Penting mana kesehatan atau kesopanan ?

Pertanyaan yang “absurd” ini perlu saya tanyakan ke para pembaca blog ini sekalian, hanya untuk mencari tahu manakah yang lebih penting : kesehatan atau kesopanan ?

Contoh pertama mungkin cara kita memakai baju. Baju yang serba tertutup menutupi setiap jengkal kulit dari tubuh kita, bagi kita yang hidup dengan iklim tropis dan udara dengan kelembaban super tinggi ini tentu saja membuat badan tidak nyaman. Perlu diketahui, di negara dengan kelembaban tinggi seperti Indonesia ini keringat akan mudah mengucur deras tanpa bisa ditahan lagi, dan bajupun akan mudah basah, berdaki, dan tidak nyaman. Keringat akan bercucuran keluar dari seluruh bagian badan kita, tapi keringat tersebut tidak bisa segera keluar karena semua jengkal kulit kita tertutup baju. Jadi, menggunakan baju yang serba tertutup rapat pastilah “full sopan”, tapi apakah benar cocok dengan kriteria kesehatan ?

Contoh kedua adalah menahan kentut di depan calon mertua. Waktu kita ngapel pacar di rumah calon mertua kadang-kadang camer laki atau camer perempuan kan ikut-ikutan menemui kita. Nah, bila kita mengutamakan kesehatan tetapi kurang mengutamakan kesopanan, maka bila kita merasa kebelet kentut dan kita kentut…duuuuuutttt….tentu sangat fatal akibatnya. Ngentut dengan suara keras (belum baunya yang seperti bom napalm) tentu akan membuat calon mertua kita pingsan, dan setelah siuman kita akan segera dicap “tidak sopan”. Rasakan sendiri akibatnya bila besoknya kita di-embargo nggak boleh ngapelin pacar. Iya kalau cuman di-embargo nggak boleh ngapelin, tapi kalau dipaksa memutuskan hubungan diplomatik padahal sedang mesran-mesrannya (sengaja disalahkan pengejaannya, biar sesuai dengan kata produk sponsor tulisan ini…hehehe…)…gimana dong ?

Sebaliknya, bagi kita laki-laki ini kalau sedang ngapel si doi dan ditemui oleh calon mertua laki atau perempuan, dan tiba-tiba kita kepengin buang angin tapi semua lubang pengeluaran angin disumbat, dibredel, dan dicap subversi, maka yang kita bisa lakukan adalah menyumbat lubang yang semestinya kecil itu, sekuat-kuatnya sampai wiron yang ada tidak pernah bergerak lagi. Nah, dalam kondisi ini, infiltrasi kentut keluar lubang “knalpot” tidak akan pernah terjadi. Oleh calon mertua pasti kita disubyo-subyo sebagai calon mantu yang sopan, beradab, berkualitas, berdedikasi, loyal, credible, increadible, bombastis, fantastis, dan realistis !!!! (3 kata terakhir saya pinjam dari Imam Darto, penyiar acara Putuss di Radio Prambors)…

Tapi buat apa dibilang sopan, tapi kesehatan kita menurun drastis akibat tubuh kita keracunan zat kentut yang belum diketahui rumus kimianya itu ?

Sehat atau sopan ?

Sepenuhnya pilihan anda….

Contreng atau coblos ?

Sepenuhnya juga terserah anda… (lho kok out of topic ?)…

8 Comments (+add yours?)

  1. rumahagung
    Apr 02, 2009 @ 17:13:15

    YANG PENTING SEHAT….
    liat kondisi jg sih.
    klo misal lg di rmh calon mertua,kan bs numpang ke WC.
    klo lg di mobil,berhenti dulu klo perlu,turun dr mobil.
    buang angin,lalu balik lagi.
    coba jelaskan dgn sopan dan sdkt bercanda.
    pasti bs diterima dengan baik.

    biar kita mantu yg sopan, beradab, berkualitas, berdedikasi, loyal, credible, increadible, bombastis, fantastis, dan realistis,
    tapi kalo penyakitan.
    calon mertua mana yg mao anak perempuannya yg cantik itu cpt jadi janda??
    hahahahahhaha…!!

    Agung,
    Kan ada pepatah yang sering dituliskan di belakang bak truk, yaitu “Kutunggu jandamu”…hahaha… 😉

    Reply

  2. alris
    Apr 02, 2009 @ 22:43:18

    Dua-duanya penting pak. Tapi kalo harus milih ya penting sehat, tho. Kalo di depan mertua ya gak mungkin bablasss, kalo emang kebelet minta ijin pasti dikasih. Gak mungkin camer berlaku kejam sama calon mantu yang bermasa depan cerah. Kecuali calon mantunya gak sopan, madesur, dan berani lagi macarin anaknya pasti gak masuk kriteria mantu yang diidamkan. Coblos, eh, contrenglah calon istri/suami sesuai pilihan hati dan nurani. *kok gak nyambung…hwekeke*

    Reply

  3. simbah
    Apr 03, 2009 @ 00:49:39

    Setuju…..uda Alris, dua-duanya penting. Memang kita harus berterus terang, kalau kebelet ngejos… ya minta izin keluar ruangan sebentaran…alasan banyak didapat…he…he…

    Reply

  4. totok
    Apr 03, 2009 @ 07:25:27

    Ini semua memang dilematis buat kita, sebab kedua-duanya penting. Sehat ya penting, sopan ya penting.

    Hanya saja secara umum di kita ini, ”sopan” terkadang diejawantahkan dalam perbuatan ”munduk-munduk”, nggih sendiko dawuh. Bila bilang ”tidak” kepada orang yang lebih tua atau terhormat, dianggap tidak sopan dan tidak tahu diri. Karena itu banyak di antara kita nggak bisa bilang ”tidak”, meski di dalam hati misuh-misuh.

    CAK DIDIK :
    APA UDAH ADA DI DARAT, KOK GAK KONTAK SAYA.

    Reply

  5. liswari
    Apr 04, 2009 @ 03:09:47

    Kalo mau kentut.. ya permisi aja ke toilet dulu… sehat tapi kalau jadi nya malu2in kan juga gak banget….

    Mbak Lis,
    Masalahnya kentut itu kalau semakin ditahan akan semakin “beranak pinak” di perut dan “tekanan kentutis” di dalam perut makan lama makin besar. Jadi hampir nggak mungkin izin sama mertua “Pak, Bu saya mau kentut”. Terus 5 menit kemudian izin lagi, izin lagi,…..hehehe…

    Reply

  6. simbah
    Apr 04, 2009 @ 21:53:49

    Dik Totok,….sabar….aku disuruh ke Jkt dulu untuk training wajib, jan-jane aku wis males, arep pensiun ndadak kon training barang….mengko tak tilpun sampeyan….

    Reply

  7. _subhan_
    Apr 05, 2009 @ 02:22:08

    kentut itu sehat, tp klo ga salurkan d tempatnya akan mengacaukan segalanya. misi om tante boleh pinjem toiletnya(lho kok dipinjem), trus pas lg jalan permisi tiba-tiba kentut nya lepas ditengah jalan, broooot… haha….2x

    Hehehe….;-)

    Reply

  8. totok
    Apr 05, 2009 @ 11:24:51

    SIMBAH :
    Betul Mbah, biar mau pensiun tapi kalau terus ditraining kan tambah ilmu. Apalagi ilmu manajemen, kan bisa bikin usaha nanti setelah pensiun. Rencananya mau bikin usaha apa setelah pensiun????

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: