“Aline” oleh Christophe

Percaya atau tidak, lagu “Aline” oleh Christophe inilah yang dulu di tahun 1968 diperlombakan untuk dinyanyikan pada acara 17 Agustusan 1968 di depan SMP 4 Madiun di sebelah selatan Stadion Madiun…

Satu per satu penyanyi naik ke atas panggung untuk menyanyikan lagu “Aline” yang menyentuh hati, dinyanyikan dalam bahasa Perancis yang saya tidak tahu artinya itu..

Coba deh, klik You Tube berikut, pasti anda akan tahu apa yang saya maksudkan : http://www.youtube.com/watch?v=LtlgR6AI5CY

Coba nyanyikan di rumah, pelajari arti bahasa Perancisnya, dan pahami dengan benar.

Yang jelas bagi saya lagu itu bagus…ndak peduli apa artinya..

Mas Adhiguna di Paris, mungkin bisa menolong saya menerjemahkan lagu itu sekilas ke dalam bahasa Indonesia. Apakah “Aline” itu nama cewek, atau cerita tentang makhluk luar ruang angkasa alias “Alien” ? Atau cerita tentang dikejar-kejar Imigrasi karena dimasukkan ke dalam daftar “illegal Alien” ? 

Di acara 17 Agustusan berikutnya yaitu di tahun 1969, di halaman kantor Walikota Madiun bahkan ada parade band-band rock, yang  salah satunya adalah band “Chechicks” yang menyanyikan lagu “Whole Lotta Love” dari Led Zeppelin…Tidak sesempurna seperti kalau yang menyanyikan Robert Plant memang, tapi versi yang dinyanyikan Jenny Pautzner berikut juga not bad lho :  http://www.youtube.com/watch?v=sh6W2y3SEoM

Lho, acara 17 Agustusan kok nyanyi lagu Londo. Hopo tumon ?

Tapi kalau memang nggak aneh menyanyikan lagu Londo di acara 17 Agustusan 2008 ini, RT saya nanti akan mengadakan perlombaan nyanyi pasangan muda mudi disuruh nyanyi “Anyone Else But You” yang merupakan OST (Official Song Theme) dari film “Juno” itu..Coba deh klik di You Tube berikut untuk melihat lagu asli dan musik aslinya : http://www.youtube.com/watch?v=s8wmH3fWDTs Atau klik berikut untuk melihat lagu tersebut dinyanyikan di depan rumah oleh sepasang muda-mudi : http://www.youtube.com/watch?v=WM4FTcTQ2sE&feature=related

Ok ? Selamat latihan nyanyi ya ?

 

 

9 Comments (+add yours?)

  1. adhiguna
    Jul 01, 2008 @ 22:48:41

    Aline nama cewek pak, ini lagu patah hati pak hehe.. Artinya kira kira:

    J’avais dessine sur le sable

    (Saya menggambar di pasir)

    son doux visage

    (Wajah yang lembut)

    qui me souriait

    (yang tersenyum padaku)

    Puis il a plu sur cette plage

    (Kemudian hujan di pantai ini)

    Dans cet orage elle a disparu

    (Di badai ini dia (cewek) menghilang)

    Et j’ai crié, crié, Aline! Faut qu’elle revienne
    (Dan saya berseru, Aline, ingin dia kembali)

    Et j’ai pleuré, pleuré, oh j’avais trop de peine
    ( dan saya menangis dan menangis terlalu sakit )

    Je me suis assis auprès de son âme
    (saya merebahkan diri di jiwanya)

    mais la belle dame c’était enfuie
    (tapi gadis cantik itu pergi dan berlari)

    Je l’ai cherchée sans plus y croire
    (kucari dia tanpa lagi mempercayai)

    et sans un espoir pour me guider
    (dan tanpa penuntun)

    Et j’ai crié, crié, Aline pour qu’elle revienne
    (Dan saya berseru dan berseru agar dia kembali)

    et j’ai pleuré, pleuré, oh j’avais trop de peine
    (dan saya menangis, menangis, oh kurasakan sakit)

    Je n’ai gardé que ce doux visage
    (saya mengingat wajah lembutnya)

    comme une épave sur le sable mouillé
    (terkoyak di pasir basah)

    Kira kira gitu pak hehe…saya cari text liriknya soalnya bahasa Perancis saya untuk ecoute alias listening masih belum canggih hehe..

    Reply

  2. tridjoko
    Jul 03, 2008 @ 10:11:02

    –> Mas Adhiguna :

    Wah..mercy monseouer….

    (Hehehe…bener nggak ya nulisnya, maklum di SMA saya cuman belajar Deutsch dan belum belajar Francaise…)…

    O gitu ya, lagu patah hati. Pantesan saja lagunya tereak-tereak seolah supaya yang pergi bisa kembali gitu…

    Cara meningkatkan listening French anda mas, satu-satunya jalan adalah….pacaran sama cewek Perancis !!!

    hahaha…

    Reply

  3. adhiguna
    Jul 03, 2008 @ 17:42:44

    Masalahnya kalau mau pacaran sama ce perancis, Bahasa Perancisnya mesti canggih dulu pak hehe..bingung kan…

    Reply

  4. tridjoko
    Jul 07, 2008 @ 15:19:38

    –> Adhiguna :

    Kalau sudah 2 semester di Perancis sih mas, mestinya bahasa Perancis mas sudah cas cis cus dong, hingga ce ce Perancis pada bisa deket..

    Atau pacaran dengan…..guru (wanita) bahasa Perancis (semacam pengajar dengan gelar TESL kalau di Amerika), pasti mereka lebih tertarik dengan cowok asing yang bahasa Perancisnya masih perlu “divermak”…hahahaha…

    Reply

  5. adhi
    Jul 08, 2008 @ 14:26:32

    Saya sudah setahunan di Perancis, teteup aja bahasa Perancisnya masih belepotan pak hehe. Di kantor saya sehari2 kalo mentok nyerocos pake Bahasa Inggris.

    Saya pernah tinggal di Spain, belajar bahasa Spanyol rasanya gampang, di Jakarta saya kursus di Goethe institute, bahasa Jerman juga gampang.

    Tapi bahasa Perancis itu bener2 susah banget, terutama conversationnya. Orang Perancis kalau ngomong itu mirip orang kumur2 hehe.

    Mungkin baru 3 tahunan keatas bisa lancar pak:)

    Reply

  6. tridjoko
    Jul 09, 2008 @ 15:19:25

    –> Mas Adhi : kata teman saya sekantor yang dulu ikut program STAID di akhir tahun 1980an, dia begitu lulus SMA dan mau masuk universitas di Perancis diberi program “hidup bersama” dan “rekreasi bersama” dengan mahasiswa-mahasiswa Perancis sehingga ngomong bahasa Perancisnya bisa cepat biasa…katanya 6 bulan sudah bisa diskusi dengan professor di kelas walaupun topiknya masih terbatas. Tapi nggak sampai 3 tahunan gitu deh…

    Reply

  7. ovie trezna
    Jan 20, 2010 @ 18:26:50

    salut monsieur!!
    aduh,,,
    praktik semester 2 nanti disuruh hafalin ladu ini,,,
    susah buanget!!!
    ga hafal-hafal..

    Ovie,
    Mercy, Ovie..

    Reply

  8. yoga
    Apr 27, 2010 @ 20:20:05

    seng nyanyi namane sopo yo pak???

    Yoga,
    Yang nyanyi lagu “Aline” namanya “Christophe”….

    Reply

  9. Heri
    Jul 25, 2010 @ 08:27:12

    bonjor…………. comong sava…
    mercy……

    Reply

Leave a Reply

