Men-start Speedy yang mati

Pernah nggak telepon Telkom di rumah anda mati nggak bisa buat nelpon dan anda bingung setengah mati ? Pernahkan anda mencoba cara yang termudah untuk membuat telpon anda yang mati jadi hidup dengan cara memanggil nomor telpon rumah anda tersebut dengan handphone ?

Saya berkali-kali telah melakukannya, and it works !

Nah, sejak akhir April 2008 ini di rumah sudah dipasangai splitter telpon oleh petugas Telkom Speedy. Yang 1 saluran tetap untuk telpon rumah (PSTN), sedangkan yang 1 saluran lagi untuk nyambung ke modem ADSL yang bakalan menghidupkan Internet saya di rumah via Speedy..

Sejak akhir Juli 2008 saya juga sudah berubah status Speedy saya menjadi Unlimited, khusus untuk dosen – dengan menunjukkan SK Dirjen Dikti tentang pengangkatan saya ke jenjang jabatan dosen. Maka sayapun membayar Speedy Unlimited yang aslinya Rp 750 ribu menjadi hanya Rp 450 ribu saja per bulan, alias diskon 40%. Nah, harapannya saya akan mendapatkan SERVICE 24/7 dari Speedy, yang artinya Speedy di rumah saya akan hidup 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu, alias nggak pernah putus kecuali listrik PLN mati.

Apa yang terjadi ? Speedy saya lebih banyak putusnya daripada nyambungnya.. Bagaimana mengetahui Speedy putus atau nyambung ? Di modem ADSL saya yang bermerk AZTECH bikinan Singapore (gratis dari Telkom Speedy) ada 4 lampu dari kiri ke kanan : Lampu 1 ada tulisan POWER, Lampu 2 ETHERNET, Lampu 3 DSL, dan Lampu 4 INTERNET…

Nah, dari keempat lampu itu, Lampu 1 Power dan Lampu 2 Ethernet selalu nyala. Ya iyalah soalnya itu kan menandakan ada arus listrik yang menghidupi modem dan ada sambungan kabel Bus alias Ethernet…

Bagaimana dengan Lampu 3 DSL ? Sering hidup sih (nyala terus tanpa putus), tapi lebih sering lagi mati atau byar pet (blinking) alias DSL-nya nyambung-kagak.

Bagaimana dengan Lampu 4 INTERNET ? Biasanya Lampu 4 ngikut saja Lampu 3. Kalau Lampu 3 nyala terus tanpa blinking, maka dipastikan Lampu 4-pun akan nyala terus. Jika Lampu 3 dan Lampu 4 nyala, maka dapat dipastikan Telkom Speedy saya akan nyala dengan sempurna. Jangan tanya kecepatan dan lebar pita bandwidth-nya berapa, soalnya saya belum masang “tools” untuk itu…

Nah, setelah sepanjang malam Internet di rumah yang dipasok oleh Speedy mati terus, pagi ini tadi saya berinisiatif berinternet lewat “cara lama” yaitu lewat Telkomnet Instant. Jika Speedy di kamar menyambungkan komputer desktop Compaq saya dengan Internet, maka di luar saya pakai laptop HP untuk menghubung ke internet…

Ajaib bin aneh bin mustahil….setelah 2 menit saya hidupkan Telkomnet, maka saya lirik lampu modem Aztech saja keempatnya hidup semua alias Internet di kamar telah hidup setelah sepanjang malam koit alias modar alias mati !

Telkomnet-pun saya matikan (a smart move, untuk menghemat rekening). Lalu saya berpindah ke kamar menuliskan “cerita” yang nggak berarti ini…

Di luar, tenda 17 Agustusan 2008 sudah terpasang sejak kemarin siang. Sebentar lagi, sebagai Pak RT saya harus “macak gajah pasang tlale” (berdandan rapi memakai dasi) karena saya harus keluar dan menyapa warga yang akan merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-63 !

MEEEEEEERRDEEEEKKKAAAAA !!!

21 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Aug 17, 2008 @ 11:55:21

    hahahahahhaa…!!
    kadang2 kalo kita telp ke telp rmh kita (yg kabelnya nyatu apa speedy) jg bs bikin speedy nyambung lg Pak.
    hehehehehhehe..!!
    speedy gt lho.
    beda bgt ama fastnet.
    ga pernah mati.
    uda gt msh aj petugasnya rutin nelpon,
    nanyain apa ada masalah ato gangguan.
    wahhh…!!!
    puas sayah..!!!
    hehehehehhehehe…!!
    bukan mksd bikin iri yah Pak.
    cm kok perusahaan “pemerintah” ga bs sehebat swasta yah?!?!
    apa teori perusahaan ini nanti bisa diterapkan di univ??
    jadi PTS lbh bagus dr PTN.
    hehehehehehhe…!!

    Reply

  2. tridjoko
    Aug 18, 2008 @ 06:23:28

    –> Agung :

    Trims tip nyambung Speedy-nya. Lain kali saya cuman call telpon rumah saja daripada nyambungin ke Telkomnet yang mesti bayar..

    Waktu saya pakai Speedy paket 1 GB, Speedy saya moncer terus tidak pernah mati sehingga tergoda untuk download sepuasnya. Kalau setelah paket dosen ini agak lain, dikit-dikit mati..

    Fastnet sudah 499 meter dari rumah saya. Saya yakin dalam 499 hari pasti sudah sampai rumah saya…hahaha…

    Reply

  3. Agung
    Aug 18, 2008 @ 11:12:28

    hehehehehhe…!!
    saya kemungkinan akan diorbitkan ke firstmedia oleh Paman saya setelah lulus nanti.
    yah,semoga demikian.
    hehehehehehhe…!!
    kalo saya uda di first media,lgs deh rmh Bapak saya lewatin serat optik fastnet.
    hehehehehhee…!!

    Reply

  4. simbah
    Sep 03, 2008 @ 05:01:43

    Numpang nanya dik Yon,
    Speedyku di rumah kadang-2 macet, itu lampu ‘data’ nggak mau berkedip. Apakah mungkin modemnya kepanasan? Soalnya kalau saya raba agak anget-anget, trus tak kipasi. Tapi masih juga macet. Apa waktu itu banyak pengguna sedang on-line, jadi mempengaruhi koneksi ? Thanks..

    Reply

  5. tridjoko
    Sep 03, 2008 @ 09:43:55

    –> Simbah :

    Menurut pengalaman saya, begini mas cara men-start Speedy yang mogok…

    1. Hidupkan komputer anda
    2. Hidupkan modem ADSL (Speedy) anda
    3. Ambil telpon seluler anda, lalu telpon nomor rumah anda sendiri (satu saluran dengan yang disambungkan ke modem ADSL)
    4. Angkat telpon rumah anda, tapi nggak perlu berbicara – berbicara ya boleh, tapi ketok yen kaya wong edan..hehehe –
    5. Tetep angkat telpon rumah anda, sampai lampu “DATA” di modem anda jadi hidup…
    6. Klik Mozilla Firefox atau Internet Explorer di komputer anda, sampai lampu DATA yang anda sebutkan mati tadi berubah menjadi nyala…

    Selamat mencoba…

    (Modem ADSL Speedy saya bikinan Singapore ada 4 lampu, dari kiri ke kanan “LAMPU POWER”, “LAMPU ETHERNET”, “LAMPU DSL” (mungkin ini yang anda sebut lampu Data), dan “LAMPU INTERNET”.. Biasanya 2 lampu paling kiri nyala terus, dan 2 lampu yang kanan sering mati. Untuk menyalakan lampu yang mati saya telpon rumah sendiri dari HP sekitar 2 menitan, maka kedua lampu yang paling kanan akan nyala…

    Reply

  6. simbah
    Sep 06, 2008 @ 13:57:33

    Matur nuwun…nanti tak coba lagi…

    Reply

  7. pakwie
    Oct 11, 2008 @ 18:09:27

    kok modem saya nggak gitu, semua nyala kecuali yg lampu internet?
    kenapa ya? help pease …

    Reply

  8. tridjoko
    Oct 11, 2008 @ 18:43:31

    –> Pakwie :

    Lampu internet mati biasanya tanda anda belum bayar (hah, apa benar ?) atau memang Speedy lagi mati…

    Di rumah saya sejak Jumat pagi Speedy mati…

    Reply

  9. pakwie
    Oct 11, 2008 @ 19:09:12

    waduh, cepet sekali responnya. makasih banget.
    bulan lalu free, ada promosi. atau mungkin direkod belum bayar ya?
    berarti saya harus lapor ke 147.
    makasih 1x lagi.

    Reply

  10. fly
    Oct 17, 2008 @ 13:54:26

    saya jg mati lampu internetnya..
    klo seandainya nymbung..
    bntar2 putus nymbung gtu..
    lampu internetnya berkedip pelan selalu
    saya bingung,merasa tidak puas

    Reply

  11. tridjoko
    Oct 17, 2008 @ 18:20:13

    –> Fly :

    Coba telpon 147 dan minta teknisi Speedy memindahkan “Splitter” (box sebesar kotak korek api yang membuat saluran telpon menjadi 2) ke luar rumah dimana saluran telpon pertama kali masuk rumah (resikonya box yang ada di luar rumah dihilangkan dan diganti “Splitter”). Lalu ambil saluran telpon Speedy anda dari “Splitter” langsung yang sekarang ada di luar rumah…

    Begitu yang dilakukan oleh teknisi Speedy saya siang ini, dan kini Speedy saya sudah bisa ngebut download sekitar 70-85 bps..(biasanya 3-7 bps)..

    Ok ?

    Reply

  12. Lilik
    Nov 16, 2008 @ 07:48:27

    Wah Bisa berbagi sedikit pertanyaan … (berbagi kok petanyaan…)

    Pakdhe…

    Pengalaman saya kok berbeda ya… Semua lampu indikasi nyala dan bagus, namun koneksi kok sering mati. direstart dulu baru nyala lagi. kenapa ya??
    Makasih jawabannya.

    Lilik

    Speedy di kantor juga kayak gitu. Semuanya ok, tapi koneksi terputus. Dan teman-teman sudah punya jawabannya : cabut kabel LAN-nya, lalu pasang lagi….dan Speedy sehat wal afiat kembali…. πŸ˜‰

    Mengapa begitu ?
    Tanyalah pada rumput yang bergoyang…. πŸ˜‰

    Reply

  13. Dwi purnomo
    Nov 28, 2009 @ 16:03:48

    saya punya warnet menggunakan speedy tp jaringannya sering putus putus, bisa dipastikan setiap harinya putus 5-10 x, hal itu sangat membuat pelanggan merasa kecewa. apa mungkin modemnya terlalu panas? tp modemku selalu full tipas angin, ak pake modem Prolink H9200r, modem itu memiliki 4 lampu yaitu Power,ADSL,Ethernet,LAN
    tp yg saya heran lampu ethernetnya sering mati, dan itu yg membuat koneksi saya terputus, setelah saya restart 4-5 x baru mau nyala, itu pun kadang putus lagi, ak smp pusing dan panik setiap kali jaringan putus dan pelanggan merasa kecewa, saya minta tolong gmn solusinya trimakasih

    Reply

  14. Zulfahmi
    Nov 30, 2009 @ 16:31:03

    Memang SPeedy Paling Mantap. Dengan Banyak nya keluhan, Apakah tidak ada perbaikan sistem kerja. Speedy di warnet saya hampir 10 x terputus. pelanggan pada lari, bayar tetap…. Kalau Bisa jangan pakai speedy. Hidup Sengsara… haha

    Reply

  15. annafi
    Dec 30, 2009 @ 08:55:03

    agan2 sekalian,,saya ada problem nh semoga ada yang bisa bantu… speedy di rumah saya sudah 3 hari mati,,, masalahnya karna lampu data tidak mau menyala,, padahal lampu link sudah menyala. biasanya asal lampu ke 2 (link) menyala sudah dapat di pastikan dalam hitungan detik lampu 3(data) pasti akan menyala juga,, saya sudah coba berbagai hal dari cek pingm reset modem sampai cek kabel jaringan tapi semua normal,,saya tlp. 147, operator bilang koneksi saya normal,, dan menyaran kan untuk cek ke teknisi line 3 ,maksudnya ke bagian service tlp (gak ngerti dh)…. tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya.. mungkin agan2 sekalian ada yang pernah mengalami hal serupa! dan memiliki solusinya…mohon bantuannya…

    Annafi,
    Kayaknya long weekend sekarang ini musimnya Speedy mati. Di rumah pernah ke-4 lampu menyala tapi internet gak jalan. Gak tau kenapa…

    Reply

  16. Wahyu
    Mar 06, 2010 @ 19:53:12

    Coba cek Splitter nya gan… Kalo telpon anda di paralel (kayak Rumah Ane Biar bisa make atas bawah) pasang splitter disetiap telpon… hehehe pengalaman pribadi. klo masih gk bisa call 147 siap antar. πŸ™‚

    Reply

  17. ai bungas
    Mar 17, 2010 @ 16:44:55

    speedy saya juga,, lampu internet nya sering tidak menyala.. mati trus, sudah hbgi 147 bahkan sampai teknisi nya sendiri yg datang langsung ke rumah utk memperbaiki net nya,.. memang bisa nyala tp besoknya hidup mati lagi.. masa saya harus manggil teknisi tiap hari,, Ga mungkin kan ??!! ini aja mati2 trus, untung saja koment saya ini bs terkirim…

    Ai,
    Sabar aja. Secara teoritis sambungan HDSL seperti Speedy mestinya nyala terus moncer 24 jam terus-menerus, itu untuk daerah yang sambungan telponnya bagus (jarang pohon yang motong kabel telpon, dsb)…

    Tapi seperti di rumah saya yang kabel telponnya kepotong dahan pohon tetangga, sambungan Speedy juga mati hidup..

    Untuk daerah tertentu, memakai Telkomnet Flash lebih murah dan nyambung terus ke internet dibanding Speedy…

    Reply

  18. irfansiswanto
    Apr 03, 2010 @ 13:03:58

    betulllllll

    Reply

  19. dedi
    May 12, 2010 @ 12:32:13

    spidi warnet saya lampunya bagus tapi sebagian pc clyaen kok lambat banget koneksinya apa ya solusinya tolong dong terimksh sebelumnya

    Dedi,
    Salah satu solusinya……matikan modem Speedynya, tunggu selama 20 detik lalu hidupkan lagi. Mudah-mudahan bisa tambah cepat.

    Kalau masih lambat, berarti ada masalah koneksi Speedy dari rumah anda ke server Speedy nya. Kalau lambat terus, ya telpon aja Speedy Customer Servicenya…

    Reply

  20. Yusak
    Jan 26, 2011 @ 18:12:28

    Thanks untuk sharing Infonya, setelah lebih dari 4 jam kutak-kutik modem karena Lampu Internetnya mati, saya ikutin saran telp ke nomor telp speedynya, setelah 2 kali telepon lalu modem dihidupkan lagi langsung lampu internet nyala lagi. Manjur sekali jurus sederhana ini.

    Sekali lagi terima kasih.

    Mas Yusak,
    Asal harus hati-hati. Saya pernah kena bill telpon Rp 1,8 juta gara-gara Speedy di rumah sering mati, dan untuk menghidupkannya saya call nomor Speedy tersebut…

    Kalau sekali-sekali nelponnya gak apa-apa….

    Reply

  21. otong
    Feb 18, 2011 @ 17:40:38

    punya saya malah lampu dslnya tetep hidup, eh lampu inetnya kadang mati kadang hidup…
    jalan satu2nya ya cuma tak matiin speedynya, terus tak hidupkan lagi…

    Reply

Leave a Reply

