Bagaimana membuat mobil anda awet muda ?

Saya pernah membaca tulisan dengan judul yang kira-kira sama tapi dalam bahasa Inggris yang dimuat di majalah kesukaan saya yang berformat kecil yaitu Reader’s Digest di tahun 1980an dulu…

Asumsinya, mobil yang anda beli adalah mobil baru. Untuk mobil bekas, mungkin beberapa tips berikut ini juga bisa dipakai..

Pertama, setelah anda memesan mobil dari showroom lalu unitnya (mobilnya) sudah datang. Usahakan sebelum membawa pulang ke rumah, “didandanin” dulu dengan Paint Protection dan sebagainya. Kesukaan saya adalah Ziebart, dan Ziebart mempunyai 4 macam protection yaitu : Paint Protection, Rust Protection, Sound Protection, dan Fabric Protection. Karena harga setiap paket ini cukup mahal, kalau saya yang wajib adalah Paint Protection dan Rust Protection saja. Rust Protection hanya untuk melengkapi yang sudah diaplikasikan dari pabriknya..

Kedua, perhatikan Buku Petunjuk Pemeliharaan Mobil (User’s Manual) dan taati siklus perawatannya. Misalnya 1.500 km pertama, mobil harus masuk bengkel lagi untuk di-tune-up dan diganti oli. Lalu 5.000 diganti oli saja. Di setiap 10.000 km diganti oli, diganti busi (bilamana perlu), dan di-tune-up. Setiap 20.000 km diganti oli mesin dan oli gearbox, diganti busi, diganti filter oli, diganti filter bensin (bila ada), dan di-tune-up. Setiap 40.000 km diganti timing belt atau v-belt (bila ada), diganti fan belt, diganti ac belt, dicek ulang semua lampu, dan dicek ulang rem di keempat roda..

Ketiga, untuk mobil baru apalagi yang menggunakan injection, sewaktu mesin di-start di rumah tidak perlu dipanasi terlebih dahulu. Mesin setelah di-start boleh langsung dijalankan tapi jalankan dengan pelan dan jangan digeber. Setelah kira-kira 500 meter sampai 1.000 meter, AC boleh dinyalakan full, dan mobil bisa digeber karena semua oli sudah bersirkulasi di mesin..

Keempat, secara periodik setidaknya seminggu sekali buka kap mesin mobil. Cek apakah air aki di bawah tanda MIN, jika ya tambahkan air aki secukupnya dan jangan melebihi tanda MAX. Di waktu mesin dingin, buka penutup radiator dan lihat apakah air radiator cukup. Selain itu, cek air cadangan radiator yang jumlah airnya tidak boleh melebihi tanda MAX dan sebaliknya tidak boleh kurang dari tanda MIN. Akhirnya cek air wiper apakah cukup jumlahnya, kalau kurang tambahkan secukupnya (tidak perlu terlalu full) dan sebaiknya ditambahkan wiper liquid yang banyak dijual di Indomaret (Catatan : tidak perlu air radiator dikuras sendiri dikeluarkan dari bawah ! Karena saya pernah punya teman yang mempunyai mobil baru setiap minggu air radiatornya diganti ! Wah..ini sangat tidak perlu)..

Kelima, ceklah selalu mobil anda di bengkel resmi dari pabrikan. Kalau mobil anda Suzuki, ongkos perawatan mobil di bengkel resmi Suzuki hanya sedikit di atas bengkel-bengkel lainnya. Makanya lebih murah dan meyakinkan jika mobil anda dirawat di bengkel resmi Suzuki..

Mungkin ini saja tips saya. Tips ini ditulis oleh orang yang awam mesin mobil lho ! Tapi dengan mengikuti saran yang ditulis di dalam Reader’s Digest itu, mobil saya usianya 7-11 tahun tapi masih enak dikendarai..(mungkin itu salah satu alasan saya jarang beli mobil baru…hehehehe…)…

5 Comments (+add yours?)

  1. tutinonka
    Jul 30, 2008 @ 22:11:21

    Pak, titip dong, rawatin mobil saya … hehehe ….

    Reply

  2. tridjoko
    Jul 30, 2008 @ 23:14:03

    –> Bu Tutinonka :

    Beres Bu…bawa aja ke sini !

    Reply

  3. nel
    Jul 31, 2008 @ 08:57:20

    thanks for ur info pak,
    sangat berguna sekali bagi saya yang awam mesin mobil, bisanya cuman pake doang

    Reply

  4. tridjoko
    Jul 31, 2008 @ 16:01:02

    –> Mbak Nel :

    Ur welcome…

    Reply

  5. fanni
    Oct 23, 2008 @ 17:11:25

    Tambahin lagi dong tipsnya?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: