Nonton “Are you smarter than a 5th grader ?” yuk…

Awalnya karena perasaan saya sudah merasa tidak enak akibat semua stasiun tv Indonesia yang tertangkap dari tempat tinggal saya di Jakarta sudah diracuni sama sinetron, dengan tingkat dosis yang tinggi sekali. Setiap kali pindah channel, ketemu sinetron lagi sinetron lagi. Ada yang mengumbar amarah, mengumbar kemewahan, mengumbar nafsu berkelahi, mengumbar nafsu selingkuh, tapi juga ada sih yang masih punya pesan-pesan moral sama pendidikan, tapi jumlahnya kecil..

Setahun yang lalu, pas saya pulang dari kantor di depan kompleks perumahan saya ada penawaran berlangganan Astro, tv kabel dari Malaysia. Sayapun sempat berlangganan dan merasa puas karena bayar murah tapi semua channel dapet, dari NHK, AXN, E!, Fashion TV, sampai yang standar seperti ESPN, CNN. Tapi alamak !!! Baru sebulan berlangganan Astro, bahkan saya belum sempat membayar iuran bulan kedua, tiba-tiba ada running text di tv bilang Astro bangkrut !!! Besoknya ada orang Astro ke atas atap ngambil antenna, tapi decoder dsb masih di rumah saya, sampai hari ini ! Saya sudah nelpon berkali-kali ke customer service mereka, tapi mereka bilang inggih..inggih..nanging ora kepanggih…

Setahun hanya nonton sinetron di tv-tv Jakarta, kecuali tvOne dan MetroTv, pada suatu hari di sebuah Mall dekat rumah, saya ditawari berlangganan Indovision. Sponsor untuk berlangganan sudah ada, yaitu kedua anak saya yang keduanya sudah bekerja dan sempat kecanduan acara “Amazing Race Asia” di AXN beberapa waktu yang lalu..

Akhirnya, Indovisionpun dipasang di rumah saya. Secara decoder, Indovision punya decoder yang lebih kecil dan lebih cantik. Antenna dish hampir sama dengan Astro. Cabling ke rumah, awak Indovision lebih rapih menatanya. Tapi dari segi jumlah channel yang disiarkan, Indovision lebih “stingy” alias lebih pelit. Minggu pertama kami berlangganan, semua channel dapat. Minggu kedua, separuh channel sudah “hilang” dengan kode E6. Saya telpon Customer service, jawaban mereka agak meragukan. Kalau di Astro ada “basic package”, “Sport” dan “Movie”, di Indovision pun sama yaitu ada Sport dan Movie. Tapi yang namanya “basic package” di Indovision itu adalah tanpa NHK, BBC dan channel yang lainnya. Saya sudah capek call customer service mereka…

Tapi, anak-anak saya mulai suka nonton acara “Apakah anda lebih pinter dari anak SD kelas 5 ?” yaitu “Are you smarter than a 5th grader ?”. Acaranya cukup seru, karena saya sempat nonton selebritis Tony Hawk pemain skateboard kelas dunia dan terkaya dengan rumah sangat luas di Malibu, yang menyempatkan datang bermain karena hadiahnya untuk Tony Hawk Foundation yang berniat membangun arena skateboard di daerah miskin. Hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan SD kelas 5 ini adalah uang yang jumlahnya lumayan dan meningkat dari $ 1000, $ 2500, $ 5000, $ 10,000 dst.. sampai $ 1,000,000 (Rp 10 Milyar) !!!

Pertanyaannya adalah mata pelajaran kelas 5 SD di Amerika sana, yaitu dari Sejarah, Geografi, Matematik, dll. Beberapa pertanyaan seperti Sejarah, diberikan 3 jawaban pilihan ganda. Sedangkan pertanyaan Matematik harus dijawab dengan menghitung. Yang menarik, sekitar 6 orang anak kelas 3-4-5 SD juga ikut menjawab pertanyaan tersebut, yang bisa dijadikan “contekan” bagi selebritis yang muncul..

Kalau quiz “Are you smarter than a 5th grader ?” ini anda anggap ecek-ecek, anda salah. Kata anak saya yang nonton salah satu episode, ada bapak-bapak setua saya anggota MENSA yaitu orang-orang yang IQnya > 160 juga ikut bertanding. Dia bisa menjawab 10 pertanyaan pertama dan dapat hadiah $ 500,000 namun dalam 10 pertanyaan kedua ia menyerah pada pertanyaan ke-8, walaupun ia masih bisa menggunakan bantuan dari anak-anak SD yang hadir untuk menjawabnya…

Dan yang menyakitkan, bagi yang tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang ada dan mengundurkan diri, kontestan wajib mengakui dengan suara keras di depan kamera bahwa “Saya tidak lebih pandai daripada seorang anak SD kelas 5 !!”, “I am not smarter than a 5th grader !!!”…Wow…

Minggu kemarin, saya juga membeli VCD “Laskar Pelangi” yang filmnya sangat menghebohkan tapi belum saya tonton itu. Saya menontonnya sendirian di komputer saya di kamar. Film ini cukup mengharukan, memotivasi, sekaligus lucu. Waktu di depan kelas saya bilang “Hayo siapa yang dari Bangka Belitung ? Tadi malam saya nonton VCD Laskar Pelangi”…ternyata banyak mahasiswa saya yang dari Bangka Belitung, Bintan, dsb pada angkat tangan dan bilang “Pinjam pak…pinjam pak…” karena katanya mereka sudah mencari-cari VCDnya tapi belum dapat-dapat..

[Posting ini didekasikan untuk beberapa guru yang sering membaca blog saya, seperti Ibu Yuana Purnami di Yogya..- maaf Bu, saya salah sebut nama lagi ya ?]

10 Comments (+add yours?)

  1. SILMI
    Aug 21, 2009 @ 14:41:40

    Hy!!!!, q silmie dri bdg, tayangan ini, adlh tayangan favorit q d tv!!!!. tayangan ini, memberi q byk pengetahuan, inspirasi, dan motivasi. mudah2an, tayangan ini bermanfaat jg bwt smwx n gag hx bwt diriku sendiri. SUKSES TRZ YACH!!!!!!!!!!!!!………..

    Reply

  2. putraselat
    Sep 06, 2009 @ 11:01:18

    Pak………salam kenal……………

    mau tanya Pak………are you smarter than a 5th grader-nya Amerika ada di channel mana?? jam berapa……..

    Indonesia juga ada kuis itu loh Pak…….di Global Tv tiap malam minggu jam 7 malam………

    Putra,
    Wah…saya kok lupa jadwal “Are you smarter than a fifth grader” di Indovision.
    Seingat saya di Star World channel pada jam-jam prime time (19.00-20.00) tapi hari apanya lupa….seingat saya malah diulang-ulang terus tuh. Kalau anda punya Indovision, bisa kok dicek acaranya di saluran mana dan jam berapa, hanya dengan menggunakan remote control…

    Reply

  3. farah
    Oct 04, 2009 @ 12:22:06

    saya anak kelas 5 saya naik kelas 6 aku suka acara tv are you smarter than a five grader aku tuh ingin ikutan juga tapi aku sudah kelas 6 jadi gak bisa ikutan karna aku gak nguasai pelajaran aku gak dapat ranking saya sekolah di min ciawitali saya suka pelajaran bahasa inggris seperti quinsha saya itu b inggris nilai rapot yang tertinggi di kelas ku karna aku ikut kursus b inggris.

    Hallo Farah,
    Wah…senang juga melihat Farah ikut kursus bahasa Inggris dan karenanya bahasa Inggrismu bagus…

    Gpp nggak bisa ikut kuis “Are you smarter than a fifth grader”. Yang penting Farah tetap melihat acara itu di TV. Cukup menarik, bukan ?

    Ok, Farah. Selamat belajar, belajar yang rajin ya ?

    Reply

  4. farah
    Oct 17, 2009 @ 14:08:45

    maksud nya nilai paling besar aku suka b.inggris

    Reply

  5. farah
    Oct 17, 2009 @ 14:11:18

    saya ikut les yang nulis nilai rapot b.inggris bukan aku yang nulis itu semua cerita teman ku

    Reply

  6. farah
    Oct 17, 2009 @ 14:12:04

    teman ku emang jail

    Reply

  7. farah
    Oct 17, 2009 @ 14:13:24

    aku tuh gak tau aku nilai paling besar itu yang nulis teman

    Reply

  8. farah
    Oct 17, 2009 @ 14:15:23

    hiii how are you?

    Hi Farah,
    I am fine…..hahahaha….

    No problem you write comment in this posting.

    You can write your comment here…

    Your friends also can read their comments here…

    No problem. Hehehe…

    Reply

  9. dinda nadilla
    Nov 11, 2009 @ 14:59:12

    hy… aq mw usul knp k0k are y0u smarter than a 5 grader nya yg di amerika gak di tayangin? di gl0bal tv?

    Dinda,
    Wah…Dinda bisa call 108 dan nanya nomor telpon Global TV berapa sih ?

    Kalau sudah dapat nomor telpon Global TV, Dinda bisa nanya langsung mengapa acara “Are you smarter than a fifth grader” nya sudah tidak ditayangkan lagi ?

    Gitu aja ya Dinda…Selamat belajar ya…

    Reply

  10. Samuel Wilianto
    Mar 12, 2010 @ 16:56:03

    Haii… sy sring menonton are you smarter than a fifth grader.gw mau nanya, knp Are you smarter than a fifth grader dlm bhs. inggris tdk prnah ditayangkan sdangkan yg versi indonesia ada. THANKS and GBU.

    Samuel,
    Maksudnya “Are You Smarter than a Fifth Grader” versi bahasa Inggris tidak pernah ditayangkan di TV nasional Indonesia ? Ya iyalah….siapa juga yang bisa mengerti bahasa Inggris, ataupun kalau diterjemahkan dengan title di bawah layar…masih kurang afdol karena pertanyaan yang versi bahasa Inggris menurut saya lebih susah dari yang versi bahasa Indonesia.

    Kalau Samuel berlangganan TV Cable (Indovision, Telkomvision, OK TV, dsb), ada kok tayangan “Are You Smarter Than A Fifth Grader”. Seingat saya kalau di Indovision, ditayangkan di channel “Star World”….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: