Bayi raksasa bernama S2 MTI Binus

Ketika saya merapikan buku-buku dan kertas-kertas yang berserakan di rumah, mata saya tertumbuk ke sebuah kertas yang ketika saya baca ada tulisan “Persiapan Program S2 Magister Komputer UBinus” dan tertanggal April 1993 !!

Kini, di bulan Agustus 2008, program S2 Magister Komputer Binus belum lagi lahir. Dan menurut USG (Ultra Sonograf !), S2 Magister Komputer Binus yang nama resminya “S2 Magister Teknologi Informasi Binus” bakal lahir Nopember 2008, sekitar 3 bulan lagi ?

Bila melahirkan sebuah program S2 bisa disamakan dengan kehamilan, maka Binus telah hamil selama 15 tahun 4 bulan !!! Sampai kelahirannya di bulan Nopember 2008 nanti jumlah kehamilan malahan sudah 15 tahun 7 bulan !

Wooow !  Betapa besar bayi itu !!  Bisa disebut bayi raksasa !!!

Bayi 9 bulan 10 hari saja beratnya sudah sekitar 4 kilo, maka bayi 15 tahun 7 bulan beratnya pasti sekitar 50 kg !!!

Woooow !  Betapa kuat kulit dan bagian dalam kandungan Ibu yang bernama Binus itu !!

Karena usia kehamilannya 15 tahun 7 bulan, maka sudah tidak diketahui lagi siapa bapak dan ibu bayi itu. Mungkin bisa disebut multi bapak dan multi ibu !!!

Celakanya, karena lamanya usia kehamilan maka usia bapak dan ibu yang asli pasti sudah tua sekali, alias fisiknya sudah jauh melorot…

Yang jelas, bidan yang menolong kelahiran bayi bernama S2 MTI Binus nanti mudah-mudahan masih muda, kuat, dan bersemangat dalam membesarkan bayi raksasa itu !!!

Wah…ada ada saja !!

8 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Aug 11, 2008 @ 23:22:49

    jangan lupa dana yg mencukupi.
    susu dan bubur susu untuk bayi yg di dlm rahim 15 tahun jelas jauh berbeda dgn bayi yg di dlm rahim cm 9bln.
    kalo perlu pake nanny yg berpengalaman.
    wah,ngurus jurusan baru bnr2 kyk ngurus bayi yah Pak?!?!
    hehehehehehhehe…!!
    nama Bapak tertulis lho di website sbg pengajar di S2 MTI Binus.
    hehehehehehe…!!!

    Reply

  2. Edwin PAV
    Aug 21, 2008 @ 08:03:26

    Pak, ngajarnya
    Advanced Software Engineering (3 sks, Term 1),
    Information Integration Technology (3 sks, Term 1),
    IT Strategic Planning (3 sks, Term 2), dan Network Intrusion and Computer Forensic (3 sks, Term 3).

    Boleh kan pak, Nebeng d kelas Bapak yg S2, just sit in, ntar omongnya, mau bimbingan skripsi neh pak….

    Hari apa dan jam brp aja…
    kan saya kuliah cuman hari sabtu doank….

    hehehehee

    Thx

    Reply

  3. tridjoko
    Aug 21, 2008 @ 08:12:40

    –> Edwin :

    Hehe…jangan sit in di kelas saya S2, dengan alasan : Pertama, nggak boleh menurut peraturan (kecuali bayar SPP !). Kedua, saya masih kagok ngajar S2 soalnya udah lama nggak ngajar S2 ntar saya “kamisosolen” lagi…(=susah ngomong)..

    Saya terakhir ngajar S2 Binus tahun 1994-1995 kalau nggak salah, yaitu S2 MM Binus angkatan pertama yang mahasiswanya sekarang pejabat-pejabat Binus seperti Bu Nelly (Warek II), Pak Once (mantan Dekan Fasilkom, mantan Direktur Akademis), Pak Hudiarto, Pak Imam Djajono, dan Ibu Henny (Dr. Henny Hendarti)…

    Kalau ngajar S2 di UI (kerjasama dengan LAN) dari tahun 2000-2005 lalu programnya ditutup karena pelaksana S2 UI bukan lagi Program Pascasarjana tapi masing-masing jurusan di UI…

    Reply

  4. Edwin PAV
    Sep 08, 2008 @ 21:30:22

    Wah, gile bener, ternyata Bpk tridjoko ini ud ngajar pejabat2 Binus.

    Tp menurut Dekan S2 MTI boleh kok, kan saya ud jadi Binusian. Saya sering masuk kelas siapa aj. meski ga ngerti. tp minim dpt ilmu dikit lah.
    ehheheehehe

    Reply

  5. Edwin PAV
    Sep 08, 2008 @ 21:39:24

    just sit in, bedanya saya ga ikut kumpulin TM, project, UTS, UAS.

    Reply

  6. catatanprogram
    Feb 21, 2012 @ 23:03:47

    Pak Tri, saya senang sekali mengunjungi blog anda, apalagi anda adalah seorang dosen yang berbagi pengalaman dan ilmu kepada sesama..

    Saya ingin bertanya Pak.. Saya lulusan dari Budi Luhur.. Rencananya ingin melanjutkan S2. Untuk S2 ini saya memilih antara SGU atau BiNus (saya tidak tahu apakah BiNus memiliki kelas Sabtu atau tidak (setahu saya tidak ada kelas dihari Sabtu) )

    Nah, rencananya adalah saya ingin mengambil MTI untuk bidang S2.. Tapi pernah berdiskusi dengan salah satu senior saya di kantor dulu.. Katanya “untuk apa kita ambil S2 bidang IT, toh IT “bisa” dipelajari sendiri, lebih baik ambil bidang manajemen/Finance yang suatu saat nanti bisa mempersiapkan diri kita dalam jenjang karir yang lebih tinggi nanti (Manajemen Level)”

    Saya mohon pendapatnya dari Pak Tri.. Oh ya Pak Tri..
    -Jika Pak Tri berkenan apakah Pak Tri bisa memberikan perbedaan S2 di SGU / BiNus ?
    -Saya sering melihat artikel Pak Tri mengenai Skripsi.. Jika boleh request, apakah ada artikel mengenai Tesis ?

    Terima kasih Pak Tri.. Salam sukses

    Ali Suwanda

    Mas Ali,
    Kalau S1 anda Teknik Informatika dari Budi Luhur, apakah milih MTI di Binus/SGU atau milih MM ?
    Wah…semuanya tergantung bayangan anda di masa depan itu seperti apa karier anda ?
    Kan tidak ada seorangpun yang bisa memplot nanti di masa depan dia akan jadi Manager Pemasaran atau Manajer Keuangan ?
    Sekolah MM sih boleh-boleh saja, tapi yang nanti diangkat jadi Manager Pemasaran atau Manajer Keuangan paling dari Ekonomi UI yang S2 nya MM di UI juga, jadi buat apa peduli dengan lulusan Budi Luhur (dan juga lulusan Binus/Gunadarma/STMIK Jakarta) ?

    Jadi menurut saya, tidak boleh kita itu alasan sekolah adalah untuk mencari jabatan, karena jabatan tetap tidak akan terkejar.
    Yang lebih tepat adalah sekolah mencari ilmu atau mencari hobby yang positif, lha masalah jabatan itu nanti aja dipikir sambil jalan.

    Binus program MTI nya hanya ada kelas reguler, yang masuknya setiap hari di malam hari dari Senin sampai Jumat, plus hari Sabtu. Lulus dalam waktu 18 bulan. Kalau ragu tentang MTI Binus ya pilih MTI SGU saja. Tapi FYI, mulai Maret ini ada dibuka program MTI di Binus ALam Sutera dan setiap semester ada sebuah perusahaan nasional besar yang selalu mengirimkan 20 orang pegawainya buat sekolah MTI di Binus Alam Sutera. Saya saja ditawari ngajar di sana tapi karena jauh jaraknya dari rumah, sementara saya gak mau nerima. Jadi kalau perusahaan nasional besar saja mau menyekolahkan pegawainya di Binus, mestinya orang-orang lainnya juga mau. Logikanya sangat simpel…

    Sementara ini saya membantu menulis skripsi buat adik-adik S1 karena mereka yang amat sangat membutuhkan uluran tangan dari saya. Kalau anak=anak S2 karena sudah dewasa, biarlah mereka bekerja sendiri, saya tidak akan membantunya…

    Begitu mas…

    Reply

  7. catatanprogram
    Feb 24, 2012 @ 11:01:31

    Wah.. terima kasih Pak untuk informasinya.. Sangat mengena di hati.. hahaha.. Pikiran saya menjadi terbuka..

    Dunia pekerjaan sekarang sangat menuntut lulusan yang berkualitas dan tentunya karena itu saya juga tidak ingin milih-milih sembarangan.. hehehe.. dulu saya dikuliahi oleh orang tua yang perekonomiannya ga cukup kuat untuk masuk BiNus.. Tapi sekarang sudah kerja, jadinya saya bertekad untuk milih yang terbaik..

    Melihat Ayah semangat saya yang merupakan seorang petani yang sekarang bisa membuka usaha kecil-kecilan dan menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang tinggi.. Saya pun bertekad untuk ibaratnya “jadi orang” membanggakan dia yang sudah jadi panutan buat saya..

    saya inginnya masuk BiNus karena memang program IT-nya sangat terkenal baik mutunya.. Sayangnya tuntutan kerja saya hingga harus pulang malam membuat saya ragu untuk ambil MTI di BiNus yang hanya ada kelas reguler..

    Mungkin ada baiknya jika BiNus juga membuat program kelas Sabtu..

    Makasi lho Pak.. Maap ya klo jadi curhat.. hehehehe.. 🙂

    Salam
    Ali Suwanda

    Mas Ali,
    Mulai Maret 2012 ini Binus bahkan membuka program MTI secara Online…..jadi anda kalau mendaftar di sini tidak hanya tidak perlu datang ke kampus, tetapi cukup di rumah saja, manteng di depan komputer dan membaca slide-slide mata kuliahnya, terus ada quiz, test, ujian….dan menulis program…

    Untuk keterangan hubungi 021-534-5830 minta berbicara dengan “PMB” (Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru)….

    Reply

  8. pardosi
    Mar 08, 2012 @ 15:20:47

    Met sore pak Tri, saya mau bertanya pak mengenai pasca sarjana MTI yang online yang bapak sebutkan. Kira-kira bagaimana cara belajarnya ya pak, apakah semuanya nanti dilakukan secara online termasuk untuk thesisnya. Kalau mengenai akreditasi MTI binus itu apa ya pak, soalnya saya cek di ban pt tidak ada tercantum disana. Terima kasih

    Mas Pardosi,
    Binus MTI Online baru akan dibuka Maret ini. Silahkan telpon 021-534-5830 minta dihubungkan dengan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Cara belajarnya dengan membaca di Binusmaya (semacam website untuk kontak dosen + mahasiswa), anda diwajibkan membaca slide sesuai dengan mata kuliah dan nomor pertemuan ke berapa, lalu ditanya beberapa pertanyaan, atau bisa juga bertanya beberapa pertanyaan. Di masing-masing mata kuliah ada Dosen yang bertanggung jawab menjawab pertanyaan anda (lewat Binusmaya, sms, Facebook, email, atau apapun yang anda berdua setujui). Lalu sebulan sekali ada semacam “kopi darat”, tapi ini belum tentu bisa terlaksana, karena ada peserta MTI Online yang bermukim di Singapore, Kuala Lumpur, atau Bangkok. Semua komunikasi dilakukan dalam bahasa Inggris, kalau tidak salah…

    Mengenai akreditasi, Binus S2 nya sudah mempunyai akreditasi, tapi “current” atau tidak saya tidak tahu. Dulu MM dan MMSI dan MMAK sudah mendapatkan akreditasi, tetapi setiap 2 tahun kan harus diperpanjang. Sedangkan program MTI ini memang program baru. Secara tradisional Binus tidak terlalu mementingkan / tidak terlalu mengandalkan Akreditasi BAN dsb, karena walaupun nilai Akreditasi BAN di hampir semua jurusan Binus hanya rata-rata B (kecuali Desain Komunikasi Visual dan Manajemen yang akreditasinya A), namun di dunia kerja lulusan kita sangat dicari oleh prospective employer. Dan bukankah itu yang kita cari ??

    Tentu anda berhak memilih universitas yang anda sukai, tapi MTI Online…cocok untuk orang yang sibuk tetapi masih perlu menambah ilmunya…

    Demikian bisa saya sampaikan…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: