Mengapa memilih berkuliah di Binus ?

[Sorry….still under construction…]

Belakangan ini saya senang sekali menulis posting di Blog saya dengan judul yang diawali dengan kata “Mengapa…..?”. Mengapa, ya saya tidak tahu….

Tapi dari berbagai pendapat mahasiswa dan alumni Binus, tulisan saya itu cukup menggelitik dan pantas dibaca (worth to read). Bagi alumni yang telah mentas dari kampus dan sekarang bekerja di Indonesia maupun di luar negeri seperti Singapore, Malaysia dan Australia….tulisan-tulisan saya itu bisa mengobati “rindu” mereka terhadap kampus Binus yang pernah mereka “duduki” antara 3,5 tahun sampai 4 tahun….hehehe

Dan karena posting ini ditulis oleh seorang Dosen yang telah berpengalaman sekitar 30 tahun mengajar di Binus, maka tulisan ini “wajib dipercaya” oleh pembaca…dan bagi orangtua calon mahasiswa Binus yang sedang berpikir keras untuk menyekolahkan putra-putrinya di sebuah universitas yang bermutu, tulisan ini juga wajib dibaca..

Ini saya berikan daftar 10 alasan mengapa kalian harus kuliah di Binus :

1. Murah
Murah adalah alasan utama mahasiswa memilih Binus sebagai tempatnya menimba ilmu dan memperoleh gelar Sarjana. Dari tahun 1990 sepulang saya sekolah di luar negeri sampai dengan tahun 2012 sekarang, jika mahasiswa baru saya tanya mengapa anda memilih Binus ? Kebanyakan dari mereka menjawab, karena murah. Bahkan dibandingkan dengan “kampus tetangga” di lingkungan Jakarta Barat, Binus masih lebih murah. Murah uang masuknya (biasa disebut “uang gedung” oleh para orangtua), dan murah juga uang kuliah per 1 sks-nya. Tentunya banyak universitas tetangga yang jauh lebih murah daripada Binus, tetapi mutunya patut dipertanyakan. Untuk universitas tetangga yang mutunya hampir setara dengan Binus (entah di atas, entah di bawah, mungkin tergantung jurusan apa yang mau dipilih, dan atas dasar apa menyebut “mutu” itu), Binus masih lebih murah. Yah, mungkin sekitar 60% – 80% dari universitas tetangga sebelah.

2. Bermutu
Binus telah memperoleh sertifikat Quality Management System ISO-9000 sejak bulan Desember 1997 yang lalu. Ketika universitas lain masih mempertanyakan apa sih yang disebut “manajemen mutu” itu, Binus telah mendapatkan sertifikatnya, dan bisa disebut universitas pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO-9000. Banyak universitas lain, misalnya UII Yogya, yang juga belajar dari Binus bagaimana menerapkan Sistem Manajemen Mutu untuk kegiatan belajar-mengajar di Kampus masing-masing. Mereka biasanya datang ke Jakarta untuk belajar kepada Binus, dengan imbalan Binus juga diberi “ilmu” yang baik oleh universitas sahabat itu. Misalnya dari UII Yogya, Binus belajar untuk membuat kelas internasional yang bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Karena Binus sejak 1997 telah memperoleh sertifikat ISO-9000, siapa yang berani bilang bahwa Binus tidak bermutu ??

3. Tertib

4. Bersih

5. Aman

6. Lengkap

7. Dosen

8. Kurikulum

9. Lapangan Kerja

10. Cepat nikah

20 Comments (+add yours?)

  1. sas
    Aug 02, 2012 @ 21:00:13

    So is Binus still worth it for my daughter to go to ? Is your opinion still applicable to today’s condition of Indonesia, Jakarta, economically, politically etcetera…..

    Sas,
    Yeah…sure Binus is a good school for your daughter to attend. No alcohol, no drug, no fighting, no smoking…..Binus is…

    A good school for your daughter….and I am one of the lecturers to assure you….

    Reply

  2. Marrian
    Nov 18, 2012 @ 17:26:44

    Permisi….
    Saya baru daftar di Binus jurusan Hotel Management….
    Biasanya kegiatan mahasiswa/i Hotel Management seperti apa ya?
    Soalnya kalo yang saya tau, biasanya yang lebih aktif tuh kayaknya cuman jurusan yang berhubungan dengan komputer (computer science, DKV, dsb)… Hotel management kayaknya sepi gitu….
    Lalu, jurusan HM harus pakai seragam ya pas proses pembelajarannya?

    Marrian,
    Iya, jurusan Hotel Management di Binus itu setiap harinya harus pakai seragam, baju putih, celana/rok abu-abu dan jas/blazer abu-abu, pakai dasi. Itu setiap harinya. Tapi kalau lagi praktek Food & Beverage, pakai baju koki putih, dan pakai celana longgar kotak-kotak. Letak dapur tempat praktikumnya persis di sebelah gerai A&W di kampus Binus, dan menjadi “spot” yang paling populer tempat ortu mahasiswa Binus menunggu putra/putrinya yang lagi kuliah….

    Tempat praktek berupa 1 kamar hotel mock-up ada di Lantai 2 Binus (ruang 202)….ada mock-up dari front desk dan juga kamar hotel…
    Sedangkan tempat praktek perhotelannya, Binus kan punya asrama mahasiswa yang dikelola mirip hotel, namanya Binus Square dan letaknya persis di depan SMA 78 (SMA Unggulan untuk Jakarta Barat).
    So far, jurusan Hotel Management Binus menurut saya tidak kalah dengan jurusan serupa di Trisakti atau USahid….saya kenal beberapa dosennya, kebanyakan S2 lulusan luar negeri….saya pernah ngobrol dengan S2 lulusan London….pas dia masih pakai pakaian Chef menggunakan komputer di ruang dosen…

    Mmm…good point, semua jurusan di Binus akan sangat kental dengan nuansa IT-nya, dari jurusan IT sendiri (Computer Science, Information Systems, Computer Engineering, dan Accounting Computer)….maupun jurusan-jurusan lain seperti DKV, Management, Accounting dan sebagainya…..justru kelebihan lulusan Binus adalah kemampuannya menggunakan tools berbasis komputer….dan ini sangat dimaui oleh prospective employer jika mau kerja nanti…

    Reply

    • Marrian
      Nov 22, 2012 @ 10:29:27

      Terima kasih ya penjelasannya…:D

      Ini saya pengen tanya lagi…
      Mahasiswa Binus jurusan HM kan ada kesempatan untuk praktek kerja di hotel di luar negeri… kesempatan itu berlaku bagi siapapun yang mau, atau ada syaratnya?
      Setelah kembali ke Binus lagi dan sudah lulus, apa ada kesempatan untuk bekerja kembali di hotel yang sebelumnya merupakan tempat mahasiswa HM melakukan praktek kerja (baik dalam negeri ataupun luar negeri)?

      Reply

  3. ZikyDGI
    Jan 12, 2013 @ 21:31:17

    Misi, Saya Mau nanya Nie Kalo Kuliah di Binus Jurusan DKV Bayaran nya Standar Ga,, ???
    #Terimakasih

    Ziky,
    Program DKV Binus, bayaran termurah adalah Rp 29,1 juta, jika anda ujian masuknya dapat Grade A.

    Kalau dapat Grade B, dst….lihat pengumumannya di link ini :
    http://binus.ac.id/total-of-tuition-fee-undergraduate-programs/

    Reply

  4. juli
    Jan 17, 2013 @ 16:36:29

    terimakasih atas infonya 😀

    saya adl siswi kls 3 sma swasta di jakarta barat. Untuk jenjang perkuliahan nanti saya masih bimbang antara DKV, arsitek, dan management. diantara ke 3 jurusan tersebut saya lebih tertarik pada management ( entrepreneurship) . Saya berfikir untuk masuk ke binus, untuk mengambil jurusan FE, management. tapi saya masih bingung dan ragu dengan kualitas jurusan management binus di bandingkan dengan universitas lain yg memiliki FE terbaik di jakarta.

    jadi saya mau bertanya, apa sajakah kelebihan dan kekurangan FE management di binus 😀
    terimakasih 🙂

    Reply

  5. Ananda Rizki
    Apr 26, 2013 @ 20:37:10

    misi mau nanya, kelebihan kuliah DKV di binus apa ya? thank you.

    Ananda,
    Mungkin DKV Binus bisa dikatakan jurusan DKV terbaik di Jakarta, atau mungkin di Indonesia, karena DKV Binus banyak menggunakan IT dalam mendesign, dibandingkan dengan universitas lainnya. Selain itu, DKV Binus adalah satu-satunya yang terbesar di Jakarta karena mempunyai 9 kelas paralel masing-masing 50 orang. Namun dalam menarik mahasiswa, Binus juga cukup selektif sehingga hanya kira-kira 1 dibanding 10 mahasiswa yang ingin memilih DKV Binus yang diterima.
    Saya dengar cari kerja alumninya juga mudah-mudah saja..

    Reply

  6. Cynthia
    Apr 29, 2013 @ 22:13:13

    Permisi…
    Saya udah daftar dan ikut tes Binus sbelumnya. Untuk seragam2nya dikasihnya pas lagi ospek ya? (saya jurusan Hotel Management)
    Kalau untuk ospek, apa ada yang perlu disiapkan ya? Atau diwajibkan pakaiannya sprti apa….(?)

    Cynthia,
    Selamat ya sudah memilih Binus sebagai universitas anda menuntut ilmu…
    Untuk Ospek yang harus disiapkan cuman fisik dan mental yang fit, terus baju putih lengan panjang, rok hitam panjang se mata kaki, dan sepatu kets warna hitam, tentu saja tas backpack berisi buku, pensil, penghapus, pulpen.
    Kan jurusan Hospital Management makai seragam seperti jas ya, mestinya jas untuk cowok dan blazer untuk cewek akan di-fit (di-pas) pas Ospek nanti, karena warnanya kan seragam, jadi masalah ini sih gak usah disiapin, nanti orang Binus akan datang untuk nge-fit anda, biasanya pengumuman seperti ini akan disampaikan by email, by phone, atau by email di Binusmaya anda nanti (account computer selama belajar di Binus).
    Begitu Cynthia….good luck ya…

    Reply

  7. tifany
    Jun 16, 2013 @ 18:47:03

    Halloo…
    Saya baru daftar dibinus jurusan hotel management
    Katanya smst 5/6 kn ada magang gt kn, itu diluar kota atau luar negri ya?

    Thanks

    Tifany,
    Biasanya magang itu ya di dalam kota saja kok, kata salah satu orang tua yang anaknya kuliah di jurusan Hotel Management, biasanya di Hotel Sangri La atau di Hotel Mandarin Oriental.
    Tapi kalau Tifany nanti mau atau berani magang di hotel di luar kota, atau di luar negeri, tentu ya tidak apa-apa. Setahu saya anak-anak NHI Bandung, magangnya banyak yang di hotel-hotel di Swiss.
    Mungkin tergantung budget orang tua masing-masing ya, minimal biaya passport, visa, dan tiket pulang pergi.

    Reply

  8. Tami
    May 03, 2014 @ 00:24:39

    Halo kak, untuk biaya murah itu…. harga ratusan juta bisa dikatakan murah ya kak? Atau memang standard harga kuliah di jurusan DKV? Saya ingin kuliah dibinus tp ga kuat liat tuition fee nya (org tua yg ga kuat liatnya).. Smg ada solusinya:)u

    Tami,
    Memang kuliah di DKV itu mahal, mau di Trisakti, UPH ataupun Binus.
    Kalau Tami keberatan dengan biaya kuliah di DKV, bisa minta kok, tapi dengan syarat nanti Tami kerja di Binus.
    Kalau gak mau biaya mahal, ya pilih biaya kuliah yang murah seperti di Akuntansi atau Psikologi atau Hukum Bisnis.
    Binus masih kalah mahal dibanding univ lainnya kok, tapi di Binus kualitas pendidikan dijamin, dan cari kerja biasanya gak masalah alias cepat dapat kerjanya…

    Reply

  9. Bella
    May 28, 2014 @ 13:52:22

    Hallo mau nanya dong utk hotel managementnya itu 40%nya masak ya? Nah kalo basicnya ga bisa masak bisa tetep ngikutin apa agak susah ya? Trs utk materi ujian masuknya apa aja ya? Thanks fyi ya

    Reply

  10. Win
    Jun 06, 2014 @ 16:21:51

    pak, hotel management binus itu regular kan? ga full inggris dong? apa kira2 bisa di perhotelan kalo ga lancar ngomong inggris tapi bisa baca buku inggris?

    Reply

  11. Win
    Jun 06, 2014 @ 16:30:08

    pak, apa tgl 17 agustus semua calon maba wajib dtg upacara? kalau tdk dtg bagaimana?

    dan waktu FEP untuk semua jurusan (tanpa terkecuali) pakai bhs indo ya?

    Reply

  12. sonny
    Jun 20, 2014 @ 11:32:13

    Hubungan internasional Binus belum terakreditasi ya? jelek dong? terus kalo mau kuliah sekaligus magang/kerja di binus bisa ngga kak?

    Reply

  13. Kebayoran Baru
    Nov 06, 2014 @ 22:14:58

    2014 : gw tembus binus, trisakti, PrasMul. gw bingung bett, secara 3-3 nya keren2.
    eh ga taunya Allah menolong gw. ternyata gw tembus UI.
    jadilah gw Maba UI 2014/2015….tp temen gw byk di Binus.

    Reply

  14. No Name
    Jan 23, 2015 @ 20:03:32

    Saya salah satu mahasiswa binus.dan skrg masih terdaftar jurusan akuntansi.cm mau curhat,ada satu dosen binus mata kuliah capital market / pasar modal namanya Bu EV* .agak disayangkan binus punya dosen macam gini.pada hari terakhir mata kuliah Capital Market sebelum UAS.dia bilang.yg masuk hari ini saya kasih Nilai 90 yg gak masuk saya kasih nilai 65.dosen macam apa itu.nilai ditentukan hanya dari kehadiran hari itu.masa nilai jelek hanya karena hari itu gak masuk.ketika diprotes dengan entengnya dia bilang.Ya ini kebijakan saya.jd selama ini presentasi ngumpulin tugas gak ada artinya.mau gak ngumpulin gak presentasi yg penting hari itu hadir ya 90.mau presentasi bagus tugas ngumpulin klo hari itu gak masuk ya tetep aja 65.miris banget yg katanya World Class University punya dosen kaya gitu.gak adil…!!! Maaf curhat pengalaman pribadi.kadang menyesal gak ada gunanya karena udah terlanjur bayar mahal.mau pindah rugi.gak pindah dah sakit hati aja jadinya.

    Saya catat. Yang jelas dosen seperti itu tidak sesuai dengan semangat pendirian Binus..

    Reply

  15. Della
    Oct 18, 2015 @ 11:48:31

    Mau nanya apakah binus menyediakan scholarship? Makasiiih

    Della,
    Ada. Telpon aja 021-534-5830. Minta bicara dengan Bagian Admisi.
    Ada beberapa tipe beasiswa di Binus.

    Reply

  16. Defaska
    Jan 29, 2016 @ 11:06:43

    Maaf mau nanya nih, Saya Mau kuliah jurusan Bussiness Management. Kira kira biaya yang harus saya siapkan berapa ya untuk sampai lulus? Terus apa yang harus siapkan agar lolos masuk Test? Terimakasih.

    Defaska,
    Biaya kuliah International Business Management S1 dari masuk sampai lulus adalah sekitar Rp 104 juta sekian, menurut link ini. Di link berikut juga ada biaya kuliah untuk semua jurusan, tapi data itu data tahun lalu (2015). Untuk tahun ini (2016) mestinya perlu penyesuaian sedikit.

    Good luck and salam…

    http://biayakuliah.net/biaya-kuliah-binus-university/

    Reply

  17. Citdell
    May 31, 2016 @ 18:11:22

    Kak recommend kos kosan daerah binus yang fasilitas nya lengkap tp harga biasa aja dimana ya kak?

    Reply

  18. Tiara
    Oct 09, 2016 @ 14:51:20

    Lebih disarankan masuk binus inter apa reguler ya?? Jujur, yang inter mahal banget.. tapi full in english.. rencana nanti lulus s1 langsung s2 sih..

    Tiara,
    Sebenarnya masalah di universitas berbahasa Inggris dengan aktif atau tidak itu adalah pilihan Tiara sendiri.
    Jika Tiara orangtuanya gak ada masalah dengan keuangan, saya sarankan Tiara memilih Binus International University (BIU).
    Tapi kalau ada sedikit masalah keuangan, ya Binus University (BU) Regular sudah cukup kok. Nanti di Binus regular Tiara bisa aktif di Binus English Club dan akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Tiara. Saran saya sih Tiara aktif mengambil test TOEFL atau IELTS sampai level TOEFL 600 dan IELTS 8.0 sehingga mudah nanti kalau S2 Tiara di luar negeri, di Singapore atau Aussie atau UK atau US.
    Demikian saran saya Tiara….and…good luck !!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: