Sisi baik dan sisi buruk dari lalin Jakarta

Tumben lalu lintas Jakarta di Kamis pagi ini lancar sekali… tapi, ternyata perasaan ketumbenan saya perlu dikubur dalam-dalam karena ternyata siang harinya penyakitnya kumat. Macet !

Karena “himbauan serius” dari anak bungsu saya yang walau belum diwisuda tapi sudah bekerja di perusahaan minyak nasional di bilangan Gambir yang masuk kantornya jam 07.00, pagi ini saya berangkat dari rumah pukul 05.42 alias jam 6 kurang seperempat (dengan pembulatan tentunya). Ikut juga di dalam mobil Camry-un kami yang kecil, anak sulung saya yang bekerja di sebuah asuransi besar di bilangan Menteng Raya. Malam sebelumnya, ada juga “himbauan serius” dari saya agar anak-anak cepat tidurnya supaya pagi hari Sahurnya bisa bangun. Eh, ternyata mereka asyik nonton film serie “Gossip Girl” mulai jam 8 malam dan masih ngobrol terus (saya nyebutnya “nggedobos”) sampai jam 11 malam…habis Sahur, mau nggak mau saya larang mereka tidur lagi karena pagi ini kita akan hit the road sekitar jam 5.30 supaya saya bisa ngajar di Binus Kebon Jeruk Raya jam 07.20…

Eh..rupanya di pagi yang cerah ini lalu lintas sangat friendly sekali alias nggak macet. Atau mungkin jalur yang saya tempuh sangat ciamik yaitu jalur : Tol Jatiwarna, Dukuh 2, Cawang, tol dalam kota, exit Kuningan, Jalan Rasuna Said Kuningan, HOS Cokroaminoto, Menteng Raya – di sini anak sulung saya turun – Medan Merdeka Timur dan ooopssss…..sampai kantor anak saya yang merupakan gedung pusat pramuka ini kepagian yaitu jam 06.16 alias saya hanya perlu sekitar 30 menit dari rumah menuju Gambir. Surprise ! Karena terlalu pagi dan takut kantor anak bungsu belum buka, anak bungsu saya turunkan di Jalan Pejambon dimana ia bisa bertemu dengan teman2 sekantor yang ngekost di sono…

Saya terus tancap gas menuju Jalan Merdeka Utara. Selamat pagi Presiden ! Are you getting up already ? Mobil Camry-un kecil saya terus menusuk ke Jalan Abdul Muis, lalu belok kanan di perempatan Jembatan Serong, heading to campus ! Jalanan sangat sepi dan mobil bisa merangsek seolah di kota Madiun alias lancar…. dan di pertigaan SMA 78 – Binus Kijang saya memutuskan belok kiri lewat Binus Kijang dan Binus Syahdan karena kalau belok kanan akan will be contested with traffic heading to SMA 78 dan oh my Gawd…banyak “big guys” alias Metromini warna orange dan hijau, belum truk box dan truk beneran entah ngangkut apa…

Kampus Kijang masih dibalut selimut, kampus Syahdan masih mengejan….Camry-un saya terus merangsek ke arah Kampus Anggrek. Surprise. No macet at all. Ya wis, saya merogoh-rogoh ID card dosen buat nembus parkiran ground floor Anggrek. Seorang tukang parkir berbaju coklat dengan sempritan dengan ramah mengarahkan kuda Jepang saya parkir di tempat paling strategis. Matur suwun mas !

Sayapun milih-milih buku Roger S. Pressman dan Peter Jackson untuk ngajar pagi itu. Ooops…sampai Kampus Anggrek baru jam 6.46. Brarti…sejam dari rumah sudah pakai mampir Gambir. Apa nggak asyik tuh man ? Seronok ke !!!!

Sayapun ngajar Rekayasa Perangkat Lunak di anak-anak Ganda Math-TI yang sudah saya kenal sebelumnya di kelas Perancangan dan Analisis Algoritma. Ngajar 4 sks alias 2 x 100 menit. Di akhir kelas ini, tenggorokan sudah mengering. Maklum, puasa nih, nggak boleh minum je… Disambung dengan ngajar kelasnya Agung cs (ada anak boss Binus di sini…hehehe…mind your mouth….pray..pray..pray). Di sini ngajar Sistem Pakar. Paling mudah untuk breaking the ice adalah ngajar PROLOG Programming. Di sini saya sebut anak Angelina Jolie dan Brad Pitt adalah Cinta Laura, Bunga Citra Lestari, dan Julia Perez…..hehehehe…. beres !!!! The students seem to like it… Di akhir kelas, biasa Pop Quiz. Mahasiswa sayapun bingung apa beda “step brother” dengan “half brother”. Banyak diskusi, kelas ramai sekali, bagi dosen…it’s time to sit back and relax….

Kelas Sispakpun usai tepat jam 13.00. Sayapun cek email sebentar di ruang akademis dosen. Setelah itu turun ke parkiran ground floor. Nyetart Camry-un…greeeengg….dan belok kanan, dan baru 20 meteran …ooops…macet. Banyak motor parkir di ground floor karena parkiran motor 8 tingkat lagi dibangun di bagian belakang kampus Anggrek dan konon baru selesai 1 tahun kemudian. Selama 20 menit tak bergerak, akhirnya I shift the gear to retreat….and retreat my car back to the parking lot…

It’s so weird day. Lancaaaar in the morning, and maceeeeet in the afternoon…

Padahal maksud hati setelah ngajar mau ke kantor sebentar, discuss our audit plan ke sebuah perusahaan telekomunikasi dan discuss our plan ke sebuh perusahaan produsen alat transportasi…

Saya terpaksa ngibul ke teman yang sms “Pak Tri, posisi dimana ?”. “Saya masih di Binus nih, macet”…padahal my car’s already heading to….home !!!

Emang kemana lagi ? Ini bulan puasa bung !

See ya !

11 Comments (+add yours?)

  1. edratna
    Sep 12, 2008 @ 04:15:42

    Di Jakarta, dalam satu hari, paling banter kita hanya bisa punya dua kegiatan, itupun di jalan yang satu arah. Teman2 yang rumahnya Bekasi, Tangerang, Bogor, berangkat kantor setelah sholat Subuh, makan, dandan semua dilakukan dikantor, karena sampai kantor masih jam 6.30 am. Tapi, jika jam 5.30 wib belum sampai di mulut Tol ke arah Jakarta, alamat sampai kantor telat dan uang gaji dipotong (absen merah).

    Kalau pulang kantor tak ada yang bisa dilakukan, mau jam 12.00 am, mau sore, bahkan jam 7 pm pun Jakarta macet banget, apalagi bulan Puasa, semakin macet karena orang berlomba segera sampai ke rumah supaya bisa buka puasa bareng keluarga, diteruskan sholat Tarawih.

    Reply

  2. tridjoko
    Sep 12, 2008 @ 04:43:05

    –> Edratna :

    Ya itulah maksud saya, karena bisa beberapa menit mencuri start, makanya sampai kantor bisa pagi. Kalau terlambat 10 menit saja, cerita nggak seperti ini…

    Bulan puasa ini jalanan Jakarta macet mulai jam 3 sore, makanya pintar-pintar bagi para sopir untuk mencari jalan yang paling tidak macet alias paling lancar…supaya sampai rumah pas buka puasa. Tapi untuk penduduk Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor, buka puasa di rumah hanya impian….karena itu hanya pulang jam 2 siang yang bisa dijamin buka puasa di rumah. Terlambat dikit, berarti alamat buka puasa di jalan….

    Reply

  3. Agung
    Sep 12, 2008 @ 12:46:37

    bener Pak.
    seminggu ini kuliah pertama.
    daerah jakarta macet bgt.
    wkt hr senin saya ke ratu plaza dr kampus.
    astaga TUHAN…!!!
    mengapa KAU berikan hambaMu ini cobaan???
    hahahahahhahaha…!!
    pdhl saya ud coba2 jln tikus lho.
    tp jalan tikus aj macet.
    terus blom lg cari parkir motor yg susah.
    ntah di kampus,ntah di ratu plaza.
    kudu geser2 motor org buat msk n keluar.
    dan kyknya mahasiswa yg ke kampus naek motor naek 2-3x lipat nih kyknya.
    gile bener…!!!
    untung saya ga ikut saran ortu utk ke kampus naek mobil.
    hahahahhahaha…!!!
    gile…!!!

    saran Pak.
    knp ibukota negara kita ga di pindah aj ke Papua??
    hahahahahhaha…!!

    Reply

  4. hendry
    Sep 12, 2008 @ 16:35:10

    Pakkk… Baru aja hari ini, ak diturunin di O-Learning waktu naek metromini 91.. Pertama kalinya dalam sejarah.!! (Itu karena hari ini maceeeettt bgt).. Jadi, buat ke anggrek, mesti jalan kurang lebih 1km… =.=”

    Reply

  5. tridjoko
    Sep 12, 2008 @ 22:42:59

    –> Agung dan Hendry :

    Iya hari-hari ini masih bulan puasa di mana di sekitar Rawa Belong banyak dijual makanan buat berbuka puasa. Jadinya macet. Apalagi Binus sudah full masuk jadi mahasiswanya banyak yang bawa mobil dan motor. Dimana-mana macet. Mending saya parkir di kampus Syahdan saja daripada parkir di kampus Anggrek susah masuknya (karena macet mobil dan motor) dan susah keluarnya (komposisi parkiran di ground floor Anggrek diubah sehingga jalur keluar mobil dosen persis sama dengan jalur masuk motor yang mesti dicek satu-demi-satu).

    Lain kali saya parkir di Syahdan aja lebih baik….atau sekalian mbolos ngajar jadi nggak kena macet…..hahahahaha….

    Reply

  6. hendry
    Sep 13, 2008 @ 22:34:12

    Wah. Kalo mahasiswa khan enak -Bisa titip absen.. Kalo dosen mana bisa boloss. Hahaha..

    Reply

  7. tridjoko
    Sep 14, 2008 @ 08:03:27

    –> Hendry :

    Di kelas saya mana mahasiswa bisa titip absen ?

    Saya selalu melakukan absen panggil, dipanggilin satu per satu siapa yang masuk, bolos atau yang sakit. Dalam 2 kali perkuliahan saya sudah hafal nama semua mahasiswa plus wajahnya. Jadi, jangan harap bisa terlewat dari “radar” saya….hahaha…

    Dosen bisa bolos juga. Tapi harus melakukan penggantian kuliah. Kalau nggak, alamat di akhir semester nggak nerima bonus yang lumayan besar. Atau di tahun berikutnya alamat honor ngajarnya nggak nambah-nambah…

    Hahaha…

    Reply

  8. Agung
    Sep 14, 2008 @ 15:25:24

    iyah,
    bnr…!!
    di kls Pak Tri Djoko ini ga bs bolos.
    tp saya sbg mahasiswa jg ga pny niat bolos lah klo yg ngajar dosen macam Bapak ini.
    wong klo yg ngajar dosen autis aj,saya ga bolos.
    apa lg dosen gaul.
    hehehehehhehe…!!
    ini saya bilang tulus dan jujur lho Pak.
    hehehehehehhe…!!

    anyway,
    sori atas komen saya di topik yg satu itu yah Pak.
    hehehehehhe…!!
    semoga Bapak bersabar pny mahasiswa kyk saya.

    Reply

  9. tridjoko
    Sep 14, 2008 @ 20:35:47

    –> Agung :

    Saya selalu istighfar mengucap Astaghfirullah (“Oh My God”) setiap kali komentar anda keluar jalur…

    Tetapi saya jenis orang paling sabar sedunia…

    So, don’t need to worry…

    Peace, man !!

    Reply

  10. Agung
    Sep 14, 2008 @ 21:04:01

    hahahahahhaa…!!
    skali lagi maaf.
    hahahahahaha..!!

    Reply

  11. noph2
    Sep 23, 2008 @ 23:30:58

    hehehe iya ni,Pak.. Binus buset macet bener..
    trus tambah panas juga udara..
    tp karena saya ngekos daerah syahdan dan ga mahir nyebrang jalan, kalo macet saya jd bs jalan lempeng nyebrang jalannya.. hehehhe..
    tp ribet jg kalau macet saya mau jalan2 susah, biaya taxi ga nahan… T.T

    Reply

Leave a Reply

