Ganti Nama

Masuk BPPT sejak Agustus 1980 saya mendapati bahwa kantor ini mempunyai profile pegawai yang mirip dengan “piramida terbalik”, padahal kantor-kantor lainnya biasanya profilenya mirip dengan piramida. Dalam arti, pegawai yang golongannya tinggi jumlahnya paling sedikit, lalu diikuti dengan pegawai yang golongannya lebih rendah dengan jumlah lebih banyak, demikian seterusnya sehingga jumlah pegawai dengan golongan terendah adalah terbesar secara jumlah…

Sampai tahun 1986, beberapa bulan sebelum saya diberangkatkan untuk sekolah di Amerika, profile “piramida terbalik” ini masih menjadi stigma BPPT..

Akhirnya apa yang terjadi ? Kami-kami yang golongan sarjana dengan golongan ruang III/a dan III/b ini kalau mau menulis surat keluar maupun surat masuk harus mengetik sendiri. Begitu pula kalau mau menulis laporan barang 3-5 lembar pasti kita mengetik sendiri. Dan kalau mau mengirim surat dengan membeli perangko ke Kantor Pos kami harus melakukannya sendiri..

Seorang teman dari Bali-pun bercanda “Jangan-jangan kita semua diganti namanya menjadi SUTIKNO, karena suka mengetik sendiri. Beberapa yang lainnya lagi pantas diganti nama menjadi SURATNO karena suka nulis surat sendiri. Dan karena beberapa di antara kami suka pergi ke kantor pos buat membeli perangko, maka kamipun diberi julukan SUKIRNO…

Jadi, hampir semua orang di Gedung BPPT yang berlantai 21 itu diberi nama apakah SUTIKNO, SURATNO, ataupun SUKIRNO…

Aya-aya wae….!

3 Comments (+add yours?)

  1. Sulis
    Mar 04, 2009 @ 13:33:14

    Namanya juga BPPT, yang diperlukan Peneliti, bukan pelaksana, tapi ambil positifnya, semua jadi mandiri, beda dengan tempatku Mas Tri, piramida betulan, biasanya bos apa-apa minta tolong bawahan untuk menerjakan hal-hal yang sebenarnya dia bisa kerjakan sendiri.

    Mbak Sulis,
    Wah…berarti mbak Sulis kerjanya sebagai PNS di departemen teknis (PU, Pertanian, Kominfo, Perdagangan, Perindustrian, dsb) atau di Pemda (Pemprov, Pemkab, Pemkot) kok struktur pegawainya Piramida begitu..

    Untunglah, sekarang BPPT juga hampir menjadi piramida betulan. Minimal lebih baik daripada di awal tahun 1980an dahulu…

    Reply

  2. oktav
    Mar 04, 2009 @ 13:34:41

    pak Tri.. mohon maap OOT (out of topic), klo mau menghubungi pak tri via email, email nya pak Tri apa ya? saya mau diskusi sedikit. suwun.

    Mas Osinaga,
    Email saya tridjokoeta@yahoo.com

    Reply

  3. alrisblog
    Mar 05, 2009 @ 00:03:12

    Saya dulu awal kerja malah tiga-tiganya. Ya, SUTIKNO, SURATNO, SUKIRNO. Malah merangkap juga EXPEDISINO, hehehe…, emang aya…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: