Bila listrik padam

Selasa sore ketika dalam perjalanan ke rumah terlihat dari jauh awan hitam menggantung seolah-olah sudah mau roboh menghunjam bumi (ingat cerita “si Kancil dengan sang Gajah”). Dari Gambir kantor anak saya jam 16.00 ternyata jalanan cukup lancar dan dalam waktu sejam di rumah belum turun hujan dan sampai di rumah jam 17.00. Lumayan cepat, 1 jam boo !

Pukul 17.30 saya hand-wash baju saya (kebiasaan akhir-akhir ini, mengingat kalau mencuci baju diserahkan ke asisten rumah tangga wah urusannya bisa panjang). Namun baru 2 baju tercuci tiba-tiba peeet….listrik mati ! Sayapun bergegas meninggalkan kamar mandi belakang (yang mempunyai genteng kaca di atasnya)..

Mati selama 5 menit dan lampu menyala kembali, sayapun masuk kamar mandi to do the unfinished job. Tapi baru 2 menit mencuci baju, peeet….lagi dan kali ini berlangsung hampir 3.5 jam !

Makanya saya suka menyingkat pabrik listrik kita sebagai Perusahaan Lilin Negara, karena telah memberi kehidupan “mewah” kepada saya selama 3.5 jam nonstop. Romantisme di rumahpun segera kelihatan, karena lilin-lilin kecil dipasang di pojok-pojok rumah. Saya tidak berani tertidur dan mengawasi terus bagaimana lilin-lilin tadi berperilaku. Maklum, rumah saya adalah salah satu rumah dengan jumlah buku terbanyak (walaupun 30% dari buku sudah rusak waktu air masuk rumah beberapa tahun lalu)..

Selama pemadaman listrik atau blackout, isteri saya nyetel 100.8 FM yang lagunya lagu-lagu kuno macam D’Lloyd, Koes Plus, Panbers dan lagu-lagu tahun 80’a (Dian Piesesha, Betaria Sonata, Iis Sugianto, dsb)..

Sayapun enak memancal kemul (berselimut)….sambil mata ngriyip-ngriyip cahaya lilin yang menari-nari…

Seberapa seringkah rumah anda kena pemadaman listrik ?

15 Comments (+add yours?)

  1. Jamil
    Jan 14, 2009 @ 08:57:56

    Daerah rumah saya termasuk yang paling sering mati listrik.
    Memang mengesalkan kalau pas lagi santai di dalam rumah nonton TV atau lagi asyik baca buku trus tiba-tiba mati listrik.
    Tapi ternyata kondisi mati listrik ini membawa hikmah dalam pergaulan antar tetangga.
    Kalo mati lampunya malam hari, terkadang beberapa tetangga nongkrong di luar rumah.
    Peristiwa nongkrong bareng akibat mati listrik inilah yang mempertemukan kami yang sangat jarang bertemu, bahkan kalo ada rapat RT atau akhir pekan dimana waktu luangnya biasanya dihabiskan di dalam rumah atau berkunjung ke sanak keluarga.
    Ternyata ada juga “jasa” PLN akibat mati lampu listrik yang dibuatnya he he he

    Mas Jamil,
    Ya..kita lihat aja sisi-sisi positif dari matinya listrik PLN, soalnya kalau dilihat dari sisi negatifnya…wah..nggak selesai-selesai deh…..

    Dan karena, mantu saya kerjanya di PLN…hehehe…. 😉

    Reply

  2. alrisblog
    Jan 15, 2009 @ 03:15:02

    Byar pet listrik emang bikin kuuuusel, apalagi kalo lagi ada keperluan yang dikerjakan memakai setrum pln itu. Kayaknya masih berpuluh-puluh tahun lagi kita baru bebas byar pet. Padahal banyak banget sumber tenaga untuk pembangkit pln, kenapa harus berpusat ke pemanfaatan bahan bakar fosil? Hallo, pln apa kabar….?

    Uda Alris,
    Sebenarnya sumber tenaga paling murah dan paling bersih adalah nuklir ! Tapi orang Indonesia, terutama orang kebanyakan dan politisi, belum bisa menerima. Dan orang Indonesia belum bisa “ngakalin” bagaimana Indonesia yang banyak gempa ini bisa menerima fasilitas nuklir yang rentan bocor….
    (FYI, negara yang listriknya udah pakai nuklir seperti : Amerika, Korea listriknya tidak pernah padam….nyalaaa terusss banteeeer lagi…)

    Reply

  3. Resi Bismo
    Jan 15, 2009 @ 11:18:22

    Pernah disini mati lampu, sebentar banget cuma beberapa menit menyala kembali. Tahun lalu pernah mati lampu parah, sampe trem gak bisa jalan (mogok) gangguan sistem, jadi satu kota mati semua hahahah…. untungnya saya lagi berada dilur kota sehingga gak terjebak di tengah jalan.

    Enaknya sih punya Photovoltaic, sehingga bisa energy independent, cape kalo lagi ngapa2in trus tiba2 mati lampu, cuma ya itu masih mahal….

    Mas Resi,
    Lho..apa Jerman nggak 100% tenaga nuklir to mas kok lampu masih mati segala ? Saya selama 3 tahun lebih tinggal di AS sekalipun tidak pernah kena mati listrik. Konon banyak PLTN sebagai sumber tenaga listrik di AS lagian interkoneksinya sudah canggih banget. Mungkin satu PLTN mati bisa diganti sama PLTN di tempat lain. Beda sama Singapore, selama 9 bulan tinggal di sana pernah 1 kali mati lampu pas kita lagi diantar melihat-lihat Singapore Port…

    Solar cell di Indonesia masih mahal mas, tapi kalau nggak salah rumah kakak saya di Bandung sudah pakai solar cell walaupun cuman buat masak air buat mandi doang (bukan untuk lampu)….

    Reply

  4. edratna
    Jan 15, 2009 @ 17:28:56

    Kapan itu listrik di rumah juga mati, tapi siang hari….dan karena lagi mengerjakan bahan mengajar, ya langsung aja matikan komputer, cabut kabelnya…terus tidur, bangun udah nyala lagi.

    Yang repot kalau mati lagi dijalan, pas macet lagi…wahh tambah ga karuwan

    Kalau mati listriknya siang, ya pasti gak apa-apa. Gak ngaruh banget dan nggak perlu nyalain lilin. Asal persediaan air di tower atau di kamar mandi masih ada aja (takutnya kalau kebelet poop)…

    Lha kalau matinya malam, serba susah. Buku dan kertas ada dimana-mana dan kita nyalain lilin, rasanya nggak secure banget (soalnya lampu darurat dari battery itu sudah lama mati dan belum beli lagi)…

    Reply

  5. wayan
    Jan 15, 2009 @ 22:05:32

    wah…ternyata mati lampu itu punya kisah tersendiri ya bagi masing2 orang. Bahkan ada yg benar2 sekarang rasanya ga bs hdp kalo lampu mati.

    Wayan,
    Iya nih…mati lampu, malam hari pula, banyak orang yang merasa nggak nyaman…

    Ada cerita tetangga yang habis sembahyang Isya di Mesjid, tiba-tiba lampu mati. Terus tetangga itu dan tetangga lain pada cerita “Di dunia ini mati lampu aja bikin kita sengsara. Padahal kalau kita nanti di “alam sana” kan tidak ada lampu. Ya kayak gini terus aja”…hahaha…

    Kalau jaman saya kecil dulu, di desa jarang sekali lampu listrik. Kita malah bisa main Nini Towok (scarecrow) setiap malam…. 😉

    Reply

  6. totok
    Jan 17, 2009 @ 13:28:41

    Yo lagi tumon iki onok pak dosen nyuci baju dewe. Opo wis kakehan wektu kosong he….he.

    Jujur saja, aku gak sempat nyuci, meski itu popokku dewe. Lha piye to cak, isuk budal nang Ponorogo, nyangkul nang koran punya konco. Trus awan titik balik nang mbediun, nggarap korane dewe. Bengine, nggarap buku pesenane SH Terate.

    Pensiun tak kiro akeh wektu gae santai, eh…jebule tambah akeh gawean, tapi gak onok duwike kabeh.

    Trus nek onok wektu titik, mbukak blog sampean, urun rembug karo menjalin tali silaturahmi.

    Cak Totok,
    Wis…gak usah mikir duwit terus. Wong wis tuwo koyok awake dewe iku kan opo-opo wis kelakon (lan wis kelaken…hehehe)…dadi sing penting tetap bekerja, tetap sibuk, tetap mikir sesuk arep ngerjain opo…pokoke pikiran sebaiknya dienggo “full”…ben ora keno setruk….
    Sejatine, harta yang paling mahal yo kesehatan kuwi…ora ono liyane…
    Mangan wareg, momong cucu, masalah bajumu yo ben bojomu sing nyuci…toh dekne isih setia mendampingi sampeyan…hehehe….

    Reply

  7. rumahagung
    Jan 17, 2009 @ 14:40:25

    klo daerah rmh saya termasuk jarang mati lampu.
    bahkan pernah seKota Tangerang mati smua,
    eh,daerah saya malah ga mati.
    kadang2 di perumahan saya tinggal aj,cm tmp saya yg jarang mati lampu.
    konon kt Papa saya,
    salah satu Direktur PLN tinggal di dkt2 rmh saya.
    saya jg ga tau deh.
    hehehehehhehe..!!

    tp klo di rmh saya yg dulu.
    waduhh.. sering jg mati lampu.
    mana msh kampung n msh ada “hutan”nya lg.
    hahahahhaa..!!
    mana byk makhluk2 yg nyata lg Pak.
    hahahahhahaha..!!

    Wah..kalau gitu asyik tinggal di rumahmu dulu dong : ada gremlin, casper, dan bogeyman….hehehe…

    Reply

  8. peter
    Jan 19, 2009 @ 13:30:10

    btul..dsini ga prnh mati lampu…dan sy jg slah 1 org pndukung nuclear pOwer plan for electricity…
    mau inauguratiOn uda mulai rame nie pak tri…indo jg ikt2-tan heboh ato nggak??

    Reply

  9. rumahagung
    Jan 19, 2009 @ 16:37:53

    hahahaa..!!
    iyah Pak.
    asik.
    hahahahaha..!!

    Reply

  10. TOTOK
    Jan 20, 2009 @ 21:47:21

    Betu cak, duwik nek dipikir malah nganyih-nganyih, tapi nek gak dipikir malah ora teko he….he… Tapi paling tidak pikiran nek terus digawe isok fresh, sak umure awake dewe, akeh sing ora wani mangan opo-opo. Tapi nek aku, kapan-kapan nek nang mediun isok dites traktiren sate, 10 tusuk plus nasi gule 2 porsi mesti tak entekno.

    Kesehatan memang harta satu-satunya yang masih setia mendampingi diriku. Mugo-mugo setia terus sampai akhir hayat di kandung badan.

    Soal bojo saiki malah runtang-runtung koyok truk gandeng. Nek onok kesempatan mlaku-mlaku karo putu nang aloon-aloon, wah jan hidup rasanya sangat indah. Waktu pacaran, indah, tapi bareng duwe putu malah sangat indah.

    Nah, koran sudah saya kirim barusan sore tadi, ojo lali artikel berikutnya tak tunggu sampai hari Minggu depan. OK

    Cak Totok,
    Wah…sak jane dari hasil lab terakhirku, kondisi kesehatanku yo isik josssss…ming kakehan asam urat sithik, tapi iku isok ilang nek akeh ngombe banyu putih…Tapi aku ming isok ngentekno 10 tusuk sate besar-besar, dan 1 porsi gule kambing (2 porsi kakehan cak….)…

    Iyo wis, koranmu arep dak tunggu (Bu Tutinonka neng Yogya yo wis nunggu soale mbok janjekno, jarene). Artikel baru, minggu depan iki dak kirimno via email…

    Reply

  11. alris
    Jan 21, 2009 @ 04:51:03

    Numpang liwat ke Pak Totok lewat Pak Tri…
    Pak Totok, boleh gak saya kirim artikel juga.
    Sate 10 tusuk, 2 porsi gule kambing? Apa gak puyeng,pak.

    Reply

  12. totok
    Jan 23, 2009 @ 18:55:55

    PRO MAS or MBAK ALRIS
    Makasih mas atas atensinya, soal ”sumbangan tulisan tentu saya terima dengan tangan sangat erbuka. Silahkan kirim ke email saya sts_bondet@yahoo.com. Tapi mohon maaf, nggak ada honornya lho.

    Soal sate, alhamdulillah saya masih kuat nyantap segitu. Mungkin karena saya orang lapangan jadi penyakitnya gogrok di jalan-jalan tertiup angin bersama debu he….he.

    UNTUK CAK TRI :
    Lho, Bu Tuti sudah dikirimi, yang ngirim kebetulan arek-arek, coba tak ceknya nanti. Mosok sebelum tahun baru sampek sekarang gak nyame, opo pak pos turu he…he..

    Cak Totok,
    Lah..itulah masalahnya dengan Pak Pos di Indonesia yang kayaknya maleeessss semua dan kerjanya seenaknya. Isteri saya dikirimi surat dari Cirebon harus ngecek berulang-ulang ke berbagai kantor pos baru bendanya ketemu…
    Sangat jauuuuh dengan BundesPost atau USMail…

    Reply

  13. totok
    Jan 24, 2009 @ 03:49:33

    Gak usah adoh-adoh cak, karo negeri jiran malaysia aja untuk urusan disiplin kita KO

    Iya kabarnya bangsa Indonesia nggak bisa disiplin karena bekas jajahan Belanda. Sedangkan Singapore dan Malaysia yang bekas jajahan Inggris selain rakyatnya pinter bahasa Inggris juga disiplin banget dalam kehidupannya..
    Mengapa ya ?
    Wah…itu kayaknya topik bagus banget buat ditulis di Blog…kapan-kapan… 😉

    Reply

  14. alris
    Jan 24, 2009 @ 23:42:59

    To : Pak Totok,
    Terima kasih, pak. Karena saya ini baru taraf belajar nulis, pemula banget. Kalo diterima dan dimuat koran Pak Totok tulisan saya itu sebuah kebanggaan buat saya. Alamat email Bapak sudah saya catat, bahkan tak kirim langsung email perkenalan. Saya jenis kelaminnya sama karo Pak Totok, belum operasi transgender dan gak niat untuk itu, hwekekeke…

    Reply

  15. TOTOK
    Jan 28, 2009 @ 08:57:27

    Soal jajahan Inggris memang betul cak, bedo banget karo jajahane bongso walondo.

    Iyo sekali-kali ditulis nang blog, pasti asyik kalau soal disiplin. Lha wong awake dewe wis biasa ”peraturan untuk dilanggar” jadi yo repot banget.

    Coba sekali-kali numpak kapal PELNI. di situ sudah ada tulisan dilarang merokok, eh…. sing klepas-klepus heuuunak tenan.

    Dadi nek MUI bikin fatwa tentang rokok, aku berani taruhan, malah diguyu tengu.

    TO: UDA ALRIS
    Tengkiu emailnya, pokoknya siapa pun yang punya hobi nulis, terutama yang menyangkut pendidikan bangsa, kita terima dengan sangat terbuka. Idealisme kita, ikut mencerdaskan bangsa bukan sekadar slogan calon legislator kita, tapi benar-benar kita wujudkan dengan membuat koran kecil yang sementara ini bener-bener nonprofit, pokoknya cukup biaya cetak gooooooo…..

    Cak Totok,
    Iya kapan itu ada rakernas MUI di Padang Panjang yang mencoba akan memberikan fatwa tentang merokok. Ternyata MUI juga nggak berani membuat fatwa itu, sehingga banyak perut malah jutaan perut masih bisa diselamatkan. Soalnya negara seperti Indonesia yang belum maju kayak gini, industri rokok masih menyerap jutaan tenaga kerja…jadi kalau difatwakan haram, mau makan apa mereka-mereka itu ?
    Intinya, semua orang di Indonesia, termasuk ulamanya, harus membuat yang bodoh jadi pintar, dan jangan sekali-sekali membodohi yang masih bodoh…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: