas saya sudah nulis panjang lebar tentang kota Makassar yang barusan saya kunjungi dan pernak-pernik kulinernya, ternyata lampu modem ADSL Telkom Speedy saya cuman nyala tiga, yaitu dari kiri ke kanan : Power, Ethernet, dan DSL. Sedangkan lampu Internet menyala merah !

Tanda cilaka !

Benar aja, tulisan saya yang mestinya sudah 5-6 halaman yang saya sudah susah payah tulis itu pasti nggak akan bisa “nyangkut” (uploaded) di WordPress saya. Malahan seketika ada pesan “DNS error”…

Wuih cilaka !

Padahal sebentar lagi saya akan segera menuju ke lapangan volley melihat warga saya bertanding volley dengan RT sebelah. Kalau RT saya menang berarti akan masuk semifinal dan akan melawan juara pool lainnya yang sekaligus juara bertahan tahun lalu..

Selintas, ada trade-off antara menyelamatkan posting saya di WordPress atau memenangkan RT saya di pertandingan volleyball..

Pilihan terakhir yang saya pilih, dan cilakanya…tulisan saya hilang..

Hiks..nyeseeeel banget deh…!

[Sorry mas Didiek, saya belum bisa cerita tentang Makassar nih, lain kali aja ya ? Malam ini saya lagi menyelesaikan tulisan tentang Technology Needs Assessment untuk sektor transportasi. Besok pagi ngawas ujian di UPM…]

 

17 Comments (+add yours?)

  1. edratna
    Jun 02, 2008 @ 10:20:13

    Saya dulu juga sering mengalami hal itu, jadi sekarang kalau lagi ada ide di tulis di word, bisa sehari banyak sekali. Otak kita memang aneh, kalau lagi mood, banyak sekali ide muncul. Nanti kalau mau di posting, pindah ke note pad, baru deh ke WP….memang berjenjang, tapi ga terlalu susah kok.

    Saya diprotes simbah kok hurufnya kecil-kecil, cuma nggak ngerti cara membesarkannya…. nunggu si bungsu datang

    Reply

  2. tridjoko
    Jun 02, 2008 @ 20:06:13

    –> Bu Edratna :

    Cara lain : sambil menulis di Editor-nya WP sering-sering menekan tombol “Save” supaya tulisan yang sudah kita tulis tidak hilang. Persis seperti mengetik di Word kan juga dianjurkan menekan tombol “Save” sering-sering biar tulisannya tersimpan..

    Lha karena kemarin ini terlalu yakin dengan Speedy yang kayaknya internet nyala terus…maka nggak sempat di-save dan sekarang yang ada cuman menyesal….

    Reply

  3. Agung
    Jun 02, 2008 @ 22:17:59

    bener Pak.
    jgn terlalu percaya ama speedy.
    baru2 dipasang doank lancarnya.
    kalo uda lama sering disconnect.

    tapi saya salut ama Bapak dan Bu Edratna.
    blognya banyak bgt postingnya.
    dan isinya menarik dan berguna juga.
    beda ama saya.
    hahahahahahahaa..!!

    Reply

  4. tridjoko
    Jun 03, 2008 @ 04:39:36

    –> Agung :

    Ya kalau sering putus (lampu “Internet” bernyala merah) nanti lama-lama saya nyebutnya “Telkom Slowy”…

    Hehehehe….cocok kan ? Yang penting mbayarnya masih lebih murahan dari Telkomnet…

    Reply

  5. edratna
    Jun 03, 2008 @ 06:14:45

    Sekarang masalah utama listrik…yang berbahaya kalau lagi mengerjakan tugas, mendadak listrik mati… jadi harus sering di save….dan jika selesai, segera save as ke flash dish…..

    Reply

  6. Agung
    Jun 03, 2008 @ 18:21:33

    hahahahahhaa..!!
    tp skrg2 ini uda jauh lbh baik lho Pak.
    kecepatannya aj skrg uda 1MBpS.
    hebat kan??
    dolo yah,kan saya pasang wkt thn 2005.
    kyk pas thn 2006 dan 2007.
    aduh2,bukan speedy namanya.
    tetep cepet sih,cm sering disconnect.
    namanya apa yah??
    stoppy??
    hahahahahahhahahahaha….!!!
    duh,saya lg blom ada mood buat bikin posting di blog saya lg nih.
    lagi gundah gulana.
    hahahahahahaha…!!

    Reply

  7. tridjoko
    Jun 03, 2008 @ 21:50:21

    –> Agung :

    Bunyi iklannya sih kecepatan 384 Kbps naik ke 1 Mbps, tapi bagi saya kok rasanya semakin lambat dan semakin sering disconnect (ada pilihan “Work Offline” sama “Try Again” –> lalu saya klik “Try Again” dan baru jalan lagi)..

    Lain waktu, modem ADSL saya lampu “Internet”-nya dari kuning menjadi merah alias mati internetnya. Duh, keselnya bukan main…

    Gundah gulana ?

    Ada apa rupanya ? Bentar lagi UAS udah datang lho. Saya dapat bocoran USP ternyata cuman ngajar 1 kelas RPL doang (4 sks, pertemuan 2 kali seminggu)..moga-moga last minute dapat tambahan 4 sks lagi Algo & Pemrog…kalau nggak, alamat saya kerja jadi konsultan saja…hahaha…

    Reply

  8. simbah
    Jun 03, 2008 @ 23:06:27

    He..he…benar juga, makanya aku cari postingan dik Yon, mengenai beaya sekolah di Binus dan di Surabaya kok ilang ? saya pikir2 udah di delete sama Anda. Soalnya saya mau tunjukkan ke anakku. Jaman sekarang meski pinter kalau nggak ditunjang sama financial mana bisa jalan..?
    Saya juga selalu mbaca postingan Bu Edratna, cuman habis mbaca bola mataku rembes…karena sudah minus silindris pula…jadi saya coba usul font-nya agak dibesarin kayak punya Dik Yon. Kalo beli buku kayak yg dipostingan Bu Edratna, pertama harus ke Toko buku yg lengkap seperti Gramedia atau Gunung Agung, disamping waktu juga jarak menjadi kendala. Lah kalo lewat internet, kan kan tinggal nyolok listrik sama telpon dari rumah kan beres..hemat waktu, tenaga dan fulus…he…he..
    Cerita Makassar kapan-2 saja dik Yon,…asal masih ngeblog saja no problema….ha…ha…

    Reply

  9. tridjoko
    Jun 04, 2008 @ 00:01:13

    –> Simbah :

    Ya sebenarnya nggak hilang sih mas. Postingan saya semuanya masih lengkap, kecuali 3 posting tentang ITB yang ke-delete…

    Biaya sekolah di Binus jurusan Teknik Informatika tahun 2008, sebenarnya bisa dilihat sendiri di website Binus http://www.binus.ac.id/

    Seingat saya : untuk Grade I uang masuk Rp 21.000.000 (biaya kuliah 1 tahun pertama), mulai semester 3 dan seterusnya sekitar Rp 7.500.000 per semester. Untuk Grade II tambah Rp 2.000.000, untuk Grade III tambah Rp 4.000.000, dan untuk Grade IV tambah MINIMAL Rp 6.000.000 untuk uang masuknya (biaya 1 tahun kuliah total)…

    Untuk kuliah di Surabaya kata anda uang masuk Teknik Informatika sekitar Rp 14.000.000 dan uang semesteran Rp 4.000.000 sejak semester 3 dan seterusnya (seingat saya membaca komentar mas Didiek waktu itu)..

    Jumlah posting saya ada sekitar 500 posting, jadi komentar mas Didiek tentang uang kuliah di Binus dan Surabaya itu di postingan mana, ya agak susah nyarinya…seperti nyari setumpuk jarum di tumpukan jerami….hihihihi…

    Tapi kalau mau, bisa memasukkan kata yang dicari di button Search di Blog saya ini, biasanya langsung ketemu sih..

    Ya deh, kapan2 saya nulis tentang Makassar mas….

    Reply

  10. Agung
    Jun 04, 2008 @ 16:56:34

    mungkin itu lah lemahnya internet di indo Pak.
    suka ngadat2 ato macet sndiri koneksinya.
    saya ngiri ama tmn2 saya yg kul di luar negeri.
    komputer ato lappienya bs online 24jam nonstop tanpa DC2.
    hehehehehehhee…!!!

    biasa Pak,namanya jg anak muda.
    gundah gulana tuh biasa.
    hehehehehehehehe…!!

    wah,kalo gitu kecil donk kemungkinan saya diajar Bapak pas SP nti?!?!?!?!
    tp tenang Pak,
    saya jg ud dpt bocoran jadwal smstr 7 nti.
    kita (07 PAW) diajar Bapak lagi.
    Sistem Pakar,sayang cuma 2SKS.
    hehehehehehehhee…!!

    Reply

  11. simbah
    Jun 04, 2008 @ 17:29:33

    Iya…betul yang kedelete postingan Binus vs ITB rupanya bisa dimasukin hacker ya dik Yon..? Saya cari nanti di website-nya Binus, makasih…

    Reply

  12. tridjoko
    Jun 04, 2008 @ 18:59:21

    –> Agung :

    Wah..bocoran semester ganjil 2008/2009 sudah ada ya ?

    Hehehe…dari mana tuh bocornya, kok nggak ditambal sama Aquaproof ?

    Tapi last minute kelas saya bisa ditambah Algo Pemrog lho kayak USP tahun kemarin. Jadi siap-siap aja pindah ke kelas saya. Karena jadwal USP belum resmi, maka saya juga belum minta tambahan kelas secara resmi. Gitu lho masalahnya…

    Internet sering mati ? Memang di Indonesia itu yang sudah pasti adalah ketidakpastian itu sendiri….hahahaha….

    Reply

  13. tridjoko
    Jun 04, 2008 @ 19:03:57

    –> Simbah :

    Iya mas, yang namanya anak2 muda kan selalu mencari jalannya sendiri baik diminta maupun tidak diminta. Sebelum posting tersebut ke-delete setiap hari saya selalu menerima 10 komentar sumpah serapah di blog ini tentang postingan tersebut, entah darimana saja lha wong mereka pakai nama samaran. Dan tiba-tiba pada suatu hari postingan ke-delete.. dan komentar sumpah serapahpun dengan sendirinya berhenti. Emang bisa berkomentar sumpah serapah terhadap sesuatu yang tidak ada ?

    Hahahaha….

    Mengenai biaya kuliah di Binus vs di Surabaya nanti dilihat mas. Yah, ada plus minusnya sih sekolah di Jakarta dan di Surabaya. Kalau di Surabaya sekolah lebih murah tapi cari pekerjaan mungkin tidak sebanyak di Jakarta (atau, kuliah di Surabaya toh cari kerjaan ke Jakarta juga). Sedang kalau kuliah di Jakarta mahal, tapi cari kerjaan juga sudah mudah apalagi di Binus ada yang namanya Binus Career yang selalu mencari pekerjaan buat lulusan Binus…

    Reply

  14. Agung
    Jun 05, 2008 @ 07:41:17

    Bapak kyk ga tau aj di kelas saya ada anak siapa aj.
    hahahahahhahahahaha…!!!
    jadi jadwal yg semi fix itu uda dipertontonkan kemaren di kelas.
    hehehehehehehehehehhee…!!!!
    yah,saya cuma bisa berdoa bisa masuk kelas SP Bapak.
    tapi yg pagi yah Pak.
    saya gak mao yg siang ato yang sore.
    hehehehehehehehhehehe…!!!

    wah,saya kira postingan Bapak yg ITB vs Binus itu Bapak delete karena BT ama comment2 ga penting dari saya.
    ato emank demikian??
    hehehehehehehehehehehe…!!!
    saya jadi mao coba bikin topik itu di blog saya.
    hehehehehehehehehe…!!!

    Reply

  15. tridjoko
    Jun 05, 2008 @ 09:14:36

    –> Agung :

    Hehehe…di istilah Struktur Data itu bisa disebut “root connection”…

    Saya tidak pernah menghapus posting saya sendiri. Ada orang yang mungkin tahu password saya dengan mencoba-coba tiba-tiba klik “delete” dan hapuslah posting itu…

    Nanti deh bikin posting yang menarik lagi.

    Komentar anda ?

    Bukan karena komentar anda, karena sering-sering komentar anda tidak saya baca…

    Hahahahaha……

    Reply

  16. Agung
    Jun 05, 2008 @ 09:34:10

    root connection??
    wah,saya ud lupa tuh mata kuliah smstr 2 itu.
    hahahahahahhaahhahaha…!!!

    Reply

  17. Agung
    Jun 05, 2008 @ 21:36:38

    Pak,kok aneh yah?!
    tadi pagi saya tulis commentnya panjang lho.
    kok jadi pendek gitu yah??!

    Reply

Leave a Reply

