Jangan mudah merasa heran

Posting ini sebenarnya mau saya beri judul “Ojo Nggumunan”. Tapi kalau diberi judul posting bahasa Jawa, mungkin tidak banyak orang yang tahu apa maksudnya..

Ceritanya ketika saya kelas 3 SMP di Madiun tahun 1972 yang lalu, saya masih ikut salah satu perguruan silat terkenal yang ada di Madiun. Bagi saya pribadi, ikut silat bukan untuk gagah-gagahan tapi lebih untuk mengisi waktu luang dan berpikir yang positif terus..

Pada suatu malam bulan purnama, di lokasi latihan di Gedung KPT di sebelah utara Stadion Madiun, selain pelatih saya datanglah seorang kakak kelas yang tangannya patah dan sedang di-gips, jadi di tangan sebelah kanannya ia “menggendong” tangannya yang patah itu. Nama kakak kelas itu adalah Sunaryo, yang kelihatannya orangnya cukup sableng dan bicaranya ceplas-ceplos..

Biasanya latihan silat dibagi tiga periode. Periode pertama adalah latihan fisik alias senam, periode kedua adalah latihan jurus, dan periode ketiga adalah latihan sambung atau perkelahian jarak dekat. Nah, di antara periode yang diisi waktu istirahat itulah kakak kelas saya yang bernama Sunaryo itu memberi sedikit nasehat kepada kita adik-adik kelasnya..

“Ojo nggumunan (jangan mudah merasa heran)”, katanya membuka percakapan. “Di dunia ini nanti di mata penglihatan adik-adik ini akan dihadapi hal-hal yang tidak biasa. Jangan sedikit-sedikit merasa heran bila ada orang yang berbaju asing dan lain dengan kita, ada orang yang makan makanan yang tidak biasa kita makan, dan ada orang yang agamanya beda dengan kita, ada orang yang bentuk fisiknya beda dengan kita, ada orang yang kegemarannya beda dengan kita, bahkan ada orang yang kekayaannya beda dengan yang biasa kita lihat”, sambungnya tanpa bermaksud berpanjang lebar. Mukanya yang kusam dengan rambut gondrongnya yang tidak teratur, namun dengan kata-kata yang tulus ia mencoba menasehati kita, yang waktu itu masing “remaja tanggung” seumuran SMP semua…

Kitapun manggut-manggut mendengarnya. Karena tidak ada forum tanya jawab, ya kita hanya mendengarkan saja. Tapi di udara semilir malam, diterangi dengan cahaya bulan purnama yang terang benderang, sangat kontras dengan kondisi kantor itu di malam hari yang kurang lampu penerangan.

“Jadi, apapun yang terjadi dengan adik-adik nanti di masa yang akan datang, jangan berkomentar, jangan merasa heran, jangan berkata-kata, jangan clometan, tapi sebaiknya diam saja. Karena kalau melihat keanehan di dunia ini anda diam saja, berarti anda sudah memahami bahwa dunia ini tidak hanya dihuni oleh manusia, tapi juga berbagai makhluknya, dengan berbagai kebiasaannya masing-masing. Mudah-mudahan dengan sikap “tidak mudah merasa heran” adik-adik ini bisa pergi kemana-mana di dunia ini. Mudah-mudahan”, katanya menutup kuliah 7 menit di sela-sela latihan silat yang dihadiri antara lain oleh Sudiarto, Purwoko Adi alias Simbah, Witono Basuki, Joni, saya sendiri, dan beberapa teman lain ini..

Anehnya, nasehat yang sangat sederhana ini sangat terpatri di dalam pikiran saya. Sekalipun saya tidak pernah berkomentar melihat keanehan-keanehan yang nantinya saya hadapi, baik dengan hidup di kota besar (kota yang lebih besar dari Madiun), atau bahkan hidup di luar negeri..

Nasehat sederhana, ojo nggumunan alias jangan mudah merasa heran, namun efeknya bagi saya pribadi masih terpatri sampai sekarang..

14 Comments (+add yours?)

  1. alris
    Mar 20, 2009 @ 17:00:34

    Nasehat yang jitu, pak. Kayaknya kakak kelas Pak Tri itu sekarang mungkin jadi orang bijak.
    Kultum beginian biasanya sering didapat dan diadakan seperti waktu belajar ngaji atau silat waktu kecil.

    Uda Alris,
    Wah…saya sekarang lagi nonton acara di TVRI “Minang Idol” nih…katanya banyak sekali anak muda sekarang yang masih suka menyanyi lagu minang, walaupun lagu itu sendiri sudah berumur 50 tahun, dan penyanyinya baru 20 tahunan..

    Surprisingly, Elly Kasim juga hadir di sana !

    Nggak tahu Uda gimana kabar Mas Naryo sekarang, mungkin Cak Totok bisa menanyakannya ke teman2 SH T di mBediyun sana, soalnya buku Biografinya boss SH T yaitu Mas Tarmudji, kan yang nulis Cak Totok…

    Reply

  2. alris
    Mar 21, 2009 @ 17:38:17

    Saya jarang nonton tv apalagi TVRI, pak. Kalo nonton tv, ya pasti acara bal-balan, berita dan bukan empat mata. Kalo yang lain sesekali Elshinta tv, acara dunia usaha, acara yang saya suka.

    Reply

  3. totok
    Mar 21, 2009 @ 17:54:12

    UDA ALRIS
    Yang dicari mas Naryo siapa? Ntar tak cariin, siapa tau teman-teman SHT ada yang tahu

    Cak Totok,
    Yang nyari mas Naryo (Sunaryo) saya bukan Uda Alris. Dia ikutan SH nya pasti angkatannya Seling, atau kakak kelasnya Seling temen kita sekelas di SMP 2 dulu. Mas Naryo itu dulu rumahnya dekatnya Watertoren, yang persis di bawahnya ada teman kita yang namanya…siapa ya saya lupa, tapi nama bapaknya Sugito dan bekerja di AURI.. Kalau Mas Naryo masih ada, saya cuman mau ngucapin terima kasih aja atas nasehatnya waktu itu…

    Reply

  4. totok
    Mar 22, 2009 @ 20:38:10

    Temen kita yang di bawah watertoren itu bukan bapaknya yang namanya Sugito. Tapi memang dia namanya Sugito, anaknya kecil agak ngganteng. Bapaknya bener AURI. Dia kan juga ikut SH Terate. Nggak tahu sampai tamat atau malah kiamat.

    Cak Totok,
    O iya ya, itu namanya Sugito. Dan saya baru inget mungkin dia se angkatan saya di SHT. Walaupun seingat saya hanya saya dan Seling saja sekelas yang ikut SHT. Tapi yang ikut BMP (Betako Merpati Putih) saya dan Hamdani saja…

    Iya Sugito itu wajahnya ganteng dan imut, anaknya kulitnya putih dan badannya agak kecil, nggak tahu ya kalau SMA nya jadi bongsor badannya…

    Reply

  5. simbah
    Mar 23, 2009 @ 13:33:04

    Aku, ….kalo giliran mau sambung pasti dah, keringat dingin keluar….habis itu kena dah perut atau uluhati masuk tendangan kawan, kalo nggak gitu betis mrempul-mrempul….untung uluhatiku nggak telanjur pecah, bar iku wis….metu…gak tahan…..

    Simbah,
    Hehehe…aku yo metu sokok kono pas kelas siji SMA. Masalahe metode pemanasane ora karuwan, urutane mestine soko sirah, gulu, tangan, pinggang, terus kaki. Tapi iki orak, malahan : kepala-pundak-lutut-kaki-lutut-kaki….dadine koyok sing onok nyanyian hehehe…

    Yen pas sambung, aku yo deg-degan lan rasane 2 menit kuwi suweee banget. Isih untung yen tendangan lawan gak masuk neng ulu hati. Isok-isok, langsung…gedebug….tertelentang kesakitan (aku nate ping papat…hehehe…)…

    Reply

  6. totok
    Mar 24, 2009 @ 11:56:39

    Makane cacak-cacak iku nek gak bakat dadi petarung gak usah melok-melok latihan pencak barang. Koyok aku iku lho penak, gak melok opo-opo, nek dimusuhi uwong goro-goro ceweke tak rebut, cukup bersandar di nama besar Seling dkk, he….he….. aman cak, ora kenek gebug barang.

    Opo maneh simbah, awit cilik gak wani gelut ndadak latihan pencak, yo panas dingin nek pas sambung. Aku biyen ora tahu latihan pencak, tapi wani gelut, simbah tau tak tantang tak kon ngroyok karo Witono, ora wani malah aku disatru he….he….

    Aku sejak SD seneng gelut cak. Nek tak etung, aku pindah SD onok ping 3. Soko SD Santa Maria nang Jalan CVokroaminoto, pindah SD Pancasila nang Jalan P Sudirman, terus pindah BO-A Jalan Kemiri dadi koncone Simbah, Dolly (Alm), Ismiyati, Witono Basuki, Sayid Budiman, Heru, wah liyane lali.

    Nah dari tiga sekolahan iku aku mesti tahu gelut karo kancaku. Biasane tempat gelut favorit nang Perumahan sekitar Jalan Pisang (sekarang), biyene durung dadi cak, isih bangunan ngadeg durung dilepo, durung onok gentenge.

    Aku tau gelut nang kono (wektu nang SD Pancasila). Gelut mulek pitingan terus kruntelan, ngerti-ngerti kecemplung septic tank. Untung isine isih banyu, durung tau digawe. Lha nek wis tau digawe, lak wakku kebak lele kuning he….he.

    Pas SMP 2 kelas aku gelut karo David, mergo aku nulis nang papan tulis ”CINO” . Gelut nang nggone gang tengah terus konangan guru Civic, sing brengosen iku sopo aku lali asmane.

    Sesuke terus dising he….heee.

    Cak Totok,
    Wah…nek ming gelut pas aku isih cilik yo sering. Paling sering lawan tonggo-tonggo omahku dan setiap kali goro-gorone podho wae yokuwi dolanan nekeran utowo dolanan gambar utowo dolanan karet terus musuhku curang tapi pengin balik kucing (undo), lha aku yo ora gelem terus dak geluti…Wiwit SD lan SMP perawakanmu wis methekel kethoke akeh otote, dadi cah-cah liyane yo njiper…wedi…

    Pas SD aku berlagak koyok Jean Claude van Damme utowo Steven Seagal. Dadi nek koncoku didemek irunge karo bocah liyo lan koncoku mau gak trimo tapi arep ngajak gelut ora wani, aku sing maju “Ayo, kowe nek wani nglawano aku, ojok nglawan koncoku sing awake kuru kari kulit membalut tulang”. Biasane gelutku neng mburi SD ku (SD Mojorejo I) mergo mburine SD onok lapangan ombo sing dienggo mompa air minum ngge kota Madiun kabeh. Anehe, biasane aku ora wani ngantemi sampek bonyok utowo getihen. Aku ming nyobak-nyobak nonjok irunge utowo cedak mripate. Samono ugo musuhku gelut yo ora wani ngantem aku, dekne ming…bak..buk..bak.. buk…ngantemi aku ning ora kene, mungkin awit cilik aku wis duwe aji-aji Lembu Sekilan soale senengane mangan iwak lele sing terkenal licin…..sopo ngerti ?

    Mboso aku SMP 2 lan SMA 1, ora onok arek lanang sing serius wani nantang gelut mbek aku. Neng SMP 2 mergo kabeh cah lanang ngerti aku melok SHT, dadi ora onok sing wani nantang (hehe..dudu wedi neng aku, ning wedi neng konco-koncoku)…Sejak SMP aku yo wis kenal preman utowo arek nakal sing gawene nongkrong neng warung-warung opo nang buk-buk pinggir kali. Saben liwat numpak sepeda, aku mesti nyopo dekne “Heee…hayoo mas !”. Preman-e biasane nyopo balik “Heeee…iyo !”… Dadi aku milang-miling neng mBediyun sokok ujung siji neng ujung liyane ora onok arek sing wani nantang…hehe…

    Pas SMA 1 kelas siji aku pindah guru melu BMP neng Jalan Jambu, sing nglatih Mas Yadi Mintaraga. Akhir kelas siji SMA kabeh arek SMA ku wis ngerti yen tanganku isok mecah boto, es, utowo watu. Dekne sing arep njajal aku (termasuk perguruan lain kecuali SHT) podo mundur teratur, lan neng mburi punggungku ngrasani “Yono kae tangane tengen rodo abuh kaboten, mulo neng mlaku rodok miring nengen”…hehe…iki dudu cerito asal-asalan, tapi beneran cak ! Padahal onok arek sing awake guedeee lan dekne ikut salah satu perguruan karate neng mBediyun, tapi neng ngarepku dekne ora wani cem macem…haha..

    Lulus SMA, aku mikir, luwih becik aku duwe “Ilmu Kudu”, yokuwi…nek arep diantemi opo dibacok uwong….luwih becik “Kudu Mlayu Sipat Kuping”…hehehe…mulo ilmuku sing terbaru mau disebut “Ilmu Kudu”…

    “Sing waras ngalah” ugo rumus liyane sing tak terapke mboso tuwek. Yok opo tuwek-tuwek kok gelut ming mergo duwit satus rong atus. Ben-ne wae ngge dekne…

    Mergo awakku cilik, aku ugo duwe doktrin “sopo sing wani ngantemi aku, dekne wis mesti matine !”. Mungkin mergo duwe doktrin koyok ngono, urip neng tengah kekerasane kuto Jakarta sing jarene “Ibu Kota luwih kejem tinimbang Ibu Tiri” aku yo tenang wae apapun yang terjadi…

    Ternyata kalau kita tenang dan mengatur pernafasan, orang2 di sekitar kita juga segen deket2 ama kita…terutama di angkot atau di tempat-tempat umum…hehehe..

    Reply

  7. simbah
    Mar 24, 2009 @ 17:40:34

    Iyo…he…he….olehku mari gelut ono sebabe. Ndisik wektu kelas 3 sd BOA aku gelut karo tanggaku jenenge alm. Dik Heri (Kaheri Indrokincoko) adik kelas neng SMASA, konco-2 liyane podo manas-manasi, lah aku rak isin yeng kalah. Terus sirahe tak bentur-benturne neng njobin, wong tak pithing…..gak ngertine bengine digowo menyang rumah sakit, gegar otak ringan, lah aku disalahne wong sakpirang-pirang tonggo teparo, aku yo didukani wongtuwaku, wiwit kuwi aku nek gelut wis gak wani wae….dikemudian tahun dik Heri kuwi pernah menjabat sebagai kepala LP, lembaga pemasyarakatan neng Jember dan sekarang sudah almarhum sekitar tahun 1985, wah aku melu kelangan….
    -> Koreksi dik Yon & Totok, Dolly isih meger-meger, ish sugeng….sorry rupanya ada yang salah, sekarang tinggal didaerah Winongo, aku barusan telpun karo sedulure sing neng mbediyun…..nlesih bab iki…..

    Reply

  8. totok
    Mar 24, 2009 @ 18:59:35

    ha…ha….akhire podo mbukak wadi kabeh to nek ternyata wong mbediyun doyan gelut.

    Sayange saiki cak, gelut nang mbediyun wis ora menarik maneh. Lha wong senengane keroyokan.

    Tapi pancen bener cak Tri, nek awake dewe tenang, musuhe mikir seribu kali. Contone, wektu aku isih dadi wartawan nang mbediyun, aku tau nulis arek-arek trantip narike bakul-bakul cilik gak gawe karcis.

    Sesuke, omahku (isih nang Jalan Sawo) digerudug wong trantip sing notabene akeh arek SHT. Karepe arep ngantemi aku. Tapi aku tenang wae, masiyo nang ati keder.

    Aku cumak ngomong ”sampean ngantemi aku, mesti aku mati. tapi aku gak gelem mati ijen, mesti onok koncone. Sopo sing wani ngancani aku, majuo’. He…he….

    Embuh deweke wedi karo psy war-ku utowo wektu iku kepalane pas teko, akhire mereka bubar balik kucing. Tapi sing jelas, awak yo rodo adem panas, untung ora ngompol.

    SIMBAH :
    Waduh Mbah, aku yo mohon dipersori melok woro-woro nek Dolly wis almarhum. Tolong sampean telpun sedulure, engko kapan-kapan tak sambangane. Sekalian nontok, nek Dolly tuwek opo yo isih imut-imut he…he

    Cak Totok,
    Pancen wong tuwo-tuwo koyok awake dewe iki nek ngumpul sing dicritakno yo masa lalu, termasuk masa lalu pas jamane begajulan….

    Sing lucu, meh kabeh konco-konco dosenku cerito nek saben kutho onok “tempat favorit ngge gelut”. Tapi gelut tahun 1970an awal 1980an biyen pasti satu lawan satu, dudu keroyokan koyok jaman saiki sing kesane “kurang jantan” gitu..

    Reply

  9. alris
    Apr 04, 2009 @ 01:51:50

    PRO PAK TOTOK :
    Walaupun sudah tua tapi kalau dipersepsi pak Totok imut-imut, ya tetap aja begitu ketemu masih imut-imut, hwekekeke….

    Reply

  10. simbah
    Apr 04, 2009 @ 22:03:58

    Iya….Dik Yon, latihan pencak silat semasa kita dulu, selain pisik yang dilatih, juga diberikan ilmu batin sampai ada jargon ‘ojo dumeh’ juga ‘ suro diro joyoningrat lebur dening pangastuti’ dibingkai dalam pigura dan dicantelkan di dinding. Lah sekarang pada tawuran antara pesilat aku sendiri gak ngeh…apakah ngelmu batin seperti dulu masih diberikan…??

    Mas Didiek,
    Sebenarnya aku tahu persis kenapa orang tawuran. Dulu waktu SMA kalau saya lagi jalan-jalan dengan 8 orang teman dari berbagai SMA, misalnya, maka yang paling belagu pengin berkelahi sama orang lain adalah yang nggak ikut silat dan nggak bisa berkelahi. Nah, ia dikelilingi sama teman2 yang bisa silat sama karate merasa gagah dan nyoba-nyoba manasin suasana. Untung, selama saya SMA saya nggak pernah berkelahi, baik sendiri-sendiri maupun tawuran. Maklum, semua preman yang mangkal di pojokan saya kenal dan saya sapa ketika lewat (atau dia yang menyapa saya ketika sepeda saya lewat)…

    Masalah jargon2 “pendingin otak” kayaknya sudah nggak mempan lagi, soalnya anak2 itu kan melihat dari contoh-contoh di atasnya. Politikus, aparat pemerintah saja saling berantem, mengapa saya tidak boleh berantem ? Jadi slogan yang tidak dijalankan, menjadi slogan kosong. Atau dulu waktu dunia hiburan belum hingar bingar, kita kan dinasehati di suasana yang sangat hening, jadi nancep di otak. Lha jaman saiki dinasehati di tengah2 hingar-bingar lampu dan kehidupan kota yang lebih bernuansa “hedonis”…mungkin arek-arek itu jadi nggak nancep lagi kalau dinasehati…hehe…

    Reply

  11. totok
    Apr 05, 2009 @ 11:33:41

    Soalnya yang ”nancep” yang laen bang.

    Hehehe…ah masak sih ?

    Reply

  12. alris
    Apr 06, 2009 @ 23:51:51

    Hahaha… pak Totok pancen oye

    Reply

  13. totok
    Apr 07, 2009 @ 08:25:29

    Lha iyalah, sekarang kan bukan zamannya layar tancep, jadi layar digulung, ganti yang lain ditancepin he…he.

    UDA :
    DI JAWA KALAU ”OYE” DIBALIK BISA JADI ”EYO” ATAU BISA JUGA ”IYO” ALIAS ”IYA” ALIAS YA….YA…YA….PUTUS NYAMBUNG PUTUS NYAMBUNG

    Reply

  14. gatot soetrisno
    Sep 21, 2009 @ 04:30:46

    Mas Totok sampeyan nate SD Pancasila ? Aku juga tapi kelas 4 keluar. Sampeyan eling ora karo Purnami Indrastuti, Pak Diyar, Lupi Darmanto dll ? Tk

    Cak Totok Bondet,
    Iki jawaben…..

    Reply

Leave a Reply

