Sempat pengin jadi pelukis

Waktu SD saya sudah senang menggambar. Apa saja. Tokoh-tokoh silatnya SH Mintarja macam Mahesa Jenar, Arya Saloko dan Bugel Kaliki, sampai benda-benda teknologi macam motor, mobil, kereta api sampai kapal laut dan kapal terbang…

Waktu SMP saya nemu teman sekelas yang seneng menggambar juga. Malahan cita-citanya selepas SMP mau nerusin ke SSRI (Sekolah Seni Rupa Indonesia) di kota Yogya, biar nanti lebih mudah masuk ke ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia) yang masa itu masih terletak di daerah Gampingan dan di depan rumahnya Pelukis batik Amri Yahya…

Waktu SMP pula saya mulai punya idola pelukis. Idola saya adalah Yan Mintaraga yang suka menggambar komik pop atau tragedi macam “Sebuah Noda Hitam” yang bercerita tentang sepasang anak muda yang dulunya semasa SMA mereka berdua pacaran. Cowoknya ganteng dan ceweknya ayu, karena cara menggambar Yan Mintaraga yang agak kebule-bulean tokohnya…ya seganteng Brat Pitt dan seayu Angelina Jolie lah begitu… Selepas SMA mereka berdua terpisah, si cowok melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi (mungkin ke Bandung atau Yogya) dan si cewek menuju kota besar untuk mencari kehidupan (pasti deh ke Jakarta). LIma atau enam tahu kemudian keduanya bertemu, si cowok masih cinta berat sama si cewek, demikian pula perasaan si cewek terhadap si cowok. Ketika si cowok melamar si cewek, “Maukah kamu kawin denganku ?”,….si cewekpun menangis sambil berlari….”Tidak mau ! Karena aku sudah ternoda ! Aku bukan seperti aku yang dulu !…” Akhirnya si cewek lari nyeberang jalan dan keserempet bajaj…meninggal. Dan si cowokpun menyesal setengah mati, sambil menangis di pusara si cewek. Ya itulah, komik “Sebuah Noda Hitam” dari Yan Mintaraga, guru melukis “maya” saya…

Karena kuatnya cara menggambar Yan Mintaraga (konon ia dulu sempat 1-2 tahun jadi mahasiswa arsitektur), maka sayapun sempat terpengaruh dengan dialog antara dua cewek di sebuah komik Yan Mintaraga yang lain. “Neng, kamu nanti penginnya dapat suami yang berprofesi sebagai apa ?”, tanya cewek yang satu. “Pastinya dong, saya pengin suami saya pelukis…biar dia bisa menunggui aku terus di rumah sepanjang hari, sepanjang minggu, sepanjang bulan, dan sepanjang tahun !”, jawab cewek kedua kenes…

Sayapun pengin jadi pelukis. Selepas SMP saya maunya terus ke SSRI di Yogya bersama Totok aka Prihatin Rahayu Santosa. Selepas SMApun saya masih pengin ke SR ITB…. Entah kenapa, saya tidak pergi ke kedua kampus terkenal bagi calon pelukis itu..

Dan sayapun terdampar jadi Statistikawan, kemudian menjadi Ilmu Komputer-wan…

(Prolog : saya sudah ngubek-ngubek se antero Jakarta untuk mencari komik “Sebuah Noda Hitam” dari Yan Mintaraga tapi tidak ketemu. Tapi saya beruntung nemu komik bekas lainnya dari Yan Mintaraga judulnya “Kelelawar Bersayap Tunggal”. Walau lukisan silat Yan Mintaraga tidak sekuat lukisan pop-nya, tapi garis-garis wajah tokoh-tokohnya tetap sama, yaitu : mbule, ganteng, cantik, dengan garis wajah tegas ala Grace Kelly ataupun Christopher Reeves..)….

8 Comments (+add yours?)

  1. totok
    Nov 15, 2008 @ 13:23:18

    weleh-weleh, sampean kok yo masih ingat kalau aku mau ke ke SSRI he…he. Saking penginnya jadi seniman lukis, ingat gak…. waktu ikut karnaval SMP aku pakai baju dioret-oret koyok seniman. dan yang oret-oret, yo sampean di baju seragam putihku, sampek di rumah diomeli simbah putri gara-gara itu seragam putih satu-satunya punyaku ha…ha…ha. Soalnya memang seniman hanya keinginan, sementara soal nggambar aku ngaku kalah karo sampean, cuma aku PD saja.
    Kita sebenarnya sealiran, sama-sama suka Yan Mintaraga, sama-sama suka gambar, sama-sama suka baca dll, sama-sama pengin jadi pelukis, tapi nasib ”sial” sampean dadi pakar informatika dan aku jadi wartawan sampek elek, sampek tuwek he….he…..

    Wah…nek aku nyoret-nyoret klambi putihmu kuwi aku wis lali. Suwer deh !
    Tapi yen mbah putrimu galak, aku malah isih kelingan…
    Lan kebiasaanmu seneng nginjen, kuwi aku malah kelingan banget-banget… 😉

    Reply

  2. Agung
    Nov 15, 2008 @ 21:00:35

    wah,ternyata si Bapak.
    selain bakat nari n maen bola,
    bakat nglukis jg nih yehhh…!!
    hahahahahaha..!!

    Ngakunya sih…di kelas 07PAV saya malah demo nglukis di depan kelas…hahaha…

    Reply

  3. totok
    Nov 16, 2008 @ 21:34:49

    Sykurlah onok sing lali. Soale wis kadung nancep nang batinku nek sampean gak isok lali. Paling tidak, isih duwe catetan konco SMP sing wis tak kopi, sopo ngerti besuk onok gunane.
    Paling tidak nek konco berhasil kan isok melu seneng, opomaneh isok diutangi he…he. Lha wong arek utang sampean durung-durung wis dikasih palang pintu, komputer lawas diutak-atik, dadi pikirku iki onok dosen, pakar pisan, kok yo kebangeten tuku komputer anyar wae ora isok.
    Mugo-mugo sing moco blog sampean gak isok boso jowo kabeh, dadi ora ngerti ha…ha.
    Soal simbahku galak pancen pooolll tenan. Untunge aku ora galak karo putuku.
    Iki aku mumpung onok recehan rodo akeh, dadi bolak-balik nontok blog sampean. Trus nyenggol mbak Yulis nang Colorado, nontok fotone yo lumayan ayu, dadi gak kliru nek onok bule US sampek terkiwir-kiwir karo deweke.
    Ok aku muter disik

    Whe..lahdalah..aja lali lho aku rak ming pegawai negeri utawa “Umar Bakri” miturut lagune Iwan Fals ing tahun 1980 awal. Kemana-mana pakai sepeda butut, dan berbaju Korpri biru. Terus terang gajiku ming sekitar 3 yutoan, dipotong koperasi karena utang sana-sini dari duwit kontan sampek HP lan rice cooker, ing saben awal wulan gajiku ming sekitar 1 yutoan, kadang ming 600 ewu-an. Sak jane ya rada miris urip neng Jakarta kanthi duwit sak mono. Ning penderitaan sebagai abdi negara wis suwe, dadi enake ono duwit seneng, rak ono duwit yo ora opo-opo, mangan sing ono wae….mulane awakku iso lemu lan ing praupanku ora ono bekas-bekas sutris babar blasss… Opo maneh ing sak wijining dina anakku loro isih kuliah, siji neng Semarang sijine meneh neng Bandung. Untunge mbakyuku loro, sing nomor siji duwe omah neng Bandung dadi iso nunut, sijine meneh mbakyuku sing nomor loro dadi dosen Undip dadi yok iso nunut turu… Mulane neng mitutur perhitungan nalar, sisa duwit neng akhir wulan wis ora ono alias nol, sering-sering malah negatif. Mulane ojo maneh tuku laptop sing top 15-20 yutoan, wong sing 7-8 yutoan wae ora iso tuku. Akhirnya bojoku tuku sing 5 yutoan, duwite utang koperasi. Untunge maneh anakku sing cilik yo wis kerjo iso nggolek duwit dewe. Sing gede kerjo nek sakwijining perusaan asuransi, lan sing cilik melu-melu nggawe program komputer kanggo nggali minyak neng perusahaan minyak nasional sing pom bensine ono sing cedak omahmu…hehe..
    O ya aku iso disebut “pakar”, alias “apa-apa bisa dibikin sukar”..haha…tapi belum komersil, lan ora nate tergoda korupsi, mulane yo laptop wae ora iso tuku…senengane malah ngoprek komputer lawas dan membuat yang mati jadi hidup kembali..
    Masalah hasile ngajar, yo paling iso ngge tuku bensin lan mbayar tol. Yen sampeyan urip neng Jakarta cak, ngajar lan nggawa mobil dewe kuwi bensine wae wis 10 liter (Rp 60.000) lan bayar tol pulang pergi wis Rp 26.000 (2 x [Rp 6.000 + Rp 1.500 + Rp 5.500]), dadi pulang pergi wis Rp 86.000. Lah yen hasile ngajar ming Rp 150.000 katakanlah, sisane ya ming isa ngge tuku mie instant lan kopi instant…wekekekkekkek…
    Akeh kanca-kancaku neng Bakultas biyen sing sugih-sugih, ning mboso tak delok akeh sing sutris mergo sugihe. Mulo aku sing ora sugih malah iso turu pules bagaikan terdampar di pulau kasur karena nggak ada secuilpun yang perlu dikuatirkan…hehe..

    Reply

  4. alris
    Nov 17, 2008 @ 09:03:30

    Pak Tri, betul gak anak-anak sebaiknya diajari melukis sejak dini supaya terjadi perkembangan yang seimbang antara otak kiri dan otak kanan.
    Keinginanan kita ternyata tidak berbanding lurus dengan kenyataan. Aku waktu SMP pengen masuk ITB biar jadi teknokrat dan bisa jadi Idaman Tjewek Bandoeng, tapi kenyataan yang saya jalani lain, bedah jauh. Gak apa-apa, hidup harus disyukuri.

    Bener mas. Sebaiknya anak-anak sejak usia dini dipacu terus pengisian otak kiri dan otak kanannya agar seimbang. Menurut Prof. Andi Hakim Nasoetion, seorang yang sukses di sekolah itu pasti menguasai 2 hal : Matematika dan Bahasa. Matematika mengisi otak kiri (?) dan bahasa mengisi otak kanan (?). Orang yang bisa Matematika pasti akan dengan mudah bisa Fisika dan Kimia. Sedang orang yang senang dan berbakat dengan Bahasa akan bisa menguasai semua bahasa yang ada (Bhs. Indonesia, Bhs. Inggris, Bhs. Jawa/Sunda, Bhs Komputer). Selain itu, otak kanan juga bisa diisi dengan Apresiasi terhadap Seni (Seni Lukis, Seni Suara, dan Seni Tari utamanya)…
    Saya juga menyesal sudah punya anak gede banget (malah sudah lulus dan sudah kerja keduanya), tapi waktu kecilnya saya kurang punya waktu dan kurang care dengan hal-hal tersebut. Jadinya anak-anakku hanya bisa Matematika (yang kecil) dan hanya bisa Bahasa (yang besar). Seni Lukis mereka kurang berbakat dan kurang apresiasi, Seni Suara yang gede bisa tapi yang kecil cuman bisa apresiasi, sedang seni tari keduanya pernah les tari Bali waktu di Cimanggis dulu tapi nggak dilanjutkan..

    Reply

  5. totok
    Nov 17, 2008 @ 10:34:50

    weleh-weleh, Oemar Bakri tonggoku cak, cumak golongan telu, tapi mobile gonta-ganti. Obyekane akeh ha…ha…ha. Tapi aku percoyo sampean, orang-orang kayak kita memang pantang korupsi. Idealis jarene, malah onok sing ngomong gak korupsi mergo gak onok kesempatan.
    Tapi cak, aku tau dadi ”gubernure” Jawa Pos, wilayahku sak Jawa Timur. Angger bupati nawani omah. Nek aku gelem aku duwe omah paling tidak 37 (sesuai kota dan kabupaten Jawa Timur)
    Mungkin aku goblok yoooo,….. diwenehi kok gak gelem. Akhire pangsiun gak duwe opo-opo, omah kontrak nek udan banjir, komputer ya siji ndil, iku wae monetori disilihi konco, CPU-ne njupuk duweke uwong sing gak isok jukuk gadeane ha…ha…ha.
    Tapi yoiku cak, gak keno post power sindrome, dadi aku yo lemu ginuk-ginuk gak onok bekas sutris. Opo sing digawe sutris, wong biyen gak duwe opo-opo sampek duwe opo-opo terus gak duwe opo-opo maneh, yo enjoy aja bleeehhh.
    Tapi musuh pakar statistika ijir-ijirane jan njlimet, aku gak tekan sak mono. Cumak persamaannya, duwe duwit ngguyu, gak duwe yo golek, dodol koran ha…ha…..
    Turu yo isok sampek ngorok mbrebeki tanggane.
    Aku salut lho, meski pas-pasan tapi sampean isih duwe empati terhadap tukang ojek.

    Reply

  6. Agung
    Nov 17, 2008 @ 17:17:13

    hahahha..!!
    bole tuh Pak,nti kita lelang lukisan karya dosen2 Binus buat acara amal gt.
    hahahahha..!!
    klo saya sih cm suka koleksi lukisan aja.
    cm karena blom punya duit,
    saya blom bs mulai koleksi lukisan.
    hehehehehhee…!!
    moga2 nti byk duit n bs koleksi lukisan.
    hahahahahha..!!

    Reply

  7. alris
    Nov 17, 2008 @ 19:27:17

    Terima kasih benget nih, pak Tri sudah memberikan informasi berguna untuk saya dan pembaca blok ini. Mumpung anak saya masih kecil -umur 5 tahun dan 10 bulan- saya usahakan minimal untuk belajar melukis. Menari memang terbaik menurut saya juga untuk melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan. Salah satunya karena ada penyesuaian di diri kita antara irama musik dengan gerakan fisik, jadi semua indera bekerja.
    Waktu SD saya pernah ikut belajar tari di kampung cuma tahan dua kali latihan. Abis itu gak datang datang lagi karena pesertanya mayoritas cewek. Saya malu sama teman sepermainan, lha anak cowok kok ikutan nari, diolok-olok terus. Tipikal anak kampung akhirnya waktu kecil banyakan main bal-balan dan ngangon sapi banpres, hahaha…

    Reply

  8. dewaji
    Jul 07, 2010 @ 20:03:54

    nyari tahu jan mintaraga, ketemu penggemarnya..
    salam kenal

    Salam kenal juga Mas Dewaji..

    Reply

Leave a Reply

