Adios Amigo: dan Pak Rektorpun pergi..

Sabtu 15 Agustus 2009 saya diundang hadir di acara Lepas-Sambut Rektor Binus 2005-2009 dan Rektor Binus 2009-2013. Setelah memarkirkan mobil Camry-un saya di tempat undangan (dikira Panitia di bawah saya ini “undangan” dari pihak eksternal), sayapun berjalan di lorong yang dipenuhi dengan bunga ucapan selamat yang jumlahnya puluhan itu..

Saya rogoh saku saya untuk mengambil hp berkamera dan “Ooops….” saya salah ngambil hp. Mestinya Nokia yang saya bawa, tapi Motorolla CDMA (yang saya beli hanya dengan alasan supaya saya bisa nelpon lebih murah ke anak saya di Balikpapan dengan kartu CDMA Starone). Urung deh, memotret karangan bunga ucapan selamat kepada Rektor Binus yang baru Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo yang berasal dari mantan dosen paling terkenal di Binus: Thompson S.W. (Soesabda Ngoen) dan Januar W. (Wahyudi)..

Sayapun bergegas masuk gedung ke arah lift dan diiringi oleh seorang panitia mahasiswi berpakaian kebaya pink dan seorang Satpam berpakaian jas hitam ala jas Paspampres. “Ke Lantai 4 pak..”, kata mereka berdua berbarengan. Lift yang dimuati bertigapun berhenti di lantai 4. Si mahasiswi panitia tadi mau mengikuti saya terus maksudnya mau menunjukkan jalan tapi saya tolak dengan halus, “Mbak saya sudah tahu tempatnya kok, lagian saya mau mampir ke toilet dulu..”

Sampai di Auditorium Binus hanya 20 orang-an yang sudah hadir. Setelah menunggu 30 menit acarapun dimulai, yang ternyata berlangsung selama 3 jam (09.30 sampai 12.30). Acara Lepas-Sambut Rektor Binus ini dirancang semi formal antara hiburan dan upacara. Hadir antara lain : Prof. Dr. Ir. Satrio Sumantri Brojonegoro (mantan Dirjen Dikti, dosen ITB) dan Prof. Dr. Soeryo Guritno (salah satu petinggi Konsorsium Ilmu Komputer, dosen UGM).

Upacara diselang-seling dengan acara hiburan berupa Paduan Suara Binus “Paramabira” yang sudah kenyang makan asam garam kompetisi paduan suara bahkan hingga ke Spanyol (!!!), dan Ansamble Musik “Binus International School”. Jika Paramabira yang diketuai Aryono – mantan mahasiswa saya – membawakan acara dengan baik, maka Ansamble Musik BIS masih membawakan acaranya dengan gamang. Konon kata seorang pelatih musik dan nyanyi kenalan saya, mengasuh anak remaja SMP adalah yang paling sulit karena suara vokal mereka sedang bertransisi dari vokal anak kecil ke vokal orang dewasa. Begitu pula Ansamble Musik BIS ini, vokal penyanyinya masih di perbatasan, mungkin harus menunggu 2-3 tahun lagi sebelum vokal mereka bisa stabil.

Masalah pengaturan sound system untuk Ansamble Musik ini mungkin juga kurang harmonis, suara keras datang dari suara drum (yang saya lihat setiap instrumennya dipasang mike), sedangkan suara biola dan vokal hanya sayup-sayup saja..sebenarnya tinggal memainkan equalizer saja untuk mengatur harmonisasi suara yang dihasilkan dari ansamble musik BIS ini..

Singkat kata, pelepasan Rektor Binus lama Prof. Dr. Geraldus Polla dan Warek I, II dan III didahului dengan pembacaan Surat Keputusan dari Yayasan Binus. Demikian pula pengangkatan Rektor Binus baru Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo dan Warek I, II, III dan IV yang baru juga didahului oleh pembacaan Surat Keputusan dari Yayasan Binus.

Jika pengangkatan Prof. Har jadi Rektor Binus baru diiringi tayangan film asal-usul Pak Har (sebagian mengulang film pelantikan Pak Har sebagai Professor – wajah saya sempat muncul 1/10 detik di sana), maka pelepasan Prof. Gerald sebagai Rektor Binus lama juga diiringi film sebagai pelengkap “Memori Akhir Jabatan Rektor Binus 2005-2009”.

Yang paling menarik di akhir film tentang Prof. Gerald itu, beliau menyanyi lagu lama “Adios Amigo” atau “Selamat Tinggal Teman” yang aslinya dibawakan oleh James Reeves itu…dan diakhiri dengan tayangan ala AFI di Indosiar 7-8 tahun yang lalu…yaitu Prof. Gerald “tereliminasi” dan terpaksa mengepak kopor dan meninggalkan Binus melalui pintu depan ruang Admisi menuju parkiran mobil…

…dan para hadirinpun ketawa ngakak !

Selamat beristirahat untuk sementara Prof. Gerald dan selamat berkarya untuk Binus Prof. Harjanto…

(p.s.: Semua keluarga alm Bapak Wibowo hadir, kecuali Pak Waluyo. Begitu juga putra dan menantu alm Ibu Th. Widia juga hadir. Sempat terekam kamera ada seorang hadirin di deretan tengah yang mukanya mirip sekali dengan alm Ibu Th. Widia di masa muda – saya tidak tahu apakah ini memang putri Ibu Th. Widia yang menyempatkan diri hadir di Jakarta –  ataukah orang lain yang kebetulan mukanya mirip)

3 Comments (+add yours?)

  1. subhan
    Aug 20, 2009 @ 21:41:57

    wah asik donk pak datang ke acaranya pak prof, pasti pengin jg kan pak jd rektor?hehe,,,
    ayok pak kejar gelar Prof nya,…
    btw, kmrn selasa ada employee gathering di DUFAN bapak ikut ga??

    Subhan,
    Wah…Subhan saya sudah puas jadi dosen biasa saja. Masalah mengejar gelar Professor atau Rektor, biarlah dosen yang lain yang muda-muda yang masih potensial untuk berkembang (contohnya, Rektor kita umurnya baru 44 tahun). Kalau saya mah sebentar lagi sudah memasuki usia pensiun…;-)

    Di Dufan itu judulnya “Binus Employee Gathering 2009” dan by definition saya bukan employee dari Binus. Yang termasuk employee adalah dosen tetap di Binus, sedangkan saya ini dosen tidak tetap…

    FYI, terakhir status saya sebagai Binus employee adalah September 2000…jadi sudah lama sekali nggak….;-)

    Reply

  2. Agung
    Aug 23, 2009 @ 18:07:25

    hehehehhehee..!!
    tman saya ud ga jadi anak Bos lg deh…
    tp dia akan saya panggil “Bos” selamanya.
    hahahahahhahahaha..!!

    Agung,
    Samaaa….hahaha….;-)

    Reply

  3. markus ap
    Sep 02, 2009 @ 16:48:13

    mustine pak tri yang jadi rektor… 😀

    Agung,
    Iya…so pasti. Itu kalau Agung adalah Ketua Yayasan nya….hahahaha…..;-)))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: