Ice breaker

Sering kalau anda sedang berbicara di sebuah seminar penting, sedang ngajar di depan kelas, atau sedang ronda malam dengan orang-orang yang tidak begitu anda kenal dan ternyata anda sulit untuk memulai berbicara…

Nah…di situlah anda perlu ngomong untuk pemecah kebuntuan..alias “ice breaker”. Saya ada 2 cerita ice breaker berikut …

Pertama, “Bagaimana cara anda membakar 15 tusuk sate selama 15 menit, jika diberikan sebuah panggangan sate yang hanya bisa nampung 10 tusuk sate, dan setiap tusuk sate harus dibakar 2 kali sampai mateng yaitu pertama sisi A-nya dan kedua sisi B-nya. Waktu yang diperlukan untuk membakar sisi A sampai mateng 5 menit, begitu pula untuk membakar sisi B sampai mateng 5 menit” (cerita dan jawab saya dengar dari Cici Panda di acara Panda Berkokok-nya Radio Prambors FM pada suatu hari)..

Kedua, “Bagaimana caranya anda memotong cake sebanyak 8 potongan yang hampir sama besar dalam 3 kali potongan, jika diberikan sebuah cake dan sebuah pisau pemotong cake yang diameternya melebihi cake tersebut” (Cerita saya dapat dari teman saya yang bekerja di HR Dept sebuah perusahaan teknologi telekomunikasi terkemuka di Indonesia)

Bisakah anda menjawab salah satu atau keduanya ? Komentar di sini dong kalau bisa…

(Perhatian !!! Bagi yang bisa menjawab teka-teki ini Panitia tidak menyediakan Hadiah…)

6 Comments (+add yours?)

  1. rumahagung
    Dec 26, 2008 @ 17:30:10

    saya bs jawab yg pertama tanpa denger cici panda.
    pertama2,
    bikin sate jd 2 kelompok,masing2 5 tusuk.
    5menit pertama bakar side A kelompok 1 dan 2.
    5menit kedua bakar side B kelompok 1 dan side A kelompok 3,(kelompok 2 kecapin dan bumbuin klo mao pedes. hehehehe..!)
    kan ud mateng tuh yg kelompok 1 (side A dan B ud mateng),
    5menit terakhir,baru panggang side B kelompok 2 dan 3.
    abis itu bres kan??
    mateng smua dalam 15 menit??!
    hehehehehe..!!

    Agung,
    Wah..jangan-jangan soal Cici Panda dari anda nih…hehehe…. 😉

    Reply

  2. rumahagung
    Dec 26, 2008 @ 17:30:57

    ralat,jdnya 3kelompok,bukan 2.
    maaf..!!
    hehehee..!

    Reply

  3. .\Gojo
    Dec 26, 2008 @ 19:25:35

    berhubung yang nomor satu dah dijawab rumahagung, aku mau coba jawab yang nomor dua deh …

    caranya beginih…
    satu, potong satu kali untuk membagi kue tersebut menjadi dua potong sama besar (pada garis tengah)

    dua, potong satu kali lagi untuk membagi dua kue tersebut menjadi empat potong sama besar (pada garis tengah juga, 90 derajat dari garis tengah yang pertama)

    tiga, tumpuk empat potong kue hasil dari langkah pertama dan kedua tadi (menjadi empat tumpuk kue) lalu potong-bagi-dua kue-kue itu dari atas sampai bawah (satu kali gerak memotong)…

    jadi, dengan tiga potongan dapat delapan potong kue…

    bener gak pak? kalo bener, kasih surat rekomendasi untuk HRD-nya perusahaan teknologi informasi terkemuka di Indonesia itu dong… 😀

    Mas Gojo,
    Wah..masih belum terlalu benar mas…masak cake pakai ditumpuk-tumpuk segala ? Iya kalau jenis frol tape bisa dipotong lalu ditumpuk. Lha kalau jenis teramisu yang halus kayak sutera lagi uenaak itu ditumpuk…lak njur melepes kempes to mas ?
    Coba deh mas dipikir lagi, tapi jangan pakai ditumpuk. Pokoknya ibarat Si Buta dari Gua Hantu yang dengan pedang tajamnya sret..sret..sret… menjadikan cake itu terpotong 8…
    Bisa to mas ?

    Reply

  4. .\Gojo
    Dec 26, 2008 @ 22:22:00

    Pak Tri,

    Yahhh, tanggapannya kok begitu… penyelesaian dari sebuah permasalahan itu kan tidak hanya satu… bisa bermacam-macam dan kreatif :D… seperti cerita kreatif mengenai mengukur tinggi gedung dengan barometer yang tenar di internet itu loh … (pernah aku terjemahin di blogku sih, gak aku tautin di sini ah, takut dituduh promosi diri :D) …

    Pak Tri hampir membunuh kreativitasku, tapi aku tidak menyerah … *halah…

    Ya sudah … kalo begitu caranya aku ubah …
    pertama, potong-vertikal di garis tengah …
    kedua, potong-vertikal lagi di garis tengah, 90 derajat dari garis tengah yang pertama…
    ketiga, potong-horizontal pas di tengah-tengah tinggi kue…

    jadi gak pake tumpuk2an… tapi ya artinya kasian orang yang dapet potongan bawah… gak dapet fla dan topping yang di atas hehehe…

    trus ada lagi cara yang lain,
    pertama, potong-vertikal di garis tengah
    kedua, potong-vertikal di garis tengah kedua, 90 derajat dari potongan pertama
    Pindahkan kue-kue itu sehingga berjejer dengan rapi dan manis…
    lalu ketiga, potong-vertikal-sepanjang kue-kue yang berjejer itu … ambilnya ya agak di tengah-tengah lah biar agak adil hehehe…

    lalu, lalu .. ada lagi cara lain …
    pertama, potong-vertikal di garis tengah
    kedua, potong-vertikal di garis tengah kedua, 90 derajat dari potongan pertama
    ketiga, potong-vertikal-melingkar (seperti membuat lingkaran) di tengah-tengah antara kue agar ukurannya relatif sama…

    Ada cara lain lagi gak ya? ah… pasti ada, tapi belum kepikiran … nanti kalo dah nemu deh hehehe…

    Hehehe, maap pak… komentarnya agak sok tahu dan ngotot :D…

    Mas Gojo,
    Lho…kok lama-lama jadi dapet jawabannya…hehehe….

    Reply

  5. rumahagung
    Dec 26, 2008 @ 22:44:25

    hahahaha..!!
    saya ga kenal Pak ama Ci Pan.
    hahahahaha..!!
    lagian soal itu ga gt susah Pak.
    byk game komputer semacam gt yg jauh lbh susah.
    heheheheh..!!

    Reply

  6. tutinonka
    Dec 29, 2008 @ 00:04:40

    Sebetulnya saya tahu jawaban dari kedua pertanyaan Pak Tri, tapi karena sudah dijawab oleh Mas Agung dan Mas Gojo, ya sudah … hehehe …

    Weleh…weleh..weleh..Bu..kayak jawabannya Srimulat…hehehehe…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: