Bab 7 – Persiapan operasi jantung

Saya masih ingat waktu ketemu dengan dokter yang merawat saya yaitu dr. Aryo Suryo, selain beliau memberikan Formulir Permintaan Operasi kepada dr. Maizul Anwar yang akan mengoperasi saya, beliau juga memberi 2 formulir lagi untuk diberikan kepada dokter THT dan dokter gigi berupa Formulir Persiapan Operasi. FYI, di RS Harapan Kita yang sudah mendapatkan sertifikat ISO-9000 semua proses selalu diawali atau diakhiri dengan menggunakan formulir tertentu.

Mengapa THT dan Gigi penting untuk persiapan operasi ? Karena kedua hal ini sangat diperlukan untuk keamanan dan kelancaran operasi jantung. Bila mempunyai masalah dengan THT, maka ditakutkan kuman yang ada di telinga, hidung dan tenggorokan akan menyebar ke jantung sehingga luka penyembuhan operasi jantung bisa terhambat. Demikian pula, jika gigi calon pasien bedah jantung banyak mengandung carries gigi, akan ditakutkan kuman-kuman yang ada di carries gigi akan menyebar ke jantung dan mempersulit penyembuhan luka hasil operasi jantung.

Sayapun melakukan “self assessment” terhadap diri saya sendiri, tentang apakah saya layak operasi menurut dokter THT atau dokter gigi. Dari assessment ini saya simpulkan, bahwa saya akan mudah mendapatkan surat clearance dari dokter THT mengingat saya tidak pernah mempunyai kasus atau penyakit THT yang serius sebelum ini. Sedangkan dari dokter gigi mungkin saya agak menemui sedikit masalah, mengingat kondisi gigi saya sejak pelajar dulu memang sudah bermasalah.

Dugaan saya ternyata benar, dokter THT di RS Anak dan Bersalin Harapan Kita langsung memberi saya surat clearance untuk operasi jantung. Setelah memeriksa mata saya dengan menggunakan lampu senter, dan menggunakan lampur senter yang sama untuk memeriksa hidung dan telinga saya, maka dokterpun menggunakan sejenis garpu tala untuk dibunyikan di telinga saya. Sambil mengisi formulir Persiapan Operasi, dokter THT pun berkata, “Tidak ada masalah Pak dengan THT Bapak”. Berarti persiapan THT selesai.

Dan ternyata…persiapan gigi saya agak bertele-tele dan memakan waktu hamper sebulan lamanya. Masalahnya, dokter gigi di kantor tidak selalu ada. Sayapun berpindah ke salah satu poly gigi yang terkenal di Jakarta, dan ternyata antriannya panjang luar biasa karena saya sudah menunggu 4 jam tetapi belum diperbolehkan masuk ke ruang praktek. Akhirnya berkat 2 dokter gigi yang ada di kantor saya, saya sampaikan bahwa saya akan menjalani operasi bedah jantung dalam waktu dekat dan untuk itu diperlukan pembersihan carries gigi. Dengan penjelasan saya, dokter gigi yang praktek di kantorpun membantu dengan sepenuh hati. Setelah hamper sebulan berjuang, sayapun bisa menghadap satu-satunya dokter gigi yang ada di RS Jantung Harapan Kita yaitu dr. Desi Pontoh, yang kemudian menuliskan sesuatu di formulir Persiapan Operasi.

Pada kontrol berikutnya seminggu kemudian dengan dr. Aryo Suryo, saya berikan 2 surat clearance dari dokter THT dan dokter gigi tersebut yang segera dimasukkan ke dalam Medical Record (MR) saya. Kemudian dr. Aryo menelpon seseorang untuk mendapatkan tanggal kapan saya akan dioperasi Bentall procedure.

Ternyata saya dapat jadwal sebulan yang akan dating, yaitu tanggal 10 Februari 2011. Waktu yang cukup lama untuk menunggu, tetapi ternyata masa tunggu saya yang cukup lama mempunyai arti khusus….tanggal 10 Februari 2011 ternyata waktu yang ideal bagi saya untuk menjalani operasi Bentall procedure.

Mengapa ? Akan saya jelaskan kemudian di tulisan-tulisan selanjutnya…..(bersambung)….

1 Comment (+add yours?)

  1. Alris
    May 03, 2011 @ 23:07:44

    Kata novel Andrea Hirata, tidak sehelaipun daun jatuh tanpa sepengetahuan sang Pencipta. Mungkin tanggal itulah saat yang disetujui oleh Ilahi untuk operasi Pak Tri. Tentu ada rahasia dan hikmah dibalik itu.

    Reply

Leave a Reply

