RFID tech goes to Binus campus

Tanggal 9 Juli 2009 ini adalah permulaan dari Semester Pendek di Binus yang bakal berakhir sekitar akhir Agustus 2009 yang akan datang. Ada beberapa pemandangan dan perasaan baru memasukkan Semester Pendek ini..

Pertama, sejak 7 Juli 2009 gedung parkir mobil kampus Anggrek yang berlantai 8 sudah mulai dioperasikan. Adalah mobil-mobil milik mahasiswa Binus yang diharapkan parkir di gedung parkir jangkung ini. Selama anda membawa Binus ID yang berteknologi RFID (Radio Frequency Id), anda dipersilahkan parkir di sana. Cukup menggeser kartu BCA Flazz cum Student ID anda di “tempatnya” maka nama anda akan tercatat memarkirkan mobil. Cara keluar dari tempat parkir juga sama, gesekkan BCA Flazz anda dan anda boleh pulang…tentunya setelah bayar uang parkir..Tempat parkir untuk motor mahasiswa, mobil dosen, mobil staf, dan mobil yayasan tetap di lantai ground dari kampus Anggrek..

Kedua, mulai Semester Pendek 2009 ini kelihatannya Binus sudah serius untuk sepenuhnya menggunakan kartu Flazz yang berteknologi RFID untuk melakukan segala transaksi perkuliahan. Di ruang dosen, untuk menandakan bahwa dosennya hadir, dosen diminta untuk menggesekkan kartu ID Dosen (BCA Flazz) ke tempatnya. Setelah itu, begitu memasuki ruang kelas, dosen juga diminta menggesekkan kartu ID Dosen sampai terbaca “accepted” di RFID readernya. Setiap mahasiswa yang hadir juga satu demi satu diminta untuk menggesekkan kartu ID mahasiswanya ke RFID reader sampai terbaca “accepted”. Setelah itu, dosen diminta mengecek absensi kehadiran mahasiswa yang telah mengabsen dengan menggesekkan kartu ID mahasiswa tadi. Jika ada mahasiswa yang kartu IDnya masih bermasalah tapi yang bersangkutan hadir kuliah, dosen bisa “mem-by-pass” kehadiran dengan meng-klik kolom kehadiran mahasiswa tersebut. Setelah itu, KOMTI alias Ketua Kelas diminta untuk memberikan verifikasi atas materi perkuliahan yang telah diberikan dosen, dengan cara memberi tanda contreng atau centang (check mark) ke materi perkuliahan yang ada pada jam kuliah tersebut (sudah disiapkan oleh Binus bahannya). Jika KOMTI sudah membubuhkan persetujuannya, maka waktunya bagi dosen untuk men-submit absensi kehadiran mahasiswa dan dosen itu ke Bagian Akademis Binus yang pada gilirannya akan memelihara record ini sebagai “audit trail” jika kapan-kapan diperiksa dalam rangka ISO-9000 atau diperiksa oleh pihak eksternal (Dikti/Kopertis III)..

Jadi bagi dosen dan mahasiswa, kartu ID yang berteknologi RFID tadi adalah hal penting pertama yang harus diperhatikan sebelum hadir di perkuliahan yang dilaksanakan di jadwal yang telah ditentukan, di ruang kelas yang telah ditentukan, dan dengan materi perkuliahan yang telah ditentukan…

Does RFID card make your life easier ?

You bet !!! No, at the beginning. Yes, in the long run…

6 Comments (+add yours?)

  1. _subhan_
    Jul 18, 2009 @ 21:29:27

    saya tdk SP pak, tp denger2 udah pke.

    trus td pagi ke binus, dapet panggilan interview sm bu reni di SRSC. pas parkir motor, skg udah pke flazzcard aj, ga perlu pke buka2 stnk lg. hehe…

    klo yang dikelas belum pernah coba pak, brarti yang SP jadi bahan percobaan ya pak?menuju binus 2020.hauhaha…

    pak do’a kan sy biar dapet panggilan ke-2.hehe

    Subhan,
    Ya deh saya doakan…..;-)

    Reply

  2. Agung
    Jul 22, 2009 @ 08:57:50

    makin bangga saya jadi anak binus Pak…
    hahahahhahahahha..!!
    saya cerita gt ke anak2 UPH,n univ laen
    mereka2 pd mupeng…
    hahaahhahahaha..!!

    apa kbr Pak?!

    Agung,
    Wah….ini baru berita….anak UPH pada mupeng…hehe…;-)
    Kabar saya baik-baik saja, saya malah heran Agung kemana aja nih, saya kira lagi magang di Silicon Valley….hehehe….;-)
    Saya ngajar SP sekarang ini, kayaknya Agung ngambil AlgoPemrog juga kan di SP ini ? Biar IPK nya jadi sexy ?

    Reply

  3. Agung
    Jul 22, 2009 @ 15:36:48

    iyah Pak,jujur.
    anak UPH bilang “keren”,dan lebih2 parkir kita murah bgt..
    dibanding mereka yg 2000/jam.
    hahahahhahahahahaha..!!
    doh,saya mao operasi lutut Pak.
    ga bs byk keg nih jadinya.
    sbnrnya mao kerja parttime,tp kykny ga kuat.
    hehehehehhehehehe..!!
    btw,apa itu silicon valley?!
    hahahahhahahaha..!!

    iya Pak,saya lg SP,tp bukan Algo.
    Algo saya ambil thn lalu.
    thn ini Fungsi Variable Complex ama Praktikum SisOp.
    hehehehehehhehehe..!!
    smstr 8 kmrn IPS saya hancur PAk.
    jd hrs SP biar sexy.
    hahahahahhahaha..!!!

    Pak,jadi pembimbing skripsi saya yah?!?!?!?!?!
    hahahahahhahha..!!

    Agung,
    Memang di Jakarta nih cuman UPH yang kayaknya bersaing “head to head” dengan Binus…;-)

    Dosen Pembimbing anda ? Siapa takut ? Bikin aja proposal penelitiannya…

    Reply

  4. Agung
    Jul 23, 2009 @ 16:57:03

    iyah Pak….
    begede2 gengsi…
    kita n UPH sama2 univ swasta yg byk duit dgn managemen yg apik.
    bedanya UPH jauh lbh profit oriented.
    sbnrny kita hrs waspada ama UMN sih.
    mereka jg hebad.
    apa sih saya!?!?!?
    hahahahahhaha…!!

    iyah Pak…
    sekitar pertengahan agustus lah saya kasih proposalnya ke Pak Ngarap..
    hehehehheheheheh..!!

    Reply

  5. Agung
    Jul 25, 2009 @ 08:41:58

    Pak,senen bsk saya mao ksh judul ke Kajur n Pak Ngarap.
    saya langsung take Bapak sebagai pembimbing deh…
    hahahhahahaha…!!!
    ok yah Pak?!

    Agung,
    Lebih baik nge-book saya cepetan, soalnya antriannya sangat puanjaaaaaaaaaaaaang….hahaha…

    Reply

  6. Agung
    Jul 25, 2009 @ 13:01:10

    sabar Pak…
    hahahhahahaha..!!
    senen itu ud plg cpt yg saya bs usahakan…
    hahahahhahaha..!!

    Reply

Leave a Reply

