Sakit Punggung dan Cara Mengobatinya

Apa yang terjadi jika seseorang yang punya kemampuan memijat telapak kaki, betis, paha, tangan, leher, kepala, dada tiba-tiba sakit punggung ?

Ya jelas, ia nggak bisa memijat punggungnya sendiri lha wong tangan kalau dilipet-lipet ke belakang sampainya paling punggung bagian atas dan pinggang doang.

Ia perlu bantuan orang lain untuk memijat punggungnya. Kalau orang lain tidak ada, terpaksa menggaruk-nggarukkan punggungnya di tepian meja atau tepian tempat tidur yang berfungsi sebagai “stick” pemijat punggung…

Kasihan !

Sungguh kasihan lagi kalau orang itu ternyata saya….;-(

Waduh…piye iki yo ?

Prolog : Setelah meminum sebotol OXY (oxygenated water) dan sejam kemudian meminum satu tablet Paramex, sakit punggung saya agak berkurang. Tapi tidak selamanya. Waktu saya bilang sakit punggung dan minum obat di status Facebook saya, banyak teman yang memarahi saya “Jangan sembarangan minum obat, badan udah tua, nyadar..nyadar…!”..

Terus saya jawab, “Nggak kok, saya minum OXY cuman sebotol dan minum Paramex juga cuman 1 tablet, jangka panjang saya akan mencoba mengobati sakit punggung saya dengan yoga”. Setelah search beberapa situs You Tube, akhirnya saya menemukan video yoga di You Tube yang setelah saya praktekkan banyak mengurangi sakit punggung saya. Mudah-mudahan dengan mempraktekkan yoga tersebut sehari 3 kali, sakit punggung saya bisa hilang selamanya. Ini alamat link You Tube yang berjudul “Help Cure Back Pain with Yoga” : http://www.youtube.com/watch?v=O_WBwv5jv_4&feature=related

6 Comments (+add yours?)

  1. a3u5z1i
    Jun 11, 2009 @ 15:55:24

    Senasib lahh… Sakit punggung gara-gara kebanyakan ngetik..

    Mas Auzi,
    Ya kalau salah posisi, apalagi ada AC atau kipas angin, memang bisa bikin saking punggung atau sakit pinggang… mungkin saya juga kebanyakan ngenet berjam-jam tanpa berhenti nih sampai punggung sakit…

    Reply

  2. edratna
    Jun 14, 2009 @ 10:33:57

    Pake obat gosok (tentu minta tolong orang lain)…atau pake koyok…

    Udah pakai yoga nih…udah banyak baikan, nyeri tinggal dikit lagi….

    Reply

  3. _subhan_
    Jun 14, 2009 @ 22:36:36

    klo masih muda, diperbolehkan tidak untuk melakukan YOGA pak??

    btw pak, sy dapat dosen pak Imam Djajono..kira2 ngasih nilainya baik g ya?hihi..(selingan pak)

    Subhan,
    Saya dulu waktu SMA setiap hari melakukan yoga, soalnya saya ikut Merpati Putih sekitar 3 tahun… Kalau biasa yoga, semua penyakit terutama pegal-pegal atau nyeri, mudah untuk disembuhkan. Bahkan di Merpati Putih banyak anak-anak SMP nya kok, jadi masih muda sudah mulai boleh yoga, kenapa tidak ?

    Pak Imam Djajono termasuk dosen yang pertanyaannya sangat kritis, kalau anda bisa menjawab pertanyaan kritis Pak Imam, dapat A bukan suatu hal yang sulit….

    Reply

  4. _subhan_
    Jun 16, 2009 @ 01:08:39

    waw, ternyata bapak orang seni beladiri jg toh.
    klo saya hobinya taekwondo pak, dari smp kelas 1 sampe sekarang. emang sih pak, klo kita sering olahraga jadi sehat.
    tapi gara-gara di binus jadualnya ga bs di atur seenak jidad dan tugas2nya ga abis2, ya untuk 1 semester ini waktu untuk berolahraga saya habis pak (gara2 masuk sore..).

    btw dulu bapak gmn tuh klo waktu kuliah, menghadapi tugas2 trus ada g waktu olahraganya??. hehe..

    Subhan,
    Dulu waktu kuliah di Bogor, waktu berolahraga memang jadinya berkurang. Tapi karena waktu itu Bogor masih sepi dan jalannya naik turun, dengan berjalan kaki dari rumah sampai kampus pulang pergi rasanya sudah seperti naik tangga kampus Anggrek dari lantai 1 sampai lantai 8…

    Waktu di Indiana, olahraga saya juga jalan kaki dari graduate dorm ke kampus pulang pergi, lumayan sekali jalan 10 menit. Dengan kontour tanah di kampus yang naik turun seperti di Bogor, saya jadi semangat jalan kaki. Apalagi sepanjang jalan lihat cewek-cewek Indiana yang cantik-cantik…hehehe…. (FYI, di kampus Indiana jumlah mahasiswinya 60% dibandingkan jumlah mahasiswa yang 40%, jadi banyak ceweknya…)…

    Reply

  5. simbah
    Jun 22, 2009 @ 21:08:36

    Coba dik Yon,….tidur terlentang dengan alas yang keras, semisal triplek atau hardboard tanpa bantal, biasanya bangun pagi rasa pegal sudah ilang….
    Saya pernah mencoba, hasilnya juga josss…

    Mas Didiek,
    Trims sarannya, sekarang punggungku sudah ok kok….;-)

    Reply

  6. rocky aza
    Jan 26, 2010 @ 15:25:18

    baik ga ya klo mijit piggang dengan tongkat lingkar yang sering dijual dipasaran? soalnya rasanya enak dan kayaknya agak lumayan enteng

    Rocky,
    Mungkin baik-baik saja bila punggung anda sedang tidak cidera…
    atau
    baik-baik saja bila menggaruk punggung dengan tongkat lingkar tidak menyebabkan cidera…

    Reply

Leave a Reply

