Pembaca blog ini kebanyakan bukan Blogger

What ? Pesta Blogger 2008 ? Kopi Darat ? Apa pula maksudmu itu ?

Kemarin saya membaca sebuah Blog yang sungguh amazing, penulisnya alumni TN dan kalau nggak salah terus ke UI. Di salah satu “page” atau “button” blognya ia tulis sederet nama Blog yang sering mengunjungi blog dia (lho..mana bisa blog mengunjungi…) dan nama Blog yang sering dikunjunginya…

Jika itu diterapkan di Blog saya, siapa nama Blogger yang sering mengunjungi Blog saya ? Paling banter 10 Blogger (5 atau 6 di antaranya sedang mukim di mancanegara), atau kalau mau dibanter-banterin paling 25 Blogger lah… (nah lho, udah ketularan orang Singapur semuanya pakai akhiran lah…hahaha…)..

Yang sering kasih komentar di Blog saya adalah para mahasiswa, baik mahasiswa saya ataupun mahasiswanya tetangga saya (tetangga di Indonesia maksudnya). Kebanyakan mereka bertanya tentang topik skripsi, dan kebanyakan di bidang Teknik Informatika/Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan Sistem Komputer. Namun….to my surprise….ada puluhan bahkan ratusan komentar yang menanyakan bagaimana caranya menulis Skripsi Sastra Inggris atau Linguistics…. Nah lho ! Bisakah saya menjawabnya ? Saya bisa-bisain…dan…to my surprise…mereka terus nanya dan nanya terus…bahkan bawa teman-temannya…berarti kan..saya bisa menjadi dosen pembimbing Sastra Inggris atau Linguistics…(are you kidding ?). Kebanyakan mereka juga bukan Blogger, karena waktu di-klik komentarnya di bagian Nama Blog…mereka kosongkan saja… O ya selain Skripsi Bidang Komputer dan Sastra Inggris atau Linguistics…banyak juga yang nanya judul skripsi Matematika atau Statistika yang bagus…dan saya telah berusaha semaksimal mungkin menjawabnya….(dengan berbekal “tautan” ke “dunia sana”…)…

Lalu…

Banyak sekelompok anak muda sampai Bapak-bapak yang menanyakan segala pernak-pernik raket badminton : tipenya, kemampuannya, spesifikasinya, harganya, nyetelnya dan sebagainya. Cukup banyak…dan kebanyakan mereka yang bertanya bukan Blogger. Selain itu, para penggemar ping pong alias tenis meja sudah mulai mengunjungi blog saya untuk ngecek harga “blade” dan “rubber” dari 2 toko ping pong ternama di Jakarta (Astasports dan Daya Prima).. mereka juga bukan Blogger…

Last but not least, para pecinta motivator kita MT alias Mario Teguh juga sering say Hi di Blog ini. Posting tunggal saya yang berjudul “Cara Berlogika Mario Teguh” sehari bisa dikunjungi 100-400 orang per hari !! Banyak yang meninggalkan pesan, tapi banyak pula yang cuman “nginjen”….mereka juga bukan Blogger…

Jadi bagaimana caranya saya bertemu dengan pembaca blog ini ?

Haruskah ?

Lha wong kebanyakan mereka tinggal menyebar di nusantara kok, dari Sumatera hingga Sulawesi….

Kecuali…

teman-teman sekolah saya yang dengan setia “memantau” blog ini terus menerus dan kebetulan tinggal di kota masa kecil saya, Madiun. Mereka bisa bertemu saya kalau pas saya pulang kampung ke Madiun….walaupun mereka bukan Blogger juga…

Nah, itu baru namanya “kopi darat”…

Eh…salah ding…

“Kopi dan pecel darat” !!!

13 Comments (+add yours?)

  1. adit
    Nov 21, 2008 @ 17:54:51

    sekali-sekali mampir dan meninggalkan jejak pak di blog saya.biarpun topiknya kurang asik, ya minimal menambah ke-exist-an bapak di dunia per-Blog-an. hahahahaa..

    btw,kopi darat emang asik. Apalagi ada issue hangat yang diangkat,wah bisa ber-lembar2 tuh comment..

    Ya…kapan-kapan saja ya… mau blogwalking sulit nih, Speedy di rumah mati (for some reasons, padahal saya udah bayar 500 rb an on time lho, saya telpon ke 147 teu aya nu ngejawab teh…)…
    Ini dari warnet, keyboard spacebar dan enter-nya suka copot-copot…hehehe…

    Reply

  2. totok
    Nov 21, 2008 @ 19:24:48

    Yo termasuk aku to Cak tri, setengah blogger mergo komputere sok onok sok ora. Maklum pinjam sono pinjam sini. Nek koneksine enek gratis soko anakku, sing omahe cumak 1 km soko kontrakanku.
    kebetulan juga pas aku muter-muter nang internet lha kok nemu onok jeneng asliku nang kono.
    Pasti sing ngerti jeneng asliku cumak konco SMP, lha setelah SMA sing ngarep tak hidden he…he…he.
    Dan betul, ternyata setelah tak bukak ternyata blog duweke riko cak, dadi yo seneng banget ketemu konco lawas. Soale satu-satunya teman yang bisa saya jumpai (SMP) cumak sampean cak, liyane mbuh nang endi. Nek ngerti bloge utowo emaile mbok aku dikasih, untuk meneruskan tali silaturami mumpung awake dewek isih duwe kesempatan ndelok donyo ha…ha…ha.
    Peter Pan Thomas yo wis kontak aku, nanging ceritane isih tak tunggu. Maksih infone.

    Mengko tak kontak Azis Hidayat, kerjane neng Departemen Pertanian Jalan Margasatwa Pasar Minggu..Mengko tak takonke nomor telpone…..Minimal awake dewe bertiga isok ketemuan mengko mbuh neng ngendi…
    Yen aku lan kowe biyen suka berburu si X, aku lan Azis biyen suka berburu si Y….wah..pasti asyik ceritane…hehehe….
    Abu Bakar kabare biyen dadi Satpam BRI Pusat, Moh. Usman duwe toko neng Tanah Abang, lan Hamdani biyen kerja neng Gedung Jaya Jalan Thamrin Jkt sebelah gedungku. Aku ketemu mereka di tahun 1980an.Mbuh saiki mereka pada kemana…

    Reply

  3. Mirna
    Nov 22, 2008 @ 16:10:19

    duh itu siapa pak yg comment bahasa jawa y??

    sayah tak ngerti pak heheheh…..

    pak boleh tanya” gk??
    soal skripsi untuk non kelas jurusan Tek. Informatika. Kira” y pak ketentuan judul untuk skripsi buat sayah tuh batas”nya tuh mana saja y pak??

    soalnya sayah sedikit kewalahan dalam memilih judul untuk skripsi sayah pak

    mohon bantuannya y pak. Terima kasih

    Itu yang ngomong pake bahasa Jawa namanya Pak Totok alias Pak Santoso. Dulu teman saya sekelas di SMP 2 Madiun. Waktu SMP dulu namanya ada 3 string, dan sejak SMA 2 string pertama dari namanya “diamputasi” katanya supaya nasibnya jadi membaik…hehehe…
    Ssstt…ssstt…beliau itu wartawan senior lho dan tukang koran…eh maksudnya suka membuat koran gitu lho. Tapi peredaran korannya masih di sebagian kota kecil di Jawa Timur bagian barat. Kayaknya lagi nunggu investor supaya korannya bisa sebesar The Chicago Tribune…hehehe..
    O ya, mengenai skripsi non kelas jurusan Teknik Informatika sudah dibahas panjang lebar di 2 posting saya lainnya yaitu “Judul Skripsi Binus Bimbingan Saya” dan “Judul Skripsi Binus Jalur Khusus”. Coba cari di search bar di Blog ini, pasti nemu deh…
    Intinya, judul skripsi non-kelas harus sangat spesifik dan antar bidang peminatan (minimal gabungan antara 2 bidang peminatan, misalnya Database dan Software Engineering)…
    Ok ya Mir, lihat ke posting saya yang itu saja. Sudah ada puluhan dan ratusan komentar lho di sana…

    Reply

  4. Mirna
    Nov 22, 2008 @ 16:11:33

    maap pak belom kasih tau tadi sayah mahasiswa bina nusantara pak

    Terima kasih

    O ya ? Saya sudah tahu kok…
    Kembali mangkok…
    😉

    Reply

  5. selvy
    Nov 22, 2008 @ 19:15:14

    Hihi, saya blogger mood2an yg setia ngunjungi blog bapak. Salam asik pak! 😉

    Wah..apa ini Selvyana mantan mahasiswi saya yang juga teman FS saya ? Kalau ya, selamat ya saya kunjungi blog anda ternyata kegiatan anda sekarang cool loh… 😉

    Reply

  6. Agung
    Nov 22, 2008 @ 21:51:25

    lha??
    ketemu saya (yg juga blogger) ampir seminggu sekali Pak.
    malah kadang2 ketemu 2x seminggu.
    hahahahahaa..!!

    Hehehe…malah kadang 3x seminggu ketemu sambil situ nunggu Ronald yang nggak dateng-dateng…whekekekkek…

    Reply

  7. rumahagung
    Nov 23, 2008 @ 07:32:06

    hahahahhaa..!!
    iyah,
    dan akhirnya saya pulang,
    karena kelamaan nunggunya.

    sekarang2 ini,saya lg memfokuskan blog saya ke arah MELLOW.
    jd isinya curhatan2 melankolis.
    kyk topik yg berjudul CLBK (part, 1,2,3) atau hollow (part 1,2).
    hahahahaha…!!

    Reply

  8. selvy
    Nov 23, 2008 @ 20:42:34

    Wah, dibilang cool *jadi malu* makasih pak. Syukurnya lancar berkat bapak juga 😉 Ga nyangka bapak masih inget saya, jadi terharu, huk huk 😀

    Ya kan, saya jadi ingat sekarang…nama anda Selvy alias Selvyana Jaicko kan ? … 😉

    Reply

  9. Friska
    Nov 24, 2008 @ 03:14:33

    kl gt tandanya blognya laris manis pak 😛 btw, walaupun da abis jatahnya semester kemaren jd murid Pak Tri, Saya masih suka ngunjungin blog bapak 😀

    kl Saya sih bloger musim-musiman pak, nulis entry baru kl lg sempet+ ngidam aja 😛 , makanya blognya jd sering ‘berdebu’ *sigh*

    Wah..kalau jarang nulis di blog itu berarti anda kebanyakan pacaran kali ye…hehehe…
    BTW, saya baca blog anda bagus juga lho….ada “element of surprise” gitu loh…

    Reply

  10. selvy
    Nov 25, 2008 @ 23:04:59

    Waduh, 1000 buat pak Tri! 😉

    Emang bapak dosen paling Te-O-Pe plus funkeh dah! ^^v

    Selv,
    Hehehe….saya suka baca blog anda lho, soalnya ada cerita yang sedang terjadi. Jika anda terusin cerita itu nanti terusannya gimana, wah…saya akan berterima kasih sekali. Anda nyebut-nyebut “Science Park” ? Wah…itu dulu sering saya lalui waktu kuliah di Singapoly dan NUS…
    Eh Yuliana kan teman sekelasmu kan ? Kok di FS dia sudah ada foto bocahnya. Itu anaknya atau keponakannya ?

    Reply

  11. egomaniac
    Nov 26, 2008 @ 08:42:48

    Itulah gunanya blog Pak! Jurnalisme personal. Orang-orang bisa memanfaatkan informasi yang ada di blog kita. Seneng rasanya kalo apa yang ditulis bisa berguna buat orang lain (entah sesama blogger atau pun bukan blogger). 🙂

    Setuuuujuuuuuu !,,,

    Reply

  12. selvy
    Nov 26, 2008 @ 21:26:22

    Iyah pak, Science Park yang deket NUS situh, cuman sekarang batal saya ngantor di situ >.< monggo silakan dibaca lanjutannya…

    Yuanita kali pak?? Yang dulu sekeripsi bareng saya kan yah? Itu ponakannya, dah tiga ponakannya sekarang, pak ^^v

    Ya deh..ntar aku baca cerita lanjutannya ya… 😉
    Iya bener yang saya maksud Yuanita, soalnya dulu waktu saya absen ia sering saya panggil seolah-olah orang Spanyol “Huanita”…hehe..ternyata yang banyak itu keponakannya ya, ngapaian nggak produksi sendiri ? Hwekekkekkek….
    Eh..nanya lagi dong, apakah Leonita yang dari Bengkulu itu juga teman sekelas anda di IMK / AI ? Soalnya ia sekarang satu kantor dengan anak saya di sebuah perusahaan asuransi di Jakarta. “Eh..boleh nanya nggak ? Anda putrinya Pak Tri Djoko ya ?”, tanyanya. “Dari mana mbak tahu ?”, tanya anak saya. “Saya dulu disuruh mbikin website di matkul IMK sama Pak Tri Djoko dan saya sebutkan salah satu putrinya namanya nama mbak”…katanya…
    Just curious saja sih… (terlalu banyak mahasiswa/i sehingga lupa who is which…)…

    Reply

  13. egomaniac
    Dec 03, 2008 @ 22:00:45

    Pak, bulan Januari nanti ada Word Camp Indonesia loh! Sayang tiketnya mahal banget Rp 400.000!!! 😦

    info: http://www.wordcampindonesia.com

    Orang Pestablogger 2008 yang mbayarnya cuman Rp 50 rb aja saya nggak datang, apalagi ini harus mbayar Rp 400 rb.. ? Apakah worth it sih spend uang Rp 400 rb hanya untuk ikut Camp ? Dapatnya apa saja sih ?

    Reply

Leave a Reply

