President Barack Obama ?

Lihatlah foto di atas baik-baik. Dari sebelah kiri adalah Mr. Sutoro yang bekerja sebagai perwira Jawatan Topografi TNI-AD, Mrs. Ann Sutoro, Maria Utoro, dan Barack Obama. Waktu pengambilan foto sekitar tahun 1967, lokasi Jakarta, sumber foto sayang tidak diketahui…

Apakah Barack Obama kecil yang kelihatan gendut dibanding Senator Barack Obama sekarang akan menjadi Presiden Amerika Serikat selanjutnya menggantikan George Walker Bush ?

Time will tell…

(p.s.: maaf bila salah menyebut nama, saya menulis posting ini tidak didahului oleh survai di Google, melulu karena menariknya berita utama koran Kompas hari ini Sabtu 30 Agustus 2008 dengan headline “Obama : Sudah Cukup Era Partai Republik, Standing Ovation Hampir Setiap Menit”..)

Ada komentar ?

25 Comments (+add yours?)

  1. yulism
    Aug 30, 2008 @ 07:35:16

    Tadi malam ada Convensinya partai Demokrat di Denver Pak Tri, kami hanya nonton di Rumah. Mendengar orasinya Obama saya sempat berkaca kaca. Seandainya saya punya hak pilih. Oh ya maaf kayaknya adiknya bernama Maya Sutoro. Di konvensi sebelumnya Maya juga berorasi tentang obama, dia juga pintar orasi seperti kakaknya. terimakasih

    Reply

  2. tridjoko
    Aug 30, 2008 @ 08:16:56

    –> Mbak Yulis :

    Saya malahan hampir menangis dan nyaris bunuh diri karena pas ada Democratic National Convention, saya pas ada di Madiun. Satu-satunya TV Indonesia yang menyiarkan hanyalah MetroTV via acara VOA (Voice of America) oleh Patsy Kudaiswara yang sangat singkat dan berbahasa Indonesia yang menurut saya kurang greng. Dan walaupun di hotel ada cable tv tapi tidak bisa nangkap siaran CBS, ABC atau NBC.. Soalnya biasanya saya kalau ada acara Democrat National Convention saya pasti nonton…dulu jamannya Ronald Reagan masih president, saya ingat sentilan-sentilan Gubernus Texas Ann Richards yang nyebut keluarga Bush sebagai “borned with a silver spoon on his mouth” saya sempat nggak ngerti artinya tapi setelah nanya ke teman Amerika ternyata artinya “anaknya orang tajir”…

    Sekarang yang bisa saya lakukan, melihat video 45 menit pidato Obama itu dimanapun saya mesti dapatkan. Dimana ya mbak ? Mungkin di You Tube ada, tapi saya nggak yakin versi full 45 menitnya ada…

    Saya masih menangis nih mbak…sob…sob …eeerrr…eeerrr..sob..sob…

    Dan saya mau bunuh diri nih…clk..clk…clk…(jebul entong sendok nasi yang saya tusukkan ke perut, pantas dari tadi nggak sakit-sakit)…hehehe…

    Reply

  3. adhiguna
    Aug 31, 2008 @ 20:23:42

    Saya support Barry 🙂

    Pertama karena Pak Lolo Martodihardjo itu paman kandung bapak saya.

    Kedua karena Barry benar-benar telah memperjuangkan nasib rakyat kecil/minoritas, setelah dia lulus law school, dimana sebenernya dia bisa jadi lawyer dengan penghasilan super besar.

    Reply

  4. Agung
    Aug 31, 2008 @ 21:14:16

    saya sepenuhnya dukung Democrat..!!
    tp sayang di indo partai demokratnya ga bnr DEMOCRAT.
    selain “c”nya di ganti “k”.
    prinsipnya ga jauh2 dr KKN terselubung.
    hahahahahhaha…!!

    Reply

  5. tridjoko
    Aug 31, 2008 @ 22:02:33

    –> Mas Adhiguna :

    Jadi Pak Lolo Martodihardjo itu bapaknya Pak Lolo Soetoro bapak tirinya Barack Obama ? Wah, berarti anda masih saudara jauhnya Barack Obama dong ? Kalau nanti Barry jadi President, wah anda akan disambut dengan tangan terbuka kalau datang ke AS…

    Benar mas, Hillary Clinton dan Bill Clinton yang lulusan Yale Law School akan dengan mudah dapat uang segepok jika berpraktek sebagai Lawyer. Tapi lawyer yang kayapun pasti suatu saat akan tergoda kekuasaan karena jauh lebih “menjanjikan” baik secara intangible maupun tangible. Bill Clinton bisa ngumpulin sekian juta dollar karena sekali ngasih speech aja kalau nggak salah dia nerima 250.000 dollar alias gaji President selama setahun !

    Jadi, Barry yang lulusan Columbia Univ di New York lalu Harvard Law School di Boston tentu dengan mudah pula buka warung hukum yang mudah dapat uangnya. Tapi jadi Senator-pun not bad lah karena cukup prestisius. Jadi atau tidak jadi president kelak, Barry telah membuat sejarah. Sudah lihat CNN waktu ia pidato di DNC Denver ? Kalau belum di You Tube juga banyak lho rekamannya..

    Reply

  6. tridjoko
    Aug 31, 2008 @ 22:06:02

    –> Agung :

    Yang di Indonesia, no comment lah… 😉

    Yang di Amerika, Partai Demokrat memang lebih colorful dan lebih pro buruh daripada pro pengusaha. Namun kemenangan President dari Partai Demokrat nanti masih 50:50…

    Amat sulit bagi calon perempuan spt Hillary Clinton atau calon dari kulit setengah berwarna spt Barrack Obama untuk jadi Presiden AS. Dulu saja di tahun 1988 Michael Dukakis yang keturunan Yunani juga sulit ngalahin George Bush Sr.

    Karena semua dari mereka itu tidak termasuk golongan mainstream di AS yang disebut WASP (White Anglo Saxon Protestant) yang bisa disebut sebagai punya “darah biru”…

    Reply

  7. Agung
    Sep 01, 2008 @ 09:18:11

    klo saya liat sih,
    Democrat lbh banyak urus dalam negerinya USA,
    jadi di mata rakyat “kecil” di USA tuh Democrat lbh byk berkarya.
    kyk pendidikan dan kesehatan,
    itu jd prioritas.
    kalo Republic,lbh byk gembar gembor di luar negerinya.
    perang sini, perang sono.
    jd USA ditakuti di internasional.
    trus dana2 yg hrsny pendidikan dan kesehatan malah dipake riset jet tempur.
    jaman Bush Sr, F-14 ampe F-18.
    nah,Bush Jr F-22 dan F-35.
    hehehehhehee…!!

    yah,kyk kita aj Pak.
    kalo Gus Dur dolo ga aneh2,
    Megawati pun susah jd presiden.
    dan ampe skrg,blom ada tuh presiden kita yg darah “campuran”.
    iya toh?!

    Reply

  8. tridjoko
    Sep 01, 2008 @ 12:29:48

    –> Agung :

    Sebenarnya tidak “cross cut” seperti itu sih. Artinya kadang-kadang Presiden dari Partai Demokrat ya suka perang, contohnya Lyndon B. Johnson yang menggantikan John F. Kennedy…

    Tapi kecenderungan globalnya ya seperti yang anda katakan itu..

    Presiden2 di Indonesia ? No comment lah kali ini…. 😉

    Reply

  9. adhiguna
    Sep 01, 2008 @ 17:05:41

    Pak Tri, iya pak Lolo Soetoro itu nama lengkapnya Lolo Soetoro Martodihardjo.

    Dulu beliau (masih kecil) dan ibunya tante Ana sering main ke rumah alm. eyang saya di Jayeng Prawiran Jogja.

    Si Barry kecil diceritain eyang saya kalau makan ayam, satu utuh di gado tanpa nasi hehe. Trus dia suka main juga sama bapak saya yang waktu itu sudah SMA. Bapak saya cerita Barry kecil kalau nakal suka dikejar-kejar bapaknya pak Lolo yang Abri galak pake sendal.

    Kalau tante Maya yang sering ke Indonesia dan berkumpul dengan keluarga besar Martodihardjo..

    Hehe meskipun suatu saat Barack Obama jadi presiden saya nggak mau ke Amrik ngaku2 saudara beliau pak…Cendana banget 🙂

    Tapi kalau beliau jadi presiden, suatu keajaiban juga sih hehe, secara Amrik masih WASP oriented gitu…

    Iya saya suka dengerin pidato2nya Barack Obama…

    Reply

  10. tridjoko
    Sep 02, 2008 @ 08:55:48

    –> Mas Adhiguna :

    Ini saya baca dari sumber2 di Internet. Barrack Obama Sr. rupanya masih punya isteri di Kenya waktu menikahi Stanley Ann Dunham, ibu Barack Obama Jr. Mereka menikah tahun 1964 tapi Barry belum 2 tahun orangtua mereka bercerai. Barack Obama Sr yang memang flamboyant dan omongannya suka didengar orang akhirnya mengambil Ph.D di Harvard.

    Tahun 1966-an Pak Lolo Soetoro yang mahasiswa Univ Hawaii suka ngapelin Ann Dunham, sambil main catur dengan bapaknya Ann bahkan sampai malam. Nah, dari situ perkenalan Pak Lolo dengan Ann, juga dengan Barry, dan Pak Dunham..Tahun 1967 mereka menikah dan akhirnya Ann Dunham dan Barry diboyong ke Jakarta.

    Tiga tahun sekolah di Jakarta, pertama di Asisi Catholic Primary School (nggak tahu ini dimana ya ?) lalu 2 tahun kemudian pindah ke SDN Menteng 1 di daerah upscale, karena Pak Lolo sudah keluar dari tentara dan masuk perusahaan minyak asing sebagai manajer. Karena Ann Dunham bosan mendengar istilah-istilah golf kalau lagi pesta keluarga, ia mulai nggak kerasan di Jakarta. Lulus SD, Barry dikirim kembali ke Honolulu untuk sekolah Junior High di sana, diasuh sama grandpa dan grandmanya. Tahun 1970, Pak Lolo bercerai dengan Ann Dunham. Ann lalu pindah ke Hawaii dan menjadi mahasiswa di Univ Hawaii. Pak Lolo masih sering mengunjungi Honolulu untuk melihat anak dan isterinya. Anak tirinya Barry dan anak kandungnya Maya, walau mereka sudah bercerai…

    Setelah menyelesaikan S1 di bidang Anthropology di Univ Hawaii, Ann Dunham kembali ke Jakarta dan bekerja di Ford Foundation Jakarta. Ia banyak mengurusi kredit mikro (cikal bakal BRI). Tapi sudah tidak serumah lagi dengan Pak Lolo..

    Beberapa tahun di Indonesia, Ann Dunham sering bergaul dengan orang-orang kecil di pasar-pasar Jakarta. Dua puluh tahun di Jakarta, Ann Dunham akhirnya memperoleh gelar Ph.D in Anthropology dari Univ. Hawaii.

    Ann Dunham yang di Indonesia lebih terkenal dengan nama Ann Soetoro akhirnya meninggal di usia 52 karena sakit kanker kandungan dan saluran kencing.

    Maya Soetoro akhirnya mendapat gelar Ph.D juga dari …. (lupa), yang akhirnya menikah dengan …… Ng dan mereka tinggal di Kanada dan dikaruniai seorang putri. Dia lebih dikenal dengan nama Dr. Maya Soetoro Ng dan ikut aktif berkampanye untuk kakaknya, Barry..

    Yang jelas, keluarga ini sangat internasional : ada putihnya, ada hitamnya, ada coklatnya, dan ada kuningnya. Wah !!!

    Waktu Barry kecil, Ann dan Maya suka ngeledeknya, “You will be the first colored-President of the United States”…

    Ngomong-ngomong, Pak Lolo dan Barack Obama Sr. masih hidupkah ?

    Nggak apa-apa kok Mas Adhiguna, ngaku sedulure Barack Obama, ntar kalau ke masuk ke Amerika bisa bilang itu ke petugas imigrasi…Cendana banget ? Bukan ! Menteng banget….hahahaha…

    Reply

  11. Agung
    Sep 02, 2008 @ 09:24:47

    yah,semoga dengan Mr Barry jd presiden,
    dunia jd aman.
    USA bnr2 menjalankan fungsinya sebagai polisi dunia yg ideal.
    polisi yg baik,sopan,mau melayani dgn rela,mau melindungi,dan ga korupsi.
    hehehehhehehehehe…!!

    Reply

  12. tridjoko
    Sep 02, 2008 @ 11:50:32

    –> Agung :

    Amen….

    Reply

  13. adhiguna
    Sep 02, 2008 @ 16:44:11

    Pak Tri, pak Lolo sudah lama meninggal karena liver.

    Kalau Barack Sr, saya kurang tahu.

    Mengenai pak Lolo, bapak saya cerita beliau itu orang yang sangat pemberani dan cerdas, makanya dia bisa jadi TNI yang dapet beasiswa ke Hawaii University. Semua saudara kakek saya
    (yang kakak kandungnya pak Lolo) itu cerdas, jago berantem dan playboy hehehe..

    Pak Lolo juga agak-agak preman dan ugal-ugalan, pernah waktu naik becak di Yogya, tukang becaknya agak nipu, jadi minta duitnya lebih, pak Lolo cuman ngomong, “saya nggak punya duit lebih, cuman punya ini” sambil nunjukkin pistol hehe…

    Nggak banyak yang tau juga pak Lolo pernah mukulin bosnya di salah satu perusahaan multinasional itu..

    Reply

  14. tridjoko
    Sep 03, 2008 @ 10:07:11

    –> Mas Adhiguna :

    Wah..jangan-jangan ketiga sifat itu menurun ke anda : cerdas, jago berantem, dan playboy…hahahaha…just kidding mas…

    Tapi kalau cerdas, ya, buktinya sudah di Perancis. Playboy ya, anda pernah cerita sebagai pria metroseksual. Lalu suka berantem, lha ini yang belum terbukti, tapi lihat foto anda di Blog kayaknya anda pakai baju jubah menirukan Keanu Reeves di Matrix…hihihi…

    Perwira-perwira AD, AL, AU jaman dulu kesannya memang suka berantem, mungkin Indonesia masa perang waktu itu ya ? Tapi coba sekarang ada tamtama, bintara atau perwira tentara yang suka berantem, pasti akan dikejar isteri saya yang profesinya Army JAG (Judge and Advocate General)…hehehe…

    Ya mudah-mudahan keberanian Pak Lolo menurun ke Barry, dan all the success for Barry !!

    Reply

  15. adhiguna
    Sep 03, 2008 @ 17:54:42

    Saya berantem sih nggak suka pak tapi saya suka sekali olahraga beladiri dari kecil. Saya hobby thai kickboxing dan pernah ngajar beladiri juga di UI dulu. Sekarang di Perancis saya belajar Savate, kickboxing Perancis.

    Mengenai militer sebenernya dari dulu pingin masuk TNI-AD, cuman sayangnya gagal karena berkacamata. Sempet saya abis master kepikiran kalau nggak dapet kerja atau PhD pingin join French Foreign Legion aja.. hehe…

    Mengenai pinter gak juga hehe, menurut saya sih saya lucky dan kebetulan memilih bidang yang saya suka aja, walaupun sebenernya engineering itu bidang kedua yang saya suka, kalau boleh milih, saya pinginnya jadi komandan pasukan khusus atau kickboxer profesional aja daripada engineer.

    Playboy? hmm biar mantan-mantan yang menilai haha…

    Wah istri anda JAG ? tentara-tentara yang urakan pada takut ya sama istri anda hehe..

    Well all the success for Barry!

    Reply

  16. Firman Maulana
    Oct 31, 2008 @ 10:37:26

    Saya bangga sama Barry..
    meskipun waktu itu saya belum lahir.. hehehe
    cerita dari nenek dan kakek..
    anak kecil yang nakal tapi pintar.
    alhamdulilah nenek saya masih punya foto2 waktu kecilnya.
    kakek saya namanya alm R Soegio Martodihardjo.
    a’m proud of him.. seorang pensiunan polisi yang amat sangat disiplin dan jujur salah satu motivasi buat saya melangkah ke kehidupan yang lebih baik.
    salam kenal om adhiguna.. kita kepaten obor mas. hehehe
    Bravo Barry.. may god always blessing you.

    Reply

  17. tridjoko
    Nov 02, 2008 @ 05:40:02

    –> Firman Maulana :

    Wah..kalau anda cucunya mbah Martodihardjo berarti anda masih sepupu dengan Mas Adhiguna yang sedang belajar di Perancis/Inggris dong..

    O ya lupa…apakah mbah Martodihardjo itu bapaknya Pak Lolo Soetoro, ayahnya Barrack Obama ?

    Mudah-mudahan tanggal 4 Nopember 2008 ini Mas Barry bisa memenangkan Pemilu Presiden AS…

    Tapi kalau tidak, ya tidak apa-apa. Achievement yang dia sudah lakukan mengingat masa kecilnya yang sering berpindah-pindah…itu sudah luar biasa. Lulus dari Columbia lalu lanjut ke Harvard itu sudah hebat banget, apa ada yang lebih hebat ?

    Sumbangan sebulan yang mencapai 150 juta dollar juga memecahkan rekor..kalau saya sendiri, sebulan paling bisa menggalang dana 1 juta rupiah….hahahaha…

    Reply

  18. yogs
    Nov 03, 2008 @ 17:31:10

    mas adhiguna, saya kebetulan mendapat tugas mencari dan menelusuri rumah pak martodiharjo yang di Jl Jayeng Prawiran. lha yang ingin saya tanyakan, itu alamat persisnya mana to? saya sudah muter2 dan bertanya2 ke warga sekitar, tapi kok tidak ada yang tahu. trims. saya tungu jawabannya.

    Reply

  19. yogs
    Nov 03, 2008 @ 18:18:24

    tambahan pertanyaan buat mas adhiguna. Soal rumah alm eyang anda Martodihardjo yang di Jayeng Prawiran itu masih ada atau tidak? apakah masih dihuni oleh sanak keluarga lainnya? Jika masih, mohon informasinya, siapa yang menempati rumah tersbut. trmks banyak…

    Reply

  20. adhiguna
    Nov 03, 2008 @ 22:41:00

    Hello Firman,

    In fact besok ayah saya dan tante Nuke sudah setuju untuk diwawancara oleh Jawa Pos sehubungan dengan masa kecil Barry. Hehe jadi numpang beken juga:) mas Pongky sama mas Sony dengar-dengar sudah diwawancara juga ya ?

    Hello pak Tri, ya kita lihat deh apakah Amerika sudah siap untuk menerima presiden yang agak ‘berbeda’ 🙂

    Siapapun presidennya, yang penting perbaikan ekonomi dulu nih, krisis di Amerika ternyata efeknya sampai Eropa juga..

    Gara-gara krisis ekonomi, kantor saya barusan mengetatkan anggaran untuk training dan konferensi, untung saja tidak ada PHK.

    Di Indonesia bagaimana pak ?

    Reply

  21. Firman Maulana
    Nov 11, 2008 @ 23:57:23

    Selamat malam.
    iya saya sudah dapet konfirmasi dari tante nuke ( wa nuke panggilan versi saya )..
    tidak hanya di jawa pos bahkan di beberapa media contohnya pagi2 saya di sms oleh wa nuke untuk lihat tv one di wawancara dengan om sonny. jam 7 pagi wib..

    iya mas tridjoko. kita keluarga dekat hanya kepaten obor.. hehehe iya ngak mas adhiguna??
    untuk mbak martodihardjo memang betul.
    saya masih ingat waktu saya masih smp dan kakek saya masih hidup R. Soegio Martodihardjo beliau sering cerita tentang barry anak nakal yang pintar. ditunjang dengan fotonya waktu kecil. dan sampai sekarang foto2 tersebut masih di simpan rapih oleh tante nuke ( kakaknya mama saya )

    sedikit info saya bangga dengan maya soetoro ( beliau masih mengakui bahwa beliau itu bagian dari keluarga besar Martodihardjo )beliau kirim email ke tante edit anaknya alm R.Soemitro Martodihardjo ( adiknya eyang ).
    bahwa beliau kirim Guarantee letter untuk keluarga berangkat ke amerika.
    keren banget yaa.. it was including for us also..??
    kayanya harus pake airbus A380 deh mas. keluarga kita khan keluarga besar.. hehehe

    Wah.. keluarga Martodihardjo keluarga besar ya ? Jadi pengin nih nggabung di sana….;-)
    Pengin tahu kabar selanjutnya…kapan President Obama ke Indonesia (he must be dying of doing it), kapan Maya Soetoro ke Indonesia (yang pastinya disertai serombongan Secret Service), kapan keluarga Martodihardjo ke Hawaii atau ke Washington DC “sowan” ke Mas Obama, dsb dsb…pasti worth to wait and worth to see,,,,,

    Reply

  22. vrei
    Jul 28, 2009 @ 01:50:03

    Mas…! tolong kabari sy Kel president Obama yg di indo atau kerabat dekatnya Obama yg di indo.. sy mau minta bantuannya, karena anak sy (6thn) skr dibawa kabur sm mama nya ke LA dan kurang di perhatikan, sebab mamanya setiap hr sibuk dgn kerjaannya dan pacaran di LA. trims…

    Mas Vrei,
    Wah..apa ya masalah keluarga seperti ini pantas diurus seorang Presiden AS, walaupun keluarganyapun ?
    Masalah begini memang sulit penyelesaiannya mas, saya hanya berharap masalah anda bisa segera diselesaikan dengan baik…saya ikut bersimpati…

    Reply

  23. yudhay
    Jun 03, 2010 @ 00:41:21

    Mohon sampaikan pada yang bersangkutan (Kel Obama / Kel Soetoro)…..

    UNIK
    Saya membuat lukisan keluarga obama dengan kulit telur untuk mengikuti audisi GOLDENTICKET, namun gagal, seperti http://www.BObamaArt.Blogspot.com

    Andai saja ada saudara, famili atau handaitolan berminat dapat menghubingi saya di 021-93991372
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    Yudhay

    Reply

  24. tyahadi
    Nov 09, 2010 @ 15:20:01

    pak tridjoko dapet gambarnya dari mana ya?, bapak saudara juga bukan?. eh akhirnya jadi datang tuh ke jakarta tanggal 9 bulan 11 2010 alias 911, hehehe… selamat deh buat keluarga sutoro, jaga tuh bama. jangan sampe kenapa-kenap disini, bisa gawat tuh kita ketiban pulung, hehehe…

    Reply

  25. Imut
    Nov 10, 2010 @ 11:21:45

    Aku bangga dengan Obama,,hebat,,membaca comment2 di atas jd kepikiran jg andai kata aku bisa hidup dlm bagian keluarga besar soetoro (berandai2 nehh,,coba kalo ann stanley melahirkan anak ke-3 ya dan itu adlh aku,,hikhikkk,,,,saya jd saudara tiri barry dan jd adiknya maya soetoro pasti hidup saya da nikmattt kalee ya skrg,,,,,,,mimpiiiiiiiiiiiiii….hahahaha…….

    Reply

Leave a Reply

