Saatnya mencoblos…eh, mencontreng ding..

Tak terasa, 9 hari lagi saya akan mempergunakan hak yang saya hargai sebagai warganegara yang baik, yaitu hak untuk datang dan memilih di bilik pemungutan suara..

Setelah 9 bulan lebih kampanye diadakan, dan 9 minggu terakhir kampanye dilakukan dengan hingar-bingarnya kampanye terbuka, dan 9 jam terakhir saya menyaksikan persiapan-persiapan parpol untuk mengadakan kampanye terbuka putaran terakhir di Jakarta…

Sayapun masih punya 9 kemungkinan parpol yang nantinya akan saya coblos…eh saya contreng di bilik suara nanti. Kalau diurutkan warnanya (menurut abjad lho, untuk menjelaskan bahwa saya ini “non partisan” alias tidak memihak manapun) : Partai Biru Muda (PBM), Partai Biru Tua (PBT), Partai Hijau Tua (PHT), Partai Hijau Bener (PHB), Partai Hijau Muda (PHM), Partai Merah Menyala (PMM), Partai Putih Kuning (PPK), Partai Kuning Terang (PKT), , dan Partai Putih Merah (PPM)…

Teriring permintaan maaf saya karena tidak bisa menyebutkan ke-44 parpol satu per satu saking banyaknya…

Selama 9 bulan masa kampanye itu, saya juga sudah berkunjung ke 9 kota di seluruh Indonesia (dari Lampung sampai Makassar) dan bercakap-cakap dengan 9 profesi terpenting di negara ini (tentara, polisi, PNS, tukang becak, tukang bakso, ibu rumah tangga, pengangguran, korban PHK, dan penggiat LSM)..

Dan yang menarik…

Tak satupun yang bisa menebak dengan tepat siapa pemenang itungan contreng di hari penting 9 April 2009 nanti……kecuali adanya 9 caleg yang akan masuk Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena kehabisan harta tapi tidak jadi anggota legislatif…

Pemilihan umum adalah “zero-sum game”, dengan pengertian kue yang diperebutkan hanya satu (100%), dan kue itu dibagi ke-44 parpol yang besar kecilnya potongan kue nantinya tergantung kepada seberapa besar massa otot, seberapa besar ukuran otak, dan seberapa tebal ukuran kantong masing-masing parpol, dan yang terakhir seberapa “beruntung” anda ataupun seberapa “buntung” anda nanti…

Di koran disebutkan, partai ini menargetkan 51%, partai itu menargetkan 35%, partai sono menargetkan 30%, partai sini menargetkan 25%. Pokoknya kalau dijumlahkan semuanya dari target perolehan suara masing-masing parpol didapat besaran 1000% !!! Masyak ampyun….masak sih ada yang namanya 1000%, lha wong kuenya saja cuman satu…

Sebagai orang yang berlatar belakang Matematika/Statistika yang pernah belajar Ilmu Hitung Peluang, dan sebagai orang Ilmu Komputer yang pernah belajar tentang Neural Network, sebenarnya saya amat sangat tergoda untuk mencoba meramalkan siapa yang jumlah coblosan…eh contrengannya paling banyak secara nasional ?

Sebenarnya saya tahu sih, berdasarkan beberapa teori yang saya punya. Tapi saya segan menyampaikannya, biarlah saya sendiri yang tahu…soalnya kalau meleset, ya saya sendiri yang tahu sehingga saya tidak ketiban malu. Kalau tepat, ya saya sendiri yang tahu sehingga saya bisa bangga terhadap “kemampuan” saya sendiri dan bisa tersenyum puas sendiri…

Di depan mahasiswa saya pagi ini tadi saya bilang “Caleg pria dicontreng, tapi caleg wanita enaknya dicoblos !!!”..

Dan mahasiswa sayapun ada yang berteriak “Horeee !”, ada yang ketawa, ada yang menangis (menangisi kebodohan saya, soalnya “Hari gini…kok nyoblos ! Contreng dong !), dan ada yang menyampaikan perasaan muaknya melihat kejorokan saya yang suka nyoblos…

Hehehehe…

Siapa menurut anda parpol pemenang Pemilu 9 April 2009 nanti ? Dan mengapa ? Parpol-parpol mana yang memperoleh suara signifikan (10 besar) ?

[Disclaimer : Saya mendeklarasikan diri saya sendiri sebagai orang yang “non partisan” alias tidak memihak parpol manapun. Semua parpol saya anggap sama kemungkinan untuk kalah dan untuk menang. Dan posting ini tidak dimaksudkan untuk menganjurkan anda memilih suatu partai tertent..]

6 Comments (+add yours?)

  1. alris
    Mar 31, 2009 @ 13:13:38

    Wah pilihan pak Tri udah mengerucut. Kalo saya tetap adil, pemilu caleg contreng semua. Kalo pilpres contreng cuma satu. Hiduplah contreng….*udah gak jaman coblos*

    Ya Uda, saya sudah punya 3 pilihan partai yang kayaknya bakal saya coblos nih…hehe…

    Reply

  2. totok
    Mar 31, 2009 @ 18:25:32

    Sampean nulis RSJ, aku jadi inget beberapa hari yang lalu saya lihat berita di tipi. Salah satu berita yang menarik perhatian saya, RSMM menyediakan kamar khusus VIP untuk caleg yang gagal dan kemudian menderita gangguan jiwa.

    Jelas RSMM (aku lali kotane) bener-benar mempersiapkan diri dsan jemput bola. Tentu rumahs akit itu sudah memprediksikan, bahwa kamar semacam itu akan laris manis. Buktinya, ada beberapa kamar yang dirombak, disesuaikan untuk kelas caleg yang gagal.

    Sing tak pikir, lha nek teweote wis entek gae gampanye, terus gae bayar rawat inap kelas VIP, mosok utang maneh. Lha wong mereka sutris ya gara-gara kampanye pake teweot utangan he..he….

    Cak Totok,
    Buntute ngeblong wae….masiyo duwite ming atusan ewu…uwong isok sutris….opo maneh buntut ngeblong sak wise masang buntut Rp 500 juta…pasti deh RSJ tujuannya…Koyok calon bupati Ponorogo biyen sing jarene ditinggal bojone lan utange sak pirang-pirang, sutris, lan mlaku-mlaku neng ndalan ming nggawe kancut doang…

    Reply

  3. rumahagung
    Mar 31, 2009 @ 21:49:29

    hahahahahah…!!!
    bnr jg sih Pak.
    caleg cowo dicontreng,
    caleg cewe dicoblos.
    hahahahahahha..!!

    tapi emank di surat suara ada foto calegnya Pak?

    Agung,
    Seingat saya di surat suara nggak ada foto calegnya, jadi cuman nama doang. Kalau ada foto calegnya, wah so pasti caleg yang cakep bakal banyak dicoblos ama cowok-cowok, dan caleg yang ganteng bakal banyak dicontreng ama cewek-cewek…

    Gawat nggak tuh, caleg yang mukanya biasa-biasa aja bakalan kalah…

    Reply

  4. totok
    Apr 01, 2009 @ 08:15:07

    Ha…ha…ternyata, aku termasuk orang strong….asal bukan permen strong sing gawene sampean emut biyen.

    Soale aku gak pernah sutris, lakoni wae opo eneke. Lha nek aku sutris kiro-kiro yo mlaku-mlaku kalungan omplong, koyok calon bupati gagal.

    Cak Totok,
    Berarti sampeyan koyok Semar dong…soale biyen pas awake dewe cilik permen strong kan cap-e Semar…hahaha..

    Reply

  5. rumahagung
    Apr 01, 2009 @ 13:39:31

    hahahahhaa..!!
    lama2 artis2 malah pindah propesi jd caleg smua yah?!
    luar biasa…
    saya tunggu TUKUL jd caleg.
    laku apa ngga yah Pak??
    lakuan mana ama Ari Wibowo yg ganteng itu?!
    hahahahhaa..!!

    Gung,
    Tukul dan Ari Wibowo daripada jadi caleg mending jadi bintang iklan deh. Tukul jadi iklan “Tabungan Tukul” dan Ari Wibowo jadi iklan “Minuman Ginseng”..
    Maksudnya, biar kita nggak bingung…hehehe…

    Reply

  6. rumahagung
    Apr 01, 2009 @ 22:48:55

    betull….
    blm klo artis2 cantik kyk Luna Maya jd caleg.
    astaga….
    bs2 gempar kursi DPR yah PAK?!
    hahahahhaha..!!

    Reply

Leave a Reply

