Kampus UPH jadi sirkuit A1 GP 7-9 Nopember

Ada berita menarik di koran Warta Kota hari ini, Sabtu 14 Juni 2008 halaman 18, yaitu “Balap A1 GP di Tangerang”…

Bagi anda yang sempat tahu, A1 GP adalah sejenis balapan mobil “single seater” yang pertama kali digagas oleh Sheikh Al Makthoum dari Abu Dhabi. Kalau F1 GP adalah balapan mobil “single seater” atas nama Team, maka A1 GP adalah balapan mobil atas nama negara. Pada musim pertama dan kedua A1 GP, pembalap Indonesia adalah Ananda Mikola dan sirkuit Sentul sempat sekali (atau dua kali) sebagai host dari balapan A1 GP..

Pada musim ketiga, A1 GP tetap dipertandingkan tapi tanpa menyertakan sirkuit Sentul, dengan alasan memakan banyak biaya dan sulit untuk mendapatkan sponsorship, baik dari swasta atapun pemerintah. Sekali menyelenggarakan A1 GP, konon Indonesia harus menyetor ke Pemilik A1 GP uang sebanyak Rp 35 milyar ! Pada musim ketiga, pembalap A1 GP Indonesia adalah Satrio Hermanto, dengan manager kakak kandungnya Bagus Hermanto..

Kalau berita di Warta Kota hari ini benar adanya, berarti Kampus UPH di kawasan Karawaci Tangerang akan menjadi bising pada tanggal 7-9 Nopember 2008 nanti karena bersliwerannya mobil-mobil A1 GP dari sekitar 30 negara..

Berita selengkapnya dari Warta Kota hari ini adalah :

“Setelah absen semusim, balap mobil A1 GP kembali mendatangi Indonesia. Namun, tidak seperti balapan di musim perdana dan kedua yang digelar di Sirkuit Sentul, Bogor, A1 GP Indonesia musim depan (2008-2009) akan digelar di sirkuit jalan raya, di dalam perumahan Lippo Karawaci, Tangerang.

“Betul ! Lippo Karawaci akan jadi tempat penyelenggaraan A1 GP Indonesia, tepatnya pada tanggal 7-9 Nopember mendatang”, kata Danang Kemayan Jati, Head of Corporate Communication Lippo Karawaci, melalui telpon selulernya, Jumat (13/6).

Mengenai lokasinya, Danang menyebut jalan di depan Mal Lippo Karawaci sebagai lokasi start dan finis. Dari mal tersebut, peserta balapan akan diarahkan ke jalan di depan apartemen Lippo Karawaci. Dari apartemen itu, mobil-mobil peserta akan melaju ke depan Sekolah Pelita Harapan melalui jalan tembus yang sedang dibangun pengembang.

“Dari Pelita Harapan, mobil peserta akan berputar kembali ke depan mal, begitu seterusnya”, kata Danang.

Kepastian tentang digelarnya A1 GP Indonesia di sirkuit jalan raya juga diungkap oleh situs autosport.com. Namun, situs tersebut tidak mengungkapkan secara pasti lokasi sirkuit jalan raya itu. Mereka hanya menyebut, sirkuit jalan raya itu sedang dalam proses pembangunan dan terletak di Ibukota Indonesia.

Autosport.com melansir, selain Indonesia – tuan rumah seri ketiga – A1 GP 2008-2009 akan mengunjungi satu lokasi baru lainnya, yaitu Sirkuit Algarve, di Portugal.

Ketika kabar tentang digelarnya balap A1 GP di Tangerang ditanyakan kepada Ketua Umum IMI Ari Batubara, dia mengaku belum mengetahuinya dengan pasti”.

Itulah berita yang saya kutip dari koran Warta Kota pagi ini…

Anehnya, tahun 1999 lalu sewaktu F1 GP sedang ramai karena rivalitas antara Michael Schumacher dan juara dunia Mika Hakinen lagi marak, saya pernah mengusulkan adanya sirkuit jalan raya di Jakarta. Tapi waktu itu saya menyebut start dan stopnya di depan stasiun TV TPI di bilangan Taman Mini. Maklum pada waktu itu yang menyiarkan F1 GP adalah TPI. Saya usul start dari TPI ke arah utara, lalu belok ke kiri di depan asrama haji dan terus sampai di Tamini Square, belok kiri terus sampai Taman Mini Indonesia Indah pintu I (atau Pintu III sama saja), lalu memasuki TMII melingkar-lingkar di dalam, dan keluar TMII melalui Pintu II dan terus sampai finish di depan Stasiun TPI lagi. Melingkar-lingkarnya di TMII saya belum bisa usul, soalnya yang penting jarak tempuh minimal 4 km dan maksimal 5 km. Usul saya waktu itu saya tulis dalam tulisan rapi dan saya kirim via e-mail ke Majalah BOLA, tapi tidak ada tanggapan sama sekali…

Atau orang-orang BOLA yang memang tidak sensitif dengan usul “masa depan” saya itu…

Hahahahaha…

 

7 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Jun 15, 2008 @ 16:22:31

    wah..!!
    mantab.
    saya akan menunggu F1 yg sapa tau akan balapan di Lippo Karawaci.
    hahahahahhahahahaa…!!!
    wah,makin mahal aj deh kuliah di UPH.
    hahahahahhahaha…!!!

    Reply

  2. m-user
    Jul 15, 2008 @ 20:35:41

    waduh………………

    makin jauh dah
    jngan2 speedcar jga bkal pndah ksana…..

    Reply

  3. tridjoko
    Jul 16, 2008 @ 13:21:37

    –> m-user :

    Kalau saya sih penginnya GP2 ada di Indonesia. Tapi mungkin nggak ya, ngundang GP2 aja ke Indonesia tanpa F1-nya (yang sudah “dicaplok” Malaysia dan Singapore ?)…

    Kalau mobil2 GP2 meraung-raung sekitar kampus UPH…waduh keren banget tuh kampus !

    Reply

  4. saNJA
    Jul 16, 2008 @ 20:39:22

    Hahahahai Boleh juga Tu………!

    Reply

  5. ziduuy
    Sep 15, 2008 @ 02:16:25

    haha sirkuitnya deket banget sama rumah gw, tinggal lewat jembatan tol lgs ke kawasan lippo karawaci a.k.a sirkuit hhaha asik2 cuma jalan 5 menitan hahaha

    Reply

  6. Bagus
    Jan 29, 2009 @ 07:55:33

    Wah…salut bwt INA!!!
    Smg bs di slesein Sirkut kln rayanya…
    Smg sm keren kyk Singapure…

    Thx….

    Reply

  7. pray
    Feb 09, 2009 @ 22:29:11

    gw ikut bangga juga dengan adanya sirkuit A1 ini.imbasnya pasti dunia bakal mengenal indonesia karena pada saat balapan A1 ditonton +- 700juta pasang mata on the world.tp mestinya sekali2 dibuka utk umum,kan gw juga mau jajal motor butut gw,hahahaha……..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: