Cara Termudah Bikin Blog

Seorang teman sekantor – Pak Koento Baiquni – barusan mengatakan : “Pak Tri, ajarin saya bikin Blog dong..“..

Dan seorang pembaca Blog ini mengirim email sebagai berikut :

Assalamualaikum ww,

Salam kenal ya pak Tridjoko. Aku dapat alamat email Bapak dari jalan-jalan ke blog, akhirnya ketemu blog pak Tridjoko. Aku mau nanya nih, aku pengen banget mau buat blog enak di wordpress atau di blogspot. Mana yg lebih gampang bikin blognya, cara operasikannya, bikin postingan, posting gambar dll diantara keduanya itu. Saya harapkan masukanya, saya yakin sebagai orang orang TI, Bapak pasti akan memberikan masukan yang jitu.

Salam
Alris

catatan : saya baru sekitar 3 hari ini mengunjungi blog pak Tridjoko, jadi belum sempat membaca semua dipostingan. aku kagum dengan tulisan Bapak : gaya penulisannya, bahasanya, cara penuturan dan kata-kata yang yang digunakan sungguh menarik, menghibur, penuh informasi dan semuanya maknyussss

Nah, daripada saya mengajari bikin Blog hanya untuk mereka berdua, ini saya ajarin anda semua pembaca Blog ini yang belum bisa membuat Blog. Tapi saya memilih WordPress yang lebih mudah dibuat, lebih sederhana approvalnya, dan lebih mudah dikomentari daripada Blogspot/Blogger misalnya. Ikuti saja langkah-langkah berikut :

1) Di address bar dari Internet Explorer atau Mozilla Firefox anda, ketik aja nama Blog anda misalnya : http://koentobaiquni.wordpress.com/ atau http://yafnialris.wordpress.com/ atau apapun nama Blog pilihan anda; lalu tekan tombol Enter.

2) Lengkapi userid dan password anda. Misalnya userid = koentobaiquni atau userid = yafnialris. Lalu isi password anda, lebih disukai gabungan antara huruf, angka, dan special character seperti : , ; dsb. Jika setelah anda masukkan password, wordpress anda bilang “Strong” berarti password anda sudah cukup kuat agar tidak dibobol orang. Tapi kalau masih “Weak”, “Good” berarti belum bagus.

3) Lengkapi terus isian yang ada di WordPress, misalnya bahasa pengantar blog anda, tampilan Blog yang disebut “avatar” (bila punya) dan sebagainya. Isi tema (themes) atau skin atau tampilan Blog yang anda sukai. Kalau sudah lengkap semua, ketik tombol Confirm atau Save yang ada di sana.

4) Blog anda sudah siap. Cek email anda yang anda sebutkan di Blog anda tadi, apa userid dan password yang disetujui sama WordPress. Isinya bisa sama atau berbeda dengan yang anda usulkan tadi. Karena ini email penting, catat USERID dan PASSWORD anda di HP anda atau buku notes yang anda sukai biar tidak lupa karena sewaktu-waktu kedua hal itu diperlukan untuk membuka Blog anda.

5) Untuk mengubah tampilan Blog anda ketik “http://koentobaiquni.wordpress.com/wp-admin/themes.php” atau “http://yafnialris.wordpress.com/wp-admin/themes.php” lalu pilih skin atau tema yang anda sukai

6) Untuk menulis posting di Blog anda ketik “http://koentobaiquni.wordpress.com/wp-admin/post-new.php” atau “http://yafnialris.wordpress.com/wp-admin/post-new.php”

7) Untuk melihat berapa pengunjung Blog anda, kata pencarian apa yang dimasukkan, atau posting mana yang paling populer di Blog anda ketik “http://koentobaiquni.wordpress.com/wp-admin/index.php” atau “http://yafnialris.wordpress.com/wp-admin/index.php”

8) Untuk menset Sidebar (bagian kanan atau kiri dari Blog anda), mungkin perlu diskusi lebih lanjut. Tulis aja sebagai komentar di Postingan ini, atau lihat saja Diskusi atau Komentar sebelumnya di button “About Me” dari Blog ini…

Selamat mencoba !

Kalau masih ada masalah, diskusikan aja di sini…

Salam, -Tri Djoko

32 Comments (+add yours?)

  1. yulism
    Sep 20, 2008 @ 09:12:28

    Memang , membaca blog Pak Tri itu membuat orang pingin bikin blog. Saya adalah salah satu contohnya…. 😛 thanks

    Reply

  2. tridjoko
    Sep 20, 2008 @ 22:15:16

    –> Mbak Yulis :

    Sama mbak, saya pengin bikin blog yang aktif diisi karena lihat blognya kakak saya dan teman keponakan saya yang aktif nulis dan aktif ditanggapi…

    Sementara mahasiswa-mahasiswa saya senang bikin blog setelah baca buku “Kambing Jantan”, blogger dari Adelaide yang mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di sana…

    Yah, selamat lah mbak dengan blognya yang aktif ditulis…

    Reply

  3. hendry
    Sep 22, 2008 @ 09:00:51

    Banyak yang bilang kalau wordpress memank lebih baik dalam hal moderasi komentar, etc. WordPress juga bisa menulis rumus matematika dengan latex, tidak seperti blogger. Tapi, apa boleh buat, saya sudah terlanjur pakai blogger. –”

    Saya masih baru dalam dunia blogging. Mohon bimbingannya dari Bapak.. ^^

    Reply

  4. tridjoko
    Sep 22, 2008 @ 11:02:11

    –> Hendry :

    Sayang buku LateX saya numpuk di rumah entah di bagian mana. Setahu saya sampulnya warna biru muda dengan kertas mengkilap…

    Saya pernah punya account blog di Blogger, tapi untuk nambah posting dan orang lain memberi komentar agak ribet (lece, rese, tedious) jadinya saya pindah ke WordPress saja yang lebih simpel cara pengoperasiannya…

    Kalau masih baru dalam blogging, terus nulis aja dan baca tulisan orang lain nanti kan lama-lama terbiasa….

    Reply

  5. apo
    Sep 23, 2008 @ 13:52:32

    dear pak tri,

    terima kasih atas pencerahannya, saya akan coba bikin blog, agar bakat bicara bisa disalurkan menjadi bakat menulis…

    tentu perlu bimbangan pak tri agar tidak tersesat dijalan….. soale menulis itu tidak mudah kata dokter…

    Reply

  6. tridjoko
    Sep 23, 2008 @ 15:17:41

    –> Pak Apo :

    Iya Pak Apo, bikin blog yang wordpress cuman 5 menit lho pak. Sorry waktu itu nggak sempat didemokan karena terbatasnya waktu (sampai Yogya jam 21.30, lalu belanja sampai jam 00.30 !!, tidur 1,5 jam, makan sahur jam 03.00, habis itu tidak tidur lagi dan pergi ke airport pkl. 4.45)…

    Nanti kalau ada kesulitan teknis, bisa kok pak didiskusikan di sini. Kalau masalah teknisnya rumit, ya nanti tunggu waktu saya dan teman2 ke kantor Pak Apo lagi. Mungkin tahun depan ? (Tanggal 1 Nop saya mau mantu anak pertama)..

    Salam untuk Pak Apo sekeluarga, dan teman2 lainnya…

    Reply

  7. noph2
    Sep 23, 2008 @ 21:34:58

    terima kasih banyak atas pencerahannya,Pak..
    saya awalnya bingung jg cara2 bikin blog..
    lebih rumit dibanding bikin friendster..
    hehehe..
    saya baru saja bikin blog setelah melihat blog Bapak di kelas..
    kayaknya seru jg bloging..
    thx,Sir..

    Reply

  8. Agung
    Sep 23, 2008 @ 22:28:23

    wah…!!!
    saya jg “korbannya” Pak Tri Djoko nih.
    hahahahhaha..!!
    tp gpp..!!
    bikin blog bgs kok.
    bagi yg jomblo bs tampil lbh.
    tp hrs pny FS jg donk.
    hahahahahhaha…!!!

    Reply

  9. tridjoko
    Sep 24, 2008 @ 08:34:34

    –> Noph2 :

    Saya sudah kunjungi blog anda. Wah banyak ceritanya. Keep blogging, coz keluarga anda di Lombok bakal tahu apa saja yang anda lakukan *(what my daughter up to)…

    Wah…kayaknya anda bakal jadi Blogger terkenal nih, karena anda ada bakat. Tinggal nambahin Blog Stats di Sidebar anda agar jumlah pengunjung blog anda bisa terdeteksi…

    Reply

  10. tridjoko
    Sep 24, 2008 @ 08:35:46

    –> Agung :

    Yah…terlanjur officially diumumkan anda ngeblog karena tertarik cerita buku blog “Kambing Jantan” lho…

    Hahaha…

    Reply

  11. alrisblog
    Sep 24, 2008 @ 20:41:47

    Pak Tri, maturnuwun sanget. Bagi saya ini merupakan berkah yang gak ternilai, seorang pakar dibidangnya mau bagi-bagi ilmu secara gratis. Semoga hidup Pak Tri banyak barokah dan dimudahkan segala sesuatunya. Setelah baca postingan Pak Tri tentang Cara Mudah Bikin Blog, saya langsung bikin blog . Ini alamat blog saya http://alrisblog.wordpress.com
    Sekali terima kasih banyak. Salut Pak Tri, keep blog…
    Salam

    Reply

  12. alrisblog
    Sep 24, 2008 @ 20:43:25

    Pak Tri, maturnuwun sanget. Bagi saya ini merupakan berkah yang gak ternilai, seorang pakar dibidangnya mau bagi-bagi ilmu secara gratis. Semoga hidup Pak Tri banyak barokah dan dimudahkan segala sesuatunya. Setelah baca postingan Pak Tri tentang Cara Mudah Bikin Blog, saya langsung bikin blog . Ini alamat blog saya http://alrisblog.wordpress.com
    Tolong di blogroll di blok Bapak, ya.
    Sekali terima kasih banyak. Salut Pak Tri, keep blog…
    Salam

    Reply

  13. liswari
    Sep 25, 2008 @ 04:01:33

    Pertama kali bikin blog karena kesepian di US trus makin lama kok kayak jadi terapi di saat ‘depresi’ sendirian di US karena dengan menulis ternyata bisa membantu ‘the mind find itself’… cieee :-p… *tapi kayaknya bener, ya gak om?

    Trus kalau sekarang, kasian keluarga di jakarta pengen tau kabar and/or foto2.. jadi buat kasih2 kabar lah…

    Motivasi lain lagi, karena keluargaku dari pihak suami rata2 ngeblog .. jadi supaya tetep in the circle, ya ngeblog juga dech :-p.. anggap aja salah satu sisi duniaku hehehe ….

    Reply

  14. tridjoko
    Sep 25, 2008 @ 09:11:54

    –> Alrisblog :

    Wah..wah..don’t mention it…

    Amien untuk doanya …. 😉

    Saya sudah cek blog anda, kelihatannya anda telah memilih “themes” atau “skins” yang tidak bisa memunculkan “button” yang perlu seperti “home” dan “about”..

    Ada baiknya anda mencoba-coba mengubah themes anda, dengan mengikuti cara yang saya sudah tulis di posting di atas…

    Happy Blogging !

    Reply

  15. tridjoko
    Sep 25, 2008 @ 09:16:19

    –> Mbak Lis :

    Wah…bener tuh mbak observasi mbak Lis tentang apa gunanya ngeblog : menghilangkan stress (terutama di kota besar, atau di negara besar macam mbak Lis tinggal sekarang), menemukan teman (baik yang lama sudah tidak terdengar ataupun yang baru), atau malahan menjalankan misi pribadi (kalau saya mengajar atau sharing ilmu, minimal sharing info)..

    Awalnya saya ngeblog cuman iseng, tapi suatu hari saya menemukan seorang mahasiswa yang blogger juga dan cukup canggih ilmunya jadi kalau saya ingin nanya bagaimana caranya ini, itu ia dengan tangkas menjawabnya… jadi menemukan sumber bertanya lah…hahaha…

    Last but not least, dengan ngeblog bakat-bakat terpendam kita yaitu bercerita atau mendengarkan cerita orang lain bisa diasah tanpa bayar dan tanpa nunggu…

    So, Blog : a friend in need, a friend indeed….

    Reply

  16. ierwan123
    Oct 16, 2008 @ 21:40:59

    Apa kabar pak?!

    sama seperti mas alris, setelah baca postingan bapak, kekuperan serta garing ide saya mulai berkurang di dunia blog hihihi…
    terima kasih banyak ya pak ^^
    btw ini alamat blog saya http://ierwan123.wordpress.com

    bila ada waktu, dimohon kesediaan bapak untuk singgah ke blog saya(maaf kalo masih garing banget kontennya he5x)

    terima kasih

    Reply

  17. tridjoko
    Oct 17, 2008 @ 21:27:38

    –> Kang Irwan :

    Kabar baik, wah apa anda sudah mencoba chord & lyric “Hijrah ke London” dari Changcuters punya ?

    Kalau sudah, baguslah !

    Saya sudah mengunjungi Blog anda, dan cukup terkejut dengan melihat gaya bertutur anda yang mengalir bagai aliran Sungai Cikapundung…

    Keep writing, broad writing, the more often you write the better your writing will be…

    Jadi, coba deui…coba deui…

    Reply

  18. ierwan123
    Oct 17, 2008 @ 23:15:33

    hehehe…
    bapak bisa aja neh nyindirnya, sungai cikapundung kan sering mempet pa, buanyak sampahnya(cocok banget dengan gaya bertutur saya^^)

    hmmmm, chord&lyric’y aduhaii loh pa!!, cuma sayang cafe2 di bandung jarang yang request lagu itu, sekarang2 banyak request’y lagu d’masiv ma st12 mlulu he5x, untung aja sekarang2 saya dapet job’y d acara2 wedding…meskipun kadang suka ada yang request d’masiv juga hahaha…

    thanks for the advice by the way…

    oiya pa, klo ada waktu bapak bikin blog yang pake bahasa sunda donk, sounds great ^^

    Reply

  19. tridjoko
    Oct 19, 2008 @ 23:41:29

    –> Kang Ierwan123 :

    Wah..sorry nih, maksud sayah teh sungai Cikapundung tahun 1975 dulu…bukan yang sekarang.. CIkapundung sungai hebat lho, coba sudah berapa lagu bahasa Indonesia dan bahasa Sunda yang bercerita tentang sungai itu (mis oleh Upit Sarimanah tea)…

    Yah..yang minta D’Masiv lebih banyak, mungkin Cafenya penuh cewek ya kang ? Bagi cowok sih D’Masiv too slow and too good to be true. Saya cuman senang 1 lagu dari mereka. Lagu yang lain, I wanna feel asleep !

    Wah…bahasa Sunda saya mah cuman saetik-saetik kang. Maklum, saya belajar bahasa Sunda dari sopir angkot dan kenek angkot di Bandung. Begitu saya ngomong ala mereka itu, teman saya yang keturunan priyayi marah dan menyebut apa yang saya katakan “Goreng patut !!!”…. Waduh, apa nggak patah hati sayah mah kang…padahal kalau nyarios bahasa Sunda teh saya sukanya yang pakai aing..aing kitu, sounds cool..euy !

    Gerak atuh Kang Irwan bikin Blog pakai bahasa Sunda (saya mah di “About Me” sudah saya sebut, Blog saya itu tribahasa : Indonesia, Inggris dan Jawa. Tapi selama ini saya baru nulis 2 posting bahasa Jawa…soalna heseh kang…euy !)…lebih mudah nulis pakai bahasa Indonesia atau bahasa Inggris…

    Reply

  20. Joy
    Oct 20, 2008 @ 20:12:05

    Pak,saya masih lugu ni.Ada beberapa pertanyaan.Bikin blog bayar seperti website?Ada tidak kemungkinan disusupi malware.Apakah kapasitasnya terbatas macam email?Ada kemungkinan terhapus tidak bila tak terurus?Saya juga ngiler bikin blog.Tapi belum dalam waktu dekat.Kalau boleh,minta tolong dibalas di email saya.Terima kasih pak!

    Reply

  21. Joy
    Oct 20, 2008 @ 20:20:18

    Oh iya pak?Bila saya melakukan hal tidak senonoh atau tak semestinya,adakah konsekuensinya terhadap server?Dalam berblog ria adakah hukum atau kaidahnya?Trim’s!

    Reply

  22. tridjoko
    Oct 20, 2008 @ 23:43:23

    –> Joy :

    Wah…saya lagi malas membalas lewat e-mail, lewat sini aja ya gpp kan…

    Ini jawaban atas pertanyaan-pertanyaan anda :
    1) Bikin blog gratis, bukannya mbayar seperti bikin website
    2) Kemungkinan disusupi malware ada, kalau anda bikin blognya pakai Blogger.com (xxx.blogspot.com) soalnya teman saya pernah mengalami. Kalau anda membuatnya pakai WordPress.com (xxxx.wordpress.com) kemungkinan besar aman aman saja seperti saya ini dalam waktu 1 tahun belum ada yang aneh aneh
    3) Kapasitasnya 3 GB. Saya memakai 1 tahun cuman habis 10 MB. Tersisa masih cukup untuk tujuh turunan..hehe..
    4) Kalau wordpress.com mudah-mudahan tidak pernah terhapus. Kalau Blog lewat yang lain, kalau tidak diupdate 3 bulan mungkin sudah mati, tidak bisa ditulisi lagi…
    5) Apa definisi anda tidak senonoh ? Misalnya anda pasang posting gambar bogel atau masang film bokep ? hahaha….dasar anak muda. Saya tidak mau menjawabnya soalnya bukan misi blog ini…
    6) Dalam ber-Blog ria tidak ada hukum atau kaidahnya. Just do it. Lakukan apa saja semau anda. Ini dunia maya yang bebas ! Tapi kalau anda menyinggung perasaan orang atau sekelompok orang, sudah sepantasnya mereka protes terhadap anda dengan melemparkan kata-kata kasar atau nada marah (flame). Tapi hadapi saja. Mudah kok, tinggal dihapus saja komentar mereka. Titik !!

    Moga-moga bermanfaat ….

    Good luck !

    Reply

  23. ierwan123
    Oct 20, 2008 @ 23:53:52

    i’ll do my best sir(biar tutur kata saya bagaikan sungai cikapundung versi 1975 ^^)

    mungkin sekarang-sekarang mayoritas orang bandung sedang patah hati kali ya pak? kadang saya dan kawan-kawan suka malu sendiri, di acara wedding orang-orang koq “request” lagu ginian, ga ngehargain penganten hihihihi…

    “goreng patut?!” oh my…
    temen bapak kejam juga ya, padahal saya bangga banget dengan orang-orang luar non-sunda yang pengen bisa berbahasa sunda loh(ya contohnya seperti bapak yang satu ini hehehe…) tapi kadang orang sundanya juga yang suka keterlaluan, klo enggak ngajarin bahasa kasar dan cenderung ngaco, ya ngajarinnya bahasa yang jorok-joroknya gt…

    tentang bahasa sunda saya sempat singgung sedikit sih pa di blog terakhir-terakhir saya(kalau bapak berkenan mohon dikomentarin ya pak he5x), tapi insyaallah dalam waktu dekat ini saya posting blog berbahasa sunda deh pa(tapi ngebahas tentang apa dulu ya? heuheuheu…)

    -best regard-

    Reply

  24. tridjoko
    Oct 21, 2008 @ 00:25:27

    –> Ierwan123 :

    Iya..kesan saya secara umum, orang Sunda (mungkin dari kelas “priyayi”) suka tidak menghargai orang asing (non-Sunda) yang mau belajar bahasa Sunda dengan setengah mati…

    Saya dulu waktu di IPB kalau sudah mulai berbahasa Sunda, setengah teman saya sudah mulai buang muka dan menjauh (Oh..my !). Lain dengan orang-orang Batak, orang Jawa atau suku lain yang senang bahasa mereka dipelajari oleh orang luar…

    Makanya saya dulu belajar bahasa Sunda dari orang Sunda kelas rakyat jelata seperti tukang bubur, tukang roti keliling, sopir dan kenek angkot, dsb. Di kelas mereka itu, saya pakai bahasa Sunda baik halus maupun kasar…nggak ngaruh tuh…

    Sayapun jadi bingung, apa yang harus saya buat terhadap “para priyayi” tersebut ?

    Majalah “Mangle” satu-satunya majalah berbahasa Sunda setahu saya sudah “wafat”, walaupun Ayip Rosidi yang urang Sunda dan ngajar di Jepang tea sudah membantu secara finansial dari kantong beliau sendiri…

    Untungnya, beberapa kali ini saya berkomunikasi dengan beberapa alumni IPB, mereka mulai menghargai saya yang mau berusaha keras mencintai bahasa Sunda. But, it’s too late !!! I am over 50 alredy !

    Jadi Kang Ierwan, mangga atuh kalau mau nulis Blog dalam bahasa Sunda…

    Tahu nggak Kang, bahasa Sunda alus itu 90% mirip bahasa Jawa halus. Janten, umpami aya urang Sunda nu nyarios Sunda alus teh…abdi ngartos kang !! Tapi paling senang saya mendengarkan pembicaraan bahasa Sunda kasar di dalang-dalang wayang golek Sunda macam Asep Sunarya…atau sopir-sopir angkot di Kebun Kalapa…

    Bahasa Sunda enak buat ngebodor…To tell you the truth, satu-satunya orang di dunia ini yang saya nyaman berbahasa Sunda adalah teman saya….orang Bali !!!! Tapi dia dulu lulusan SMA 3 Bandung, dan dia bahasa Jawanya juga jago lho !!!

    Reply

  25. ierwan123
    Oct 21, 2008 @ 21:09:53

    ga semua “priyayi” kayak gitu lho pa… tapi saya berterima kasih banyak karena bapak ternyata menghargai bahasa sunda ^^

    FYI Majalah Mangle masih keneh terbit pa, teu acan ‘wafat’… hanya saja peminatnya saja yang jadi menurun, soalnya mereka beralih ke majalah-majalah hedonism he5x

    anak-anak sekolahan yang notabene penerus bahasa sunda pun ‘searching’ majalah ini pas lagi ada tugas bahasa sunda aja…

    wah?! bapak senang wayang golek Asep Sunarya juga ya, cepot is my superhero pa he5x

    Reply

  26. tridjoko
    Oct 22, 2008 @ 17:51:34

    –> Ierwan123 :

    Nggak tahu kenapa “priyayi” Sunda teman saya seolah melarang saya belajar bahasa Sunda !

    Tapi untunglah, banyak “priyayi” Sunda lainnya terutama yang saya hubungi lewat internet malah mendorong saya mempelajari bahasa Sunda…

    Saya suka nonton wayang goleknya Asep Sunarya dulu di TV waktu si Cepot mengeluarkan bandringan dan bisa membuat kepala raksasa terlepas dari badan disertai “darah” yang muncrat…hehe..asyik banget (mirip “dalang Oye” Ki Manteb Sudarsono yang mendalang pakai sinar laser berwarna-warni). Betah deh nontonnya…

    Saya dulu juga senang selalu lihat “Asep Show” di TPI jelang buka puasa. Sayang sekarang acara itu tidak ada lagi…

    Wah…kalau majalah Mangle ada versi online-nya apalagi yang terbitan lama (back issue), tentu memudahkan orang atau siswa yang ingin belajar bahasa Sunda…

    Reply

  27. ierwan123
    Oct 23, 2008 @ 22:20:24

    itulah sebabnya saya ngefans ma cepot ^^

    ada satu lagi pa!! pas raksasanya ditonjok ma cepot, tu raksasa muntah mie instant hehehehe…

    Sorry ya waktu itu anda mau add saya di FS, tapi saya tolak…soalnya namanya Tox..Tox…Tox….lho siapa tho ini ? Jebul Tox..tox..tox…teh sama saja dengan anda ya ? (O ya, lagian saya mau lihat apa isi FS anda ternyata dibuat private, sehingga saya nggak ada clue whatsoever ieu teh saha ?

    Reply

  28. dewifortuna
    Nov 19, 2008 @ 11:56:21

    Slamat Siang Pak…
    Saya salah satu mahasiswa di kelas 03PAW, inisial F.F.Dewi.
    Pak, saya boleh bikin link di blog saya (dewifortuna.wordpress.com) ke blog Bapak?
    Terima Kasih Pak…

    Boleh…link aja blog anda ke blog saya….
    Kalau anda juga janji sering ngupdate blog anda, nanti yang gantian saya nge-link ke blog anda….marilah kita lihat 3 bulan ke depan ini, ada berapa hits masuk ke blog anda (sudah dipasang BlogStats belum ?)…

    Reply

  29. dewifortuna
    Nov 20, 2008 @ 10:06:03

    Terima kasih untuk ijinnya Pak..
    Saya sudah pasang BlogStat. Tapi, hehehe… Entah Blognya kurang diminati atau kurang promosi… Baru dikit Pak..
    OK Pak..
    Sering gak berarti harus setiap hari khan Pak?
    Thank a lot..

    Dewi,,, eh Sisca,
    Supaya BlogStats anda nambah, anda harus rajin menulis yang menarik. Menulis yang menarik harus punya Blog sebagai model (yang anda kagumi). Banyak kok Blogger perempuan di luar sana yang bagus-bagus, antara lain punya Jeunglala, YessyMuchtar, ElysWelt, Edratna (kakak perempuan saya), Yulism, Tutinonka dsb…(alamatnya, tambahkan .wordpress.com di belakang itu). Mungkin yang paling top adalah punya Lala karena sekarangpun dari hasil Blognya sudah diterbitkan buku oleh Grafindo…
    Kedua, sering-sering Blogwalking ke Blog mereka-mereka itu, just to say Hi..dan perkenalkan alamat Blog anda…pasti deh akan banyak kunjung-mengunjung dan dalam waktu setahun Blog anda pasti sudah ada 75,000 Hits…
    Coba aja…

    Reply

  30. Antony Sinaga
    Dec 18, 2008 @ 15:18:45

    tq pak tri untuk ilmu yang di premiumkan moga aku bisa berhasil cobanya….

    Bang Antony,
    Ya..segeralah punya blog. Uda Alris yang saya jadikan contoh di Blog ini sekarang sudah punya Blog sendiri dan rajin nulis, kalau nggak salah pengunjungnya sudah 10,000 an…
    O ya….pembahasan bikin Blog juga banyak di posting / page saya yang berjudul “About Me”…

    Reply

  31. angato
    Jan 31, 2009 @ 10:38:32

    singkat aja Pak, kirim ke email saya dunk, cara mudah bikin blog dan modifikasinya, makasiiih

    Angato,
    Baca aja cara set blog dengan wordpress di button “About Me” dan baca komentar-komentar yang ada di sana, pasti anda akan tahu cara ngeset blog anda…
    Atau beli bukunya Fanny Ariasari “Cara Mudah Bikin Blog” (silahkan klik Blogroll atau link di Blog saya dan klik yang ada nama Fanny pengarang blognya). Kalau anda punya 2 buku yang dikarang Fanny, pasti anda semakin mudah bikin blog. Buku itu ada dijual di Gramedia atau Gunung Agung atau Kharisma atau Toga Mas di kota anda….

    Reply

  32. Wiwi
    Mar 07, 2009 @ 16:51:53

    Pak Tri salam kenal…. sesuai saran senior sy(edratna) agar sy belajar ngeblog dg tahapan sederhana dari Pak Tri….smg sy dapat mencobanya ya Pak..terima kasih

    Wiwi,
    Ya selamat mencoba. Nggak apa-apa, pelan-pelan aja ngeblognya. Yang penting tulisan-tulisan yang mau ditulis di Blog dibuat dulu di Notepad atau Word, nanti baru di-cut-and-paste ke WordPress..

    Selamat ngeblog ya…

    Reply

Leave a Reply

