Tetap ramai dikunjungi, tapi komentar berkurang

Secara statistik, blog saya ini tetap ramai dikunjungi orang, yaitu sehari tetap antara 450 – 790 hits kecuali weekend yang agak menurun sedikit. Tapi jumlah komentar semakin berkurang….dengan alasan yang jelas, yaitu orang-orang masih mengalami “masa honeymoon” dengan Facebook yang merupakan kegiatan “micro blogging”…apalagi kalau punya BlackBerry…yang juga lagi “in” dan “the only game in town”…

Ditilik lebih lanjut, jenis pertanyaan atau enquiry yang masuk ke blog ini juga semakin sempit, hanya mengenai : Mario Teguh, raket badminton, bat pingpong, dan judul skripsi (Teknik Informatika, Matematika, Statistika, dan Sastra Inggris). Masih ada sedikit yang bertanya tentang : motivasi, lagu jadul tahun 60an dan 70an…..

Yang jelas, hampir tidak ada pertanyaan tentang “current issues” seperti mengapa Hercules jatuh di Magetan atau mengapa partai ini itu memenangkan pemilu ?

Apakah penurunan kualitas enquiry dan kualitas komentar di blog ini membuat anda “gentar” ?

Gentar ? No lah yauw…

Blog ini dibuat dengan motivasi untuk menuliskan cerita-cerita yang selama ini hanya saya ingat di memory saya. Dengan menceritakan pengalaman-pengalaman saya siapa tahu ada pembaca blog ini yang dapat memperoleh manfaatnya..

Dengan berkurangnya komentar, sebenarnya perhatian saya bisa “full” untuk menulis. Istilah pilotnya, menulis dengan “full throttle”…karena jangka panjangnya, saya pengin memilih beberapa tulisan di Blog ini untuk dituliskan menjadi sebuah buku, bila ada rejeki, atau bila ada pihak yang mensponsorinya…

Selama ini sudah 400 tulisan yang saya buat di Blog ini selama 1,5 tahun terakhir. Mungkin saya bisa memilih beberapa tulisan untuk dituliskan sebagai buku berjudul “Madiun Tahun 1950an sampai 1970an”, “Sejarah Universitas Bina Nusantara”, “Kick Your Butt, Break Your Legs : Motivasi Belajar untuk Mahasiswa”, “Bloomington yang Saya Tahu”…sampai dengan “Bacaan Santai : Boleh Dibaca Sambil Tiduran”…

Makanya saya akan tetap menulis….till the end of time…

12 Comments (+add yours?)

  1. stevenlockhart
    May 24, 2009 @ 17:46:34

    Pak, gk mencoba menjadikan blog sebagai bisnis??kyk misalnya pasang iklan di blog.

    Saya pernah denger di radio tentang bisnis online salah satunya dengan blogging dengan menggunakan google AdSense. Apalagi blog bapak cukup ramai pengunjungnya.

    Steven,
    Ya masalahnya…duwit saya sudah kebanyakan*), jadi mau apalagi ? hehe….

    *) atau kebutuhan saya yang memang sedikit…

    Reply

  2. ~subhan
    May 25, 2009 @ 12:12:38

    memang blog bapak kalo di klik dan di tilik itu bagus dan bermanfaat bg pembacanya.
    mungkin lebih mantaf lg kalau di beberapa postingan di berikan 1 atau 2 gambar pak. agar menarik.

    Subhan,
    Hehehe…judul blog ini adalah “ceritaku ceritamu ceritakita” dan bukan “gambarku gambarmu gambarkita”….hehe…

    Makanya blog ini hanya membuat “the power of story” atau “the power of my fingers make stories”..dan kalau bisa orang membayangkan apa yang saya gambarkan, tanpa ilustrasi gambar atau foto sama sekali….pasti bisa deh…

    Alasan lainnya jarang gambar atau foto di blog ini, saya kasihan dengan teman-teman pembaca blog lainnya dari seluruh Indonesia yang kadang-kadang koneksi internetnya kurang memadai untuk melihat foto atau gambar di blog ini. Ada lho yang melihat 1 gambar atau foto saja perlu waktu lebih dari 30 menit….hihihi…

    Reply

  3. marco
    May 25, 2009 @ 18:29:05

    apalagi kalau punya BlackBerry…yang juga lagi “in” dan “the only game in town”

    the only game in town kan solitaire pak! yang dinyanyiin sama andy williams :p

    Marco,
    “the only game in town” itu artinya Toppp bangeeeet !!! Hehe…

    Reply

  4. simbah
    May 25, 2009 @ 19:55:42

    Memang Dik Yon,….aku lagi asyik ngutak-atik facebook, trus bikin accont masuk ruang Sampeyan, tapi masih nunak-nunuk….ketemu Eddy Asmanto di situ, trus bisa kontak ada photonya segala…ha…ha…35 tahun baru ketemu..
    Sekarang saya mau aplod photo, tapi masih nyari sing kelihatan bagus, supaya gak bikin ngeri yang ngeliatnya…he..he….

    Simbah,
    Yo mas, ditunggu upload fotonya di Facebook. Syukur foto jaman SMA, ben banyak orang yang kuageet…hehehe…

    Reply

  5. edratna
    May 26, 2009 @ 08:14:25

    Menulislah…membaca karangan Trinity (The Naked Traveler” yang sebelumnya pernah ditulis di blognya sangat menarik.
    Juga membaca buku Bangaip, yang masih baru difotokopi (namun telah ditanda tangani penulisnya), menyegarkan..membuat anakku ketawa ngakak…entah kapan buku itu diterbitkan.
    Sebetulnya komentar kan tak selalu sesuai, kadang orang hanya suka baca tanpa meninggalkan jejak.

    Menulislah, siapa tahu dari kumpulan tulisan itu suatu ketika bisa jadi buku…atau paling tidak meninggalkan sesuatu bagi anak cucu…ohh ini toh pemikiran kakekku….

    Bu Edratna,
    ya…dengan menulis setidaknya uneg-uneg yang ada di pikiran bisa ditransfer ke tangan dan menulis….Kalau sewaktu-waktu ada apa-apa dengan otak ini, sebagian memorynya sudah “dicopy” ke tulisan blog. Jadi saya pikir, nggak ada ruginya tuh nulis…hehehe…

    Reply

  6. nenonenoneno
    May 26, 2009 @ 23:22:02

    great writing. I think I’m gonna do what you’re doing: “Makanya saya akan tetap menulis….till the end of time…”

    semangat! btw, saya sambil jalan jalan. salam kenal. 🙂

    Neno,
    Salam kenal juga…;-)

    Wah…sambil jalan-jalan di Kuta, masih sempet lihat blog ini…hehe…hebat euy….

    Reply

  7. Ardianto
    May 26, 2009 @ 23:54:39

    Memang setelah ada facebook dan plurk, rasanya nulis di blog memang malas.
    Tapi banyak juga yang harus diceritakan di blog sebenarnya. Saya masih merasa kurang kalau hanya bercerita di status atau notes facebook .
    Tapi akses ke blog juga lambat-lambatnya 😦

    Mas Ardianto,
    Ya…satu-satunya alasan keuntungan nulis di Blog adalah….suatu saat bisa dihimpun dalam sebuah buku dan diterbitkan, siapa tahu pembaca suka ?
    Sedangkan kalau status di Facebook atau Plurk atau Twitter, apa ya bisa dijadikan sebuah buku ? Kecuali buku yang sangat aneh ?

    Reply

  8. rumahagung
    May 27, 2009 @ 08:11:43

    HUAHHHHHHHHHH…
    luar biasa Pak..
    hahahahhahahaha..!!
    emank nih,gara2 pacebok,saya jd jarang buka blog Bapak.
    hehehehhehehe..!!
    tp bbrp postingan Bapak harus kudu jadi buku nih..
    minimal Sejarah Binus,ama kisah Bapak di Amrik.
    Raditya Dika aj bs,masa Bapak ga bs?!
    hahahahahhaa..!!

    Agung,
    Yah…trims supportnya untuk tetap nulis blog….
    Eh…saya disamain sama Raditya Dika ?
    Nggak lepel, tahu !
    Saya gemuk, dia kurus…hehehe…;-)

    Reply

  9. rumahagung
    May 28, 2009 @ 22:37:03

    hahahahahhaa..!!
    itu lepel yg beda atuh Pak..
    hahahahhaha..!!
    tapi emank kudu dijadiin buku nih.
    hahahahhahaa..!!

    Iya deh ntar dijadiin buku, kalau ingat ya….hahahaha….

    Reply

  10. Tyka Ndutyke
    May 31, 2009 @ 23:12:57

    gara2 Facebook, emang saya sempet mengalami masa ‘malas menulis’. keasyikan browsing di Facebook. untunglah skrg sudah ninggalin Facebook dan kembali ngeblog seperti biasa, hehehe….

    Tyka,
    Yuuuuuk……..;-)

    Reply

  11. simbah
    Jun 01, 2009 @ 07:10:57

    Wah,….Dik Yon rasanya kok ‘sreg’ masuk blog Anda, daripada di FB. Alasannya huruf di sana kuwecil-kecil lagian artikelnya singkat-singkat juga banyak fiturenya. Blas… gak nyaman & ruwet. Segi baiknya saya dapat ketemu dengan teman jadul, itu saja. Maklum komentar orang sangat awam dunia maya…
    Kalau Anda nulis disini, sedikit banyak ada tambahan pemahaman. Contonya ‘wind-chil’ atau suhu yang dapat dirasakan tubuh. Sewaktu aku sekolah di curug dulu juga diajari Meteorologi, tapi yang namanya ‘wind-chil’ rasanya belum saya dapatkan. Jadi hal-hal yang diajarkan secara formal belum dapat di sekolah, bisa diperoleh dari wahana ini. Konklusinya,…nulis dapat menambah wawasan…ibarat ensiklopedi…yang tidak perlu beli bukunya….he…he….

    Simbah,
    Yah…masing-masing Blog, Facebook, Multiply, Friendster, dan Twitter (belakangan saya ikut ini juga) punya kelebihan dan kekurangan. Blog enak buat nulis, Facebook enak buat nyapa teman lama yang lah lamo tak basuo, Friendster enak buat pamer foto, Mutiply enak buat nyetok foto yang banyak, dan Twitter enaknya ada Following dan Follower (jadi misalnya kita ngikutin apa yang dikatakan Angelina Jolie…terus menerus, nanti ada juga Follower kita…misalnya kita kentut dan kita taruh status kita di Twitter…maka Follower kita pasti ngebauin…hehehe…)…

    Tapi mas Didiek, saya mau nulis sampai badan dan tangan nggak kuat nulis lagi kok di Blog ini. Soale buat tetenger sejarah, sopo ngerti mengko diwoco anak lan putuku…hehehehe…

    Sabtu tanggal 6 Juni ini aku arep nganter anakku sing gedhe pindah neng Balikpapan, mengko sekitar September insya Allah putu pertamaku lahir neng bumi Kalimantan, jadi Pujakemantan (Putra Jawa Kelahiran Kalimantan)…hahaha…

    Reply

  12. simbah
    Jun 02, 2009 @ 12:20:30

    Nitip salam buat Putrinda yang akan menimang buah Cinta, semoga mendjadi insan yang Soleh dan Solihah….semoga lancar dan sehat walafiat…Amien

    Mas Didiek,
    Terima kasih doanya….nanti saya teruskan ke Dessa, anak saya…

    Reply

Leave a Reply

