Dari read my lips, overloading, sampai bahasa fuzzy..

Masa kampanye Pemilu, baik di Amerika Serikat sana maupun di Indonesia sini, penuh dengan penggunaan bahasa manusia (natural language) semaksimal mungkin. Ditinjau dari bahasa manusia alias natural language, fenomena bahasa yang digunakan di kampanye itu sudah menarik, apalagi bila ditinjau dari bahasa komputer atau bahasa formal, wah pasti lebih menarik lagi…

Jaman kampanye Presiden AS masa George Bush Sr. (bapaknya George W. Bush) dulu, Bush Sr. banyak mengomentari tentang banyak issue dari issue hubungan internasional, ekonomi, perburuhan, sampai “pro life” (memilih pro atau kontra aborsi)…

Nah, yang paling disebelin dan mungkin disenangin sama banyak orang Amerika adalah kalau potikus termasuk George Bush mengatakan sesuatu, tapi tidak berarti sesuatu. Buktinya, misalnya ia pro A ternyata yang dilakukan adalah kontra A. Saking tidak percayanya penduduk Amerika terhadap yang dikatakan Bush, sampai-sampai ia berkata “Read my lips !”. Yang maksudnya tentu saja, bacalah bibir saya….apakah benar saya ngapusin atau beneran ?

Di Indonesiapun sami mawon. Ada politikus yang bilang ia anti X selama awal-awal masa kampanye. Eh..jelang masa kampanye berakhir ia sebaliknya bilang pro X. Banyak lawan politiknya yang komplain dia kok mencla-mencle, esuk dele sore tempe. Padahal secara teori bahasa manusia, yang dimaksudkan politikus ini adalah “fuzzy logic”.

Ada politikus yang menggunakan bahasa “overloading”, yaitu satu kata tapi bermakna ganda. Persis seperti fenomena di bahasa C, bila anda tahu seperti apa memprogram dengan bahasa C itu. Memilih dalam Pemilu menurut masyarakat banyak jaman dulu disebut “coblos” karena melobangi kertas suara. Pemilu sekarang ini masyarakat disurut men-“contreng” (check mark) calon anggota legislatif atau DPD pilihannya. Tapi secara formal KPU dalam sms-nya ke semua pengguna telpon seluler Indonesia menggunakan kata “centang”. Nah, politikus yang gigih itu tetap perintahkan “coblos” padahal maksudnya bisa “contreng” atau “centang”. Overloading bukan ?

Yang penting, lawan politiknya nanti tidak menggerutu bila kalah dari politikus yang dalam pengantar bahasa politiknya banyak menggunakan fenomena bahasa komputer ini…

No IF !

17 Comments (+add yours?)

  1. Nathanael
    Apr 05, 2009 @ 09:06:57

    Hello Sir πŸ™‚
    nice writing, exactly a topic I discussed with my friends in RISOS Paramadina. According to Susan C. Stokes, a politic researcher from Yale, such political lie is inevitable.

    Why? Because the politicians want to be elected. Then, why do they need to lie? Why don’t they just tell the truth? Because, the politicians think public knows nothing about national policy. While the public knows nothing, it still wants to hear good promises that are expected to change their lives. There comes the lie.

    Nathanael,
    Waduh….tulisan ini sebenarnya belum lengkap dan mau saya hapus, karena Speedy di hari Minggu ini mati hidup terus. Jadi setiap kali nulis, setiap kali terhapus 1-2 paragraph-nya. Jadi kesel, dan nyaris tulisan ini saya delete…

    Kalau tulisan nggak lengkap saja anda sebut “nice writing”, wah…gimana kalau tulisan lengkapnya ?

    Saya bukan penulis kolom seperti Arch Buchwald atau wartawan senior seperti Dahlan Iskan. Saya hanyalah dosen IT yang kebetulan seneng corat-coret di atas “kanvas” yang namanya blog ini…

    That’s all….;-)

    Reply

  2. Nathanael
    Apr 07, 2009 @ 20:36:52

    Pak, numpang pengumuman ya…siapa tahu pengunjung blog Bapak ada yang bisa bantu saya. Khawatirnya ini dari Baylor atau UTK, soalnya ini bukan yang pertama juga, udah beberapa kali dapat nomor aneh tapi pas kebetulan saya nggak ngangkat terus….duh, bego banget deh kalo cuma gara-gara nggak angkat telepon sampe gagal :@

    Indonesian——————————————————————–
    Dear all,
    hari ini (7 April 2009) jam 19.23, saya dapat telepon masuk dari nomor 209901. Kebetulan lagi hujan deras, jadi saya nggak bisa dengar suaranya. Setelah 36 detik, telepon putus sendiri, dan jelas bukan saya yang mutusin.

    Apa ada yang bisa bantu itu nomor apa dan darimana? Saat ini saya sedang menunggu telepon penting dari luar negeri, tapi nggak yakin juga kalo itu nomornya. Terimakasih sebelumnya.

    Englishβ€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
    Dear all,
    today (April 7, 2009) at 19.23, I got an incoming call from the number 209901. It was heavy rain, so I couldn’t hear the person clear. After 36s, the call was ended, obviously not by me.

    Can anyone inform me to whom the number belong to and where does it come from? Is it possible that it’s an international call? Thanks in advance.

    Deutschβ€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
    Liebe Blogbesucher,
    heute (07-04-2009) um 19.23 habe ich einen Anruf von der Nummer 209901 bekommt. Es it geregnet so kann ich nicht den Gerausch verstehen.

    Wenn Sie die Nummer kennen, informieren Sie bitte mich. Ich warte fur einen wichtigen Anruf von dem USA. Vielen Dank und entschuldigen Sie bitte mich, weil ich nicht gut Deutsch spreche.

    Nathanael,
    Apakah anda punya Facebook ? Kalau punya bisa add Facebook saya ke e-mail saya yang pernah saya umumkan di kelas itu. Di Facebook banyak alumni Binus yang bisa ditanyai. Cara kedua, cek di website universitas yang anda tuju, berapa nomor kebanyakan telpon di kampus itu. Anda sebutkan 209-901, berarti 3 nomor depannya 209, apakah benar itu Baylor atau UTK ? Nomor telpon di kampus saya dulu 3 digit di depannya adalah 355. Ketiga, bisa nggak anda catat nomor kode negara + kode area dari nomor telpon itu ? Kode negara untuk Amerika adalah 19, kode area semacam 422, jadi sebelum nomor itu muncul kalau telpon dari Amerika mestinya didahului 19+422, jadi lengkapnya 19422209901, apakah benar begitu ?

    Terus clue yang satu lagi adalah orang Amerika biasanya nelpon jam 3 sore dari sana, entah karena alasan apa, mungkin kantor sudah mau tutup. Jadi kalau anda menerima telpon jam 3 pagi, maka pastilah itu dari Amerika ! Kalau anda nerima telpon jam 19.23 alias jam 7.23 pagi waktu Amerika, kelihatannya tidak mungkin telpon ofisial dari Amerika bisa sepagi itu, karena biasanya jam kerja di Amerika adalah 9-5 (from nine to five)…

    Reply

  3. Nathanael
    Apr 07, 2009 @ 23:00:07

    Itu anehnya Pak, nomor yang tertera waktu incoming call itu cuma 209901…

    Saya SMS dan callback nggak dapet, saya tanya ke Customer Service XL dia juga nggak tahu…malah kata dia, kemungkinan nomor itu nomor CDMA Jakarta, weleh….

    Nggak punya FB Pak, uninterested πŸ™‚ Tapi udah saya post ke milis Alumni TN, so far jawaban yang masuk dan berbagi pengalaman, semua bilang itu nomor luar negeri….

    OMG…

    Nathan,
    Kalau waktu call nya jam 19.23, saya berani taruhan 500 perak itu bukan telpon dari Amerika. Keponakan2 saya yang sekarang ada di Amerika bilang bahwa mereka dulu waktu di Indonesia ditelpon jam 3.00 pagi, dengan maksud orang Indonesia sedang tidur semua jadi yang ditelpon itu bisa menjawab secara “candid” dan tidak perlu minta tolongan pada orang lain….

    Reply

  4. Nathanael
    Apr 07, 2009 @ 23:20:21

    hahaha,
    nggak ikut taruhan deh Pak…yang penting tahu dulu, ini nomor dari mana…kok aneh bener, cuma 6 digit tanpa kode negara blablabla

    Reply

  5. iwan abrory
    Oct 20, 2009 @ 15:49:32

    sama barusan saya juga di telfon… dengan nomor yang sama 209901 dan kebetulan HP ada di ruangan dan gak kedengeran. dari mana ya? tapi yg perlu digaris bawahi…… saya juga pengguna XL apa dari operator ya? klo ada info kasih tau juga d…
    thanks…

    Reply

  6. Ridwan
    Oct 22, 2009 @ 13:57:56

    saya juga dapet loh 209-901, tapi saya ga angkat – nomornya aneh gitu ya… hmm, suspicious

    Reply

  7. iwan abrory
    Oct 22, 2009 @ 16:19:35

    jangan-jangan setan…. ha.ha..ha..

    Hahahaha….

    Reply

  8. tito
    Apr 23, 2010 @ 18:57:11

    Wah baru aja aku ngalamin bingung dari siapa cari di search engine ternyata lebih banyak yg bingung… Jhejhjeje

    Reply

  9. hendra
    May 25, 2010 @ 14:22:55

    boss, aku juga seminggu ini di telpon ama nomer ini 209901 lebih dr 10x .aneh, aku biarin aja.. he..he.. klo emang penting, dianya kan bisa sms kasih tau siapa

    Reply

  10. Adit
    Jun 16, 2010 @ 10:18:58

    Barusan saya juga di telepon ke nomor tersebut 209901… Tidak saya angkat, selain karena nomornya aneh, juga karena takutnya akan memakan pulsa saya… Nomor saya juga XL… Langsung saya searching di Google, eh nemunya forum ini…^^

    Reply

  11. Malla
    Jun 30, 2010 @ 17:36:51

    ini juga aku baru ditelepon, udh berkali- kali, aku ngga angkat. Sebenernya itu no tlp dari mana ya ?

    Reply

  12. gushar
    Aug 28, 2010 @ 09:19:45

    another mysterious call from 209901 at around 9.05 a.m. this morning.
    The caller greet:
    “halo selamat pagi……..” an then hang up…..

    ya sutra………

    Reply

  13. gushar
    Oct 09, 2010 @ 10:17:42

    yet another mysterious call again from 209901, but nowwwww………..i know who it is.
    and the answer is……it is FIRSTMEDIA.

    ya betul firstmedia, krn dia tlp tanya apa betul gw bapak xxxxxx, yg mana gw pernah masukkin data2 itu ke firstmedia dgn no hp gw.

    karuan aj kali ini gw bilang salah sambung, n sebelum dia yg hang up, gw duluan yg hangup….hohohohooho…

    this time i win………hwhwhwhwhhwhw

    Yeah….

    Reply

    • tiara
      Feb 04, 2011 @ 12:59:43

      ceritanya begini, aku curiga suami punya no 08xxxxxxxxxx, trus aku coba call nomor itu pake hp ku, ga diangkat angkat. Besoknya ada telp masuk ke hp ku dari 209901, and dia nanyain siapa aku yang kemaren nelpon ke no dia, aku belum sempet nanya balik ehhh dia keburu nge hang up…….soooo minimal aku tau ternyata no 209901 dari cewe dg no hp 08xxx….

      Mbak Tiara,
      Wah…kalau curiga sama suami, obatnya bukan di sini mbak…:)

      Sebaiknya mbak menaruh trust dan respect sama suami, mudah-mudahan gak ada lagi curiga ke suami…

      Reply

  14. Ben
    Feb 25, 2011 @ 16:14:08

    saya juga barusan dapat telpon dari nomor 209901..
    waktu saya angkat, cuma kedengaran suara operator pria ngobrol sama temennya..terus gak lama putus sendiri.

    sepertinya @gushar benar, soalnya pernah input data ke firstmedia juga, untuk minta di follow up, tapi sudah bbrp bulan yang lalu -_-“

    Reply

  15. SHE_YAA
    Mar 20, 2012 @ 15:40:52

    aq juga barusan di tlpn nomor itu,,dan aq juga pengguna provider XL,

    tapi tlpnya ga ku angkat,,biz takut ntr pulsanya kesedot,,hihihi

    Reply

    • uchie
      Mar 25, 2012 @ 21:27:22

      hari ini di hp saya ada misscall dr 209901..dan saya juga pengguna xl..dan sy coba search dr google nemunya forum ini..dan tnyt byk jg yg trima tlp ato miscall dr no itu..kira2 no dr mn ya?dan sy bc dr comment smua tmn2 hmpir smua pengguna xl..setahu saya klo no tlp dr luar negeri no number..demikian pengalaman saya..

      Reply

Leave a Reply

