Herlina Kasim si “Pending Emas”

Entah mengapa, blog saya akhir-akhir ini dibanjiri keingintahuan para pembaca yang lagi mencari informasi mengenai “Herlina Kasim si Pending Emas”. Entah karena tugas sekolah mata pelajaran Sejarah di SD, SMP atau SMA. Entah seseorang sedang survei siapa itu Herlina Kasim, dan apa yang telah dilakukannya ? Saya tidak tahu, yang jelas sehari bisa 10-50 enquiry (pertanyaan) masuk ke Blog saya…

Saya beritahu ya, Herlina Kasim mungkin satu-satunya perempuan Indonesia di jaman modern yang paling berani dan bisa dijadikan “role model” bagi remaja-remaja jaman sekarang, terutama putri-putrinya. Bagaimana tidak ? Di tahun 1963-an Herlina yang waktu itu mungkin umurnya masih belasan, setara anak SMA jaman sekarang, sudah berani diterjunkan di hutan rimba dan rawa buas di Pulau Irian, dalam rangka merebut Irian Barat dari tangan Belanda (FYI, seluruh Indonesia sudah merdeka 17 Agustus 1945, diakui kemerdekaannya oleh dunia internasional Desember 1949, kecuali wilayah Irian Barat yang masih dikuasai Belanda sampai tahun 1962)..

Herlina pun bergabung dengan pasukan RPKAD (Kopassus sekarang) bersama Letnan dr. Ben Mboy dan Letnan Benny Moerdhani. Dan Herlina Kasim adalah pasukan cewek pertama yang terjun di hutan belantara Irian Barat, mungkin dekat dengan kota Merauke sekarang…

Atas keberanian Herlina Kasim, sepulang Herlina ke Jakarta, Presiden RI Ir. Soekarno pun memberinya hadiah berupa emas yang berbentuk seperti “kendi kecil” yang disebut “pending” yang beratnya sekitar 1-2 kg (untuk jelasnya berapa berat pending emas tersebut, tanyalah pada ahlinya). Sejak itu, namanya menjadi “Herlina Kasim, si Pending Emas”..

Herlina waktu mudanya juga cantik jelita, raut mukanya antara Cici Paramida dengan Sabria Kono di jaman sekarang : yaitu putih, cantik, dengan dagu yang seperti lebah menggantung. Bahkan waktu saya SD, wajah Herlina Kasim dijadikan wajah salah satu mata uang kertas rupiah yang berwarna merah menyala, tapi saya lupa nilai nominalnya. Seingat saya sih kalau nggak Rp 100 ya Rp 1000 (sorry ya, sulit ngingatnya, soalnya mata uang kita nilainya suka naik turun nggak karuan)..

Demikian tambahan cerita bagi si Pending Emas. Kalau nggak salah, di tahun 1970an Herlina Kasim sudah tidak jadi tentara wanita lagi alias sudah pensiun. Sempat mendirikan klub sepakbola peserta Galatama di akhir 1970an dan awal 1980an yang bernama “Karina” (benarkah ?) yang bermarkas di Cijantung…

Kalau saat ini di tahun 2009 sudah ada Kowad yang berpangkat Brigadir Jenderal, ada Kowal yang berpangkat Brigadir Jenderal, dan ada Wara yang berpangkat Brigadir Jenderal, dan ada Kapolda Banten yang Polwan dengan pangkat Brigadir Jenderal, tentulah itu berkat perjuangan RA Kartini dan mungkin oleh “role model” yang dijalani oleh Herlina Kasim…

Herlina Kasim sendiri tidak sampai berpangkat bintang satu seperti itu, tapi namanya tetap terpatri harum di setiap dada rakyat Indonesia yang masih mengenangnya…

Apakah anda masih ingat Herlina Kasim ?

46 Comments (+add yours?)

  1. alrisblog
    Mar 04, 2009 @ 23:57:02

    Saya cuma ingat julukannya sipending emas itu. Sekarang kok gak kedengaran, ya tentang beliau. Apa masih hidup?

    Reply

  2. simbah
    Mar 14, 2009 @ 15:12:34

    Dik Yon,…apa ada hubungannya si Herlina ini dengan namanya juga Herlina juga, tapi yang pernah main Akrobat dengan Toni Suhartono, kalo gak salah tahun 60-an main di Stadion Wilis. Toni Suhartono pake jip wilis melindas orang yang dilandasi papan berpaku, juga naik spd motor pake kabel menanjak naik itu….??

    Simbah,
    Wah..aku waktu itu ya nonton show nya Toni Suhartono pakai sepeda motor merangkak naik kabel setinggi 50 meter ! Edaaan bener dia. Tapi aku lupa kalau partner dia namanya Herlina. Yang jelas Herlina Kasim waktu itu jadi selebritis, jadi mungkin banyak cewek-cewek lain pada dinamain “Herlina” (kayak jaman sekarang, banyak mahasiswi saya namanya “Susi Susanti” karena waktu mereka lahir akhir tahun 1980an, waktu itu Susi Susanti lagi jagoan main badminton)…

    Reply

  3. subiati
    Apr 19, 2009 @ 01:09:52

    kebetulan saya adalah salah satu keluarga dari ” IBU HERLINA KASSIM ” si ” PENDING EMAS ”
    Beliau hingga saat ini masih sehat wal afiat, dan bukan salah satu pemain akrobat tapi memang Ibu Herlina Kassim adalah ketika masih mudanya adalah pernah mengikuti kejuaraan olympiade balap sepeda, info lebih lanjut hub. email saya. tks attn. kepada Ibu Herlina Kassim

    Mbak Subiati,
    Motif saya menulis tentang Ibu Herlina Kasim karena pada suatu hari selama 1 bulan penuh banyak pertanyaan (enquiry) masuk ke blog saya tentang Ibu Herlina Kasim, saya duga mungkin dari siswa-siswa yang disuruh Bapak/Ibu gurunya menulis tentang Ibu Herlina Kasim..

    Syukurlah, Ibu Herlina Kasim masih sehat wal afiat. Mudah-mudahan Pak Ramadhan KH atau Pak Hendro Subroto bisa menuliskan Buku Autobiografinya Ibu Herlina Kasim, mumpung beliau masih sehat wal afiat (saya juga pengin menulis autobiografi beliau, tapi kan saya bukan penulis..)..

    Mungkin ini juga pengumuman bagi pembaca blog ini bahwa siapapun yang ingin menghubungi Ibu Herlina Kasim silahkan menulis email ke mbak Subiati di subiaticaprinajaya@yahoo.com

    Trims mbak Subiati, infonya…

    Salam untuk Ibu Herlina Kasim..

    Reply

  4. Herlina Widyastuty
    Jan 23, 2010 @ 15:58:09

    Ayah saya salah seorang pengagum Ibu Herlina Kasim. Sampai2 saya diberi nama yang sama dengan beliau. ^^

    mbak Herlina,
    Saya juga penganggum Herlina Kasim sejak saya kecil dulu, karena foto beliau dipasang di salah satu mata uang Republik Indonesia. Waktu mudanya beliau cantik sekali, dan yang paling menganggumkan adalah keberanian beliau menembus ganasnya dan lebatnya hutan dan rawa-rawa Irian Barat di awal tahun 1960an…

    Jadi, bersyukur sekali ayah mbak Herlina Widyastuty memberi nama yang bagus sekali kepada putri tercintanya, yang maknanya tentu sangat dalam sekali..

    Saya harap mbak Herlina Widyastuty juga cantik, dan berani…:)

    Reply

  5. agustono edy prabowo
    Mar 24, 2010 @ 09:53:19

    Yth. temen2….
    Alhamdulillah saat ini saya sedang “ngangsu kawruh” kepada beliau….
    tiap malam jumat kami silaturahim ke rumah beliau, di daerah ciracas…99 istilah alamat rumahnya.
    beliau figur yang sangat hangat, sederhana, lembut tapi bisa tegas..
    ilmu ruhaninya tinggi sekali….dan ilmu kenegarawannya sangat piawai….karena beliau salah satu “murid ” kesayangan Bung Karno..sehingga saking percayanya kepada beliau…jenderal A Yani di perintahkan untuk mengangkat beliau sebagai KOMANDAN BATALYON KOWAD pertama kali dengan umur dan pangkat paling rendah di banding DANYON pada umumnya….
    itulah sekilas info ttg Bunda Herlina Kasim…
    Apabila ada saudaraku yang ingin silaturahim atau ingin ngangsu kawruh tentang arti hidup dan perjuangan….silahkan hubungi sayavia HP: 081511554266.

    salam hormat
    agustono E.P

    Mas Agustono,
    Terima kasih atas infonya, saya masih ingat wajah jelita srikandi kita ini yang diukir di uang kertas pecahan …. (saya lupa) berwarna merah. Mudah-mudahan di rumah ibu Herlina masih ada contoh uang kertas yang saya maksudkan itu….

    Salam untuk beliau…

    Reply

  6. herlina
    Jul 16, 2010 @ 11:46:02

    Dear mba Subiati dan Mas Agustono,

    Salam saya untuk ibu Herlina Kasim,
    sama dengan crita mba Herlina Widyastuty, orangtua saya memberi nama Herlina juga karena terinspirasi “beliau” … Waduh ternyata berat juga menyandang nama itu 🙂 . Setuju dengan respond yg lain … Perlu banget bikin biogarafinya untuk mengingatkan generasi kita dan kita sendiri tentunya

    Iya mbak Herlina, setuju….

    Reply

  7. rigiel
    Sep 30, 2010 @ 19:51:47

    saya bersyukur kerana ada yg masih mengingati dan menghormati ibu saya.memang beliau masih dalam keaddan sihat dan walafiat sekarang ini. saya mengucapkan terima kasih kepada sesiapa yang mengkaggumi ibi saya sesehingga kini.

    email saya..rig2512@yahoo.com
    telipon..+60129261777 (malaysia}

    Rigiel,
    Iya…banyak yang masih mengagumi Ibu Herlina Kasim sampai sekarang…

    Reply

    • dilla
      Oct 26, 2011 @ 22:13:25

      rigel…
      is it u, rigel ? hope u still remember me 😦
      i’m dilla. bandung, indonesia.
      how r u ?

      Reply

      • subi
        Dec 11, 2011 @ 09:47:38

        hallo Dilla …… nah ini cucu keponakan dari Ibu Herlina ,,, terimakasih ikatan keluarga walau jarang jumpa tapi tali silaturahmi tetap terawat indah

    • subi
      Dec 11, 2011 @ 09:43:33

      ya ini kakak saya, putra sulung dari Ibu Herlina

      Reply

      • subi
        Dec 11, 2011 @ 09:45:50

        maksud saya rigil itu putra sulung Ibu Herlina si Pahlawan wanita satu-satunya yang masih hidup mungkin

      • herlina kasim pending emas
        Dec 11, 2012 @ 13:55:53

        ibu Subiati tolong sampaikan kpd mbak Herlina bahwa sy m.jakile dan dr IBRAHIM Ginting teman waktu di Manokwari Irian Barat ingin ketemu .mohon bisa diberikan tlp atau alamat yg mudah dihubungi tks m.jakile biasa dipanggilnya pak Bank.tks salam mj

  8. Rachmat Soetojo
    Dec 05, 2010 @ 05:20:21

    Salam hormat untuk Ibu Herlina….
    Rasanya masih banyak juga Sukarelawati yang lain
    yang nggak pernah disebut-sebut namanya.
    Ibu Herlina pasti tahu itu….
    Mari kita tunggu.

    Mas Rachmat,
    Mungkin nama sukarelawati yang lain telah disebutkan Ibu Herlina di buku tulisan beliau “Herlina si Pending Emas” (Gunung Agung, 1965). Tapi sayang saya tidak mempunyai copy buku tersebut…

    Reply

  9. Priyono
    Dec 21, 2010 @ 19:32:59

    ibu herlina bukannya bergabung dengan pasukan Jon Kumontoy?

    Reply

  10. ai herlina
    Jan 26, 2011 @ 10:10:11

    kenapa-akhir-akhir ini kok ibu herlina kasim tidak di tampilkan/di wawancarai di televisi supaya orang-orang tahu kalau ibu herlina kasim masih hidup,selain itu juga biar anak muda zaman sekarang tahu tentang herlina kasim..

    Mbak Ai Herlina,
    Saya tidak tahu jawabannya…mengapa Ibu Herlina Kasim tidak pernah ditampilkan di tv untuk diwawancarai minimal jelang hari Kartini ? Bukankah beliau sosok wanita yang paling pas hasil cita-cita Kartini ?

    Tentunya bisa ditanyakan langsung kepada Ibu Herlina Kasim. Waktu itu, Ibu Inggit Garnasih walaupun sudah sepuh juga sering disiarkan tv (mungkin TVRI ya pada masa itu)…

    Menurut saya pribadi, kita sebagai bangsa masih perlu mendengar pesan dan kesan Ibu Herlina Kasim kepada bangsa ini….terutama kepada generasi penerus…

    Reply

  11. raafi akbar
    Jan 27, 2011 @ 09:27:23

    kenapa semua bicarakan NENEK saya……….. dia masih hidup loch n dia da d jakarta skarang…….

    Mas Raafi,
    Wah…berarti Mas Raafi punya nenek yang sungguh luar biasa….

    Reply

    • julio
      Mar 12, 2016 @ 08:54:19

      coba tanyakan ke Ibu herlina mengenai Jongky Kumontoy, karena saat ibu herlina ke Irian dia ikut bersama jongky kumontoy yg mrupakan pemimpin pasukan prtama saat mendarat di irian

      Reply

  12. diva
    Feb 03, 2011 @ 13:23:18

    Thanks for sharing! (:

    Makasih…:)

    Reply

  13. papier
    Apr 06, 2011 @ 00:12:07

    beliau masih hidup,kondisinya beliau sekarang menggunakan kursi roda.kalo tidak salah dengar beliau tinggal di daerah ciracas,jakarta timur.

    Reply

    • subi
      Dec 11, 2011 @ 09:55:31

      Alhamdulillah Mas Rafli, Ibu Herlina tidak menggunakan kursi roda sama sekali, do’a nya semua bangsa Indonesia bahwa Ibu Herlina diberikan kesehatan karena sebetulnya beliau tahu persis keadaan negara ini, sehingga beliau juga bukan pejuang yang asal saja berkoar dengan segala janjinya …. tapi tenang bak air mengalir semua kan nyata pada waktunya …. Insya Allah

      Reply

  14. Jemmy
    Apr 26, 2011 @ 14:03:27

    mau nanya dong…

    ada yg tau alamat ibu herlina kassim yg terbaru?

    td pagi sy ke alamat ciracas ternyata beliau sdh pindah…

    thanks

    Mudah-mudahan ada yang tahu mas….

    Reply

  15. Ferucha
    May 11, 2011 @ 15:03:45

    selamat siang mba…
    saya bener2 butuh informasi tentang ibu herlina kasim.
    karena bos, Bapak Mahfud Jakile beserta Dr. Ibrahim Ginting adalah teman lama beliau ketika dimanokrawi. Kalau bisa tolong di e-mailkan alamat beserta nomer tlp ibu herlina kassim. thanx

    Ferucha,
    Saya bukan mbak…tapi mas (please lihat button “About Me”)…

    Saya sama sekali tidak tahu alamat Ibu Herlina Kasim, yang terakhir kabar yang saya dengar beliau di daerah Ciracas, tapi katanya sudah pindah. Mungkin pembaca blog ini atau keluarga Bu Herlina Kasim bisa membantu menjawab pertanyaan anda….

    Reply

  16. harijono
    Jul 30, 2011 @ 22:53:50

    saya membaca dari masing ini sangat kagum dan perlu diketahui ibu helina sipending emas itu teman alm bapak saya di olah raga balap sepeda di kota
    malang jatim saat itu saya maih kecil maih duduk di sr klas 2 semoga ibu si pending emas sehat dan dengan seluruh keluarganya rmharijono@yahoo com

    Reply

  17. rigel
    Jul 31, 2011 @ 01:20:17

    terima kasih….ibu saya dalam keadaan sehat sehat saja…

    Reply

    • dilla
      Oct 26, 2011 @ 22:18:57

      alhamdulillah.
      bersyukur sekali Ibu masih sehat, rigel. salam hormat saya untuk Ibu ya…
      ah ya, sekarang saya tinggal di KPAD dekat rumah Sofyan Armedi Suprapto. he is ur friend, right ? SMA 2 Bandung… remember ?

      Reply

  18. Diah L Wardani
    Nov 14, 2011 @ 11:38:32

    Aku suka keberaniannya…:)

    Yaa…benar sekali. Yang perlu dicontoh oleh wanita generasi muda sekarang adalah keberanian berkorban dari Ibu Herlina Kasim….

    Reply

  19. subi
    Dec 11, 2011 @ 10:02:32

    Subhanallah Ibu Herlina masih sehat, dan alamat beliau masih di Kelapa Dua Wetan No..99 tinggal bersama saya keponakannya karena kedua putra beliau tinggal di Malaysia , cuman harus dengan janji karena beliau banyak kesibukan di luar kota atau luar negeri, bisa janji by phone or email saya ( subiati_caprinajaya@yahoo.com ), hp 087886764344

    Reply

  20. Helina
    Mar 26, 2012 @ 22:40:21

    Saya Herlina se orang guru sejarah di Kabupaten Batang Jawa Tengah, terus terang saya sangat ingin mengetahui banyak tentang riwayat dan ceirta tentang pengalaman ibu Herlina Kassim waktu di Irian barat, Ayah saya juga merupakan salah seorang pengagum beliau hingga saya juga yang kebetulan lahir tahun 63 di namai Herlina .saya sangat setuju kalau otobiografi beliau di bukukan, untuk membangkitkan semangat anak, remaja dan siapa saja yang membacanya.

    Mbak Herlina,
    Sebenarnya riwayat hidup Herlina Kasim si Pending Emas sudah dibukukan mbak di tahun 1964 kalau tidak salah, ya cuman sayang copy bukunya masih ada atau tidak walahualam….dan soft copynya juga tidak ada….
    Wah…merupakan kehormatan bagi Herlina Kasim si Pending Emas karena banyak cewek-cewek kecil di seluruh Indonesia yang waktu itu diberi nama Herlina untuk meneladani keberanian beliau berjuang dan berkorban terjun di tengah malam di tengah-tengah hutan Irian yang amat sangat lebat…

    Reply

  21. A.SYAMSI
    Jun 09, 2012 @ 11:09:30

    Alhsmdulillah beliau masih sehat. Beliau usianya 72 tahun.

    Reply

  22. Edy Arago
    Aug 30, 2012 @ 10:28:38

    Yth Ibu Herlina Kasim,
    Asslam mualaikum Wr Wb.
    Salam Hormat dari kami.
    Saya Edy Arago Waigeo, putra dari Bapak Zaibi Sriwijaya (Bebe)
    Ingin mendengar banyak cerita dari Ibu.
    Ayah masih tinggal di Cipinang Jakarta Timur.

    Wass,
    Edy Arago Waigeo

    Reply

  23. karlina
    Nov 01, 2012 @ 12:14:04

    Bapak saya beda lagi, mungkin semakin jauh jarak (sekarang tidak ada istilah jauh), saya dilahirkan 1963 juga, nama saya Karlina

    Reply

  24. Titien Sugiarti
    Nov 11, 2012 @ 16:53:53

    matur suwun mas info nya
    saat ini saya sangat membutuhkan info beliau mudah2an sy diberi rejeki untuk bertemu,
    Salam buat bunda Herlina Kasim

    Titien S. Achmad

    Reply

  25. budi alimuddin
    Apr 29, 2013 @ 12:57:16

    salam hangat, sumpah saya baru tahu herlina kasim adalah salah satu pejuang indonesia merebut irian barat. nah saya saat ini menjadi wartawan di hariandetik.com, saya sedang membut artikel tentang sejarah integrsi papua ke indonesia, maka saya ingin wawancara dengan ibu herlina terkiat suasana masa itu, dan cerita seru peempuan diantara para jagoan laki-laki menembus rain forest papua!

    Mas Budi,
    Wah…kalau dituliskan secara berseri di Detik, pasti itu cerita integrasi Papua ke Indonesia bakalan top markotop banget.
    Temui saja Ibu Herlina di Ciracas, rumah beliau…

    Reply

  26. dimas
    Jul 07, 2013 @ 19:01:45

    ada yang tahu alamat lengkap ibu herlina kasim? terima kasih

    Reply

  27. Djoni
    Sep 18, 2013 @ 17:10:23

    Allahu Akbar … Indonesia benar pernah punya Srikandi Yang Gagah Berani eyang putri, bunda HERLINA KASIM SI PENDING EMAS … salam sungkem saya untuk beliau ..

    Reply

  28. HERLINA
    Nov 23, 2013 @ 11:32:03

    Ayah saya seorang prajurit AD. Begitu kagumnya beliau pada sosok Bunda dan dengan doa agar saya bisa seperti Bunda, maka beliau menganugerahi saya nama indah “HERLINA

    Mbak Herlina,
    Bagus itu….yang jelas masa muda Herlina Kasim si Pending Emas tidak punya rasa takut….bahkan berani diterjunkan di tengah-tengah hutan belantara Irian bersama para prajurit Indonesia….
    Mudah-mudahan mbak Herlina juga selalu bekerja keras dan tidak mempunyai rasa takut untuk membela yang benar….

    Reply

  29. Iwan irianto
    Dec 14, 2013 @ 20:08:01

    Yth : Ibunda Herlina kasim. Ass,wr,wb. Salam dari saya untuk ibu mudah mudahan masih diberikan kesehatan dan panjang umur dari ALLAH SWT, sebelumnya sy mohn maaf ibunda, atau ada keluarga sanak saudara ibunda herlina yg sempat membca email sy mohn di sampaikan untuk ibunda herlina, sebelumnya perkenalkan nama sy iwan irianto umur 43 thn teman dekat dng Bpk RM. LETKOL ADJI PURNOMO yg pada saat thn antara 87,88 atau 89 ibunda mengutus Bpk RM. LETKOL ADJIE PURNOMO ke morotai untk membuka morotai sebagai tempat daerah pariwisata dan sempat perusahaan itu sdh berjalan dan di pegang oleh pak jek yg asli morotai dari ipar pak Adji purnomo, sy sempat di morotai dng Bpk Adji, sy ingin tau keberadaan Bpk Adji purnomo beliau dimana skarang, terakhr thn 2008 sy mau ngecek ke perum AURI HALIM untk mencari Bpk Adjie purnomo sempat ktmu piket jaga menurut info dari piket penjaga apa betl Bpk Adjie purnomo katanya sudah meninggal ? Sy mohn info dari ibunda herlina perantara keluarga ibunda. Sampai saat sy tdk tau keberadaan beliau. Dmikian ibunda atau bantuan info dari ibunda sy sampaikn tks. Wassalam 085254538005

    Reply

  30. Yuan Kassim
    Mar 04, 2014 @ 11:46:24

    Terima kasih untuk semua yang masih mengingati Ibu Herlina dan saya juga seperti yang lain sangat menghormati beliau….Salam untuk semua

    Reply

  31. Herlina Adam
    Sep 30, 2014 @ 10:18:02

    Hebatnya nama ibu Herlina sampai ke Malaysia ya. Sehinggakan ayahanda saya menamakan saya juga Herlina

    Reply

  32. retno
    Feb 19, 2015 @ 10:44:13

    Jadi teringat kembali biografi ibu tercinta Herlina Kasim “Bangkit Dari Dunia Sakit” yang begitu menginspirasi. Bertahun-tahun saya mencari buku “Pending Emas” tapi belum berhasil. Adakah yang bisa menunjukkan dimana saya bisa memperolehnya ?

    Reply

  33. mariamrisnawati
    Apr 06, 2015 @ 23:27:48

    Pending Emas adalah wanita yang bersahaja, Sosok Wanita yang kuat dan tabah. Simbol Wanita hebat saat ini. Alhamdulillah Beliau sehat wal’afiat saat ini,
    Saya sebenarnya berkeinginan bertemu dengan beliau, kalau ada jodoh insya allah kami dapat dipertemukan.
    Saya sedikit banyak tahu beliau dari sahabat kakak saya (Peter D) Mantu Beliau yang dari Jerman suami dari ibu subiati adalah sahabat dekat kakak saya.
    Hampir tiap saat ketemu saya selalu menanyakan kiprah beliau di masa muda, kehebatan ibu Herlina Kasim di masa muda dulu dan perjuangan beliau demi tanah air tercinta ini.

    Salam buat ibu subiati dan keluarga semoga selalu dalam lindunganNYA…AMIN… @sheiamcancer@gmail.com

    Reply

  34. Trackback: Herlina Kasim, Pejuang Wanita Pending Emas Soekarno | Mariam Risnawati | Blogger Malingping
  35. Ayu Andriani
    Jan 18, 2017 @ 14:30:50

    untuk mba @mariamrisnawati , minta doanya semoga ibu herlina kassim diampunin dosa & tenang dialam sana ..kebetuan sekali beliau semalam tepatnya telah beliau menutup usia 😥

    Reply

  36. Anonim
    Jan 20, 2017 @ 19:05:38

    Pending emas dkembalikan ke RI
    Sepak bola nama Caprina

    Reply

Leave a comment