Para Skripsi-er, waspadalah !

Semester ganjil 2008/2009 ini saya banyak membimbing skripsi jalur non-kelas di Binus, kebanyakan dari jurusan Teknik Informatika atau jurusan ganda (Teknik Informatika-Matematika dan Teknik Informatika-Statistika)..

Saya hanya perlu mengingatkan, sekarang sudah pertengahan Desember yang artinya penyelesaian skripsi anda tinggal 1,5 bulan lagi. Saya tidak ingin seorangpun akan gagal menyelesaikan skripsi di akhir bulan Januari 2009 nanti. Oleh karena itu, bangunlah, ingatlah, bekerjalah, dan tidak lupa berdoalah supaya penyelesaian skripsi anda dapat dilakukan tepat pada waktunya…

Skripsi itu mudah kok, tinggal menulis beberapa halaman plus menyelesaikan program komputer. Kalau program komputer anda mentok, anda mestinya “marah” dan cepat-cepat menyelesaikan penulisan skripsinya. Bagaimana bisa ? Bisa saja, Bab 2 kan cuman LandasanTeori, dan Bab 3 kan cuman Analisis dan Perancangan. Maka kalau anda mentok di programnya, kan masih bisa menulis Teori dan melakukan Analisis dan Perancangan ? Ya kan ?

Seingat saya ada sekitar 10-15 bimbingan skripsi saya semester ini. Nathanael sudah hampir selesai Bab 4, Arif masih melakukan pendalaman coding yang tidak selesai-selesai, Merry sudah nyerah ngerjain Fraktal dari awal, Revyana masih bingung di sana-sini, Yuliana and her gang tinggal finalisasi Bab 4 dan Bab 5 (sudah 300 halaman euy !), Adhitya and his gang tidak pernah muncul selepas Lebaran, dan satu kelompok sedang menyelesaikan masalah Manajemen Sewa Perkantoran (eh…saya lupa namanya ya..). Ada yang kelupaan ?

Orang bilang menyelesaikan skripsi S1, thesis S2, atau disertasi S3 (ini penamaan menurut IPB lho) itu ibarat hamil. Selama hamil belum melahirkan maka yang ada cuman perasaan mual, muntah, malas, dan pesimistis. Tapi semua rasa sakit itu harus dibuang jauh-jauh dan anda harus segera menemukan “mood” untuk menyelesaikan pekerjaan paling penting di kehidupan anda itu…

(Untung saya dulu S2-nya ngambil “by course” dan bukan “by research”, jadi yang namanya tegang itu tidak ada euy !)

5 Comments (+add yours?)

  1. Agung
    Dec 14, 2008 @ 12:19:15

    hahahaha..!!
    jd mao cpt2 hamil nih..
    lho??
    ato menghamili??
    hahahahhaa..!!
    mksdnya mao cpt2 skripsi.
    hehehehe..!!
    tmn2 yg seumur ama saya ud pd skripsi,
    gara2 saya msk ganda,jd molor 1 thn.
    tak apa lah,asalkan rejekinya ga molor.
    hehehehehhe..!!

    lho?
    emank klo S2 by course,ga ada “skripsi”nya??
    klo by research kan ada penelitian yg nti bikin laporan gt yah Pak?!

    Syarat Master’s di Indiana tuh selesai menempuh 33 credit hours CS courses. Nah, 33 cr hrs itu bisa dicapai melalui dua cara. Pertama, “by course” jadi ngambil courses semuanya sebanyak 33 cr hrs. Kedua, “by research” yaitu ngambil courses 27 cr hrs plus 6 cr hrs Master’s Thesis. Biasanya orang asing seperti orang Indonesia ngambil yang pilihan pertama dengan alasan lebih simple dan lebih mudah dicapai. Biasanya pula, orang yang mau nerusin ke Ph.D yang mau capai-capai nulis Master’s Thesis segala… Saya mah..ogah ah !

    Reply

  2. mahasiswa smaput
    Dec 15, 2008 @ 10:33:58

    ada yg lupa pak rangga & the gank blm dsebut..
    udah hampir rampung bab 4. yg perangkat ajar pak.

    Ya..ternyata kelompok anda, juga Yelly dari TI-STAT ternyata belum disebut….

    Reply

  3. adit and the gank
    Dec 17, 2008 @ 00:01:53

    pak saya mewakili adit n the gang..
    maaf karena kami selepas lebaran tidak konsultasi dengan bapak
    kami mempunyai beberapa masalah pak
    1.program kami mentok,meskipun perancangan dan lain-lain c alhamdulillah lancar,tinggal database aja
    2.pas lebaran kemarin, teman kami bernama icha mengalami kecelakaan ketika hendak pulang dari padang ke jakarta menggunakan mobil pribadi, tepatnya karena mobil yg dikendarai mengalami kecelakaan
    3. selama 2 minggu terakhir ini, anggota kami bergantian sakit
    mungkin karena jarang tidur n faktor cuaca
    malah adit sejak hari minggu mpe hari ini sakit pak, kami jg belum tau jadwal ngumpul kami lagi
    berharap minggu ini c bisa kelar, gktw jg d pak saya dan kawan-kawan gkbisa janji

    sekali lagi maaf y pak..

    —adit n the gank–

    -wahyu-

    Wahyu & Adit and The Gang,
    Take it easy, man ! Santai aja, Belanda masih jauh !!!! Hehehe…

    Reply

  4. adit and the gank
    Dec 24, 2008 @ 00:31:11

    pak, tadi sore sekitar jam 3 saya menghubungi bapak
    pertama c via telp tapi tidak diangkat, lalu saya coba sms bapak tapi jg tidak dibales..
    saya beserta teman2 mohon maaf, rencana c tadi ada planning tuk ketemu bapak tapi terlambat

    klo ada waktu bapak yg bisa saya ganggu, bisa gak pak??
    kapan pak??/
    lalu kira2 dimana lokasiny??
    klo tidak bisa c kami tunggu setelah tahun baru
    hehehehe
    tapi gakmau ganggu waktu libur bapak d
    hehehehe
    thankz be4 pak

    Adit and the gang,
    Beberapa hari ini ada seseorang (kayaknya seorang sales) yang terus ngejar-ngejar saya pura-puranya orang Malaysia/Singapore yang sedang menawarkan bisnis, jadi saya alergi terhadap no telpon yang tidak saya kenal…

    Lha iyalah…anda nelpon saya setelah masa edar saya di Binus selesai (besoknya ini sudah libur pula). Sebenarnya saya tunggu spt biasa di ruang seminar (ruang 800) antara jam 13.00 – 13.40 kalau mau bimbingan. Ada 2-3 kelompok yang datang, tapi kelompok anda nggak datang..

    Tp gpp lah, sekarang nikmati aja suasana libur tapi jangan lupa jika mood lagi baik (makan Indomie kari ayam & minum kopi dulu) kalau sudah baik segera selesaikan tulisan skripsi anda. Kelompok lain sudah banyak yang selesai, minimal sampai Bab 3 sudah clear. Usahakan Januari nanti kalau ketemu saya Bab 3 dan sebagian Bab 4 sudah clear dan program sudah bisa didemokan (mestinya demo di minggu ke 10).

    Pekerjaan-pekerjaan kecil macam membuat lembaran judul, lembar persetujuan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar riwayat hidup…juga harus dibuat. Jangan lupa merapikan penulisan daftar pustaka, dan membuat laporan hasil pre-kuesioner (=needs assessment questionnaire) dan hasil post-kuesioner (=beta test s/w anda), masing-masing sekitar 5-8 halaman dilengkapi tabel dan pie chart…

    Selamat bekerja !

    Reply

  5. wahy
    Jan 20, 2009 @ 23:04:24

    pak, masalah foto gimana ya pak??
    klo untuk cowo c seingat saya pake kemeja putih+jas hitam dan dasi.difoto kyak foto biasa

    klo untuk cewe apa ya pak??
    buat icha pak

    thankz before y pak..

    Cewek biasanya pakai baju putih dan blazer. Sudah cukup…

    Reply

Leave a Reply

